Monday, January 18, 2010

Kim Yu Shin the Great General of Shilla


Chief General KimYu Shin

Kim Yu Shin picture


Kim Yu shin (595-673) adalah pemimpin resimen Yonghwa Hyangdo atau Resimen Kembang Naga dan merupakan resimen khusus yang dibentuk Putri Cheon Myeong. Kim Yu shin adalah putra Bangsawan Kim Seo hyun (keturunan Raja Gaya) dengan Putri Man Myeong (kakak atau saudara perempuan Raja JinPyeong, Raja ke-26 Shilla)

Pertemuan pertamanya dengan Deok Man sangat tidak menyenangkan, mereka terlibat insiden pertengkaran. Saat itu Kim Yu shin mencurigai Joo Bang mencuri perhiasan lambang keluarganya (dan benar) tapi Joo Bang sangat licin, ia berhasil memindahkan perhiasan itu ke kantung Deok Man (yang sama sekali tidak sadar), karena Kim Yu shin tidak menemukan perhiasannya di baju Joo Bang, maka ia dan resimennya pergi. Deok Man marah karena Kim yu shin tidak sopan bahkan sama sekali tidak minta maaf.

Pertemuan Kim Yu shin dengan Putri Cheon myeong juga sama sekali tidak menyenangkan. Kim yu shin menemukan Putri Cheon Myeong pingsan, tapi justru ia menemukan perhiasannya ada di baju Cheon Myeong (karena Cheon Myeong memakai jubah Deok Man) dan ia akan membawa Putri Cheon Myeong kepada pihak berwajib.

Di jalan, Kim Yu shin sadar bahwa ia sudah menangkap Putri Raja Shilla. Setelah insiden di kuil Yeo Rai sa, Putri Cheon Myeong berhasil negosiasi dengan Lady Mi shil dan membawa bangsawan Kim Seo hyun dan juga Kim Yu Shin ke Seorabeol untuk menjadi sekutunya. Putri Cheon Myeong mengangkat Kim Yu shin menjadi Hwarangnya dan dengan satu permintaan yaitu membawa Deok Man ke Seorabeol juga sebagai nangdo Kim Yu shin.


Maka perjalanan menuju takdir yang menentukan masa depan mereka bertiga dimulai..

Putri Cheon myeong akhirnya mengetahui bahwa Deok Man adalah seorang wanita, bukan hanya itu, Deok Man ternyata adalah adik kembarnya yang dibuang selama 15 tahun. Kim Yu shin juga tahu rahasia itu, maka dengan persetujuan Putri Cheon myeong, Kim Yu Shin meminta Deok Man meninggalkan Seorabeol. Sebelum berangkat justru Menteri Eul Jae ingin Kim Yu shin menyerahkan Deok Man, Kim Yu shin menolak dan melarikan diri bersama Deok Man.



Saat dalam pelarian keduanya sadar mereka saling menyukai. Kim Yu shin tidak tahu bahwa atas saran Eul Jae ia akan dijodohkan dengan Putri Cheon Myeong sebagai gantinya, ayah Kim Yu shin harus membunuh Deok Man tapi gagal karena intervensi Bi Dam. Setelah beberapa saat, Putri Cheon myeong mencari mereka karena merasa Deok Man dalam bahaya, keputusan ini mengakibatkan kematian Putri Cheon Myeong.

Setelah itu hubungan Kim Yu shin dan Deok Man berubah, Deok Man memutuskan untuk kembali ke Seorabeol dan menyelesaikan tugas Cheon Myeong melawan Lady Mi Shil. Kim Yu Shin membujuk Deok Man untuk pergi tapi ditolak, akhirnya dengan patah hati Kim Yu shin merelakan Deok Man berjalan sendiri dalam dunia politik dan perebutan kekuasaan yang gelap dan kejam.

Hubungan Kim Yu shin dengan Putri Deok Man adalah hubungan yang sangat istimewa, mereka sudah melupakan atau menekan perasaan pribadinya, tapi mereka saling mempercayai melebihi pasangan. Ada beberapa kali hubungan mereka diuji dengan berat yaitu,

1. Saat Kim Yu shin ditekan oleh Mi shil. Ia akan dijadikan Pungwolju tapi terganjal karena masalah keturunan Gaya yang tinggal di tanahnya di Amyangju. Yu Shin memilih rakyat Gaya, ia tidak bisa menghianati rakyat Gaya dan keluarganya, ia memilih tunduk dan menyerah pada Mi Shil. Mi shil menuntut Kim Yu shin menikah dengan keluarganya yaitu Yeong Mo putri Ha Jong.

Kejadian ini membawa pukulan besar untuk Putri Deok Man. Tapi kesetiaan Kim yu Shin pada Putri tetap tidak berubah. Kim Yu shin sudah terpesona dengan ide penyatuan 3 negara yang membuatnya berpikir sangat jauh ke depan dan tidak terpengaruh hal2 kecil. Itu sebabnya Gukseon Moon Noh juga percaya pada Kim Yu shin dan ingin memberikan buku topografi 3 negara karangannya pada Kim Yu shin yang membuat Bi Dam muridnya menjadi cemburu.



2. Saat Bi Dam mulai menekan Kim Yu shin karena Bo Gya Hoe, Putri Deok Man yang sudah menjadi Ratu tetap percaya dan mempertahankan Kim Yu shin, akhirnya terbukti kepercayaan antara mereka benar2 solid.


Kim Yu Shin, Deok Man, Bi dam

Sampai akhir pemerintahan Ratu Seon Deok, Kim Yu shin-lah yang mendapat mandat Ratu untuk meneruskan mimpi besar Raja Jinheung yaitu Unifikasi 3 negara.


Pernikahan Kim Yu shin


Dalam sejarah,

Kim Yu shin adalah tokoh paling berpengaruh dalam penyatuan 3 negara, Shilla, Baekje, dan Goguryeo. Kim Yu shin memimpin penyatuan 3 negara Korea dibawah Silla dalam pemerintahan Raja Muyeol (Raja ke-29) dan Raja Munmu (Raja ke-30) Shilla. Kim Yu Shin diingat oleh Rakyat sebagai salah satu Jenderal terbesar dalam sejarah Korea. Warisan terbesarnya adalah penyatuan negara Korea. Salah satu dari sepuluh putranya, yaitu Won Sul menjadi jenderal selama pemerintahan Raja Munmu dan berperan penting dalam membebaskan Silla dari Tang.


Kim Yu Shin diperankan oleh Uhm Tae Woong (5 April 1975). Biarpun banyak dikritik karena sangat datar dalam berperan sebagai Kim Yu shin, tapi Uhm berhasil mendapat penghargaan sebagai Male Top Excellence Award dari QSD ini. Biarpun aku lebih suka kalau Kim Nam Gil yang memperolehnya :)

TV Shows
  • Queen Seon Duk (MBC, 2009)
  • Fight (TVN, 2008)
  • The Devil (KBS2, 2007)
  • Stranger than Paradise (SBS, 2006)
  • Wolf (MBC, 2006)
  • Resurrection (KBS2, 2005)
  • Delightful Girl Choon Hyang (KBS2, 2005)
  • Nine Tailed Fox (KBS2, 2004)
  • Drama City (KBS, 2004)


Movies
  • Chaw (2009)
  • Nimeun Meon Gose / Someone Dear Is Far Away (2008)
  • The Best Moment of Our Lives / Forever the Moment (2008)
  • My Love (2007)
  • Family Ties (2006)
  • Public Enemy 2 (2004)
  • My Family (2004)
  • Silmido (2003)

Behind the scene Kim Yu shin



Oom, itu pedang bukan senapan...




Kim Yu Shin and parent Kim Seo hyun and Lady Manmyeong




photo credit : imbc, blog.naver.com

Related posts :

Hwarang Bo Jong
Hwarang Baek Eui
Joo Bang and Go Do
Bi Dam War
Dae Nam Bo
Moon Noh, Seol Won Rang, Chil Sook
Mi shil
Hwarang 10 Elite
Al Cheon
Bi Dam
Kim Chun Chu
Wyol Ya

10 comments:

  1. Dlu wktu prtama yushin nikah ma yeong mo bner" nybelin bgtd,dia dgn mudah bradaptasi dgn mnghamili istri'y jga..Bner" nybelin.. Truz aku jg inget klo yushin sbenernya udh tw deokman tuch ce gra" ngintip wktu mandi. He".. Dsar..
    Btw, sjauh ne akting yushin udh ckup mmuaskan kq.! Sbnenernya aku jg lbih s7 klo bidam yg dpetin pnghargaan itu c.. Scra, kren bgtd aktingnya. Dy bz ngebwat pnonton nangis n trtawa gra" brhsil mranin krakter sbg bidam... Tpi gpp lh.. Yg pntg sukses truz uhm tae won

    ReplyDelete
  2. S7 bWt aNitA^^

    cOwO yG biKin q SukA QSD tUh ya kaRaktEr YushIn^^
    manTeP daH~~

    ReplyDelete
  3. Tirza
    Queen Seondeok Behind the Scene 5 itu ngambil di you tube ya....?
    judulnya apa?
    please aku pengen nonton!
    abis keliatannya lucu banget.......^_^

    ReplyDelete
  4. ma yang ini ya.......!
    ^_^
    makasih

    ReplyDelete
  5. .ka' tirzaaaa,,,
    .dapet foto-foto QSD dari manaaa???

    ReplyDelete
  6. oh ya kata temen aku uhm tae wong tuh juga main d sassy girl chunyang y barengan han chae yong apa bener....????
    truz di sejarah aslinya apa bener ratu seondeok terlibat cinta ma jendral kim yushin ....???
    please jawab y tirza coz aku dah penasaran banget kata tmn aku sebenernya kim yushin tu gk cinta sama ratu seondeok tapi dia memang pengikut setia ratu....!!!!

    ReplyDelete
  7. @ hanum, aduh aku lupa link youtube-nya nanti aku korek2 lagi lah..

    @ feefy, ada sourcenya kan, dari blog.naver paling banyak.

    @ kim, iya Uhm jadi paman itu lho yang suka ama Chunhyang, kalo sejarah Seon deok lihat di sini:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_Seondeok_of_Silla

    ReplyDelete
  8. Datar? justru aku paling suka karakter ini, mata dan ekspresi wajahnya bisa berbicara dengan dalam, top bgt, lagian peran yu shin kan emang ga pernah cengengesan dari doi muda :) menurutku lho

    ReplyDelete
  9. yup setuju dgn Rin75...
    kasihan ama UTW padahal karaker yushin emang begitu diem, serius, cool, dingin ,tiis^^ ga cengengesan, pokonya pembela kebenaran hahaaa...dan gda lucu2nya,,,well aq aja sampai kaget ternyata seorang yushin bisa mengungkapkan cintanya pd deokman^^;

    ps:aq benci bgt ama UTW di Chunyang tpi setelah lihat yushin penilaianku benar2 berubah...

    ReplyDelete
  10. wah lucu banget itu poto behind the scene ada om yushin ama adek deokman lagi cengengesan hehehe

    ReplyDelete