Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Tuesday, May 4, 2010

Dong Yi episode 12

Aku jadi Gungnyeo di biro penyelidik....
Dong Yi terlihat tidak percaya

Oh Ho Yang berlari mencari ayahnya dengan panik, "Ayah, Dong Yi diangkat jadi gungnyeo. Kau harus membantuku mencari tahu apa yang terjadi"
Oh Tae Pung terkejut.

Yeong Dal mendekati Dong yi yang masih membaca surat perintah dan ia berkata pada semuanya ia adalah teman baik Dong yi, Yeong dal tanya apa yang terjadi, bagaimana Dong yi bisa diangkat jadi Gungnyeo?
(Gungnyeo itu posisinya sama dengan dayang istana, punya kesempatan dipilih jadi pendamping Raja, kaya Jang Geum) Dong yi berkata ia juga tidak bisa menjelaskannya.
Hwang Ju Shik juga membaca surat perintah yang ditulis dengan Hangeul itu, Yeong dal berkata ini hadiah dari Raja. Dong yi bingung bagaimana ia bisa dapat hadiah ini..
Yeong Dal minta Hwang ju shik menyelidikinya. Semua anggota dept musik ikut gembira bersama Dong yi. Yeong Dal langsung bertindak sebagai bodyguard DOng yi.

Ae Jung dari biro internal ribut, ia tanya teman2nya apakah mereka sudah dengar Dong yi akan ditugaskan di biro internal. Ini benar2 lelucon, pasti ada kesalahan. Min Ji membenarkan, Nae Su Sal benar2 sudah memberikan surat perintah padanya.
Inspektur Yoon ribut bagaimana NAe Su Sal bisa membuat keputusan seperti itu. Dayang Jejo berkata ia dengar bahwa Lady Jang Ok Jung yang sudah mengajukannya. Dayang Jeong dan Bong kaget. Dayang jejo berkata bahwa Lady Jang menggunakan insiden kemarin itu untuk mendorong Dong yi masuk ke biro penyelidik internal.

Dong yi menghadap Lady Jang. LAdy Jang berkata melihat dari raut mukamu, kau pasti sudah menerima perintah Kerajaan itu kan? Dong yi membenarkan, ia juga tanya apa Lady Jang yang membuatnya bisa mendapat promosi sebagai Gungnyeo di biro internal? LAdy Jang membenarkan, itu adalah hadiah yang kuberikan padamu.
Dong yi merasa ia tidak pantas mendapat promosi ini, karena ia hanya pelayan. Lady Jang berkata kemampuan Dong yi melebihi 100 petugas aneh itu dan semua staf, Dong yi bisa memecahkan kasus yang tidak bisa dipecahkan mereka, bukan hanya sekali tapi 2 kali, makanya Lady Jang mengusulkan promosi ini pada Raja Sukjong dan Baginda setuju.

Lady Jang, "Baginda mengakui kemampuanmu." Dong yi terkejut. Lady Jang berkata jadi jangan berkata bahwa kau tidak pantas, ia tidak mau mendengar ini lagi.
Hanya, Jang ingin tahu bagaimana perasaan Dong yi, dengan promosi ini.

Sukjong tanya apa perintah kerajaan sudah diberikan pada Dong Yi? Kasim Han membenarkan. Sukjong mengangguk dan Kasim Han pergi. Sukjong tersenyum sendiri, "Pungsan pasti benar2 kaget sekarang."
Dong yi meninggalkan kediaman Lady Jang dan ia masih kaget, Dong yi ingat kata2 Lady Jang.

Semua staf biro internal merasa kesal dan dilecehkan. Mereka tidak akan tinggal diam demi integritas biro. Dayang Jejo berkata pada Dayang jeong dan Bong, untuk menyatakan penolakan atas keputusan Nae Sul San, mereka mengerti. Dayang Jejo juga minta Inspektur Yoon untuk mengikutinya.
Ibu Suri Myeongseong kaget setelah mendengar dari dayang Do bahwa biro internal menolak perintah. Dayang Do membenarkan, mereka tidak akan menerima pelayan menjadi satu tingkat dengan mereka, mereka sudah mengajukan petisi agar Nae Su Sal membatalkan perintah. Ibu Suri setuju dengan keputusan biro, beraninya Jang Ok Jung membuat kekacauan ini.
Ibu Suri, "Bersiaplah, kita akan mengunjungi Ratu."

Dayang Jo melapor pada Lady Jang bahwa biro internal menghadap Nae Su Sal untuk menolak perintah itu, dan Dayang Jejo sedang menuju ke kediaman Ratu, Ratu berkuasa untuk mengangkat dan membatalkan karena ia adalah kepala Nae Myeong Bu.
Dayang Jejo memohon pada Ratu, ini semua karena kesalahan yang mereka perbuat. Biro bersedia untuk dihukum daripada dihina seperti ini. Agar mereka menerima pelayan menjadi selevel dengan mereka. Ini tidak bisa mereka terima.

Ratu Inhyeon mencoba berbicara pada Dayang Jejo, dan Ibu Suri tiba. Ibu Suri minta Ratu memenuhi keinginan biro internal. Ratu Inhyoen mencoba menjelaskan pada Ibu Suri, tapi Ibu Suri berkata bahwa ini adalah perintah Jang Ok Jung. Beraninya dia mempromosikan pelayan menjadi gungnyeo.
Tapi Ratu Inhyeon berkata ia yang memberikan perintah. Ibu Suri kaget. Dayang Jejo juga terdiam.

Ratu menjelaskan dialah yang mengijinkan Dong yi menjadi gungnyeo dan menunjuknya ke biro internal. Ibu suri kaget sekali. Ratu berkata, alasannya tidak lain karena ia percaya Dong yi memiliki kemampuan dan kualifikasi untuk masuk ke biro internal. Dong yi sudah membuktikan bahwa dia bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukan orang lain. Apa ini benar Dayang Jejo?
Ibu Suri berkata, Dong yi itu golongan Cheonmin, bagaimana Ratu mengijinkan seorang Cheonmin menjadi Gungnyeo. Ratu Inhyeon berkata, "Sebaliknya, bukankah hukum negara sudah menulis kalau seorang Cheonmin bisa menjadi gungnyeo?"

Dayang Jejo berkata benar, tapi itu belum pernah dilakukan sebelumnya. Sudah lama sekali sejak Nae Myeong Bu tidak pernah lagi memilih gungnyeo dari kelas Cheonmin. Ratu berkata, mulai sekarang mereka harus mematuhi hukum. Ratu minta dayang Jejo mematuhinya, agar semua biro yang lain juga mengikuti. apa kau mengerti? Dayang Jejo kaget sekali.
Ratu Inhyeon berkata ia tidak akan mengubah keputusannya, maka biro internal harus mematuhinya dan menjalankan keputusannya. Ibu suri Myeongseong juga terdiam, Ratu Inhyeon benar2 berkuasa.

(Dayang Istana Han juga dari golongan Cheonmin,ibunya adalah koki di gibang. Itulah mengapa saat ia diangkat menjadi Kepala Dayang Istana, semua memboikotnya - Dae Jang Geum)

Anggota staf biro masih belum bisa percaya dan menerima keputusan ini.

Dong yi dan Yeong Dal menunggu Hwang. Yeong Dal menghibur Dong yi itu adalah perintah kerajaan, tidak mungkin dibatalkan. Hwang datang berlari2 dan ia mendengar biro internal menolak keputusan itu, tapi Dong yi tidak perlu cemas. Dong yi tanya apa benar, ia tidak perlu cemas? Hwang menegaskan, perintah itu keluar dari Ratu Inhyeon, meskipun Lady Jang yang mengajukan tapi Ratu sudah menyetujuinya dan membungkam orang2 yang menolaknya.

Hwang Ju shik dan Yeong dal berkata jadi sekarang sebutan Dong yi adalah : Nae Myeong Bu Ha Oh Nim. Hwang ju shik langsung memanggil Dong yi dengan sebutan Ha Oh Nim, keduanya sangat gembira. Dong yi masih mencerna kejadian ini.
Ratu Inhyeon merenung. Ia ingat Sukjong mengunjunginya dan bercerita kalau ia sudah bertemu Dong yi saat menyamar keluar. Ratu kaget, benarkah? Sukjong berkata Dong yi tidak tahu kalau ia adalah Raja, ini karena Sukjong takut jika DOng yi akan sangat terkejut, makanya ia mengaku sebagai pejabat Hanseong di kantor militer. Ratu Inhyeon kaget.

Sukjong berkata mereka bertemu tanpa sengaja dan anak itu benar2 pintar. Yang paling penting adalah semua penilaiannya benar dan dapat dibuktikan, anak itu sangat berbakat hanya sayangnya ia terlahir dari latar belakang cheonmin.
sukjong tahu ini akan membawa kesulitan untuk Ratu tapi ia datang untuk meminta tolong pada Ratu. Tapi biarpun ini permintaannya, Ratu tetap boleh menolaknya, tidak apa2 karena kepala Nae Myeong Bu adalah Ratu Inhyeon.

Ratu Inhyeon berkata sebaliknya, ia akan mengijinkan Dong yi masuk ke biro internal dan menjadi Gungnyeo. Sukjong kaget denga keputusan Ratu, apalagi Ratu langsung menyetujuinya.
Ratu berkata dalam istana ini siapa yang terbuka, adil, dan terhormat selain Sukjong? Jika Sukjong sudah memberikan penilaian dan pengakuan akan kemampuan Dong yi, maka Ratu akan mempercayai penilaian Raja dibanding dengan orang lain. Ratu berkata ia merasa tidak punya alasan menolak pengangkatan DOng yi. Raja Sukjong senang dengan keputusan Ratu.

Dayang istana Ahn menghadap dan berkata Chwi Seon Dang Jang Ok Jung ingin menghadap Ratu.
Lady Jang memberi hormat pada Ratu. Lady Jang berterima kasih pada Ratu karena menyetujui pengangkatan Dong yi. Ratu berkata tidak perlu berterima kasih, ia juga menilai Dong yi pantas untuk diangkat. Lady Jang berkata tapi bagaimanapun, Nae Myeong Bu akan kacau karena ini, Lady Jang minta maaf. Lady Jang juga berkata ia akan menyelesaikan masalah ini sendiri, ia ingin menenangkan biro internal dan ia punya solusi yang mungkin akan menyelesaikan masalah ini, jadi Ratu bisa tenang. Ratu tersenyum. Lady Jang sedikit terkejut dengan reaksi Ratu.

Ratu berkata ia senang karena Jang Ok Jung perhatian dengan masalah ini, dan mau membantu, tapi yang bertanggung jawab di Nae Myeong Bu adalah Ratu Inhyeon, ia adalah orang yang harus memikirkan Nae Myeng bu melebihi siapapun, bagaimana ia bisa menjadikan ini sebagai tanggung jawab Jang?
Ratu mengakui bahwa sangat disayangkan tersebar rumor tentang pengangkatan DOng yi adalah karena usul Jang, tapi ia tidak mau Lady Jang menderita karena salah paham lagi. Jadi Lady Jang diam saja dan tidak perlu ikut campur, Ratu yang akan mengurus masalah ini. Ratu tanya apa pendapat Jang? Lady Jang ok Jung terlihat sangat kaget. Lady Jang berkata ia cemas kejadian ini mengganggu Ratu, tapi melihat Ratu tenang ia lega.

Jang berkata ia juga punya posisi di Nae Myeong Bu, jadi ia merasa tidak bisa diam saja melihat ini. Tapi bagaimanapun semua rumor ini karena dirinya, ia akan melakukan apapun untuk membantu menenangkan situasi ini. Lady Jang mohon diri.
Dayang Ahn menghadap Ratu dan berkata Lady Jang sangat berani mengacaukan Nae myeong Bu dan mengambil manfaatnya. Lady Jang sudah berani konfrontasi dengan Ratu, bagaimana mungkin Ratu membiarkan Lady Jang melakukan itu. Ratu menjawab, "Dalam pandangan kalian, mungkin kalian pikir aku ini bodoh. Mungkin kau tidak berpikir bahwa aku menyadari apa yang sedang dilakukan Jang. Tapi aku tahu akan ambisinya."

Lady Jang berdiskusi dengan Oh Tae Seok. Oh Tae Seok berkata ia tahu jika mereka ingin mengendalikan Na Myeong Bu maka pertama kali mereka harus menguasai biro internal. Tapi mereka pikir ini terlalu terburu-buru. Lady Jang mengingatkan ia juga punya setengah darah Cheonmin. Lady Jang berkata di keputren, semua wanita dengan kedudukan tinggi dan status sosial tinggi ada di biro internal. Makanya biarpun ia menggunakan semua kebijakan politik, tidak akan ada kemungkinan bahwa biro internal akan setia padanya.
Oh yun tanya apa manfaatnya bagi Jang membuat kesal biro internal, meskipun ia sangat pintar, ia tetap Cheonmin, jika ia membuat kesalahan di biro, maka akan berakhir dengan memalukan. Lady Jang berkata, Dong yi akan baik2 saja. Percayalah padaku. (Lady Jang ini juga suka main alisnya, tapi tidak ada yg bisa menandingi Lady Mi Shil)

Yeong Dal membawa Dong yi ke paviliun dan berkata pada staf lain, Ha Oh Nim datang..Semua staf musik memberi selamat dan sangat senang, mereka masih tidak habis pikir bagaimana ini terjadi. Seorang staf berkata aku tahu gadis ini akan memiliki takdir selain sebagai pelayan. yeong Dal memarahinya, beraninya kau memanggil Dong yi seperti itu, temannya berkata bukankah kau juga sama..akhirnya Yeong dal memimpin memberi salam,
Yeong Dal, "Ha Oh Nim, salam bagimu"
Dong Yi, "Da Ri, ada apa denganmu..." yeong dal membungkuk dan semua staf membungkuk memberi salam pada Dong Yi. Dong yi malu, mereka tidak perlu seperti itu, tapi yeong Dal berkeras mereka harus membiasakan diri. Semuanya membenarkan.

Hwang Ju Shik datang dan mengadakan jamuan makan untuk DOng yi. Dong yi tanya apa ini, Hwang tanya, apa kau tidak melihatnya? ini jamuan untukmu. Dong yi kaget, Yeong Dal berkata Hwang ingin melakukan ini untuk memberi selamat pada DOng yi. Hwang sudah mengeluarkan banyak uang untuk ini. Yeong Dal masih memanggilnya Dong yi tapi langsung diganti Ha Oh Nim. Dong yi sangat tersentuh dengan ini, Hwang langsung minta ayo2 mulai makan ..(hihi..terharu ya Hwang..)

Di kantor polisi juga heboh, Seo Yong Gil mendapat laporan kalau pelayan yang bertemu mereka beberapa waktu lalu sekarang sudah diangkat menjadi gungnyeo dan akan bergabung dalam biro penyelidik internal. Seo Yong Gil kaget.
Hwang Jung Gun masuk dan minta Seo Yong Gil keluar, mereka ada masalah. Masalah apa? Hwang Jung gun minta Seo Yong gil keluar dan melihat sendiri.

Ternyata Jang Hee Jae ada di luar. Ia memberi salam pada Seo Yong gil. Jang Hee Jae adalah Kapten yang baru saja ditunjuk. seo Yong Gil kaget, Hwang Jung Gun berbisik pada Seo Yong Gil bahwa Jang Hee Jae adalah pembuat kekacauan. Jang Hee JAe ditunjuk oleh Oh Tae Seok.
Seo Yong Gil berkata ia tidak ada urusan dengan penunjukkan ini, jika Jang Hee Jae bisa kerja maka ia akan mendapat kepercayaan dari Seo Yong Gil. Tapi jika tidak, maka Seo Yong Gil akan menendang Jang hee Jae dari kepolisian. Jang Hee Jae mengerti itu sudah semestinya. Seo Yong Gil berkata pada Hwang Jung Gun, Hwang adalah senior, jadi harus mengajar Jang Hee Jae. Hwang mengerti dan seo Yong gil pergi.

Hwang Jung Gun berkata bahwa Seo Yong Gil tidak peduli, Jang Hee Jae itu kakaknya siapa. Atau darimana dukungannya, maka Jang hee Jae harus serius dan belajar dengan baik. Jang Hee Jae justru melenggang pergi dan melihat2, Hwang memanggilnya.
Cha Cheon Soo sedang bersama koroner, ia berkata akan membantu mengatur dokumen forensik di perpustakaan. Koroner itu heran, bagaimana Cha Cheon Soo bisa tahu dimana letaknya. Cha Cheon Soo berkata ia mengenali beberapa karakter dan ia tinggal mencocokkan karakter yang sama, meskipun ia tidak bisa baca tapi matanya tajam. Jang Hee Jae melihat Cheon soo dan mengenalinya. Koroner itu berkata lakukan saja, ia mau ke kamar kecil dulu. Dan ia memberikan dokumen2 itu pada Cha Cheon soo.

Cha Cheon Soo pergi ke perpustakaan dan ia memeriksa beberapa dokumen. Saat ia mendengar pintu perpustakaan terbuka, Jang Hee Jae masuk dan berkata Cha Cheon soo tidak perlu panik dan lari. Cha Cheon soo mengenali Jang. Jang membenarkan iya aku memang orang itu, Cha Cheon soo kaget ternyata Jang, Kapten Polisi. Jang berkata, ah kalau ini aku baru saja mendapatkannya secara kebetulan hari ini. Jang Hee Jae mengambil buku yang dilihat Cha Cheon soo, ternyata catatan pembunuhan pelayan dari kalangan Yan Ban.
Jang hee Jae berkata Cha Cheon Soo sungguh menarik, Cha Cheon Soo berkata ia hanya menaruh dokuen ini dan menemukan buku ini yang diletakkan tidak pada tempatnya, hanya saja ia tidak tahu dimana letaknya. Jang tertawa dan berkata seorang dengan ilmu bela diri tinggi juga menyembunyikan identitasnya, ini benar2 membuatnya tertarik. Cha Cheon soo kaget dan Jang Hee Jae minta maaf karena mengganggu Cha Cheon soo dan ia keluar.


Makan malam untuk Dong yi terus berlanjut sampai malam, tapi Dong yi justru beres2. Yeong dal tanya mengapa Dong yi melakukan ini, ia adalah tamu kehormatannya. Dong yi hanya meyakinkan Young dal dan Hwang ju shik dimana ia meletakkan perlengkapan musik dsb. Hwang berkata mengapa kau melakukan ini, ayo kembalilah ke meja makan. Dong yi berkata ia cemas apa yang terjadi pada mereka jika ia tidak ada. Bagaimana mereka akan mengatur semuanya.
Dong yi berkata Young dal selalu kambuh pileknya jadi jangan lupa terus menggunakan obatnya. Young dal tidak boleh lupa. Young Dal merasa tersentuh dan ia mulai menangis, Dong yi melihatnya dan ia terkejut.

Hwang Ju Shik menegur Yeong Dal apa yang ia lakukan. Young dal mengaku ia baru sadar Dong yi akan segera meninggalkan dept. musik. Hwang langsung kesal apa kau pikir ia akan pergi ke tempat jauh? Ia masih ada dalam lingkungan istana. Young dal berkata meskipun begitu, saat Dong yi bersama mereka ia sudah seperti keluarga, tapi sekarang akan susah ketemu Dong yi lagi. Hwang memberikan haegeum pada Dong yi dan minta Dong yi membawanya. Dong yi kaget, Hwang berkata nanti di biro internal, tidak akan ada orang seperti Hwang yang memarahi Dong yi jika main haegeum. Kalau Dong yi ingin main, mainkan saja.
Hwang berkeras Dong yi harus membawa haegeum itu, ia yang akan bertanggung jawab akan konsekuensinya.

Hwang Ju Shik menggenggam tangan Dong yi dan berkata ia harus baik2 saja nanti di sana, tapi Hwang berkata DOng yi selalu melakukan semua dengan baik, lagipula ia adalah Pungsan, sekali menggigit tidak akan dilepaskan. Dong yi terharu, ia berkata ia perlu minum sedikit. Dan semua staf senang. Dong yi keluar dari ruangan. Yeong Dal mulai menangis dan Hwang Ju Shik minta Yeong Dal berhenti menangis. Young dal berkata Dong yi sudah seperti adiknya sendiri, ia tidak mau Dong yi menderita di biro internal, hatinya benar2 tersiksa. Hwang berkata di dunia ini dimana ada kesempatan emas seperti ini, jadi mereka harus bahagia untuk DOng yi, jadi dia bisa meninggalkan dept musik dengan senang.
Jika mereka menangis, nanti Dong yi akan sedih, tapi akhirnya keduanya menangis sambil berpelukan.

Dong yi melihat sekali lagi pada dept. musik dan ia melihat haegeumnya, ia ingat saat memberikan kue pada ayah dan kakaknya. Dong yi melihat ke langit dan berkata pada ayahnya ia akan meninggalkan dept musik, ia akan menjadi Gungnyeo, ia gugup tapi ia ingin mencobanya, bukankah ayah berkata jika ia punya hati bangsawan maka ia adalah bangsawan. Dong yi minta ayahnya menolongnya dan ia memeluk haegeum-nya.


Sukjong senang karena semua sudah diselesaikan dengan baik, bahkan yang menentang juga berhasil ditekan. Kasim Han berkata itu berkat Ratu Inhyeon sudah memberikan perintah bahwa biro internal tidak boleh menolak lagi. Sukjong berkata mengangkat DOng yi sebagai gungnyeo sebenarnya sayang sekali, ia akan merindukan hari2 itu. Kasim Han terkejut. Sukjong berkata kalau seperti ini, DOng yi cepat atau lambat akan tahu ia bukan Ban Gwan Da Ri, ia adalah Raja.

Sukjong berkata ia sangat senang saat menjadi pria biasa dan minta Kasim Han keluar.
Inspektur Yoon memeriksa staf biro internal dan menegur anak buahnya yang tidak rapi. Kemudian Min Ji lapor bahwa DOng yi sudah datang. Inspektur Yoon melihat Dong yi dengan merendahkan. Dong yi membungkuk dan memberi salam. Inspektur Yoon minta Dong yi menemui Dayang Jejo.

Dong yi menemui kepala biro internal. Dayang Jeong juga ada. Dayang Jejo berkata bahwa tempat ini punya disiplin tinggi, jika kemarin Dong yi hanya Cheonmin, tapi ketika ia masuk ke biro internal, Dong yi harus meninggalkan kebiasaan Cheonminnya dan tanya apa Dong yi mengerti. Dong yi mengerti dan Dayang Jejo minta dayang Jeong membawanya. Dong yi mengikuti dayang Jeong.
Dong yi tanya apa dayang Jeong masih mengenalinya, dayang Jeong minta Dong yi tidak banyak bicara. Tidak ada petugas di sini yang bicara begitu keras. DOng yi minta maaf. Dayang Jeong minta petugas memberikan seragam pada Dong yi.



Dong yi mengenakan seragam barunya. Dong yi melihat bayangannya di kaca, "aku sekarang adalah gungnyeo." Pelayan datang dan berkata agar Dong yi mengikutinya, ia akan menunjukkan tempat tinggalnya. Dong yi berterima kasih, tapi pelayan berkata jangan bicara dengan resmi seperti itu. Dong yi membungkuk, tapi pelayan berkata kau melakukannya lagi. Dong yi membungkuk sedikit, dan pelayan itu hanya menggelengkan kepalanya, mendesah.
Dong yi harus mengingatkan dirinya sendiri, jadi ini rasanya. Aku ini gungnyeo dan tidak menggunakan bahasa resmi. Ini susah.

Staf di biro internal tidak suka dengan Dong Yi. Dong yi berusaha ramah dan mengenalkan diri, tapi mereka hanya melotot pada Dong yi dan meninggalkan ruangan. Jeong Eun berkata agar Dong yi tidak berharap banyak. Jeong Eun, "Tidak ada seorang pun disini yang akan menghargai Dong yi sebagai manusia, jangan salah paham, bukan karena latar belakang Cheonminmu, tapi karena kau diberikan tiket gratis, tanpa usaha tapi mau enaknya."
Jeong eun meninggalkan ruangan, Dong yi menghela nafas. Dayang Jeong masuk dan berkata agar Dong yi jangan mengambil hati kata2 dan perlakuan gadis2 itu.

Dayang Jeong berkata, ini adalah tempat dimana semua gungnyeo yang ingin jadi penyidik sudah belajar dan menghabiskan waktu paling sedikit 10 tahun, mereka kerja keras selama 10 th dalam pelatihan untuk sampai di posisi ini. Mereka semua bangga sebagai Nae Myeong Bu, sehingga posisi gungnyeo ini juga sangat mereka banggakan karena berusaha di istana untuk menjadi seperti ini.
Kehadiran Dong yi sekarang sangat melukai harga diri dan menghina mereka. Dong yi tidak pernah berusaha seperti mereka untuk sampai posisi ini, itulah mengapa Jeong minta Dong Yi agar tidak terlalu berharap apa kau punya tempat di sini. Tapi Dong yi harus membuat semua melihat kemampuanmu sehingga kau bisa sebanding dengan mereka. Tidak seorangpun di sini yang akan menganggap Dong yi sama dengan mereka. Dayang jeong pergi dan Dong yi menghela nafas panjang.

Min Ji berkata pada inspektur Yoon apa mereka akan membiarkan Dong yi begitu saja. Inspektur Yoon berkata agar mereka tidak perlu cemas, Dong yi tidak akan bertahan lama di biro penyelidik internal.
Dayang Do menghadap Ibu Suri Myeong seong. Inspektur Yoon ingin menghadap Ibu suri.

Staf biro sedang belajar, Inspektur Yoon masuk, Dayang Jeong memberi salam. Ispektur Yoon tanya dimana Dong yi ia tidak ada di kelas? Dayang Jeong berkata karena ini hari pertamanya, maka Dayang Jeong menyuruh Dong yi tinggal di kamarnya. Inspektur Yoon berkata siapa yang menyuruh? Dong yi harus ikut kelas dan juga ujian, ia sekarang anggota biro. Inspektur Yoon minta shi bi memanggil Dong yi.
Dayang Bong dan Dayang Jeong heran, apa inspektur Yoon salah makan? Dong yi sedang membaca, dan shi bi minta Dong yi ikut dengannya. Dong yi salah panggil lagi, ia memanggil Shi bi dengan Ha oh nim, padahal mereka selevel. Shi bi mengingatkan DOng yi.

Menteri Jung kaget mendengar Ibu Suri berencana mengirim DOng yi kembali ke asalnya. Ibu Suri berkata ada orang di biro internal yang menjamin bahwa dalam 3 hari, ia akan bisa mengirim DOng yi kembali ke dept musik. Menteri Jung berkata bahwa Ratu Inhyeon sudah memerintahkan ini, bagaimana mereka bisa melawannya.
Ibu Suri berkata seperti yang sudah diketahui, bahwa biro internal akan melakukan audit internal dalam istana. Menteri Jung menebak dalam audit intern itu maka...Ibu Suri membenarkan, setelah 3 hari reputasi Jang Ok Jung akan hancur. Menteri Jung senang.

Seperti yang sudah diduga, DOng yi tidak bisa mengikuti pelajaran, kemudian Inspektur Yoon datang dan memberi Dong yi nasihat bahwa ini adalah bacaan dari Doktrin arti (ajaran Confusius), apa Dong yi pernah membacanya. Dong yi tidak pernah membaca ajaran seperti itu. Inspektur Yoon berkata baiklah, dan minta Dong yi membacanya. Dong yi berterima kasih pada Inspektur Yoon.
Dayang Bong dan Jeong melihat dengan curiga mengapa Inspektur Yoon tiba2 berubah menjadi sangat baik pada Dong yi, Inspektur Yoon tersenyum.

Nyonya Yoon bertemu dengan Nyonya Park di pasar dan saling menyindir, Nyonya Park berkata putra Nyonya Yoon (Jang Hee Jae) membuat masalah lagi, Nyonya Yoon membalas, ia hanya punya 1 lelaki untuk dicemaskan, kalau Nyonya Park punya 2 yang tingkah lakunya juga tidak karuan pagi dan malam (Oh Tae Pung dan Oh Ho Yang). Nyonya Park kaget dan tanya apa maksud Nyonya Yoon. Nyonya Yoon pura2 kaget, oh kau tidak tahu ya? dan ia tidak mau menjelaskan lagi.

Oh Tae PUng, anaknya dan Jang Hee Jae senang2 di Gibang dan Jang Hee Jae menuang arak untuk mereka. Oh Tae pung berkata bahwa Hee Jae tidak tahu di ibukota ada gibang sehebat ini. Hee Jae berkata meskipun ia di China, ia tetap tahu bahwa nama Gibang Doseong. Hee Jae tanya mengapa Oh Ho Yang murung. Oh Tae Pung berkata jangan hiraukan, anak ini suka dengan pelayan di biro musik, tapi sekarang pelayan itu jadi gungnyeo, itulah mengapa Oh Ho Yang murung.

Jang Hee Jae berkata jika Oh Ho Yang suka ambil saja dia, biarpun dia gungnyeo, itu akan lebih mengasyikkan. Oh Tae Pung dan anaknya kaget, Jang tertawa ia mengaku ia memang bukan orang baik, Oh Tae Pung minta Jang menjaga kata2nya agar tidak mendapat masalah. Jang mengangguk. Tapi Oh Ho yang sudah termakan kata2 Jang Hee Jae.
Ketiganya akhirnya berpisah. Pelayan Jang hee Jae tanya mengapa tuannya perlu menjamu orang2 seperti Oh Tae Pung. Jang Hee Jae berkata kadang mereka harus tahu bagaimana caranya bergaul dengan orang2 bodoh seperti mereka. Jika kau memberikan satu maka mereka bisa membalasmu 10 lipat.

Cha Cheon Soo mengikuti Jang Hee Jae. Anak buah Jang tahu mereka diikuti tapi tidak sebanding dengan Cha Cheon Soo. Jang Hee JAe berkata sudah tidak apa2, ia tahu Cha Cheon Soo tidak akan melukai mereka. Jang berkata Cha Cheon soo datang lebih lambat dari perkiraannya. dan ia berkata Cha Cheon soo benar2 sabar. cHa Cheon Soo tanya mengapa Jang tidak mengeluarkannya. Jang berkata sepertinya Cha Cheon soo mencari sesuatu. Ada banyak cara untuk mendapat apa yang ia cari. Jika Jang bisa mendapatkan apa yang Cha Cheon Soo inginkan, apa Cha Cheon Soo mau melayani Jang?
Cha Cheon Soo merenung memikirkan tawaran Jang Hee Jae.

Yeong Dal kembali ke rumah dan Cha Cheon soo mendekatinya. Young Dal takut dengan Cha Cheon Soo. Cheon Soo tanya Young Dal sudah makan belum, jika belum apa mau makan bersama. Cheon Soo minta Young Dal cuci. Yeong Dal makan dengan tidak nyaman. Cha Cheon soo minta Young Dal duduk dengan santai saja. Young Dal berkeras memang seperti ini cara ia duduk, postur sebagai musisi itu penting. Cheon soo mengerti.
Cheon soo bangun dan mau mengambil anggur, Young Dal langsung waspada dan tanya Cha Cheon soo mau apa, Cheon soo berkata kau tenang saja, dan duduklah.

Cheon Soo tanya mengapa Young Dal menghela nafas, Young Dal mengaku ini karena ia takut pada Cheon soo dan juga karena gadis pelayan yang ia kenal. Cha Cheon Soo tanya pelayan apa, Young Dal cerita di dept musik ada pelayan yang baru2 ini diangkat jadi gungnyeo. Cha Cheon soo kaget, apa ada cerita seperti itu? bagaimana bisa? Young Dal berkata gadis itu pintar sekali dan cepat tanggap. Cha Cheon soo mengangguk.
Tapi Young dal mencemaskannya, ia takut para dayang istana akan jahat padanya, Young dal sudah menyayanginya seperti adiknya sendiri. Cha Cheon soo mengerti perasaan itu dan ia juga menghela nafas. Cheon soo keluar dan mengeluarkan ikat kepala itu dan ingat tawaran Jang Hee Jae.

Malam2, Dong yi mempelajari dan membaca semua tentang aturan dan doktrin istana. Dong yi mengeluh ia benar2 lemah dalam berhitung, dan ia ingat kata2 Jeong Eun, bahwa yang tidak disukai adalah orang yang dapat tiket gratis bukannya karena latar belakangnya. Dong yi harus menunjukkan kemampuannya. Dong yi menghela nafas panjang dan memotivasi dirinya sendiri, bahwa ia adalah pungsan jadi ia harus semangat.

Dong yi mencuci baju dan pelayan tanya apa yang dilakukan Dong yi. Dong yi berkata ia hanya mencuci baju. Pelayan itu berkata Dong yi itu Gungnyeo, jadi pekerjaan seperti ini bukan tugasnya, jika yang lain sampai tahu, maka pelayan yang akan disalahkan. Dong yi minta maaf, ia berkata ia bangun sangat awal dan tidak ada yang dikerjakan jadi..para pelayan mengambil cucian dari tangan Dong yi dan minta Dong yi segera kembali ke kamarnya.
Dong Yi berkata ia mau tanya, tapi karena tidak akan ada yang mau menjawabnya maka apa kalian bisa paling tidak menjawabnya. Dong yi tahu bahwa di sini mereka mempelajari banyak hal, tapi mengapa sekarang sunyi sekali, apa libur? Pelayan menjawab itu karena akan ada ujian, maka para gungnyeo pasti ada di kamar dan belajar.

Dayang Jejo kaget mendengar Inspektur Yoon ingin Dong yi ikut ujian. Inspektur Yoon beralasan karena dong yi adalah salah satu penyidik maka ia harus ikut ujian. Dayang Jeong berkata Dong yi baru masuk ke dalam biro selama 3 hari, bagaimana mungkin ikut ujian?
Dayang Jejo setuju, biarkan Dong yi ikut. Dayang Jeong tidak setuju dan Kepala Biro berkata bahwa Dong yi adalah gungnyeo dan ia sama dengan yang lainnya maka DOng yi harus ikut ujian.

Sukjong melihat barisan Dayang istana lewat dan ia ingin melihat apa ada Dong yi. Anak buahnya tanya apa ada masalah. Sukjong berkata bukan apa2.
Dayang Bong juga kaget, apa yang terjadi mengapa DOng yi ikut ujian? Ini tidak adil. Dayang Jeong berkata ini pasti sudah direncanakan oleh Inspektur Yoon.


Dong yi kaget saat ia melihat bahwa namanya terdaftar dalam ujian. Inspektur Yoon membenarkan karena Dong yi itu penyidik jadi harus ikut ujian. Dong yi berkata ia belum belajar banyak, dan Inspektur Yoon berkata kau hanya perlu menulis apa saja yang kau ketahui. itu cukup. Dong yi mengerti.
Sementara itu, dayang Jeong dan Bong menentukan standar penilaian. Mereka cemas jika DOng yi tidak memenuhi standar maka ia akan diusir dari biro.

Dong yi datang dan duduk di ruang ujian. Jeong Eum kaget melihatnya dan shi Bi tanya apa yang dilakukan Dong yi disini. Dong yi memberi salam dan staf lain melihatnya dengan bingung.
Inspektur Yoon masuk dan mengumumkan materi ujian. Tentang doktrin arti (ajaran confusius). Mereka harus mengartikannya tanpa melihat teks. Semua mendesah dan berusaha mengingat teksnya. Dong yi menghela nafas dan Jeong eun tanya apa Dong yi sudah membaca bukunya?

Dong yi belum pernah membaca bukunya. Jeong Eun tanya apa Dong yi tahu aturan dalam ujian ini? Ini adalah ujian tahunan untuk Biro penyelidik internal.
Dong yi berkata bahwa inspektur Yoon hanya bilang bahwa ia cukup menulis yang ia ketahui sekarang Dong yi merasa kecewa karena belum pernah membaca bukunya.

Jeong Eum berkata bahwa ujian ini punya aturan, jika mereka tidak bisa memenuhi standar penilaian, maka gungnyeo itu akan dikeluarkan dari biro. Dong yi kaget dengan aturan ini. Dong yi tanya apa itu berarti jika mereka tidak bisa memenuhi nilai tertentu maka akan dikeluarkan dari biro internal?
Dong Yi, "Aku belum pernah membaca buku itu apa yang harus kulakukan?" Jeong Eun tidak bisa menjawabnya.

Dong Yi terlihat shock.


Dong Yi preview ep 13
thank's to : Gaeulro Youtube



Dong Yi 11
Dong Yi 10
Dong Yi 9
Dong Yi 8
Dong Yi 7
Dong Yi 6
Dong Yi 5
Dong Yi 4
Dong Yi 3
Dong Yi 2
Dong Yi 1
Dong Yi

3 comments: