Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Sunday, October 7, 2012

The Qi Siblings of Goryeo

Keluarga Qi atau Ki adalah keluarga bangsawan Goryeo terkemuka. Dua yang terkenal adalah :
1. Ki Cheol
2. Ki Ja O

1.Ki Cheol
Nama Mongolnya, Bayan Bukha. Lahir di Haengju - Goryeo
Memiliki kekuasaan besar di Goryeo. Apalagi sejak adik perempuannya, Ki Ja O diangkat menjadi istri kedua Raja Yuan terakhir.

Ki Cheol akan dihukum mati tahun 1356, berarti benar kata Eun Soo saat menjawab pertanyaan Ki Cheol tentang hari kematiannya yang dijawab sekitar 4 atau 5 tahun lagi. Karena Eun Soo tidak tahu pasti itu tahun berapa.
(Kalau itu th 1351 berarti 5 th lagi Ki Cheol akan meninggal.)

2. Ki Ja O atau Ratu Ki/Qi Empress
Nama Mongolianya : Öljei Khutugh (? - 1369/70)
Lahir di Haengju - Goryeo.
Salah satu Ratu dari Raja Toghun Temür Khan atau Ukhaantu Khan dari Dinasti Yuan. Toghun Temur adalah Raja terakhir dinasti Yuan, dia juga Raja yang sama yang disinggung dalam kisah Yi Tien Tu Lung Ci/To Liong To karya Chin Yung.

Ratu Ki adalah Ratu yang ambisius, dia menempatkan Kasim Goryeo Bak Bukhwa sebagai mata-matanya dan ingin memaksa Raja Yuan untuk menyerahkan takhta pada anak yang ia lahirkan, Ayurshiridar.
Raja Yuan tahu rencana Ratu Ki dan dia tidak terlalu menyukainya. Raja Yuan jadi menjauh dari Ratu Ki.

Toghun Temür Khan - Ayah Ratu Nogook
Sementara itu di Goryeo, Kakak Ratu Ki, Ki Cheol mencoba mengancam posisi Raja Gongmin. Raja Gongmin akhirnya membasmi keluarga Ki karena pemberontakan pada tahun 1356.
Ratu Ki marah dan memilih Tash Temur atau P. Deok Heung sebagai Raja baru Goryeo dan mengirim pasukan ke Goryeo.
Pasukan Mongol dikalahkan oleh pasukan Goryeo di sungai Yalu. Oleh siapa lagi..pasti Choi Young.


I need a reason to upload his picture again ^_^
Saat Dinasti Yuan mulai jatuh karena perlawanan Ming-kauw/kelak Dinasti Ming - Cina. Ratu Ki lari ke Yingchang. Setelah Raja Yuan meninggal, anak Ratu Ki akhirnya menggantikan ayahnya dan Ratu Ki jadi ibu suri.

Tapi kemudian Ratu Ki menghilang. Kemungkinan besar dia ditangkap oleh pasukan Ming Cina saat keluarga Raja Yuan melarikan diri. Ada mitos yang menyebutkan kalau Ratu Ki sedang hamil saat ditangkap pasukan Ming. Dia kemungkinan besar dinikahi oleh Hongwu atau Zhu Yuanzhang/Raja pertama dinasti Ming. (Tapi cerita tentang Ratu Ki yang dinikahi Hongwu ini mitos di Cina, yang aslinya tidak tahu.)

3. Ki Won
Hanya muncul dalam drama Faith, dia adik lelaki Ki Cheol. Tapi tidak jelas juga berapa sebenarnya jumlah saudara kandung Ki Cheol.
Ki Won digambarkan sebagai orang yang hanya melakukan perintah dan keinginan kakaknya, Ki Cheol. Dia terbunuh saat pasukan istana menyerang kediaman Ki.

Sources :

Qi Empress/wiki
Toghun Temur/wiki

11 comments:

  1. tengkyu ya mbak tirza...
    lalu kalo Eum Ja & Hwa In...apakah mereka jg tmasuk keluarga apa hnya saudara seperguruan saja...
    mbak Tirza kalo tak keberatan...tolong mengulas biography Jend Choi Young ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rienz, ngga tahu soal Eum Ja dan Hwa Su In, mungkin cuma tokoh rekaan.
      Kalo biografi Choi Young/Choe Young yang lengkap aku belum dapat, paling yg dari wiki dan web2 sekitarnya aja :
      kadorama-recaps.blogspot.com/2012/08/general-choi-young-guardian-of-goryeo.html

      Delete
  2. aku selalu terkagum lo kl mbak tirza posting sejarah begini.. bukan teragum-kagum sm isi postingannya sih tp lebih kepada pribadi mbak tirza yang mau ngulik sejarah, cari tahu, menghubungkan dengan cerita, n so on.. walaupun keseringannya aku gak "ngeh" n gak ngerti, karena hanya suka drama korea aja.. hhehee.. tp, justru buat sebagian org nambah ilmu bangettt.. terimakasih mbak tirza.. sukses terus yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget ama koment qmu_
      salam kenal yach!

      Delete
  3. Oalah ternyata adiknya Ki Cheol itu di sejarah tidak ada ya hanya did rama saja, tapi udah Koid dibunuh pas pemberontakan paman Raja itu tapi setelah lihat episode 16 benci ke Ki Cheolnya ga tinggi seperti sebelum2nya ahahaha lihat espresi waktu dia diajak Eun Soo ke langit lucu hahahaha, gomawo infonya uni tira :)

    ReplyDelete
  4. mba" tirzaa how sweet you are hehheh gomawoo ^^

    ReplyDelete
  5. salam kenal yah untuk m tirza dan semua fans nya mbak tirza,

    makasih yah untk ulasan ulasan + pengetahuan umum yg berhubungan dengan sejarah ...
    mau tanya juga nih,, ada hubungan sejarahkah antara cerita di faith dan di great sheer?
    tqu yah all

    ReplyDelete
  6. Berarti ratu no gook anaknya raja toghun temur kan sama siapa mba?

    ReplyDelete
  7. Wah, berarti di dunia nyata, Qi Ja O atau Empress Qi tu jahat ya? Plus dulu aq juga nonton Faith dan di situ The Qi Siblings perannya jadi jahat...

    Nah, skrg ada drama EMPRESS QI (2013)... di mana Empress Qi jd pemeran utamanya. Sementara ini sih (sampe episode 10) perannya Empress Qi masih baik... gak tahu deh ntar klo tiba2 berubah jadi jahat, soalnya kan Empress Qi bakal ada 50 Episode, masih banyak perubahan cerita yang mungkin bisa terjadi :(

    Hiks hiks... sebenernya gak kuat deh klo harus nonton 50 episode, tp demi Ha Ji Won-eonnie aq bela2in streaming tiap minggu...

    ReplyDelete
  8. Dynasty Yuan jatuh sejak Ming-Kauw memyerang pemberontakan dr sekte para pendekar tangguh sebit saja Zhang Wu Chi (Thio bu ki) saat era itu dia menjabat sebagai ketua pemberontakan dlm mengusir Mongol terakhir... yg konon di ambil alih Beng-kauw setelah Wu Chi menghilang dr dunia persilatan... erat skali ceritanya klo di hubung2kan sma film Dragon Sword Yi Tian

    ReplyDelete
    Replies
    1. @roland, wuih..penggemar wuxia juga ya :) Tapi menurut Prof Louis Cha (Chin Yung, penulis Yi Thian Tu long Ci) tokoh Zhang Wu Chi, Zao Min cuma rekaan-nya saja. Kalau Cu Goan Chiang dan ayahnya Zao Min baru tokoh beneran.

      Delete