Sunday, May 22, 2011

Sinopsis 49 Days Episode 20 part 2 Final

Thank you!!!

Yi Kyung memeriksa barang2 Yi Soo, hanya ada buku2 musik. Lalu Yi kyung kaget, ada tas punggung pink miliknya. Ini, kenapa ada disini? Aku sudah membuangnya dulu.

Han Kang tanya apa itu. Yi Kyung berkata ini adalah barang2 yang dibawanya ketika ia dibuang di Chunceon. Yi Kyung sudah membuang tas ini ketika keluar dari panti asuhan.

Yi Kyung melihat isi tas dan mengeluarkan sepatu keds pink dengan aplikasi bintang kecil. Ada buku tabungan, Yi Kyung membukanya dan kaget, itu tabungan Yi Soo untuk rumah impian mereka.

Flashback,
Yi Soo pergi ke bank bersama Yi Kyung. Yi Soo ingin buka rekening. Tapi ia menggunakan nama Yi Kyung. Yi Soo beralasan tidak membawa kartu pelajarnya. Kalau Yi Kyung pasti punya.

Padahal Yi Soo memang sengaja membuka rekening atas nama Yi Kyung.

Yi Kyung duduk di kamarnya dan ia melihat buku tabungan itu. Yi Soo rajin sekali menabung, meskipun tidak besar, tapi Yi Soo tidak pernah lupa mengisi tabungan.

Yi Kyung ingat kata2 Yi Soo : Yi Kyung, ini aku Yi Soo. Janji yang kubuat, tentang rumah Februari, aku berencana untuk memberikannya padamu, jadi aku membuka rekening. Nanti, sedikit demi sedikit, mimpi kita akan terwujud.

Meskipun kita menghadapi kesulitan. Jika kita melakukan-nya bersama, kita bisa mengatasinya. Ini rahasia. Sebenarnya Song Yi Kyung adalah penjaga Song Yi Soo. Karena kau memberikanku alasan untuk hidup. Di dunia ini, kau adalah orang paling berharga untukku.

Yi Kyung memeluk buku tabungan itu dan menangis.

Scheduler juga menangis di dekat lemari. Benar, jadi..kau harus gembira! Jangan menangis lagi.

Han Kang mengunjungi keluarga Shin. Tapi ketika ia masuk, Ayah dan Ibu tidak menyadarinya.

Ibu melihat foto-foto lama dan Ayah marah. Ibu ingin menyimpan foto2 itu tapi Ayah minta Ibu segera membuangnya. Ayah kesal dan pergi. Lakukan semaumu.

Han Kang mendekat dan membantu ibu mengambil foto yang jatuh.
Ibu heran, Presiden Han, apa yang terjadi?

Han kang tersenyum dan berkata dia hanya ingin mengecek kondisi mereka saja. Ibu menghela nafas dan memandangi foto.
Han Kang tanya, siapa itu?

Ibu : Ini kakak Ji Hyun.
Han Kang kaget, Ji hyun punya kakak?

Ibu membenarkan, seperti Ji hyun, putri yang tidak bisa kami kuburkan. Anak yang selalu kucemaskan. Ji Min kami.

Flashback, Ji Min kecil sedang memakai sepatunya. Tiba-tiba adiknya mengambil salah satu sepatu Ji Min.
Ji Min teriak, hei, Ji Hyun! Ji Hyun lari dan memakai sepatu kakaknya dengan gembira. Ji Min hanya tersenyum saja.

Ibu : Mereka hanya selisih satu tahun. Ji Hyun akan marah2 jika dia tidak mendapat barang yang sama. Dia selalu menginginkan barang seperti milik Ji Min.

Ibu datang membawa sepatu pink untuk Ji hyun. Ibu melepaskan sepatu Ji Min dari kaki Ji Hyun. Ji hyun, kembalikan sepatu milik kakak.

Ibu mengulurkan sepatu Ji Min, ini punya Ji Min. Ji Min ketawa. Ji hyun juga senang dengan sepatunya. Ibu geli, cantik kan?

Satu hari mereka sedang menunggu bis di terminal. Ji Min duduk tenang dan Ibu merangkulnya, mereka main boneka. Sementara Ji hyun mondar mandir di sekitar mereka. Ada seorang wanita yang berdiri di dekat mereka dan terus mengamati Ji Min.

Ji Hyun melihat anak yang membawa balon. Ji Hyun segera mengikuti anak itu. Ji Min menunjuk, Ibu, Ji Hyun..

Ibu kaget, Ji hyun! Ibu lari mencari Ji Hyun, meninggalkan Ji Min dan barang2 mereka sendiri.

Setelah menemukan Ji Hyun, ibu kembali ke tempat Ji Min. Tapi Ji Min lenyap. Ibu panik sekali, dia mencari di seluruh terminal dengan putus asa. Ji Min!

Ibu berkata setelah itu, dalam satu minggu ada orang yang datang untuk minta uang sebanyak dua kali. Tapi setiap kali mereka datang, mereka mengambil uang itu dan lari. Tapi mereka tidak pernah menemukan Ji Min. Setelah itu, mereka tidak pernah menghubungi kami lagi.

Han Kang heran, Ji hyun tidak ingat masalah ini?
Ibu berkata waktu itu Ji Hyun sempat menangis terus, tapi dia masih sangat kecil, dan dengan berjalan-nya waktu, Ji Hyun melupakannya.

Han Kang mengamati foto itu dan ia terkejut, aku tahu seseorang. Dia punya tas punggung dan sepatu seperti ini. Aku juga tahu kalau dia tidak punya orang tua.
Ibu kaget.

Han Kang membawa Ibu ke apartemen Yi Kyung. Yi kyung tidak mengerti, kenapa ingin melihat sepatu dan tas punggung. Apa maksudmu?

Han Kang menjelaskan kalau Ji Hyun punya seorang kakak yang sudah lama hilang. (Yah, QSD versi modern..putri yang hilang haha)
Tas dan sepatu Yi Kyung mirip dengan milik kakak Ji Hyun.

Ibu mengeluarkan foto, lihat foto-foto ini.
Yi Kyung merasa sakit hati, ia menolak. Aku yakin ibuku sudah membuangku.

Ibu membujuknya, jangan seperti ini. Paling tidak biarkan aku melihatnya, ya?

Yi Kyung mengalah dan mengambil tas dan sepatunya. Ibu menjelaskan Ji hyun selalu ingin barang yang sama dengan milik kakaknya.
Ji hyun suka lukisan laut dan Ji Min sangat menyukai bintang. Begitulah aku membedakan mereka.

Yi Kyung memberikan tasnya. Ibu terperanjat melihat tas Hello kitty pink itu, lalu ia membuka tas Yi Kyung. Di dalam ada bekas lukisan bintang dari bolpen.
Han kang berkata, ini seperti gambar bintang.
Yi Kyung mengaku itu gambarnya, dia yang melukisnya.

Ibu kaget, kau yang menggambar? Lalu ia melihat isi tas dan menemukan sepatu. Ibu gemetaran, ia mengenali bintang kuning kecil itu, aku yang menyulamnya.

Tangis ibu pecah, oh Tuhan..! Ibu menangis sambil menggenggam tangan Yi Kyung, kau masih hidup! Ji Min kami masih hidup.

Yi kyung masih bingung, tapi matanya juga berkaca-kaca. Ia bertukar pandang dengan Han Kang. Han Kang tampak terharu.

Scheduler ada di situ juga, dia kaget. Lalu ingat kalau dulu dia pernah berkata pada Ji hyun, ia tidak akan bisa dapat air mata dari orang tua atau saudara sedarah.
Scheduler : Yi Kyung adalah kakak Ji hyun?

Scheduler ingat, saat ia mengantar Ji Hyun ke Lift. Ji hyun akhirnya tanya dari mana dua air mata terakhirnya.
Ji hyun tahu yang pertama adalah dari Han Kang, yang berikutnya pasti dari Seo Woo dan kak Yi Kyung, iya kan?

Scheduler : Park Seo Woo benar, tapi bukan Song Yi Kyung.
Ji Hyun heran, lalu dari siapa?

Scheduler cerita, ketika In Jung berniat membunuh Ji Hyun. Roh Ji Hyun panik melihatnya. Shin In Jung apa yang kau lakukan?
In Jung melihat bayangan-nya sendiri di kaca dan ia kaget. Tidak percaya kalau dia berniat membunuh Ji Hyun.

In Jung melihat ke arah tubuh Ji Hyun dan menangis, apa yang ingin kuperbuat sekarang? Apa yang kulakukan? oh! Bagaimana aku bisa? Ji Hyun!

Apa yang ingin kulakukan sekarang? Bagaimana aku bisa melakukan ini padamu? Ini bukan yang aku inginkan!

In Jung menangis sambil berlutut, ini salahku. Ini bukan karena kau, tapi aku. Akulah yang cemburu denganmu. Membiarkan oppa dekat denganmu, mengecewakanmu, kehilangan persahabatan dengan Seo Woo. Ini kehancuranku sendiri. Ini semua karena aku. Ji Hyun! aku yang salah, aku yang salah..

In Jung : Aku sudah membuat kesalahan. Ji hyun, aku minta maaf..
Ji hyun juga menangis tersedu-sedu.

In jung berdiri dan mengelus pipi Ji hyun. Saat itulah Han Kang masuk dan salah paham dengan kejadian sebenarnya.

In jung menemui Min Ho. Dia berkata habis dari RS untuk mencabut masker oksigen Ji Hyun.
Min ho kaget, apa kau gila. Kau melakukan itu untuk pria gila sepertiku?

In Jung mengaku dia tidak melakukannya. in Jung tahu Min ho juga tidak sungguh2, Min ho juga sedih. Selama ini In jung juga tidak menyadarinya.
In Jung tetap tidak bisa membenci Ji hyun. In Jung minta Min Ho mengakhiri semua ini.

Min ho menolak, dia tidak akan berhenti.

In jung : Oppa, apa karena kau tahu kalau Ayah Ji Hyun punya tumor otak, maka kau tidak jadi menyatakan kebangkrutan? Kau, yang tidak tahu kapan Ayah Ji hyun meninggal, kau menanguhkan kebangkrutan.

Min Ho menyangkal, ia melakukannya untuk mendapatkan surat wasiat.
In Jung tidak bisa dibohongi. Kalau pernyataan kebangkrutan sudah dikeluarkan, wasiat itu tidak berguna lagi. In Jung tahu kalau Min ho selalu menunda proses kebangkrutan.

In Jung tahu Min ho sebenarnya peduli dengan Presiden Shin meskipun hanya sedikit. Presiden menolak dioperasi dan akan segera meninggal, kau melakukan itu karena merasa salah, iya kan? setelah satu setengah tahun, kau juga pasti punya perasaan sayang dengan orang tua Ji Hyun. Kau merasa terganggu karena mereka mempercayaimu, itulah mengapa kau ragu.

Min ho : Aku menyesal sudah menunda kebangkrutan sekarang.

Dari rumah Min ho, In Jung menemui Ibu Min Ho dan meminta amplop yang diberikan Sopir Cha.

Ibu Min ho marah dan memukul In Jung. In Jung menangis, bibi, kau mencintai kakak kan? Jadi kau harus memberikan amplop itu padaku.

In jung : Hanya dengan cara ini, kak Min ho bisa meneruskan hidup dengan baik. Bibi..kumohon. Kakak sudah menghancurkan dirinya sendiri. Dia jadi orang yang lebih buruk dari ayahnya!
Ibu Min Ho kaget. Ia menyerahkan dokumen itu ke In Jung.

In jung mengirim dokumen itu ke kantor Jaksa Penuntut di Seoul.

In Jung jalan keluar dan menangis, Ji hyun! Aku berharap bisa memutar kembali waktu! Jadi aku tidak salah paham dengan niat tulusmu. Sehingga aku bisa menjadi orang yang 100 % tulus untukmu.
Aku benar2 ingin memutar kembali waktu. Saat kita saling memandang ..saat-saat yang dipenuhi tawa..In jung menangis..

...dan air mata ke tiga masuk ke liontin Ji Hyun.

Scheduler : Itu dari Shin In Jung.

Ji hyun heran tapi ia tertawa lega, jadi In Jung? Kukira Kak Yi Kyung. Aku tidak mengira ternyata dari In Jung. Gadis brengsek. Ji hyun terlihat senang.

Ji hyun : Aku tahu dia benar2 tulus. Ji Hyun jalan lagi dengan tenang.

Yi Kyung memandangi foto dirinya dan Ji hyun. Ia mengusap wajah Ji Hyun. Ji hyun! Ji hyun! mengapa kau bisa jadi adikku?

Yi Kyung menangis, jika aku tahu lebih cepat, aku seharusnya bisa mengenalimu. Aku seharusnya membiarkan kau menggunakan tubuhku lebih banyak.

Scheduler duduk di samping Yi Kyung, ia sadar, ini mungkin yang dikatakan Sunbae waktu itu...

Flashback,
Scheduler bersama sunbaenya. Scheduler senang karena akan bertemu Yi Kyung. Sunbae-nim mengingatkan masalah Ji hyun harus beres.
Scheduler memastikannya, tenang saja.

Nenek tanya, hati Scheduler belum berubah kan? Meluruskan salah paham, memberikan cincin untuknya, mengakui cintamu.

Tapi Nenek berkata kalau itu tidak akan membantu orang yang sudah kau tinggalkan. Scheduler protes, Yi Kyung sudah menderita selama 5 th.

Nenek ketawa, ada apa denganmu? Orang muda hanya tahu soal cinta.Mereka pikir cinta adalah segalanya.

Scheduler tiba2 sadar, Sunbae! kau sengaja membiarkan ingatanku kembali, iya kan? Kau membiarkanku melihat bagaimana Yi Kyung hidup dan ini agar aku mengubah cara berpikirku. Apa itu benar?

Nenek ketawa, kali ini ngakak, lalu ia menggerakkan tangan di sekitar kepala, otakmu bekerja luar biasa cepat, hahahaha..

Scheduler : Membuatku menolong Shin Ji Hyun dan Yi kyung untuk kembali ke posisi sebenarnya? Tapi ada yang lain lagi, iya kan?

Nenek : Jika bukan untuk Shin Ji Hyun apa kau pikir Song Yi Kyung akan muncul setelah 5 th? Dia bisa kena serangan jantung saat dia melihatmu dan dia pasti akan langsung mati.

Scheduler masih merasa ada yang lain. Nenek hanya berkata, nanti kau juga akan tahu di masa depan. Tidak berdaya dan kacau. Ji hyun, Yi Kyung, takdir kalian berdua. Takdir mereka sepertinya akan terus berlanjut sampai kehidupan mendatang.

Scheduler bingung, apa maksudnya itu?
Nenek tidak menjelaskan lagi dan menghilang.

Scheduler memandang Yi Kyung. Ia pamit, karena hari ini adalah hari terakhirnya sebagai Scheduler. Sekarang aku bisa pergi tanpa merasa cemas membawa kebahagiaan Ji Hyun.
Hiduplah dengan baik.

Scheduler mengulurkan tangan untuk menyentuh Yi Kyung, tapi tidak jadi dan ia menangis.

Scheduler mengenakan setelan jas rapi dan jalan dengan cepat di taman, lalu menghilang.

Paginya, Yi Kyung bangkit dan mulai hidup sehat. Dia mengikuti saran Ji hyun dan makan makanan sehat, lalu melanjutkan hidupnya.

Han kang berdiri di tepi sungai Han. Ia berkata pada Ji hyun, kalau sekarang Han Kang tahu kenapa Ji Hyun ingin pergi diam-diam.

Han Kang : Kau, menghibur kami. 49 harimu, aku percaya akan menjadi berkat seperti yang kau katakan. Karena banyak hal yang kembali ke tempat asalnya. Jadi, kau juga..berbahagialah dimanapun kau berada, Ji Hyun.

Dua tahun kemudian

In jung jalan di trotoar dan melihat Ji hyun dan Seo Woo remaja lari. In Jung ingat saat mereka bertiga dihukum karena terlambat sekolah.
Ji hyun lapar dan perutnya bunyi. In Jung geli dan menyuapi Ji hyun kue. Seo Woo juga. Lalu dua temannya itu membagi kue mereka dan menyuapkan-nya ke In Jung.

In Jung menemui Min ho. Min ho minta In jung jangan datang lagi, tapi In Jung tidak peduli. In Jung lapor kalau ibu Min Ho semakin sehat, dia memindahkan Ibu Min Ho ke RS di Jinan.

Min ho masih harus menjalani masa 3 th penjara lagi. In Jung akan tetap mengunjungi Min ho selama 3 th lagi.

Min ho berkata ini semua bukan salah In Jung, memang In Jung yang mengusulkan ini, tapi Min ho yang membuat keputusan. Jadi jangan merasa bersalah atau bertanggung jawab. Min ho minta In Jung melanjutkan hidupnya.
Min Ho : Aku menyesal, aku salah padamu, salah pada Ji Hyun, pada ibu, aku sangat menyesal.

In Jung tetap yakin setelah 3 th, mereka tetap bisa bersama, dan In Jung berharap Min ho bisa memaafkan dirinya sendiri setelah 3 th.

Han Kang sibuk di konstruksinya, ia kesal, lihat stereogram dan rencana 3D-nya. Aku sudah bilang berkali-kali, posisi jendelanya salah.
Han Kang mendapat telepon, dari bibi Oh.

Yi Kyung kerja di cafe Han Kang dan bibi Oh datang. Bibi Oh sedang hamil. Yi Kyung sekalian pamit pada Paman dan Bibi Oh, karena ini hari terakhirnya kerja disini. Nanti kalau bayi mereka lahir, Yi Kyung janji akan mengunjungi mereka.

Ki Joon Hee pacaran dengan Seo Woo. Mereka tidak terpisahkan. Yi Kyung muncul, Tuan Joon Hee, istirahat makan siang sudah selesai, apa kau tidak mau kembali kerja?
Joon Hee tidak mau.
Seo Woo ingin kerja disini.

Yi Kyung : Seo Woo, ini bukan toko roti.

Dokter Noh datang. Yi Kyung tersenyum dan menyuruh Noh duduk. Yi Kyung mengajak Noh makan siang bersama, karena dia juga belum makan.
Soon Jung datang dan tanya, Yi Kyung akan ke Haemido, apa yang akan dilakukan Dokter Noh?

Noh heran apa maksudmu? Ya jika ada waktu aku akan pergi main kesana. Soon Jung tanya, Noh tidak punya pacar, apa akan pergi sendiri? Apa kalian benar2 hanya teman?

Yi Kyung berkata mereka bukan hanya teman biasa, saat aku dalam kegelapan, dia membantuku menemukan jalannya, dia adalah orang pertama yang mengulurkan tangan untuk membantuku.
Soon Jung senang, jadi teman seperti itu..

Han Kang datang : Yi Kyung!
Yi Kyung minta Noh bicara dengan Soon Jung.
Han Kang : Aku akan kelaparan setengah mati, apa kau dapat menyelamatkanku?

Yi Kyung : Semua sudah disiapkan.
Bagus, bawa kebawah ya..

Yi Kyung membawa makanan untuk Han Kang. Han Kang ingat ini hari terakhir Yi Kyung kerja dan menawarkan pesta perpisahan, tapi Yi Kyung ada janji makan dengan orang tuanya.
Han Kang mengerti dan ia mengingatkan : Jangan lupa janji besok pagi.

Yi Kyung pergi ke rumah orang tuanya dan makan bersama mereka. Ibu senang sekali, semakin aku memikirkannya, ini semakin menarik. Bagaimana bisa, sepertinya dia tahu segalanya..kau belajar tentang Hotel & Turis.

Ayah : Aigoo, setiap kali kita bertemu, kau terus saja mengatakan hal yang sama. Apa kau tidak merasa bosan?

Ayah : Kau sudah belajar mengenai masalah teknis, awalnya aku ingin memberikan manager Operasional untuknya, tapi selalu berkeras untuk mulai dari bawah. Baiklah, bisa melakukan ini juga tidak jelek. Tanpa menyebutkan kalau kau adalah putri Presiden.

Yi Kyung : Ibu, tidak mudah bagiku untuk lulus.
Ayah membenarkan, jadi kapan kau akan ke Haemido?

Yi Kyung : Aku akan mengunjungi Ji Hyun besok, jadi lusa.
Ibu yakin kalau Ji Hyun pasti akan sangat bahagia.

Han Kang dan Yi Kyung pergi ke makam Ji hyun. Di sampingnya juga dimakamkan abu Yi Soo.

Yi Kyung berkata ke Ji Hyun, Han Kang benar-benar sibuk kerja setiap hari, seperti yang kau inginkan. Dia adalah teman yang baik untukku. Terima kasih atas karaktermu yang ramah, sehingga aku mudah beradaptasi dengan orang-orang di Heaven.

Han Kang : Ji Hyun..meskipun semua orang tahu kalau kau sudah meninggal. Mereka tetap bersikap seolah-olah kau masih hidup. Karena 49 harimu, aku juga hidup seolah-olah hanya 49 hari. Jika kita tidak tahu kapan kita akan mati, ini tidak akan mengubah apapun. Tapi karena 49 harimu, aku melihat ada perubahan.

Yi Kyung meletakkan karangan bunga di depan makam Yi Soo. Han Kang meletakkan-nya di depan makam Ji hyun.

Han Kang berkata untuk Ji Hyun dan Yi Soo : Disini terbaring dua orang paling penting dalam hidup kita.
Yi Kyung untuk Ji hyun dan Yi Soo : Dua orang yang mengubah hidup kita lalu pergi dengan indahnya.

Han Kang : Dua orang. Karena perjalanan 49 hari yang kita miliki bersama mereka..
Yi Kyung : Kita akan hidup setiap hari seolah-olah itu adalah hari terakhir kita dan menghargainya.

Han Kang : Ji Hyun, karena aku bertemu denganmu...
Yi Kyung : Yi Soo, karena aku bertemu denganmu...
Han Kang : Aku sangat bahagia.
Yi Kyung : Aku sangat bahagia.

Han Kang : Shin Ji Hyun.
Yi Kyung : Song Yi Soo.

T A M A T

Bye everybody..
Notes
Drama ini mengingatkan kita untuk memanfaatkan waktu yang kita miliki selagi kita masih bernafas, untuk :
1. Melakukan yang terbaik bagi Tuhan
2. Melakukan yang terbaik untuk sesama (keluarga, orang yang mencintai kita, orang-orang di sekitar kita, teman, dll)
3. Tidak membuang waktu dan menyia-nyiakan hidup, seperti percobaan bunuh diri, drugs, dll.
4. Kematian memang tidak terelakkan. Kita pasti akan menemuinya.
5. But death is not an end, it's a beginning.

Thank you very much writer So Hyun Kyung !!
Terima kasih sudah mengikuti dari dulu, sok mangga..silahkan komen, bebas :)

Ep 20-1

125 comments:

  1. love this film and this recaps.. ^^ thank you unni for making this blog...

    ReplyDelete
  2. Bener banget kak Tirza, emang kematian ga akan pernah bisa dihindari dan ditolak, smuanya akan menerimanya, hanya waktunya aja ya tergantung waktu Tuhan, kalo misi kita udh beres pasti akan segera pulang menghadap Bapa Sorgawi..So kerjakan apa yang ada di hadapan kita sekarang dan mengasihi orang2 yang ada di sekitar kita selagi kita dan mereka jg msh hidup krn kita ga tau kpn giliran kita pergi.

    Commawoo Unni Tirza for your hard working...

    ReplyDelete
  3. thx bgt ya udah bikin sinopsis drama ini..

    ReplyDelete
  4. Walau Sad Ending , Drama ini Bagus Banget Yah..Setuju dgn Pesan yang disampaikan drama ini
    Tks Mba Tirza Buat Ulasannya..2 Episode Terakhir ..Bener2 menguras air mata.

    ReplyDelete
  5. thanks mba tirza sinopsis nya.

    baca tulisan nya aja uda bikin air mata mengalir, apalage nonton drama nya ya.. heheh..

    cara mba tirza menulis sinopsisny, bener2 mantapss deh..

    ReplyDelete
  6. mAKASIH mba tirza...

    Sukses slalu...^^

    ReplyDelete
  7. Makasih ya Kak Tirza udah susah payah buatin rekaps drama ini. Aku gak punya waktu buat nonton, jadi selalu mengandalkan blog ini biar selalu update dgn drama Korea... ^^
    About 49 Days... hmm, masih penasaran dgn kata2 sunbae-nya scheduler. Katanya mereka bertiga (Ji Hyun, Yi Kyung, dan Yi Soo) takdirnya masih terikat sampai kehidupan mendatang. Apa nanti ruh Ji Hyun bereinkarnasi jadi anaknya Yi Kyung, ya? Trus, Ji Hyun reinkarnasi jatuh cinta sama reinkarnasinya Yi Soo. Haha... mereka pasti jadi pasangan yang serasi alias bertengkar terus setiap hari... :D

    ReplyDelete
  8. ssssssssuuuuuuukkkkkkaaaaaaaa buanget hehe

    ReplyDelete
  9. hiiikzzz,,, seddiiiih banget ..
    awalnya ngira film ini adopsi dari komik 'hot blooded girl'
    tapi ternyata beda ...
    sense of love nya dapet n ngena bangetttt ...

    cerita nya ga cuma tentang cinta tapi ada ketulusan dan pengharapan juga ...

    ReplyDelete
  10. ya,,,,
    abis dekh,,,

    duduk manis lagi, siap-siap nugguin lee minho, hehehe
    hwaiting unni,,,

    ReplyDelete
  11. pertama aku baca sinopsis yang bahasa inggris (dengan kemampuan bahasa inggris aku yang terbatas) dan aku menangis untuk 2 episode terakhir, setelah itu aku baru nonton eps 19&20.. dan aku nangis lagiii.. baru terakhir aku baca lagi recaps dari mbak tirza, dan tetep aku nangis pas di episode 2 terakhir ini.. beneran deh ni drama,, walaupun ga happy ending, tapi KEREN.. (awalnya pas tau ji hyun meninggal, aku rada kecewa, dan aku kira bakal Han Kang jadi sama Yi Kyung, tapi ternyata endingnya ga bisa diprediksi banget)

    pesennya dalam banget drama 49 Days ini..
    DAEBAK laahhh.. DAEBAK juga buat mbak Tirza yang udah rela ngerecaps 49 Days... Gomawooooo... ^__^

    ReplyDelete
  12. g nyangka terakhirnya...
    aq baca aja impe temehek2 sedih tp mengharukan
    maksih y semua...

    ReplyDelete
  13. thanks Tirza untuk recapnya...sedih baca episode2 terakhirnya...
    Drama ini bagus banget...

    ReplyDelete
  14. Tirza sukaaaa banget sinop dan satu lg ma Notes nya

    ReplyDelete
  15. pesan scriptwriter-nya (dialog terakhir han kang - yi kyung) benar2 dalem bgt. penuh makna. sama kyk pas nonton sign episode terakhir (hahaha, sign lagi...sign lagi ^^)

    ReplyDelete
  16. notesnya bikin aku nangis :(( ...
    makasih buat sinopsisnya ,, FIGHTING MBAK !!

    ReplyDelete
  17. kak tirza "more than word" terimakasih banyak untuk sinopsis 49 day nya... sebuah drama yg banyak pelajaran hidup di dlamanya... (n n)

    ReplyDelete
  18. kak tirza makasih banget ya udah bikin sinopsis ini... aku suka banget :D

    ReplyDelete
  19. thkz ya mba dah bwt recapsy...
    drma nie mmbwt z mngrti art hidup wlw sdkit...
    hiks hiks hiks....

    ReplyDelete
  20. kak tirza, makasssiiihhh banget udah nulis sinopsis 49 days ini, drama ini tuh drama yg bener-bener fantasy, keren and penuh amanat :D

    ReplyDelete
  21. thanks bwt sinopsisnya, mngharukan,,,
    drama yg bikin kt hrs menghargai hidup yg diberi Tuhan.

    ReplyDelete
  22. thanks tirza....i love scheduler muach

    ReplyDelete
  23. sumpah!!! >.<
    crita ni mengharukan banget
    pokoknya sip deh

    ReplyDelete
  24. bagus bgd ceritanya. .g kebayang juga ternyata yi kyung saudaraan ama ji hyun. .
    kasihan bgd m hang kang. .
    cerita yg bikin mewek tapi pesannya dapet bgd. .
    mksh kak tirza. .

    ReplyDelete
  25. soo sweet!!!!
    pesannya itu lhoo.... daappeettt n bbeeerrrhhhaaarrrgggaaa bgt!!!!

    ReplyDelete
  26. like banget...
    gunakan waktu hidup sebaik mungkin... ^^

    ReplyDelete
  27. huwaaa... bagus banget!
    meskipun ide ceritanya agak irasional, tapi moral value-nya tetep mengesankan..
    thx banget ya sista atas recaps-nya :) diantara recaps blog2 lain aku paling suka buatan sista loh.. hihi *ngerayu biar recap-nya tambah banyak ;p

    ReplyDelete
  28. drama'a menguras emosi & air mata ,, hehehe :DD

    faighting ^^

    ReplyDelete
  29. wah seru banget baca sinopsis kdrama d blog ini..rasa'y g perlu nton drama'y jg udah cukup..tp te"p aja kmren beli dvd'y,cz rsa'y g afdol klo g liat akting'y secara langsung..^__^

    aq bleh reques sinopsis endless love g..??

    ReplyDelete
  30. padahal cm 49 hari dan udah kepotong gara2 pelanggaran. tp bs jd 20 episode dg crita yg siph markosip....
    jempol dech

    ReplyDelete
  31. jadi gk happy ending ya??
    klo gitu gk jadi nonton deh, hehehe.... :D

    ReplyDelete
  32. yaaaahhhh... aq ngarepnya yi soo bsa bahagia ama yi kyung, tp enggk kejadian...
    bahkan aq kira yi kyung bakal jadian ama han kang, hhaha, trnyata gk kejadian juga... >///<

    ReplyDelete
  33. kuhabiskan hari ini membaca semua sinopsisnya dalam 1 hari (gak sabar)... dan saya nggak nyesel.

    T.T endingnya benar2 ga disangka2... love this k-drama very much!

    thx atas sinopsisnya...

    #masi galau gegara endingnya...

    ReplyDelete
  34. Ni drama g kaya' drama laennya. Beda! Bw bny pesan, khususnya agar kita bs menghargai hidup dgn melakukan yg trbaik dan siap menghadapi kematian kapanpun itu... Kereen..
    Bwt kak Tirza makasih bny ya kak udh nyediain bny sinopsis drama korea.. Semangat terus ya kak! Fighting!

    ReplyDelete
  35. Ni drama..... kirain biasa2 aja... tapi setelah diikutin ada aja yang baik buat direnungkan....
    Trims sinopsisnya........

    ReplyDelete
  36. thx y bwt kak tirza yg udah nulis recaps ny,,
    terkesan banget ma ending critanya...
    ttep brtahan dngan cintany..

    ReplyDelete
  37. akhirnya bisa slesai bcanya..
    oh ya slmat natal buat smuanya

    n buat tirza trimakasih buanyaaaaaaakkkk ya
    puji Tuhan bukan hnya mnghibur tpi drma ini bner" luar biasa..
    maju trus tirza,,,,

    Gbu

    ReplyDelete
  38. keren banget blognya ka' Tirza.... jdi enak baca sinopsis drakor yg keren2,, the best for u!!!!!!

    :'( mewek baca sinopsisnya... keren banget!!! smpai ngehabisin banyak tissu(lebbeh) ^__^
    I love them...

    ReplyDelete
  39. waaawwww.. kerenn :D
    One of the best korean drama lah.. ceritax nggak ketebak en bwat mewek.. hikssss

    *mw ngamuk2 endingnya kok kayak gitu...

    ReplyDelete
  40. Sedih nonton ny.. :'(
    But, ini film yg bgusssss bgt!!

    ReplyDelete
  41. :) keren banget dramanya.... #terharu :'(

    ReplyDelete
  42. 아~~~~,,bguss bget ni endingnya,,,pengen nangisss truss ㅠㅠ,,,

    ReplyDelete
  43. wuaaaa...makasih yak udh ditulisin sinopsis lengkapnya.Kereeeennn...hikss...hiksss...sediihhh T_T makasiiiih bgt yak....^_^

    ReplyDelete
  44. dramanya bikin air mata terus menetes ..
    & makasih ya mbak ,, sinopsisnya lengkap ,†ђąηk ўσυ

    ReplyDelete
  45. makasih udah bikin sinopsis drama ini kak... :)
    Bagus banget ceritanya, aku terharu... :')

    ReplyDelete
  46. makasih yaa buat sinopsisnya, lengkap banget.
    coba endingnya Yi Kyung jadinya sama Han kang.. hehe :)

    ReplyDelete
  47. Cara bercerita anda menarik sekali, Thanks untuk recapnya,

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Emang bagus bener nih drama. baca aja nangis apalagi nonton. thanks ya saya baca sinopsisnya.

    ReplyDelete
  50. terima kasih atas resensi film yang inspiratif...sekedar berbagi tulisan saya yang masih banyak belajar ttg menulis:
    http://aniamaharani.blogspot.com/2011/12/49-days-air-mata-ketulusan.html

    kunjungi blog saya juga, yaah...salam kenal buat para blogger, terutama buat Tirza.. :")

    ReplyDelete
  51. kak Tirza emang ajaib,... Like this^^,... gomawo:)

    ReplyDelete
  52. saya membaca sinopsisnya dari episode 5 sampe habis hanya dalam 2 hari loh.
    dan dalam 2 hari itu sya merasa hidup saya berubah.

    ReplyDelete
  53. sedih...
    akhir2nya gg terkira,endingnya gg terduga,gg sesuai harapan...hikz..
    dunia memang sempit.

    ReplyDelete
  54. mbak tirza, thanks banget ya untuk recap 49 days nya. drama ini sangat bermakna, bagi kita yang masih hidupsaat ini, supaya siap2 dengan mempegunakan waktu dengan baik untuk Tuhan dan juga sesama. karena kita tidak tahu kapan waktu-Nya bagi kita. "seperti pencuri di malam hari". God bless ya mbak. tetap semangat untuk menulis yang lainnya lagi.

    ReplyDelete
  55. wah terimakasih ya sinopsisnya...
    Good job and good luck! :D

    ReplyDelete
  56. mewek di episod trkhir..

    drama yang baik dgn pesan yang baik pula.... :)
    love it...
    thanks a lot mbak Tirza...

    ReplyDelete
  57. senangnya,,,,,,,,,,hidup memang sangat berharga...kalo nyawa sudah sampai di pangkal leher takkan ada waktu untuk penyesalan lagi...

    ReplyDelete
  58. drama ini banyak sekali pelajaran,,
    terimakasih mbak Tirza. :)

    ReplyDelete
  59. huaa~ *nangis tersedu2 kaya orang gila*
    cepet bgt abisnya *lebih tepatnya cepet banget bacanya XDD*
    thx recapnya X::)

    ReplyDelete
  60. Ending nya ga bisa di tebak :'(

    ReplyDelete
  61. aaaaa,keren bgt critanya,.,.
    makasih banyak mba buat sinopsisnya,
    mbak tirza the best,.,

    ReplyDelete
  62. Ceritanya ga ketebak.Acungin 4 jempol deh hehehe
    Setuju deh sama notes Tirza.
    Teruskan sinopsis-sinopsis drama lainnya.
    Fighting !!

    ReplyDelete
  63. bikin nangis di kantor dan kepergok atasan...dikira lg ribut kali sama pacar, tnyt gara2 drama korea (-.-")..
    makasih ya sdh nulis sinopsisnya..aku ga sabar nungguin yg di indosiar tamat, jadi nyari sinopsisnya aja..

    ReplyDelete
  64. thanks ya mbak tirza sinopsisnya...jadi ga penasaran lagi..coz cuma sempat nonton 3 episode truz ga sempet nonton lagi karena ngurusin bayi q....:D...sinops nya keren lg...

    ReplyDelete
  65. dlu tmen2 d asrma nnton rame2 ni drakor,kirain jlek jd ga nnton...eh pas nnton d indosiar,trxta bgus jga,aplagi pas liat actingx scheduler n lee yo won,jd pgen nnton..tp krn pnasaran,jd ngabisin sinopsis yg lgkap in aja,kyk bca novel..hehe
    btw sptx yikyung jdian ma dr.noh(????)tp mngingat kata2 sunbaex yg mngatakn mreka msh terikat d khidupan mndatang,sptx bkalan ad 49days ke2 ni..aamiin..
    yg pling ksian ksah cnta injung yg hrus mnnunggu kkasihx slama 5th + 5th..T_T

    ReplyDelete
  66. tamatnya nyedihin jihyun nya kok mati????..

    ReplyDelete
  67. makasih buat sinopsisnya ......
    :p ......

    ReplyDelete
  68. hwaaaaa...... ga sukaaa endingnya.... aku maunya yi soo dan ji hyun hidup lagi.... hwaaaaa.... T_T

    btw, i like the notes :)

    ReplyDelete
  69. harusnya ada cerita tambahan, scheduller ato apalah itu tugasnya ditambain, nglatih scheduller baru,dan dia itu ji hyun...
    jadi gk da yg sedih endingnya, hahaha

    ReplyDelete
  70. cerita akhir sin jihyun and scheduller, yidak bahagia........

    ReplyDelete
  71. endingya gak seperti yang aku pikirkan :D

    ReplyDelete
  72. thks .. jdi bisa tau deh akhir ceritanya ..!!
    sayangnya Ji hyun malah meninggal,,

    ReplyDelete
  73. sad ending ...
    tpi keren bnget endingnya, ga dsanka.
    Thx yg udh bwt sinopsis ini. :)

    ReplyDelete
  74. Terimakasih buat sinopsinya, aaahhh keren!
    DAEBAK :)

    ReplyDelete
  75. Drama ini maunya kayak Secret Garden, melo, aneh, en lucu. Tapi gak nyampe. Tokoh malaikat maunya lucu, tapi kurang greget. Perjalanan hidup Yi Kyung dan Ji Hyun maunya termehek-mehek, tapi kurang nendang. Pinjam badan org lain emang aneh, tapi endingnya kelihatan bgt si empunya cerita bingung, gak jelas maunya apa. Pastinya script kurang mendukung. Padahal castingnya sudah oke. Tapi yg benar2 kerenz abizz adalah OST-nya, terutama score lagu Fenestre Che Luciv. Duh, didengerin ber-kali2 gak bosan.

    ReplyDelete
  76. kak.. meski aku g kenal kakak..tp salam kenal..
    aku cuma mau bilang kalo aku jatuh cinta banget sama web kakak.. sinopsisnya mendetail..beda dari yg lain..
    thank you very much.. ^^ :D
    @atsigaaruam

    ReplyDelete
  77. senang ma film na, tp napa ratingnya rendah ya????

    ReplyDelete
  78. makash yaaaa :)

    seneng banget deh,, ceritanya sedih hehehe,,,
    tpi g meninggalkan kesan misteri karena blm terpecahkan kaya bad guy,.. aku smpet sdih karena ending di badguy g kaya di 49 days.. :) jung il woo,, jo hyun jae ,. KNG i love them so much hahhahaa

    ReplyDelete
  79. Hai, slam knal mb Tirza. Aku Andrhea. Hm, PENGIKUT baru mb. Ktngglan banget ya,, hehe. tapi gpp deh. drpda ga sma skali.
    Mb, ctanya kren bget deh. Aplgi "PANGERAN MAUT"nya,,, cool bnget. thanks bnget deh mb ats krja krasnya. slut buat mb Tirza yg udah di bla2in nyelesain ini...

    ReplyDelete
  80. sediihhh bgt endingnya ,,
    padahal aku berharap shin ji hyun bisa hdup bhgiaa bersama kang ........... T.T

    ReplyDelete
  81. makasiiih, sinopsisnya keren, berasa nonton langsung :)

    ReplyDelete
  82. kaka aku izin copy ya makna cerita yg 49 days tapi aku kasih link sumber kok, boleh ya ka ) ini blog aku: chaniachesalia.blogspot.com liat aja aku tulis sumber nya juga kok

    ReplyDelete
  83. Terima kasih banyak ya sinopsisnya :D
    Senang sekali bisa mengetahui ceritanya sampai akhir >.<

    ReplyDelete
  84. senang bisa baca sinopsisnya,,, soalnya saya tidak bisa ikut jalan cerita nya diTV,, makasih banyak ;)

    ReplyDelete
  85. kakak makasih ya sinopsisnya, ceritanya sedih banget endingnya juga beda engga kayak film korea yg lainnya :)

    ReplyDelete
  86. terimakasih sinopsisnya,,aku memilih blog ini untuk membacanya dari episode 1-20.puas banget.sekali lagi trimakasih banyak.

    ReplyDelete
  87. Thanks & salut buat sinopsisnya.... ^_^

    ReplyDelete
  88. ya ,ampun gw sampe nangis bacanya,eeehhhhhhhh temen gw bilang gw banci gara2 cowok kok suka drama korea,tapi bodo amat go drama korea

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fauzan, ngga perlu dipikirkan apa yang dikatakan temen :) Suka atau ngga satu tontonan, itu hak pribadi kita. Kan kita ngga ganggu mereka ..ya toh? Kalo kamu sampai nangis baca ini berarti kamu cowok sensitif..berbahagialah pacarmu hahaha..

      Delete
    2. setujuh ane juga cowok yang mulai suka nonton drama korea. gara-gara iseng nonton lie to me. waktu itu adek nitip minta dibeliin dvdnya. temen-temen yang bilang banci belum pernah nonton aja. dulu juga ane pikir cowok yang nonton drama begitu

      Delete
    3. @Hi! It's okay Dani, suka drama itu wajar. Yang membuat drama di Korea juga mayoritas cowok haha..cuma penulis skenarionya kebanyakan memang cewek. Tapi hampir semua sutradaranya cowok lo, kan mereka yang mengarahkan semua aktor bagaimana mengekspresikan perasaan-nya. Jadi tenang aja :)

      Delete
    4. bener! gue juga suka drama korea dari dulu! apalagi, saeguk! orang gak bisa dibilang banci cuma gara-gara suka drama dong! luaskan sedikit pikiran kita guys!

      Delete
  89. eh...ada yg kurang makasih ya buat kk yg udah capek2 nulis sinopsis ini ,

    ReplyDelete
  90. thanks atas sinopsis nya, semoga bisa nulis lebih banyak lagi (tapi kasian ntar kknya capek) ^^

    ReplyDelete
  91. Authornya detail banget klo buat sinopsis ^^ Thank you [:

    ReplyDelete
  92. giliran masuk episode 18-20 banjir airmata...
    daebakk thor kereeennn....
    yang disayangkan itunah kenapa jung jinyoung jadi scheaduler eh salah maksudnya jung il woo ....

    ReplyDelete
  93. trmksih sinopsisnya... sangat100x bgus.. pngen deh bisa nulis sinopsis yang komunikatif kaya gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ErMa, thank's. Caranya mudah, yaitu mulai menulis :) Mulai saja dengan sesuatu yang paling disuka, bisa tentang film atau bahkan kalau ada pelajaran yang paling disuka juga ok. Good luck ^_^

      Delete
  94. produktif bgt mb tirza... saya puas dg kreatifitasnya bikin sinopsis2 drama korea..

    ReplyDelete
  95. nyesek banget baca sinpsis drama ini:(

    hiduplah seakan2 mati besok, gunakan waktu dengan sebaik mungkin. itu pelajaran yg aku dpt dri film ini :)
    thx buat sinopsis.ny bgus bnget:)

    ReplyDelete
  96. Ya ampyun...
    Eunni Tirza makasi buangettt yha...
    Aq suka bgtz nie drama
    Gara"liat sinop ny ajj bikin aq nangis smpe banjir..
    Ap lgi liat drama ny..
    Gomawo eunni!
    Fighting!!!

    ReplyDelete
  97. Annyeong, eunni! salam kenal kakak.
    Makasih ya kak, recaps nya keren banget. Like it so much.
    Mau deh berlangganan, karna ini blog paling keren yang pernah aku temuin.

    Walaupun harus mbaca tapi gak bikin bosen! habis bahasa kakak tuh kayak dikasih mantra. Ajaib! Kamsa hamnida for the recaps of 49 days.

    ReplyDelete
  98. Anneyeong, eonni.

    Keren banget recaps nyaa! Kebetulan aku emang lebih suka baca daripada nonton. Ohiya, kok kalo dilihat lihat ibu Han Kang sama sunbaenya scheduler mirip ya? Perasaan aku aja lho..

    Keren banget serius!! Daebak!! ;D

    ReplyDelete
  99. bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaagggggggggggggggggggggggggggguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuusssssssssssssssssssssssss bbbbbbbbbbbbbbbbbbbuuuuuuuuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnngggggggggggggggggggggggggggeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttt

    ReplyDelete
  100. han kang jadiannya sm siapa dong ? hhee sm aku aja deh :*

    ReplyDelete
  101. terharu... saya tidak suka film korea serius.. tapi pas penasaran pengen tahu kenpa teman-teman suka film korea, menemukan sinopsis 49 days.. drama yang keren, penuh pelajaran semua tidak ada yang kebetulan.. :)

    ReplyDelete
  102. hang kang semoga jadian dengan yi kyung.

    ReplyDelete
  103. 👍Terimakasih banyak untuk cerita 49 Days nya💗

    ReplyDelete
  104. Drama ini sangat mengharukan...ini terlalu sakit untuk di bayangkan..yi kyung di tinggalin oleh dua orng yang sngat dia sayangi ..

    ReplyDelete
  105. Seru bangeeettt... tapi kenapa harus sad ending :'(

    ReplyDelete
  106. kenapa yi kyung g jadian aja ya sama han kang, trus punya anak yiso, seo woo nikah sama jon hee punya anak ji hyun pasti seru, :D

    ReplyDelete
  107. Ditonton brp kali pun, aku tetap ngerasa 'wow' sama drama satu ini..karakter ji hyun itu luar biasa, bahkan di ambang kematian, dia masih berusaha membahagiakan orang lain. Dan krn dia selalu tulus, bahkan teman yg mengkhianatinya jd benar2 mencintainya jg (in jung)..Karakter han kang jg luar biasa, benar2 tulus mencintai, bahkan bisa mengenali ji hyun walau di tubuh yi kyung itu luar biasa..
    Menurutku, endingnya udh pas bgt..ji hyun kalo ttp hidup pun, dia pasti lupa ttg 49 days..dan krn waktu yg singkat, makanya waktu ketika han kang-ji hyun, yi kyung- yi soo jd berharga..menurutku jg, han kang& yi kyung memang cocok jd teman yg saling menguatkan, krn di hidup ini, kita tdk hrs memiliki pacar, tp butuh teman..dan memang cocok kalau disebut happy ending (walau tiap nonton episode terakir ini, aku nangis), krn spt kata han kang: krn 49 hari itu, banyak hal yg diletakkan kembali ke tempatnya...takdir bagaimana hidup mereka semua luar biasa..

    ReplyDelete
  108. Asem...gw anak nakal, kelai sana sini, pas baca sinopsis ini gw nangis...kampret nih kisah,,

    ReplyDelete
  109. ceritany bkin aku hanyut. D tmbah lagu endingny. Bikin berdesir..
    Cma bisa nnton serialny d tv, kurang puas, krn bnyk ketinggalan d stiap scene. Tp kbayar stelah baca sinopsisny. Thx ya unni~
    Yi kyung x Yi sooo, aku suka mreka >.<

    ReplyDelete
  110. Drama fantasi yang baguss
    ya setiap drama pasti ada pesan tersendiri nah 49days ini peasan nya bagus banget
    .aku sangat suka
    dan terimakasih sionopsis nya lengkap..

    ReplyDelete