Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Sunday, February 12, 2012

10 ton koin dilemparkan ke Cheonggyecheon selama 6 tahun.

Cheonggyecheon stream itu seperti sungai buatan yang mengalir di tengah kota Seoul. Dulu wilayah ini adalah jalan aspal. Tapi sejak th 2003, mantan Walikota Seoul yang sekarang Presiden, Lee Myung Bak mengembalikan lokasi ini jadi sungai kecil lagi seperti sekarang.

Lee sangat jeli dan ternyata lokasi ini telah lama menjadi daya tarik wisata di kota Seoul. Kebersihan yang terjaga membuat Cheonggyecheon stream sering dijadikan lokasi piknik masyarakat atau sekedar jalan2 setelah sehari kerja.

Oktober 2005, pengelola membangun kolam harapan saat restorasi sungai. Dan sejak itu ada 1,07 juta koin telah dilemparkan ke dalam kolam. Koin yang dikumpulkan panjangnya mencapai 2,5 km dan beratnya 10 ton lebih, menurut Seoul Metropolitan Facilities Management Corp.

Quite romantic, isn't it?

Jadi selama 6th ini, mereka sudah mengumpulkan lebih dari 68,73 juta Won hanya dari koin2 itu.

Tahun lalu, mereka mengumpulkan 214 macam koin dari seluruh dunia. Total 32,04 juta Won. 3,4 kali lebih banyak dari tahun sebelumnya.
Diantara koin2 itu, 5.612 koin (terbesar) berasal dari Yen Jepang, 5.041 dari Thailand, 3.934 dari China dan 2.444 dari Amerika Serikat. I wonder..ada yang dari Indonesia ngga ya?

Mereka akan menyumbangkan dana yang diperoleh dari kolam ini untuk sosial. Koin yang terkumpul tahun lalu sudah diserahkan pada Community Chest of Korea dan UNICEF.

Menurutku ini hebat, mereka bahkan sampai menghitung koin secara mendetil dan ada laporan diserahkan ke mana saja. Bahaya kalau Tuan Krab tahu, ia pasti buru-buru nyemplung ke kolam untuk kumpulin koin.

Source : Hancinema

13 comments:

  1. Indonesia punya banyak potensi semacam ini, tapi masyarakatnya mengkhawatirkan... Sense of belongingnya rendah, jadi ngga bisa merawat fasilitas umum. :(

    ReplyDelete
  2. Btw ini kalo ngga salah dipake syuting Lie to me yg HKJ jalan2 dg Yun Ju dan ketauan oleh Soo ran ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, memang sipakai syuting Lie to me.

      Indonesia menurutku masih ada harapan, asal pemerintahnya juga konsisten, misal ngga boleh buang sampah di sungai, dan kalau ketahuan kena denda. Itu benar2 diterapkan dengan keras tanpa pandang bulu, pasti jalan juga.
      Atau operasi mengumpulkan sampah di sungai, lalu dibayar per kg 3 ribu misalnya. Pasti ada perubahan.

      Delete
  3. Kita hanya ada kasus "coin utk Prita" aja yg masuk dlm daftar pengumpulan coin terbesar dlm sejarah Indonesia. hahaha...
    Jangankan Mr Krab, pr pejabat kita aja kalau ada sungai yg dipenuhi duit seperti ini uda pasti di pagas betis dulu dan kalau uda kosong baru di buka kembali. Mirissss melihat masa depan Bangsaku tercinta ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia masih ada harapan, doakan saja.

      Delete
  4. menurutku semua tergantung dari kesadaran masyarakatnya ...masyarakat bandung sudah memulai kok mbak..klo ga salah ada sungai yang dulunya penuh sampah skrg malah jadi tempat rekreasi...hehe..seandainya jakarta bisa bgtu...mungkin citra indonesia bisa lebih baik lagi..

    ReplyDelete
  5. kalau cikapundung digituin bagus juga Unnie... :D

    ReplyDelete
  6. @Caica, setuju, misalnya dibuat tangga ke bawah, sekitar daerah viaduct, terus dikasih trotoar dengan taman-taman, lampu2 jalan, plus persewaan speed boat, sampahnya dibersihkan, kayanya keren.
    Bilang ama Om Dada R dulu haha..

    ReplyDelete
  7. bagaimana kalau sungai ciliwung diubah jadi sebersih itu??? (**gmn caraya**) tp kalo bisa (kyk pas jaman Belanda dulu*) pasti bagus bgt....

    ReplyDelete
  8. waahhh saluutt banget,,,kalo dijakarta bisa buat anak jalanan berenang nyariin koin yg dilempar...hehehehhehe...BTW ka'tirza pa khabar,,,da lama ga ngulik ha ji won ka' muat dong tentang HJW yg lagi syuting the KING...hehehe(ngarep.com)

    ReplyDelete
  9. uwaaa...
    ternyata boleh lempar koin di situ yak kak?
    aku suka banget Cheonggyecheon.
    hihihi
    ntar lempar rupiah banyak ah.

    ReplyDelete
  10. kalau di indonesia ada kolam begituan, pasti isinya bukan air... tapi pengemis hahaha... just kidding^^

    ReplyDelete