Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Saturday, June 22, 2013

Jang Ok Jung episode 22 part 2

Hee Jae menyangkal keterlibatannya dalam insiden ini.  Ratu Jang gelisah karena Hee Jae waktu itu tanya soal anak Raja yang lain. Dan nama kakak disebut dalam pemeriksaan.

Tiba-tiba Hyeon Moo dan pasukannya masuk ke kediaman Ratu. Ratu Jang terkejut. Hyeon Moo membungkuk dan berkata Raja sudah memerintah semua orang yang mungkin terlibat dalam insiden itu untuk diperiksa.

Ratu Jang : Apa maksudmu aku juga terlibat?
Hyeon Moo : Tuan Jang Hee Jae disebut sebagai tersangka utamanya. Tangkap dia!

Hee Jae menyangkal, siapa yang bilang aku terlibat dalam insiden ini? Hyeon Moo berkata, salah seorang dayang sudah membuka mulut dan mengatakan bahwa Hee Jae yang sudah memberikan sari beras itu dan minta dayang itu berkata bahwa bingkisan itu dari keluarga Sukwon.

Ratu Jang teriak kesal, Hee Jae! Hee Jae menyangkal, tidak..saya dijebak. Saya sudah dijebak! Yang Mulia..Yang Mulia! Hyeon Moo tidak mau tahu dan membawa Hee Jae pergi.

Ratu Jang syok, ia langsung ingin menemui Sukjong. Ratu tidak mengerti kenapa kakaknya ditahan. Ratu Jang yakin kakaknya tidak terlibat dalam insiden makanan Sukwon yang diracun.

Sukjong menenangkan Ratu Jang. Ia sudah minta petugas menyelidiki secara mendalam. Sukjong juga heran kenapa dayang itu mengaku begitu cepat, ia janji akan menyelidikinya. Jika tidak ada kesalahan, pasti akan terbukti. Jangan terlalu cemas.

Ratu Jang menangis, maafkan saya Yang Mulia. Sukjong hanya menghela nafas.
Min Yoo Jung bertemu Kim Man Gi. Min senang karena mereka mulai memiliki kesempatan setelah berhasil mengacaukan hati rakyat dengan popularitas Novel Lady Sa serta menyulut api dengan percobaan pembunuhan dengan racun yang dilakukan Jang Hee Jae pada Choi Sukwon.

Sekarang, kalau para sarjana dari 8 propinsi juga bangkit, Raja tidak akan bisa melindungi keluarga Jang lagi. Min memberikan surat pada Kim Man Gi.

Kim Man Gi mengerti, dengan dukungan para sarjana dari 8 propinsi, ia sangat berharap restorasi Pyebi Min akan segera terlaksana.

Min Yoo Jung : Ya, itu harus. Aku ingin tahu berapa lama Raja akan bisa menggenggam tangan si Jang itu. Aku akan mengawasinya.

Mulailah demo para sarjana di depan istana. Yang Mulia bunuh Jang Hee Jae dan kembalikan posisi Ratu Min. Yang Mulia..turunkan Ratu Jang dan pulihkan posisi Pyebi Min. Mohon pertimbangkan, Yang Mulia..!

Sukjong marah dengan semua petisi-petisi yang diajukan para sarjana. Sukjong teriak2. Kenapa soal pengembalian Min bisa muncul di tengah permintaan penurunan Ratu?

Choi Sukwon masih belum sadarkan diri. Tabib dan para perawat berusaha menyadarkannya. Tabib istana terus memeriksa denyut nadi Choi Sukwon dan ia tampak bingung. Karena tidak merasakan denyut nadi bayi.
Kim Man Gi bertemu Chi Soo, mereka bisa membuat Ratu Jang turun dengan insiden Jang Hee Jae. Tapi itu tidak cukup untuk membuat Pyebi Min kembali ke posisi semula.

Chi Soo tahu sekarang waktunya untuk mengeluarkan kartu rahasianya. Yaitu insiden keracunan yang dibuat oleh Ratu Jang sendiri.

Kim Man Gi tahu itu, tapi mereka tidak punya bukti. Chi Soo tersenyum, ia punya buktinya. Dayang istana yang menambahkan racun dalam makanan itu. (Ada apa dengan Chi Soo, bukankah keinginannya mendapatkan nyawa Jang Hyeon sudah terkabul? kenapa tidak pulang saja ke Qing dan biarkan saja Ok Jung? Apa jika ia tidak bisa memiliki Ok Jung, maka Ok Jung harus hancur? kenapa ia ikut campur grrr)

Kim Man Gi menemui Raja dan mengusulkan dua hal dari partai Seoin. Yaitu Menurunkan Ratu yang sekarang dan mengembalikan posisi Pyebi Min.

Sukjong menolaknya, bagaimana bisa Ratu sekarang yang tidak memiliki kesalahan, apa posisi Ratu bisa diubah dengan begitu mudahnya seperti makanan di pasar? Kim Man Gi tanya, bagaimana kalau mereka bisa menunjukkan kesalahan Ratu yang sekarang.

Sukjong sedikit gugup dan tanya apa kesalahan Ratu Jang. Kim Man Gi menyinggung insiden keracunan makanan saat Ratu masih menjadi Hee Bin. Saat itu, mendiang Ibu Suri tidak memiliki bukti meskipun beliau sampai batuk darah, tapi kami partai Seoin memilikinya sekarang. Yaitu Dayang istana yang mencampurkan racun dalam makanan itu.

Sukjong : Lalu? Kau akan menggunakan kartu itu untuk menurunkan Ratu yang sekarang dan mengembalikan posisi Pyebi Min?

Kim Man Gi : Kalau masalah ini dibahas dalam sidang dewan bahwa ibu Putra Mahkota memalsukan insiden keracunan maka itu akan meninggalkan noda yang besar.
Sukjong murka dan membentak Kim Man Gi : Keluar!

Kim Man Gi terkejut, Sukjong tidak pernah bersikap seperti ini dengannya. Sukjong membentak lagi, keluar kataku! Kim Man Gi membungkuk, lalu keluar. Sukjong membuang semua dokumen di mejanya.

Hari sudah malam, tapi para sarjana masih demo di depan istana dengan meneriakkan kata-kata yang sama. Hee Jae duduk di penjara dan terlihat pasrah dengan nasibnya. Ia mungkin hanya bisa menyesali diri.

Sukjong mondar-mandir sendiri di jembatan. Ia terus menerus menghela nafas dan berpikir.
Ratu Jang melihat Sukjong, ia mengerti bahwa Sukjong ada di posisi yang serba salah. Ratu mengerti betapa menderitanya Sukjong saat ini.
Ratu Jang bertemu dengan partai Namin. Mereka tidak ingin Ratu Jang didepak dari posisinya, karena nasib mereka saling berkaitan. Ratu Jang mengerti itu.

Partai Namin ingin Ratu tetap kuat agar bisa menyelamatkan nyawa Jang Hee Jae. Jadi tolong memohonlah pada Yang Mulia Raja.
Ratu Jang : Ya, aku akan memohon pada Yang Mulia. (Meskipun terlihat jelas, Ratu Jang tidak bisa melakukannya. Ia tidak ingin membuat Raja lebih tertekan lagi)

Ratu Jang memandangi Dayang uhm yang sedang main bersama PM Yi Yun. Wajahnya tampak kurang ceria. Ratu Jang memanggil Dayang Uhm, bersiaplah, aku ingin menemui Yang Mulia Raja.

Sukjong merenung dan memikirkan kata-kata Kim Man Gi. Lalu Kasim Yang mengumumkan kedatangan Ratu Jang. Sukjong tersenyum, ya antar dia masuk.

Ratu Jang jalan masuk, tapi ia hanya mengenakan hanbok putih biasa dan menghormat kepada Raja. Ratu Jang duduk di depan Raja. Sukjong tertegun. Ratu Jang tersenyum, Yang Mulia..

Sukjong : Ratuku..
Ratu Jang : Saya rasa sekarang adalah waktunya.

Sukjong tanya waktu untuk apa. Sukjong menahan tangisnya. Ratu minta Sukjong melepaskan tangannya. Sukjong gemetaran, Ratu..

Ratu Jang : Saya mohon turunkan saya dan keluarkan saya dari istana. Meskipun Yang Mulia melakukannya, saya tahu persis anda tidak melepaskan tangan saya.

Sukjong : Kenapa? Kejahatan apa yang kau lakukan?

Ratu Jang menangis, ia menunduk, saya terlalu malu untuk mengatakannya. Tapi saya melakukan kesalahan besar. Cukup besar sehingga bisa membuat Yun kita merasa malu jika mendengarnya. Sebagai ibunya dan ibu negara ini,

Sukjong memotongnya, cukup hentikan! Aku tidak mau mendengarnya.

Ratu Jang : Ya, saya harus mengatakannya pada Yang Mulia. Saya pikir, saya hanya bisa mencintai anda sepenuhnya jika saya naik ke posisi Ratu. Saya pikir, tidak akan ada orang yang bisa mengabaikan saya karena status rendahan saya, hanya jika saya menjadi Ratu.

Saya bodoh karena berpikir, bahwa semuanya akan bisa diselesaikan hanya jika saya menjadi Ratu.

Sukjong menangis, cukup kau bisa berhenti. Kumohon hentikan.

Ratu Jang menangis : Jadi itulah mengapa saya melakukannya. Untuk menendang keluar Pyebi Min dan mengambil posisi sebagai Ratu! Saya sengaja memakan racun.

Sukjong stres dan memukul meja, kenapa kau mengatakan itu! Apa kau tahu, apa yang kulakukan untuk menutupinya?
Ratu Jang syok, maksud Yang Mulia, anda sudah tahu tapi tetap mengangkat saya sebagai Ratu?

Sukjong : Membutuhkan usaha yang sangat besar untuk membuatmu sampai ke sana, jadi kenapa kau ingin turun sendiri dari situ?

Ratu Jang menangis semakin keras : Saya harus mengatakannya sendiri, jadi Yang Mulia memiliki alasan untuk menurunkan saya! Anda tidak mungkin bisa melakukan itu sendiri! Jadi saya mohon turunkan saya. Dan saya mohon tetaplah menjadi Raja yang bijaksana untuk selama-lamanya.
Sukjong kehabisan kata-kata.

Ratu Jang berdiri dan melakukan penghormatan di depan Raja. Ratu Jang berbalik dan jalan pergi sambil menangis. Sukjong sangat terpukul.

Sukjong menemui Hee Jae di penjara. Hee Jae terkejut dan buru-buru menghormat, Yang Mulia.
Sukjong : Hee Jae.
Hee Jae menangis : Yang Mulia, saya mohon bunuh saja saya. Karena kebodohan saya, saya jadi menyebabkan masalah untuk anda dan Ratu.

Sukjong ingin tahu sesuatu, kenapa Hee Jae meracuni Choi Sukwon, padahal kau tahu bahwa di dalam hatiku tidak ada wanita lain selain Ratu. Apa lagi yang kau inginkan sebagai kakak Ratu?
Hee Jae bingung menjawabnya. Sukjong tanya apa Hee Jae tidak suka dengan keberadaan Selir? Apa kau cemas itu akan menjadi ancaman untuk adikmu?

Hee Jae akhirnya memberanikan diri bicara, ampuni saya Yang Mulia, tapi saya dengar Choi Sukwon sedang mengandung.

Sukjong tampak bingung, Choi Sukwon mengandung? Hee Jae membenarkan, ia kenal seorang dayang di kediaman Sukwon dan dayang itu berkata kalau Sukwon mengandung. Hee Jae bersedia menanggung semua kesalahan.

Hee Jae menangis : Satu-satunya kesalahan Yang Mulia Ratu adalah dia memiliki kakak bodoh seperti saya. Tolong pertimbangkan, Yang Mulia.

Sukjong masuk ke kamar Choi Sukwon dan mengamati Choi yang belum sadar. Wajahnya kelihatan kesal. Sukjong sadar ini pasti akal-akalan Partai Seoin.

Sukjong menemui Chi Soo tanpa pemberitahuan. Chi Soo terkejut tapi ia berdiri menyambut Raja.

Sukjong duduk bersama Chi Soo. Ia sudah memikirkan ini dan Sukjong yakin bahwa Choi Sukwon adalah ulah Chi Soo.

Chi Soo nyengir, sejujurnya saya memang ada andil dalam mengirim Choi Sukwon ke istana. Tapi saya tahu apa, saya hanya memberikan persembahan dan menikmati kue berasnya.

Sukjong tanya, itukah mengapa Chi Soo ingin mengembalikan Pyebi Min ke istana. Chi Soo tidak peduli, Pyebi Min akan naik lagi atau tidak. Ia hanya ingin tahu apa yang akan terjadi pada Ratu yang sekarang. Saya rasa, Ratu yang terlibat kejahatan akan dikeluarkan dari istana.

Sukjong ingin tahu apa kediaman yang diinginkan Chi Soo di istana adalah Chwi Seon Dang. Chi Soo ketawa, itu kediaman yang dibangun oleh dana pribadi Yang Mulia. Kalau saya mendapatkannya, saya tidak punya keinginan lain.
Sukjong curiga dan ia mulai menghubungkan semuanya. Hadiah Chi Soo pada Ratu, ekspresi Ratu saat melihat Chi Soo. Siapa kau sebenarnya? Apa kau sudah mengenal Ratu sejak dulu?

Chi Soo menyangkalnya. Tidak. Saya hanya ingin membalas dendam. Jang Hyeon telah merampas toko ibu angkat saya dan membuatnya terbunuh dalam suatu kebakaran. Sulit menghancurkan Jang Hyeon kalau Ratu masih kuat posisinya.
Tapi Chi Soo sudah tidak tertarik lagi sekarang, Jang Hyeon sudah mati. Chi Soo akan membereskan semuanya dan pergi dari sini.

Sukjong juga tidak tertarik dengan apa yang akan dilakukan Chi Soo, tapi kalau sekali lagi Chi Soo mengusiknya, maka Chi Soo tidak akan bisa menghindari kematian.
Sukjong pergi.

Sukjong menemui Ratu Jang di jembatan dekat Chwi Seon Dang. Ratu tersenyum, Yang Mulia. Sukjong juga tersenyum, sudah lama tidak menikmati sinar bulan bersamamu.
Ratu berkata ia seharusnya membawa Yun-ah juga. Sukjong menggeleng, saat ini ia hanya ingin berdua saja bersama Ok Jung.

Sukjong tanya apa Ok Jung ingat saat ia berkata ingin tinggal di Chwi Seon Dang selamanya dan memiliki banyak anak seperti kelinci? Ratu Jang tersenyum dan ia ingat hal itu.
Ratu mengaku, saat paling bahagia baginya adalah saat ia masih menjadi Hee Bin. Saat itu Sukjong memberikan Chwi Seon Dang dan Yun kita lahir.
Sukjong tersenyum : Hee Bin.


Sukjong menangis lagi, kalau ingat saat itu, memang itu juga adalah waktu paling bahagia untukku. Bagaimana kalau kita kembali ke saat itu lagi? Kalau kita melakukannya, apa kita bisa berbahagia lagi?

Ratu Jang menangis, kita tidak bisa memutar kembali waktu yang sudah berlalu, Yang Mulia. Saya bahagia hanya dengan mengingat kembali kenangan yang saya miliki bersama Anda, Yang Mulia. Tidak peduli dimana saya berada setelah diturunkan.
Sukjong tidak tahan lagi. Ia langsung memeluk Ratu Jang. Sukjong menangis, aku tidak suka kenangan kalau kau tidak ada di sisiku.

Ratu Jang menangis, Yang Mulia..keduanya berpelukan erat.

 Beberapa saat kemudian, Sukjong memanggil Hyeon Moo untuk memperkuat markas militer di setiap gerbang kota. Dan juga menyiagakan pasukan kerajaan. Katakan pada Sekretaris Negara untuk diam-diam menyiapkan penggantian Kepala Pelatih dan Menteri Militer.
Aku akan mulai melakukan reformasi. Mengganti Partai Namin dengan Partai Seoin. Tapi sebelum itu, aku ingin bertemu dengan Min Yoo Jung sendirian.

Min Yoo Jung menghadap Sukjong, Yang Mulia kenapa anda memanggil saya?
Sukjong mendekat, ia tahu siapapun yang ia ajak bicara dalam Partai Seoin, semua jawaban akan datang dari Min Yoo Jung. Min tersenyum dan merasa tersanjung dengan kata-kata Raja.

Sukjong : Aku akan langsung saja. Aku akan menurunkan Ratu Jang yang sekarang. Dan aku akan membuat PM Yi Yun tidak memiliki cela sama sekali dengan menjadikannya putra Ratu Min.
Min masih belum terima, ia minta Raja mengusir Ok Jung dari istana : Untuk mencegah timbulnya masalah di masa mendatang, Ratu Jang harus diturunkan dan dikeluarkan dari istana.

Sukjong geram sekali : Lalu apa yang harus kulakukan dengan Choi Sukwon?
Min : Choi Sukwon?
Sukjong : Awal dari kembalinya kekuasaan Partai Seoin dan diangkatnya kembali Ratu Min. Cerita keseluruhan tentang percobaan pembunuhan Choi Sukwon. Tentu saja aku tahu soal itu, apa yang seharusnya kulakukan tentang itu?

Min tampak berpikir. Sukjong berkata tidak akan menggali masalah itu lagi dan membiarkan status Choi Sukwon yang sekarang.
Sukjong akan mengganti partai yang berkuasa, karena ia sudah muak dengan ketidak-kompetenan Partai Namin dan perubahan arah dalam politiknya. Sukjong akan mengabulkan permintaan Partai Seoin yang sesuai dengan keinginan rakyat, yaitu mengembalikan posisi Pyebi Min.
Tapi Sukjong tidak akan mengusir Ratu Jang keluar istana.

Min Yoo Jung : Tapi Yang Mulia, Ratu Jang yang sekarang telah kehilangan hak menjadi ibu negara Joseon. Ibu negara ini tidak boleh memiliki kesalahan agar putranya bisa naik takhta dengan aman.
Sukjong : Itu adalah syarat untuk Ibu negara, tapi ada ruang untuk para selir.

Min Yoo Jung : Maksud Yang Mulia?
Sukjong : Ratu Jang akan diturunkan menjadi Hee Bin dan akan tinggal di Chwi Seon Dang. Aku akan mengembalikan Pyebi Min menjadi Ratu. Itu keputusanku.
Min Yoo Jung tampak kesal tapi tidak punya pilihan.

Dayang Uhm menangis dan mengatakan keputusan Raja pada Ratu Jang, Yang Mulia..kata Baginda hanya pindah dari kediaman Ratu ke Chwi Seon Dang saja.
Ratu Jang menangis, Yang Mulia..apa anda masih belum bisa melepaskan tangan saya? Yang Mulia..kemurahan anda tidak terukur.

Inhyeon mendapatkan kembali gelarnya sebagai Ratu. Ia dilepas oleh Min Yoo Jung. Ayah-anak itu saling menggenggam tangan. Min Yoo Jung pesan, tegakkan kembali kebanggaan keluarga Raja di istana.
Inhyeon : Ya, Ayah.

Min Yoo Jung mengangguk dan minta putrinya segera masuk ke dalam tandu untuk berangkat ke istana.
Rombongan Ratu Inhyeon jalan menjauh dari kediamannya, Min Yoo Jung terjatuh di depan gerbang. Ia mengamati tandu putrinya yang semakin menjauh. Pandangannya semakin kabur dan ia menghembuskan nafas terakhirnya di depan pintu. Tidak ada pelayan karena Min menyuruh semua mengikuti Inhyeon.
Min Yoo Jung dan Jang Hyeon ini hanya hidup demi putri-putri mereka.

Tandu Ratu Inhyeon masuk ke istana. Semua rakyat membungkuk pada Ratu. Dayang Hong tampak senang karena kembali ke istana lagi.
Choi Sukwon membuka matanya, ia sudah sadar. Para dayang menyambut Ratu Inhyeon. Yang Mulia Ratu, selamat atas restorasi anda.
Ratu berterima kasih dan minta bantuan para dayang menegakkan kembali aturan istana. Ratu Inhyeon jalan ke arah kediamannya.

Jang Hee Bin masih ada di kediaman Ratu bersama PM Yi Yun. Jang Hee Bin memeluk putranya dan menangis, Yun-ah, ibu tidak bisa membesarkan dirimu.

Jang Hee Bin jalan keluar dari kediaman Ratu. Semua dayang berlutut sambil menangis.
Ratu Inhyeon jalan masuk dan melihat Hee Bin. Ratu Inhyeon menarik nafas dan jalan mendekat.

Dari sisi lain masuklah Choi Sukwon. Ia berdiri diantara keduanya. Sukwon sama sekali tidak membungkuk pada Hee Bin. Choi Sukwon hanya membungkuk pada Ratu Inhyeon.

Jang Hee Bin menatap tajam kedua wanita di depannya. Ia sama sekali tidak gentar.
 

Ok Jung [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7], [8], [9], [10], [11], [12], [13], [14], [15], [16-1], [16-2], [17], [18], [19], [20], [21-1], [21-2], [22-1]

Notes :
Tinggal 2 episode lagi, fiuh..
Script ep 24 - Instagram-YAI
 (http://gall.dcinside.com/list.php?id=jangokjeong&no=46907)

74 comments:

  1. kak tirza.... makasih buat sinopsisnya ya.. selama ini saya telah menjadi silent reader... sekarang saya baru bisa berkomentar... kak.. mau tanya nih... Chwi Seon Dang itu tempat seperti apa dan posisi untuk siapa??

    saya pernah lihat di proncess hour... katanya tempat itu adalah tempat terlarang karena selalu ada cinta segitiga antara raja-ratu-adik/kakak raja... benarkah???

    ReplyDelete
  2. salut banget sama ok jung :"")
    kalo di lihat cerita ny, in hyun juga licik -__-zz
    gg suka banget liat sukwon huuuh~~
    semangat yaa mba tirza buat 2 sinopsis terakhir ny :))

    ReplyDelete
  3. (˘̩^˘̩̩̩ƪ) (˘̩^˘̩̩̩ƪ) sedih lihat cinta raja sukjong ðåñ ratu jang.
    Yah... Andai wkt bisa d putar kembali...

    ReplyDelete
  4. Di drma ini ok jung yg plg dicntai sukjong....
    Di drma dongyi ya dongyi pling dicntai sukjong..
    Enth krna nton dongyi dluan apa gmna, ko ak mrsa episod2 akgr trksan dipksakn, alsan mnurunkan dan menaikan kmbali ratu krg kuat. Memg ratu min tdk brslah dlm insiden kracunan ok jung, tp kan dia ikut mrkysa kracunan choi sukwon?
    Tp yah nkmati aja lah.....

    ReplyDelete
  5. menurutku seharusnya dari awal drama ini berjudul "ambisi sukjong" karena yang paling menonjol dari dari episode pertengahan adalah semua ambisi-ambisi sukjong, ingin selir jang, mengganti partai, ingin wanja menjadi wonja sampai menjadi putra mahkota, ingin mengganti ratu min menjadi ratu jang dan lain sebagainya dan lain sebagainya.....kasihan perempuan-perempuan disekitar sukjong yang mati-matian bertahan membela diri hingga terjebak dengan cara yang salah......

    "aku tidak suka kenangan kalau kau tidak ada di sisiku"

    siapa yang suka kenangan jika orang yang kita cintai tidak berada d sisi kita sekalipun itu kenangan manis bersamanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusx tdk blh ada cerita begini ini kan sejarah jd harus 1dan itupun hrus sejarah yg aslix

      Delete
  6. Waahh mba Tirza TOP BGT deh :D trimakasih part 2 лųà . Makin sedih liat nasib JOJ disini,dan makin bete sama inhyeon dan choi sukwon :(

    ReplyDelete
  7. Sedih Ok Jung....kenapa sich choi sukwon ini kaya punya dendam pribadi pada Ok Jung, ih kesel liat mukanya yang licik itu....

    ReplyDelete
  8. Makasih untuk sinopsisnya :) Gak apa2 ok-jung turun, yg penting dia tetep ada di hati raja. Ada harapan untuk happy ending ga ya? Bener kata raja, mending mereka balik ke masa2 dulu aja, waktu masih saling bahagia :(

    ReplyDelete
  9. wahhh seneng deh ternyata ratu jang sendiri yang ngakuin perbuatannya soal racun itu :D
    jadi adanya pengakuan dayang yang naroh racun itu ga berguna deh.

    lanjut terus mbak tirza ^^

    ReplyDelete
  10. Lega rasanya mengetahui sampai akhir pun sukjong gak melepas tangan okjung, sepertinya ntar eps akhir okjung dihukum racun krn kesalahpahaman aja deh :-)

    ReplyDelete
  11. Saya suka pertemuan ketiga bidadari istana ini :P

    Kalo aja ceritanya sama dengan yg di Dong Yi. Pasti gak bakal ada Hatesnya SukBin Choi -_-

    ReplyDelete
  12. kereen...selir jang ini dalam sejarah aslinya tidak disukai rakyat..ratu Inhyeon dianggap sbg Ratu terbaik Dinasti Joseon, sedangkan Sukbin adalah Ratu rakyat krn jiwa sosialnya,
    Selir Jang diserial ini sedikit diberi kebaikan, selir choi sedikit di turunkan kebaikannya, dan ratu tetap sama... menarik yaaa heheheee... sejarah Korea diacak-acak demi popularitas dramanya...Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget Niki Suki...
      Disini kesan nya selir choi la yg paling jahat..
      Cerita nya memang terkesan dipaksakan dan agak menyimpang dr sejarah..
      Tp sangat menarik krn kita di tunjukkan sisi baik selir jang ( selama ini selir jang digambarkan sangat jahat n haus kekuasaan ) disini dy hny berjuang untuk cinta sejatinya

      Terima kasih untuk mb tirza yg udah buat sinopsis nya...
      Ditunggu sinopsis lanjutan nya ( 2 episode terakhir )
      Oia...yg komentar mb tirza mengenai selir choi yg meninggal di kediaman pribadi..sementara ratu inhyeon n selir jang meninggal d cheondeok...mgkin terkait dgn keputusan sukjong setelah kematian selir jang bahwa ada larangan bagi selir untuk jadi ratu ( artinya setelah selir jang tdk akan ada lg selir yg diangkat jd ratu )..mgkin krn itu selir choi meninggalnya bukan di cheondeok

      Delete
    2. Menurut sejarah...klo Raja dah meninggal maka selir akan diminta tinggal dikuil atau istana pribadinya..krn ia wanita raja jdi ga bisa merid lg...Ngapain juga dia di Istana..wong ga ada Raja lg ya mo di service...gtooo...hehehe..jd Hanya sang Ratu yg akan stay di Palace sbg Ibu Suri..

      Delete
  13. di episode ini baru ketahuan rasa cinta sukjung yg mendalam ke jang hee bin..dgn menutupi insiden minum racun itu..
    sedih bgt paz moment jang hee bin minta diturunkan dr gelar ratu..
    terbukti dia jg bukan hanya haus gelar ratu aja, tp emg krn hanya ingin memiliki raja seorang yah :D
    gag sabaran liat episode selanjutnya.. makasih mbak tirza :)

    ReplyDelete
  14. Kalo dipikir bener juga ya... Biarpun aslinya dalam sejarah JOJ jahat bgt atau gimana buktinya diturunkan pun dia hanya jd Heebin, tidak diusir. Bukti Sukjong sgt mencintainya. Penasaran sama endingnya kira-kira fitnah apa yang dituduhkan atau perbuatan apa yang dia lakukan sampai dihukum mati. Klo di novel sih cuma salah paham aja. Paling enak jadi Sukbin, netral. Dicintai atau tidak, dia selir raja yang melahirkan anak lelaki yg kelak jadi raja hebat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qt gak akan pRnah tau sjrah sbnarnya sprti apa? Krn crita soal selir jang hanya "konon" itu brrti bloom bsa dpstikan dgn jls ap yg mnybabkan JOJ dhkum mnum racun. Sjrah bsa dRubh aplgi anakn choi sukbin adlh Raja yg pling lma brkuasa.Dlm Drama in smw nama yg trlibat dlm sjrah tdk dsmarkan sprti dongyi. Qu rsa inilah drama yg pling mndkati kbenaran.krn psti pnulis sdh mlakukan pnlitian sblum mnulis skenario ini.oiaaa...stdknx JOJ mninggalkan bnyak krya yg smpai saat ini mnjdi ikon korea fashion n cosmetik. Sdgkan makam anaknya mnjadi slah satu mkam yg dlindungi hingga saat ini oleh Korea

      Delete
  15. TerimAkasih ya mbak..
    Mudah2an JOJ g dihukum mati..
    Wkwkwkwkkk..

    ReplyDelete
  16. HeHeHeHeHeHe, entah udah dari episode berapa saya udah gak punya emosi lagi buat liat drama ini. Yah mungkin karena cerita ini diambil dari Novel yang bahkan pembuatnya pun gak hidup pada jaman joseon makanya bawaanya gak enak aja liatnya, Terlalu melenceng dari sejarah aslinya. walopun seperti kata mbak tirza "sejarah mencatat para pemenangnya" gak tahu mana yang sebenernya terjadi pada zaman itu.
    tapi liat ini seperti melihat Rahwana jadi malaikat dan Rama Jadi Iblis 1000 tahun *ehhh kok jadi GuGa* ^^
    WhatEver lah sama yang namanya sejarah, wong negara kita sendiri aja juga sering memelencengkan sejarah aslinya kok. Yang pasti MAKASIH BANYAK buat Mbak Tirza yang udah mau meluangkan waktu buat bikin sinop drama ini sehingga saya bisa tahu jalan ceritanya tanpa harus beli DVDnya. hehehehehe GOMAWO Eonni ~~^^

    ReplyDelete
  17. Semangat mb d tunggu episode 23 ny.
    Sebel bgt liat muka inhyun n sukbin dsni.
    Semoga berakhir bahagia :D
    Amien

    ReplyDelete
  18. Mba tirza jadi sebenernya karakter jang ok jung itu di drama ini apa di dong yi ?? apakah benar dlm sejarah jang hae bin cinta pertama Raja ?? .. Berharap happy ending untuk Ok Jung ..

    ReplyDelete
  19. setuju deeh... ama komentar2 d atas, kalau ceritanya terlalu d paksakan. dan aku sendiri ngerasain ini udah cukup lama jugak. dan ceritanya kurang sesuai dengan sejarah.

    jujur aja agak kecewa dengan drama ni. aku pikir drama ni bakalan ngasih tau alasan2 JOJ melakukan kesalahan2 yg dia lakukan. bukan memperburuk orang baik dan memperbaik orang yang ya.... gitu deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sepertinya buat ngeliatin sisi baik seseorang harus bgeliatin keburukan pesaing hehe

      Delete
  20. aku ngeliat mba nofeeyy cinta sekali sama jang ok jung sampe beberapa kali komentarnya di 3 sinopsis yg ka tirza tulis itu2 lagi.hehehe :P

    ooh ya pernah ada yg nanya kalo ga salah mengenai ini:
    " Jang hui-bin meninggalkan banyak
    cerita-cerita rakyat termasuk kehausannya akan
    kekuasaan, dan sebuah cerita tentang kejadian
    sebelum kematiannya dengan putranya (kemudian
    Putra Mahkota (bakal Gyeongjong ) "

    menurut keterangannya yg aku baca di jawabannya krn ini :
    " Jang hui-bin severely beat and mutilated
    Gyeongjong, leaving him feeble minded and
    impotent "

    ada jg ini:
    " Hulbert later adds (1905:162) that Concubine Jang
    told her son, the future King Gyeongjong, that if she
    was going to die he should die with her. He is
    reluctant to follow her demand and "she struck at
    him with an improvised weapon, a piece of wood.
    She succeeded only in wounding him, but it was in a
    portion of the body that rendered it impossible for
    him ever to have an heir." This incident is also
    brought up in the Cultural Heritage Administration
    book Visits to the Kings: A Journey Back to the 500-
    Year History of the Joseon Dynasty (2008:90), and in
    slightly more detail at that. (Presumably due to the
    100 year gap between Hulbert's work and this more
    recent offering.)
    When Royal Noble Consort Huibin from the Jang
    clan was killed, she pulled her son's penis, which
    made King Gyeongjong faint on the spot. This is said
    to have made him ill and eventually impotent. King
    Gyeongjong indeed suffered from ailments for 19
    years after his mother died, thereby ascending to the
    throne only to die four years later without producing
    a single child. "

    referensinya dr sini, boleh di cari silahkan.
    Bibliography
    Hulbert, H.B.
    1905 The History of Korea, Volume 1.
    Routledge Press.
    Kim, Tae-joon
    2006 Korean Travel Literature.
    Seoul: Ehwa Womans University Press.
    Lee, Byeongyu
    2008 Visits To The Kings: A Journey
    Back to the 500-Year History of the Joseon
    Dynasty.
    Seoul: Geomarketing TheBeetleMap.
    Pratt, Keith and Richard Rutt
    1999 Korea: A Historical and Cultural
    Dictionary. Routledge Press

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah bener ato dipelintir lagi yang pasti kalo seperti ini Hee Bin gak menunjukkan sifat keibuan seperti di drama ya???? bahkan di drama Dong Yi pun Hee Bin digambarkan sayang banget ke Yi Yun dan rela nglakuin apapun demi anaknya. hiks kasihan sekali Putra Mahkota Yun >_<

      Delete
    2. ow...gitu ya....klu di dong yi (saya tdk nonton cuma baca sinopsisnya disini(tq mbak tirza),penasaran gara2 joj dan komen2 yg ada hhh) sptnya anaknya impoten krn sakit ya.....klu spt yg tertulis di atas,mungkin krn dia sakit hati banget ya sama suk jong.....diturunin lg ke hee bin

      Delete
  21. itu yang aku heran kenapa ya selir jang melukai anaknya sendiri.maksudku kalo dia menderita ya udahlah ditanggung sendiri.jangan bawa2 anaknya.kan kasihan. Dan seperti yang dibilang mbak tirza.sejarah ditulis oleh pemenangnya. Meski choi sukbin di sini digambarkan memilik sifat yang nyebelin tapi sejarah mencatat anaknya jadi raja paling lama. Jadi menurutku nasibnya sungguh beruntung. park myeong bin meski punya anak laki2 tp anaknya ga jadi raja karena raja yeongjo udah punya anak laki2 juga.otomatis garis kekuasaan turun ke anaknya yeongjo.itu kalo yiyun punya anak sebenarnya garis kekuasaan bisa turun ke darah daging selir jang. Tapi dari bukti sejarah dia malah membuat anaknya impotensi. Sayang banget kan.

    ReplyDelete
  22. @spell boleh minta terjemahin Ĝªќ? A̶̲̥̅̊кʊ̈̇ Ĝªќ terlalu bisa bahasa inggris hehehehe

    ReplyDelete
  23. @ nofeyy. Bukannya smua makam raja korea atao bahkan jendral n bangsawan berpengaruh emg dirawat ya. So mnurutku hal biasa knp makam raja geyongjong (aka pangeran yun masi ada). Ya basic to the basic: sejarah tergantung siapa penulisnya :D

    ReplyDelete
  24. Hi Mbak Tirza :)

    Sebelonnya thanks buat sinopsis JOJ nya. Udah lama benernya sy jadi SR, tapi baru kali ini brani ninggalin komen karena kadung gemes sama drama ini.

    Tadinya sy ekspek tinggi sama JOJ. Secara ini kan musuh bebuyutannya Dong Yi, yang secara kepintaran ada di level yang sama. At least, boleh berharaplah sy bisa melihat trik-trik JOJ demi mendapatkan cinta (sekaligus) kedudukan ratu. Tapi, kenapa ceritanya jadi nanggung gini ya?

    Scriptnya ngak terlalu "pinter". Semua trik2 kejahatannya digelar di depan, mengurangi keingintahuan. karakter-karakternya lemah (yang paling lemah si choi musuri yang tampil satu dimensi doang, cuma buat jadi penjahat tanpa build up karakter yang kuat), udah gitu plotnya cenderung dipaksakan dan yang paling menyebalkan adalah terasa diburu-buru.

    Memang ga semuanya buruk. Cast nya oke termasuk si Han Seung Yeon yang sukses ngobrak-abrik Dong Yi nya han hyo joo, dengan cengiran setannya. Juga divisi kostum dan perhiasannya. chemistry nya JOJ dengan Sukjong juga bersinar (ini mah wajar mengingat fokusnya kan di cinta2annya... tapi...). Sayang, "sinar"nya itu karena karakter-karakter lain "dipaksa" padam, supaya dua tokoh utamanya bersinar.

    Di titik ini, JOJ cuma bersinar di episode2 awal doang.

    Sejujurnya,bagi sy, JOJ mengecewakan.

    -

    Buat Mbak Tirza, thanks again karena dari sinopsis yang dibuat, sama dengan @annida, setidaknya sy ga perlu buang duit buat beli dvd nya hehehe

    NB: maaf kalo sy ngomelin hal2 teknis :) Dibanding dengan cerita drama sejarah yang lain, ini yang paling acak kadut soalny hehe

    ReplyDelete
  25. Halo mba tirza, baru kali ini aku komen, tp blognya mba tirza salah satu blog yg sering aku kunjungi lho, hehe
    Aku setuju sm komen beberapa org, drama ini maksa bgt dan ngacak2 sejarah. Aku pernah baca, kalo heebin ini mengebiri anaknya sendiri karna kecewa dgn sukjong sehingga anaknya *maaf impoten. Kalo di drama ini JOJ seakan-akan dibuat menjadi perempuan berhati malaikat. Walaupun drama ini memperlihatkan sisi baik heebin tapi tetap aja agak maksa bgt. Membuat penonton jd bingung sejarah yg aslinya gmn. Aku malah berharapnya drama ini ga happy ending. Krn akan aneh rasanya dan terlalu maksa.

    ReplyDelete
  26. Santai...santai..ini cuma drama..bukan cerita sejarah..kalau cerita sejarah pasti judulnya jang ok jung history..it's just a drama..just for watching..just for fun..nikmati saja..kebenaran cuma milik Tuhan dan si pelaku..kita ga tau aslinya jg..kecuali kita hidup di jaman ketika kejadian..byk hal yg lebih byk harus kita pikirkan..jang ok jung hanya hiburan saja..nikmati sajalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup setuju...ini hanya drama..saya juga yakin serial Dong Yi gak 100% benar...

      Delete
  27. Just info, Mbak tirza, bad guy tayang ulang di indosiar jam 3.30 pagi. Mungkin krn shark lagi tayang di korea kali ya. Kali aja mau nonton lagi :)

    ReplyDelete
  28. mksh mbak tirza buat sinopsis nya.. d tgu ya mbak episode selanjutna..
    makin penasaran saya ma ending nya.....

    ReplyDelete
  29. baru kali ini bisa koment soalnya gemes banget nengok dramanya. Tapi kalau cerita JOJ dihubungkan ma dong yi, lmayan nyambung juga kok...

    Choi sukwon (CS) membenci Jang Hee Bin (JHB) karena dia merasa kecewa pada JHB (di cerita dong yi tertulis kayak gitu)

    ReplyDelete
  30. @ mbak diana wirakusumah

    yupz bener mbak ....
    tapi klw menurut saya masuk akal juga sutradaranya buat cerita yg menyimpang dari sejarah .... karna pada dasarnya kita gk hidup waktu zaman itu...
    seperti kata pepatah fitnah itu bisa lebih kejam dari pada pembunuhan bisa ajah kejadian yg sebenarnya kayak yg di drama JOJ ini...
    karna gosip yg beredar ceritax jadi lain...
    kasihan juga kan .... :)
    heheheh ...

    ReplyDelete
  31. choi seperti'ya dikirim langit hanya untuk melindungi ratu inhyeon, ketika ratu tidak bisa memberikn keturunan utk sukjong, choi memberikan pangeran yg hebat pada'ya, ketika ratu inhyeon wafat choi akhir-nya memilih keluar dari istana.

    menurut'q, jk benar sukjong sangat m'cintai jang hee bin, pasti sangat berat bagi'y memutuskn utk menyuruh selir jang minum racun. untung-nya sukjong tidak ampe gila sprt raja goryeo gongmin hehhe

    penyesaln terdalam sukjong mungkin adalh ratu inhyeon, sejak awal sukjong tidak pernh memperlakukan ratu dgn baik, jikapun sukjong bersikap baik itupun krn kesepakatn politik.

    ReplyDelete
  32. Hahaha mbak nofeyy menggebu-gebu bgt siy... Mungkin maksudnya makam Gyeongjong itu warisan UNESCO ya? Soalnya memang beda tatanannya dan sgt memperhatikan lingkungan sehingga beda dibanding makam yg lain. Pernah dibahas mba Tirza jg. Klo makam raja smua dilindungi menjadi warisan budaya Korsel, ada penomoran khususnya. Cagar alam gitu.

    Mengenai JOJ mengebiri anaknya, saya lg coba buka Annals of Joseon nih sesuai dgn link yg dikasi mba Tirza. Sejauh ini baca belum ada tulisan ttg JOJ yg menyebabkan anaknya mandul. Dibantu adik juga yg pinter hanja dan hangeul hehe... Klo royal ark saya udh baca tp itu penelitian smua dibikin bukan oleh org korea, tp bule-bule yg mencari sejarah Joseon jd blom pasti kebenarannya loh...

    Critanya nanggung krn jumlah episode yg sedikit, ttg JOJ yg baik yaa kan penulisnya emang pgn bikin JOJ dari sisi yg beda, ga perlu diributin hohoho toh juga endingnya kita smua bakal tau klo dia dihukum minum racun jadi ga mengacak sejarah kok :)
    Mengenai dayang Choi, semua jg tau klo sejarah ttgnya dikit bgt jd apapun bisa aja terjadi, mau dia jahat mau dia baik, dia survive melewati smuanya dan menjadi salah satu selir yg terkenal dlm sejarah (awalnya tukang cuci bok) dan melahirkan raja yg juga tidak kalah terkenalnya. Khususnya buat yg suka Dong Yi, gpp nikmatin aja. Sejarah mencatat jeda antara dia menjadi sukwon sampai sukbin adalah 6 tahun. Sementara JOJ 2 tahun sudah jd heebin bahkan ratu, disitu terlihat ada jarak yg cukup lama, padahal dia sudah melahirkan anak lelaki jg bagi Sukjong. Sukjong kurang yakin menunjuk dia? Hmm entahlah. Kemudian pas Inhyeon dikembalikan ke posisinya, JOJ tidak diusir dari istana tp cm turun lg ke heebin dan balik ke Chwi Seon Dang. Bukti kalo Sukjong masih memaafkan dan mencintainya. Klo ada artikel yg bilang dia diseret boleh share hehee... Tp itu mungkin adalah maaf yg terakhir kalinya sehingga pas ada kasus lg terpaksa JOJ dihukum mati daripada disiksa/dibuang ke pulau terpencil. Jd klo ada yg bilang mengacak sejarah itu mungkin ngga ya, disini JOJ jahat kok buktinya di eps 15, hanya penggambaran dayang Choi yg berbeda. Mungkin ketika jd Sukbin dia sudah berubah, kemudian rajin berdoa di kuil utk kesehatan raja, anak JOJ dan anaknya makanya ada lukisannya disana. Dan meninggalkan duniawi sehingga ga ingin tinggal di istana yg penuh konflik, memilih tinggal di kediaman pribadi. Who knows? Orang bs berubah kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kerenn ampe nyari2.. ^^ aku setujuuuu..

      Delete
    2. hehhhe.. hebatt hebat ih analisisnya.. :D

      Delete
  33. Hi mba tirza this is my first comment. Kl mnrt sy sih, alur untuk ep terakhir mmg terlalu cpt. Gmn kl kita menghubungkan dgn alur dongyi saja? jujur, saya lbh berpendapat untuk tdk happy ending. Untuk selir sukbin, kita tdk prnh tau mana yg bnr mana yg tdk krn sejarah bs dirubah. Tp sy kira, sukjong memang sgt mencintai ok jung. Smg drama ini memberikan ending yg terbaik :)

    ReplyDelete
  34. sepertinya di preview episode 23 joj difitnah sama suk bin ttg dukun yg berdoa itu....mgkn itu sebabnya stlh itu selir dilarang menjadi ratu :p...di film ini ya...hhh

    ReplyDelete
  35. karena aku duluan nonton Dong yi, jadinya aku ngakak terus ngeliat karakter DY di jungkir balikin.. kalo bukan karena mbk Tirza yg pinter recap nya, aku udah males nonton dari episode 5.. mbak.. cepetan kelarin yaa. terus ke oppa namgil..

    ReplyDelete
  36. i love seguuuuk, ceritanya berisi ^^

    ReplyDelete
  37. salam kenal mba tirza dari aku

    kalo aku diceritain sama sodara aku yang kuliah di sana(korea) dia pernah dateng ke makamnya jang hee bin nah di sana dia di ceritaiin tentang sejarah kehidupan dari jang hee bin dari menjadi selir,ratu dan insiden dengan anak kandungnya sendiri.menurut ku film jang ok jung ini agak menyimpang dari sejarah aslinya contoh dari penurunan ratu jang ke jang hee bin kalo menurut sejarah bukan jang hee bin yang memintaa penurunanya melainkan raja sukjong sendiri yang memerintah penurunan ratu jang.
    jang hee bin lebih dikenal dengan sifatnya yang ambisius demi mendapatkan apa yang di inginkanya.

    kalo untuk choi suk bin memang tidak ada catatan tentang dirinya di dalam sejarah karena statustnya yang rendah (choi/kalangan hamba).oleh karena itu Raja Yeongjo melakukan segala hal cara agar ibunya diakui oleh para petinggi partai sebagai ibu yang telah melahirkanya.
    choi suk bin lebih di kenal dengan pribadi yang keibuan

    segitu aja mba komen dari aku
    GOMAWO ^^

    ReplyDelete
  38. suk = baik hati
    hee = cantik
    itu gelar yg di sandang selir tingkat 1 bin nya sukjong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori, suk itu = pure. Pure itu murni/tulus, bukan baik hati. Dikasih suk karena Sukjong ketemu dia pas dia lagi mendoakan Inhyeon ketika Inhyeon udah ga di istana alias udh diturunkan jadi ratu. Mulut manis hati boleh beda kan hahaha... Soalnya klo inget Dong Yi itu harusnya dikasih gelar keberanian atau kebajikan. Hehehe cuma drama ini mah santai aja... Besok2 bikin dari sudut pandang Sukjong deh atau 500 years of Joseon: Queen Inhyeon disuruh remake :D wkk

      Delete
  39. Aku udah liat eps 23 n preview 24 xixii
    Menurutku endingnya bisa sad bisa ditwist
    1. Ngikutin novel dan alur di eps 23 seluruh mentri dan sarjana membuat petisi agar JOJ sekeluarga dihukum mati karena mengguna-gunai Inhyeon (hiasan baju Inhyeon ditemukan di ritual dukun JOJ--sepertinya ulah Choi Sukwon) dan Sukjong masi berpikir cara menyelamatkan JOJ tp dia udh terlanjur sedih dan mentri udah ngirim racunnya jd dia minum racun dan ada adegan surat+peti mati di novel. *sigh berharap JOJ dibawa lari P.Dongpyeong*

    2. Sukjong memalsukan kematian JOJ (entahlah dgn cara apapun) kemudian Sukwon membuat perjanjian dgn syarat dia naik jd ratu (sesuai novel yg si Choi minta) yg kemudian ditolak Sukjong, tp jika dia punya anak lelaki maka anaknya akan menggantikan Yun yg sakit-sakitan. Sehingga dlm sejarah tetaplah JOJ adalah ratu yang jahat. Hehe ngayal

    Ah, aku sedih gak make sensenya itu seharusnya pas JOJ meninggal Yun sudah berumur sekitar 12 thn dan Choi sukwon sudah melahirkan Yi Geum dan udah jadi Choi Sukbin... Episodenya terlalu sedikit sehingga jd agak maksa, paling tidak 30-40 episode ya karena jeda kepulangan Inhyeon kembali jd ratu setelah dibuang adalah 6 tahun dan selisih anak JOJ dan Choi sukwon (ga usah panggil Dong Yi yaa, Dong Yi kan baik :p) juga 6 tahun. Writernya maksaaaa bgt :(

    Makasih mba Tirza eke numpang lg, semangat lanjutin Shark ya :D

    ReplyDelete
  40. dulu....ku itu pencinta jang hee bin di banding dong yi.jahat yg elegant.
    tapi kalo di logika juga,raja yeongjo adalah raja yang hebat masa iya di lahirkan dari pribadi ibu yg genit.toh gelar suk di kata sukbin itu kan artinya baik hati.bukan tanpa alasan pan ngasih gelar itu.

    ReplyDelete
  41. Kak Tirza, drama ini udah selesai belum...?

    Setahu saya episode cuma smp 24 episode

    ReplyDelete
  42. tetap menyukai cinta sukjong ke ok jung karna cintanya sampai ok jung mati dia matinya diistana dan setelahnya tidak ada selir yg diangkat menjadi ratu. di dong yi pun hee bin diceritakan sangat menyayangi anaknya sama seperti yg diceritain di joj. Raja yeongjo yg anaknya choi sukwon bertahun tahun berusaha agar ibunya yg kasta biasa diakui, yah sebagai seorang raja yg berkuasa bertahun tahun fakta dan cerita sejarah bisa dirubah toh.. :)

    sehingga yg tersebar selalu sicantik yg jahat :) kalau joj ini yg duluan gw tonton mungkin pas nonton dong yi gw juga gk suka ama dong yi hahaha... krn sampe sekarang pun gw suka dong yi dan gw suka ok jung seperti kt mba astrina suka dong yi bukan choi sukwon

    ReplyDelete
  43. sejarah G30 s pki aja bisa dirubah kan sesuai keinginan penguasa yang ada saat itu :) cek sejarah kita kalau gk percaya.

    tq mba tirza sori balik balik mulu ;-)

    ReplyDelete
  44. Klo sy pribadi suka banget drama ini... Chemistry antara sukjong ðåñ ok jung ngenna banget Θᵢ hatiku... Tiap saat bolak balik blog mba' tirza cm mw cek kelanjutan critax. Bahkan episode yg lalu2 juga sy bbrp kali ulang ngebacax... Soalx suka banget sm critax meski sdh tau klo nntix sad ending...

    ReplyDelete
  45. Mbak Tirza..
    Bagi eps 23 Nya dunkzzz..
    Pleeaasseee..
    Wkwkwkwwkwk

    ReplyDelete
  46. Wahai saudara2 sebangsa setanah air indonesia...hehe..waduh..jd terbagi dua kubu nih..ada kubu yg mempertahankan dong yi lah yg benar..atau ok jung yangbenar..kita jgn mencari pembenaran sejarah milik negara lain..waduh..jd sedih baca komen2 nya..lebih baik biarkan si scripwriter berkreasi semaunya..toh dramanya sendiri tidak dilarang penayangannya kan..?lebih baik kita mencari pembenaran thd sejarah negara kita..pahlawan wanita ina menurut saya lebih luar biasa..ada cut meutia..laksamana wanita seperti malahayati dan christina martha tiahahu..yg menguasai lautan..blm ada kan drama korea yg menampilkan jagoan wanitanya seorang penakhluk lautan?hanya intrik para selir maupun ratu di kerajaan..ayo teman2 sebangsa setanah air..jgn sampai kita tercerai berai hanya karena mencari pembenaran sejarah negara lain..hidup indonesia..merdeka..!!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nurina, hahaha...setuju. Merdeka!!

      Delete
  47. Barusan nonton 24, banjir deh airmata huhuuu T_T makasih mba Tirza bolehin curhat selama recaps JOJ, ada yang gak aku ngertiin nanti aku baca di recaps. Walopun sad ending ttp bakal beli dvdnya, hanboknya bagus2, pemandangan, musiknya duh. *nangis seember*

    ReplyDelete
  48. Klo A̶̲̥̅̊кʊ̈̇ juga suka sma JOJ dari waktu ƉƋ dong yi karena cantik dan elegant cuma jahat, klo menurut A̶̲̥̅̊кʊ̈̇ sebenernya Sukjong benar2x cinta sama JOJ ♏ǙИƍЌɪ̣̇И pengaruh JHJ yang selalu bertindak gegabah jadi mau Ĝªќ mau JOJ nutupi kejahatannya JHJ dan ikut jadi jahat juga, bisa jadi itu yang membuat Sukjong kecewa sama JOJ padahal sebelum jadi Jang Hee Bin dia Jang Suk Won, Suk yg di bilang baik hati tadi... Maaf A̶̲̥̅̊кʊ̈̇ terlalu bersemangat karena entah kenapa A̶̲̥̅̊кʊ̈̇ juga pengen kaia JOJ tapi jangan sampe jahat, cukup cantiknya aja "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ.. ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ.. "̮

    ReplyDelete
  49. Mbak tirza..episode 23 nya mana nih????ga sabar :D

    ReplyDelete
  50. Aku udah nonton episode terakhir, entah kenapa aku sedkit kecewa sama endingnya :( terkesan terlalu terburu-buru dan di paksakan buat cepet tamat. Jarak waktu antara Ok Jung di fitnah sama Ok Jung di esekusi buat minum racun di jadiin dlm 1 episode (maksa bgt). Aku setuju sama pendapatnya Mbak Astrina, seharusnya episodenya lebih panjang, 30 episode-lah. Dan lagi endingnya terkesan abis gitu aja, Ok Jung meninggal, Sukjong nangis di jembatan Cwi Seon Dang, tamat. Seharusnya diliatian lah sedikit gimana nasib si Choi setelah kematian Ok Jung, dan gmn kehidupan Sukjong setelah tau kalo semua cuma akal-akalan si Choi jelek itu *bukan ngerasa cantik sih, tp beneran deh yg jadi Choi itu gak menarik mukanya, udh gitu kalo nyengir rasanya pengen nyilet bibirnya :( Dan kayanya aku gak liat ada adegan Ok Jung nulis surat atau Sukjong baca surat (atau aku yg gak ngerti yah, soalnya lagi-lagi nonton streaming non-subtitle). Cuma terhibur sama kata-kata terakhirnya Sukjong waktu meluk Ok Jung yg udah meninggal, dia bilang "Saranghaeso", sumpah cuma adegan itu yg ngena buat ku, sisanya datar :/
    jujur ekspetasi ku udh tinggi bgt sama episode terakhir, bakal sedramatis apa sih, tapiiiii...... yasudahlah, mungkin writernya udh di kejar deadline buat nyelesein semua dgn sekali potong di episode 24 :')
    After all, Whatever people say about this drama, i don't care. Sukong honestly and really really loved Ok Jung. And the ugly devil Choi?? who care?? i don't care about her !!! really wan she out from palace, and go hell please..... kekekekeke ^^
    Ok Jung ahh... good bye dear, Rest In Peace there. You're always in Sukjong heart, believe that :')
    Mbak Tirza aku nunggu sinopsis Mbak keluar, biar bisa ngerti sejelas-jelasnya (derita nonton tanpa subtitle) ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  51. mbak tirza ... episode 23 dan 24 please hehehe

    ReplyDelete
  52. To all, sorry, belum sempat nonton Ok Jung lagi. Soalnya liburan, jadi aku kebanyakan main game wkkk dan main ama si kecil :) Baru sempat nonto shark lagi. 1, 2 hari lah ep 23nya. Pada rame ya Ok Jung vs Choi wkk. It's okay..take it easy guys ^^

    ReplyDelete
  53. Di korea drama ini ratingnya rendah, wajar aja sih karena Ratu In Hyun sudah lekat di hati rakyat korea. Ibaratnya yaa rakyat Inggris (atau bahkan dunia) juga akan marah kalo tiba tiba ada drama "Camilla Parker Bowless, Live in Love" wakakakak.. Tapi di luar korea banyak penggemarnya lho.., terlepas dipelintir dari sejarah, drama ini tetep kasih sudut pandang lain yang menarik dr JOJ. saya juga sudah nonton Dong Yi, tapi tetep aja drama ini menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi bener juga lho Kak... Kl dipikir-pikir si Jang Ok Jung nih mirip bgt dg ceritanya Camilla Parker. Dia pacaran dg Pangeran Charles pas masih muda dulu. Konon ga disetujui Ratu krn status. Trus Pangeran Charles nikah sama Putri Diana. Tp krn sptnya udah cinta mati, biarpun dpt Putri Diana yg cantiknya tiada tara, masiiiih aja keukeuh ngebet balikan lagi sama Camilla. Akhirnya pas putri Diana meninggal, baru deh berani terang-terangan balikan lagi. Dan skrg Pangeran Charles sudah berhasil memberi "baju" ke Camilla dg membawanya resmi ke istana... Agak mirip kan kisahnya :D *sorie OOT, intermezo ajah, drpd ribut pro Dong Yi atau JOJ* :D

      Delete
  54. kapan episode 23 sama 24 ya...tidak sabar deh..

    ReplyDelete
  55. halo sis Tirza:) my first comment niy:) sipnosis disini keren, banyak sisipan2 sejarahnya:) aku uda nonton episode 23, makin benci aja sama si Choi, klo sama Dong Yi mah tetepppp suka dong:) gak mau hubung2in kedua dramanya:) biar gak kebolak balik hehehe.....hebat aja penulis2nya bisa bikin 2 versi yang berbeda tp tetep greget. yg 24 blom ada subtitle jd masi males nontonnya:)

    ciayooo sis, ditunggu sipnosis nya:) yg laen jgn berantem akh, kan cuman drama :)

    ReplyDelete
  56. Mba ayo dunk yg terakhir ajalah langsung kikikik

    ReplyDelete
  57. To all, mendadak hrs keluar kota. Aku akan lanjutkan Ok Jung setelah ada kesempatan online :)

    ReplyDelete
  58. Yaaaaahhhh..udah ga sabar banget nih :'(

    ReplyDelete
  59. tambah gemes sama si choi,pengen jambak2 aja rasanyaaaaa!!! syebbbeeellll..!! tp salut sama sukjong,walo dia raja tp dia tetep mempertahankan wanita yg sicintainya,dan dia ga sama sekali "tidur" sama si choi.. ihiiwwww.. makin cinta deh sama sukjong :*

    ReplyDelete