Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Saturday, March 23, 2013

Korean Masterchef Celebrity - episode 2

Episode 2 Korean MasterChef Celebrity dimulai. Dengan evaluasi para juri yang sangat tajam, Seo Hye Jung dan Ji Yul sudah dieliminasi dari episode 1. Sekarang siapa yang harus pulang berikutnya?

Juri kita : Kang Leo, No Hee Yeong dan Kim Soo Hee.

Para Kontestan memasuki dapur MasterChef. Semua mulai merasa tegang lagi.
Son Ho Young : Perasaan santai saat selesai syuting minggu pertama sudah lenyap sama sekali. Aku mulai serius dan berlatih sangat keras.

Juri dan Kontestan saling memberi hormat. Kang Reo mengucapkan selamat datang dan selamat untuk ke-9 seleb yang berhasil masuk ke dapur MasterChef lagi. (Btw, aku suka rambut Fei, mengingatkanku pada Ninja wanita haha..she's dangerous)

Juri No Hee Yeong tanya ke Fei, apa kata rekan2 satu grup anda saat anda menang dan pulang waktu itu? Fei berkata mereka memberi ucapan selamat dan ia juga sangat bahagia. Fei sempat salah bicara dan membuat Juri No dan kontestan lain geli. Fei buru-buru meralat perkataannya. Ini bukti ketegangan dalam dapur MasterChef yang memang tinggi :)
Lee Kye In tanya apa Fei masih bisa dieliminasi meskipun ia sudah memenangkan ep 1? No Hee Yeong membenarkan, tentu saja. Lee Kye In jadi lega.

Juri Kim Soo Hee : Lee Kye In-ssi, saya kira anda seorang pelawak, ternyata anda pemain drama.
Lee Kye In protes : Apa kau tidak tahu kalau dalam drama Jumong, aku adalah orang yang membuat pedang baja? (Mo Pal-mo)
Kim Soo Hee : Saya tidak tahu. (wkk..aku juga lupa. Kalau Oh Tae Pung ingat)

Shin Bong Sun berkata Lee Kye In adalah aktor yang punya gaya sendiri. Juri tanya seperti apa. Lee Kye In mengucapkan dialognya dalam Jumong, dan membuat semuanya ketawa.
Lee Kye In menantang Juri Kim, apa kau mau mencobanya? Juri Kim ketawa dan menggoyangkan tangan, tidak..saya tidak bisa.

Juri Kang Reo tanya siapa yang lebih populer diantara Tony An dan Son Ho Young? Son Ho Young berkata, tentu saja Tony (H.O.T). Tony berkata, karena dia mengatakannya lebih dulu, aku tidak akan komplain.

Tony cerita, grup mereka berdua sering saingan di panggung, saat itu konser di Stadion Jamsil. Biasanya 80% yang hadir adalah fans kami, tapi saat itu ternyata sama besar 50-50. Jadi kupikir, wow..G.O.D benar-benar tumbuh dengan luar biasa. Kali berikutnya, grup kami dibubarkan.

Semua ketawa mendengar cerita Tony An. Kang Reo masih tanya apa grup Tony dibubarkan karena kalah dengan grup Son Ho Yeong?
Tony : Yah..bukan karena kalah dengan g.o.d, tapi karena kontrak kami habis.
Kang Reo tanya : Anggota g.o.d mana yang tersisa setelah dibubarkan.

Son Ho Yeong menolak dianggap bubar dan Tony tidak mau kalah, kalau begitu, kami juga tidak bubar. Haha..
Jadi kedua orang ini adalah rival baik di panggung musik maupun di dapur MasterChef, lucu sekali. Oh my..kenapa Son Ho Yeong ternyata manis sekali haha..kenapa aku baru tahu orang ini? wkk

Ok, sekarang waktunya kompetisi. Serius..serius.
Juri Kang mendorong masuk sebuah kotak misteri. Semua tegang. Kang Reo membuka kotak...1, 2, 3..isinya gulungan kain hitam. Ada nama Kang Re O.
Sekarang semua bingung, apa itu?

Juri Kang : Misinya adalah..saya. Anda harus memasak persis seperti saya memasak. (Whoa!)

Semua syok. Tony langsung putus asa, no way! Maksudku, dia itu masterchef dari semua masterchef. Bagaimana aku bisa menandinginya?
Shin Bong Sun : Aku melihat ini di season 1 (MasterChef Korea season 1)

Juri Kang langsung membuka jasnya, saya akan menunjukkan-nya pada anda sekarang. Ia mengenakan celemek hitam yang ada di atas baki tadi.

Semua kagum, dia keren sekali..wkk Sepertinya Shin Bong Sun langsung jatuh hati (Tapi Kang Leo sudah menikah ding.)

Hwa Yo Bi : Dia seksi. Karena ia mengenakan kemeja hitam dan celemek hitam (emang sih..chef memang keren kalau sedang masak haha)

Kim Sung Soo : Tentu saja, keseksianku tidak kalah dengannya, caranya mengenakan celemek sepertinya itu adalah seragam. Oh, dia terlihat seperti seorang Master, Chef Kang Leo.

Chef Kang : Makanan yang akan kita masak hari ini adalah Salmon bungkus kulit lumpia ala Vietnam
1. Siapkan salmon. Beri sedikit garam dan daun basil diatas salmon lalu bungkus dengan kulit lumpia dari beras.
2. Bungkus gulungan salmon dengan kain basah untuk mencegah gulungan salmon menjadi kering.
3. Potong dan pisahkan daging jeruk, limau, grapefruits dan buah2 lain. (Ampun..lihat Kang Leo memisahkan daging buah, just like a flash man..cepat sekali, rapi dan bersih)
4. Campur apple mint, lada, dan pink peppercorn (seperti berry kering) untuk membuat saus.
5. Campur kentang rebus, susu, mentega, wasabi dan bahan lain untuk membuat mashed potato.

Chef Kang mulai plating. Ia sudah memasak salmon dengan krispi (I wonder..sejak kapan ia masak salmon? cepat sekali.)
6. Potong salmon dengan ukuran sedang atau bite-size.
7. Atur salmon, dengan mashed potatoes dan mixed salad di atas piring bujursangkar.

Juri Kim Soo Hee : Chef Kang Leo, waktu anda tinggal 5 menit lagi. (bahaha...Kang Leo juga dikasih batas waktu.)
Kang Leo dan semua kontestan ketawa. Hanya Kim Soo Hee yang bisa seperti itu memang.
Chef Kang menyelesaikan masakannya dan menuang saus. Selesai.
(Sorry, untuk plating sepertinya Chef Marinka masih lebih bagus haha..tapi rasa mungkin memang enak.)


Semua kontestan mencicipi masakan Chef Kang. Lee Kye In kagum, bagaimana salmon bisa terasa seperti ini? Ini benar2 soal keterampilan masak, kurasa dia memang Chef kelas dunia.
Kang Leo tanya apa masakannya susah. Lee Kye In berkata akan berusaha sebaik mungkin, tapi kepalaku sepertinya akan pecah.
Tapi Kang Leo yakin semua bisa membuatnya karena sudah mengalami banyak hal minggu lalu.

Juri No : Kim Sung Soo-ssi, ekspresi anda menunjukkan anda pernah membuatnya.
Kim Sung Soo : Ini adalah makanan yang sering saya makan. (cie..sombong haha)
Lee Kye In tidak mau kalah : Aku juga sering makan itu. Aku cuma pura2 aku belum pernah memakannya.
Semua ketawa geli.


Kim Soo Hee : Anda semua harus memasak makanan buatan Chef Kang Leo persis seperti itu.
Kontestan : Baik.

Kim Soo Hee : Sekarang, anda bisa pergi ke bench masing-masing. Setelah anda selesai masak, kami hanya akan mencicipi 3 masakan yang terbaik.
Lee Kye In ingin sekali mempertahankan celemek MasterChefnya, ini juga seperti tantangan terakhir dalam hidupku.

Juri : Siap? waktunya 60 menit, mulai dari ...sekarang!

Semua bergegas lari ke pantry, mengambil bahan dan bumbu-bumbu berdasarkan resep Chef Kang tadi. Ini masakan yang harus dibuat berdasar pada ingatan.
Hwa Yo Bi bahkan menjatuhkan panci dari pantry (ini belum pernah terjadi di MC Ind sepertinya). Shin Eun Jung minta Hwa Yo Bi jangan gugup dan bekerja dengan cepat.
Fei yang paling pertama kembali ke bench-nya. Fei merebus kentang sambil membuat saus.

Ada yang lucu, Lee Kye In heran melihat Henry juga membawa strawberry, soalnya tadi tidak pakai strawberry. Henry dengan polos menjawab, karena saya lapar. Jadi ia ingin makan strawberry itu. Memangnya boleh ya? haha...kebayang kalau kontestan juga makan semua isi pantry sambil masak.

Lebih ancur lagi, Henry juga membawa yogurt. Astaga anak ini, jangan2 nilainya bisa dikurangi. (Jadi ingat cerita Chef Degan, waktu masih magang, ia mengupas kentang terlalu tebal, lalu disuruh Chefnya untuk merebus kulit kentang itu dan memakannya. Itu untuk menghargai bahan makanan. Semua bahan yang dibawa ke bench harus dimasak kan aturannya? Gak kebayang apa hukuman yang akan diterima Henry kalau di MC-Ind)

Henry : Aku harus merasa enjoy saat memasak, itu sebabnya aku membawa makanan itu.

Kontestan mulai tampak kesulitan saat mengolah salmonnya. Kebanyakan mulai berantakan. Kulit lumpia yang dipakai itu yang kulit transparan khusus lumpia Vietnam. Jadi beberapa ada yang sobek.

Kim Sung Soo : Kacau sekali, aku tidak pernah menduga tragedi seperti ini bisa terjadi.
Fei juga tampak kesulitan, bagaimana aku harus mengurus ini? daebak.

Hwa Yobi sudah mulai berdarah-darah tangannya saat mengiris buah. Chef Kang mendekat dan ingin Yo Bi segera mem-plester jarinya, tapi Yo Bi menolak. Akhirnya kru merawat tangan Yo Bi.
Yo Bi mengaku tidak menyadari kalau tangannya luka karena sangat tegang.

Kim Sung Soo kesulitan mengingat resepnya. Kentang rebusnya juga hampir tidak matang.  Hampir semua kesulitan mengingat tahap-tahapnya.

Chef Kang : 33 menit lagi!

 Lee Kye In kesulitan mengiris buah. Well, pria2 Korea memang terbiasa diiriskan buah, bukan mengiris buah. Tapi tidak untuk Henry sepertinya. Lee Kye In ingin Henry mengajarinya. Henry mengajarkan cara mengiris buah pada Kye In.
Shin Bong Sun geli, Henry benar2 sibuk. Aku terus mendengar ..Henry, apa kau punya sisa buah? Henry..berikan aku sedikit dari itu, aku tidak membawanya. (aish..ini namanya curang Engkong.)

Waktu tinggal 20 menit lagi, tapi para kontestan kelihatannya semakin gugup dan cara kerja mereka justru melambat.

Henry sibuk makan yogurtnya :)
Oo..Juri mendekati bench Henry. Kim Soo Hee langsung tanya, apa ini?

Kim Soo Hee menunjuk yogurt, kalau kau makan yogurt manis, apa kau bisa mengukur rasa sausnya dengan benar? Menurutku, kau tidak berhati-hati dengan masakanmu. Juri Kim marah2, setelah dipuji sedikit, kau mulai lupa daratan.
Henry : Saya minta maaf.

Henry : Nenek alis itu (bukannya kemarin ajumma? haha) benar-benar menakutkan. Aku merasa seperti dimarahi oleh ibuku.

Chef Kang : 6 menit lagi!

Kim Soo Hee mencicipi saus Bong Sun. Ia memperingatkan Bong Sun, jangan terlalu lama memasak salmon-nya, nanti meleleh.

Lee Kye In lupa mengambil piring. Ia entah kenapa, justru mengelupas kulit lumpia yang membungkus salmon, dan meletakkan salmon di atas wajan. Kye In lari ke pantry mengambil piring. Saat kembali, salmon-nya sudah terlalu kering. Ia memasak salmon tanpa kulit.
Kim Sung Soo bingung melihatnya.
Lee Kye In merasa ia harus memanggang salmon tanpa kulit agar lebih cepat, lalu ia sadar seharusnya ia tidak melakukan itu. Tapi ini sudah terlambat, apa yang harus kulakukan?

Para Juri hanya geleng kepala melihat Lee Kye In.  Chef Kang berseru, 10 detik lagi,
semua menyelesaikan plating mereka, ada yang hancur kayanya salmon-nya.
Chef Kang : .....3, 2, 1 selesai!

Saatnya penilaian. Juri Kim berkata, Shin Eun Jung-ssi, masakan anda sangat enak, sayang anda tidak menyelesaikan saladnya. Kalau tidak anda bisa di posisi pertama.
Shin Eun Jung mengerti : Terima kasih.

Juri No : Masakan Son Ho Young secara keseluruhan bagus, tapi salmon-nya overcooked dan sausnya terlalu hancur.

Juri Kim berkata mereka akan memilih tiga masakan yang paling enak. Semua kontestan tegang dan berharap dipilih oleh juri.

Juri No memanggil Tony An. Son Ho Young menyipitkan matanya haha..sepertinya tidak suka saingan-nya dipanggil ke depan.

Salmon - Tony An
Tony : Aku merasa masakanku tidak hanya bagus diluar tapi juga enak rasanya.
Kim Sung Soo : Apa Tony-ssi punya resepnya sendiri atau apa? Aku benar2 terkejut.

Tony maju dan menyajikan masakannya. Juri No juga memanggil Lee Kye In.

Ternyata setelah dicek, Tony tidak melepas ring untuk mencetak mashed potatoes-nya.  Chef Kang tanya, ring stainless steel itu, apa bisa dimakan Tony-ssi? wkk juri satu ini nyindir ..

Tony mengangkat ringnya, tidak bisa dilepas. Mashed potatoes-nya menempel ke ring. Semua ketawa geli.
Chef Kang : Biasanya orang tidak meletakkan sesuatu yang tidak bisa dimakan diatas piring.

Kim Soo Hee mengkritik masakan Lee Kye In, apa mataku salah lihat? tapi piring anda bulat dan bukan bujursangkar. Salmon Lee Kye In juga tidak dibungkus kulit lumpia transparan.

Lee Kye In bingung, itu tidak boleh?  Juri No berkata misi kali ini adalah memasak persis seperti Chef Kang Leo. Kakek satu ini masih argumen, ia biasanya melakukan yang sebaliknya. Semua ketawa.
Kye In masih melanjutkan, sejak kecil kalau dilarang berkelahi, aku justru berkelahi.

Salmon - Lee Kye In
 Lee : Aku sangat panik, akhirnya justru mengambil piring bulat dan bukannya bujur sangkar.

Tony An dan Lee Kye In harus menarik kembali masakan mereka. Juri Kang minta semua memberi tepuk tangan untuk keduanya.
Chef Kang : Sekarang kita akan memanggil tiga yang terbaik.
Semua tegang dan berharap dipanggil namanya.

Chef Kang : Hwa Yobi-ssi, tolong ke depan. Henry-ssi, tolong maju.
Henry kelihatan sangat gembira.  Semua tegang menunggu yang berikutnya.
Chef Kang : Fei-ssi, tolong ke depan.


Henry melihat hasil masakan kontestan lain. Ia dengan percaya diri berkata : Diantara semua makanan yang dipilih, kurasa buatanku yang terlihat paling cantik.
Chef Kang sudah melihat proses memasak mereka bertiga dan mereka sudah mengikuti proses memasak yang persis seperti caranya memasak. Khususnya Henry yang memasak dengan sangat santai, ia sepertinya bisa membantu kontestan lainnya.
Henry : Saya ingin bisa membantu.
Chef Kang : Baiklah.


Penilaian dimulai
Pertama, masakan Hwa Yo Bi yang dinilai. Hwa Yobi meskipun tangannya terluka, ia tetap melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan masakannya.
Juri mencicipinya.
Juri No : Semuanya kelihatan baik, tapi sausnya sedikit kering. Akan lebih baik kalau jus buahnya lebih keluar. Tapi kurasa kau sudah mengerjakannya dengan baik.


2. Henry.
Henry tampak sangat tidak sabar menunggu hasilnya.

Henry : Aku ingin mendengar pujian "Henry, kau sudah melakukannya dengan baik." dari nenek alis.

Kim Soo Hee : Henry-ssi, sikapmu waktu memasak tidak terlalu bagus. Minggu lalu, ada rambut, pup udang di makananmu, dan hari ini kau makan yogurt.
Tapi, sebenarnya masakanmu rasanya enak.

Henry kelihatan senang sekali : Benarkah?
Kim Soo Hee : Aku benar-benar membencimu. Masakanmu seharusnya rasanya tidak enak agar aku bisa memarahimu lagi. Lakukan dengan lebih "dandy". (dandy = keren, rapi, bagus)
Henry tidak mengerti istilah dandy, ia berpikir dandy itu nama orang, seperti Jonathan dsb.

Juri Kang : Apa kau tidak tahu istilah dandy?
Henry : Tidak tahu, saya bukan dandy.
Semua ketawa. Juri Kang akhirnya menjelaskan, itu sama artinya dengan properly. Henry baru mengerti ah..properly.
Kim Soo Hee tersenyum : Ini rasanya enak.
Kang Leo : Bagus, kau bisa kembali ke bench-mu.

Henry langsung melempar ciuman jauh ke Kim Soo Hee ..Muah :)

3. Fei.
Fei memiliki skill memasak yang diturunkan dari ibunya. Fei selalu menunjukkan keahlian menakjubkan dalam memasak.
Kim Soo Hee menyukainya, semakin dikunyah salmonnya terasa semakin lembut dan tidak kaku. Kurasa ini karena sausnya. Aku sangat menikmatinya. Bagus.

Kang Leo : Salmon anda yang terbaik, Fei-ssi. Tapi mashed potatoes terbaik adalah milik Hwa Yobi-ssi dan saus paling enak adalah saus Henry.
Karena anda bertiga punya kelebihan berbeda, kami akan mendiskusikan lagi hasilnya. Good Job.

Kontestan kembali ke bench dan para juri diskusi lagi. Akhirnya setelah lumayan berdebat mereka memutuskan Pemenang tantangan mistery box MCK-Celebrity yang kedua adalah...

Kim Sung Soo : Kurasa Henry lebih berbakat dari yang kukira.
Fei mengira Henry akan menang. Henry juga merasa ia bisa menang.

Kang Leo : Pemenangnya adalah...Fei-ssi. Tolong ikut kami.


Henry jelas kelihatan kecewa. Ah..Fei.
Shin Bong Sun mengeluh : Dia benar2 saingan berat.

Fei tidak menduganya. Ia senang sekali dan membungkuk ke arah juri dan rekan2nya. Fei ikut juri masuk ke pantry.

Misi untuk babak Eliminasi adalah saus.Sejak dulu Korea punya tiga saus utama. Gochujang (hot-pepper paste), Ganjang (soy sauce) dan Doenjang (soy-bean paste)

Kang Leo menjelaskan misi berikutnya adalah membuat masakan dengan salah satu dari tiga macam saus ini dan Fei punya keuntungan bisa memilih saus duluan.
Kim Soo Hee tanya apa pilihan Fei. Fei memilih Ganjang.

Setelah itu, seperti biasa Fei harus memilihkan saus untuk kontestan lain. Fei mulai memilihkan meskipun tidak yakin dengan pilihannya. Ia harus memilih diantara kompetisi dan pertemanan.

Babak EliminasiFei bersama para juri sudah menunggu kontestan lainnya. Semua masuk ke dalam dapur MasterChef. Kim Sung Soo komen, ini seperti deja vu.
Chef Kang berkata kali ini adalah misi untuk eliminasi. Apa anda akan tetap di MasterChef  atau harus meninggalkan dapur ini tergantung pada bahan ini.

Kim Soo Hee : Kim Sung Soo-ssi. Lakukan dengan benar, ini bisa saja jadi misi terakhir anda.
Kim Sung Soo : Tidak, saya tidak pernah berpikir seperti itu.
Semua ketawa. (Ok, gara2 Masterchef ini aku jadi suka Kim Sung Soo dan Son Ho Young wkkk  mataku baru terbuka.)

Kim Soo Hee tanya kapan Kim Sung Soo akan meninggalkan dapur ini. Kim Sung Soo berencana akan tinggal disini untuk waktu yang lama. (setuju!)
Kim Soo Hee : Jadi anda menyerahkan nasib anda pada saya?
Kim Sung Soo : Ya.

Chef Kang : Baiklah, kami akan menunjukkan bahan untuk babak eliminasi.  Fei-ssi, tolong buka tutupnya.

Fei membuka tutup saus dan memperlihatkan tiga macam saus dasar masakan Korea.

Kang Leo : Misi eliminasi hari ini adalah tentang saus yang mewakili masakan Korea. Dan sekarang pemenang babak pertama, Fei, akan membagikan saus untuk anda.
Semua lemas dan pasrah dengan nasib mereka.

Tony An sangat ingin mendapatkan Doenjang. Lee Kye In ingin mendapat Gochujang.
Kang Leo tanya apa yang dipilih Fei. Fei memilih Ganjang. Kang Leo meminta Fei memanggil kontestan yang juga harus memasak dengan Ganjang.
Henry sangat ingin mendapatkan Ganjang.

Fei memanggil : Hwa Yobi-seonbaenim dan Kim Sung Soo-seonbaenim.

Yang mendapat Gochujang adalah : Henry-ssi, Shin Bong Sun-seonbaenim, dan Lee Kye In-seonsangnim
Lee Kye In senang karena mendapat saus yang ia suka. Tapi Henry mundur dan ingin menolak saus dari Fei, ia ketakutan. Tapi akhirnya Henry mengambil Gochujang juga.

Kang Leo tanya apa Henry pernah masak dengan saus Gochujang. Henry menggeleng, jarang.

Sedangkan Shin Eun Jung, Son Ho Young dan Tony mendapatkan Doenjang. Tony mendapat saus yang ia inginkan.

Lee Kye In tanya Henry ingin masak makanan yang sama denganku, bagaimana ini Chef Kang?
Chef Kang : Kalau begitu, kami harus memilih masakan yang lebih baik.

Lee Kye In menyuruh Henry masak yang lain saja. Dua orang ini lucu sekali, peserta paling tua dan muda ada di bench yang sama.
Henry dan semuanya tertawa. Kim Soo Hee berkata meskipun masakannya sama belum tentu hasilnya sama, jadi coba saja.
Lee Kye In ke Henry : Buat saja sesukamu, kita coba saja. Coba saja.

Kang Leo tanya apa Lee Kye In ingin pindah bench. Lee Kye In menolak, tidak seperti ini saja.
Semua geli. Kim Soo Hee berkata Lee Kye In bisa mengambil manfaatnya (karena Henry suka membantu Lee). Sebaliknya saat ditanya apa Henry ingin pindah, Henry mengangguk. Tapi akhirnya menggeleng, tidak. Tidak apa-apa.

Kim Soo Hee menekankan lagi, kali ini adalah babak eliminasi dan semuanya ditentukan dengan hasil masakan mereka.
No Hee Yeong berkata mereka menggunakan saus dasar Korea, bagaimana cara anda menekankan rasa saus adalah poin pentingnya.

Waktunya 60 menit, mulai dari...sekarang.

Semua menyebar ke pantry dan mengambil bahan masing-masing.
Mereka harus mempertahankan rasa asli sausnya tapi juga harus membuat masakan yang kreatif.

Tony yang menyebut dirinya koki alami tampak percaya diri. Tony berkata ia tahu apa yang akan dibuatnya.

Tony akan membuat pizza Doenjang.  Para juri mengecek bench Tony. Kang Leo tanya apa topping pizza Tony.
Tony ; Ayam dan jamur.
Juri berpesan agar Tony mencampur saus doenjangnya dengan rata. Dan jangan lupa memanaskan ovennya.

Juri pergi ke meja Son Ho Young. Kebetulan ia mendapat Doenjang juga. Son Ho Young merendam daging paha ayam dalam doenjang, anggur putih dan rosemary (hei, dia pintar juga. Ayam memang cocok dengan rosemary)
Ho Young akan memanggangnya sedikit lalu mematangkannya dalam oven.
Juri kelihatan kagum, ini sepertinya makanan baru.

Henry dan Lee Kye In bagaikan ayah dan anak, mereka menggunakan bahan yang sama, yaitu Gochujang dan daging babi.
Kang Leo tanya apa yang dimasak Lee.
Lee : Ossam bulgogi.
Juri Kim heran kenapa Lee belum menyalakan kompornya. Lee berkata ia takut makanan-nya nanti gosong, lagipula ia takut Henry menconteknya.
Kang Leo berkata gaya memasak mereka berbeda. Henry menggunakan wajan sementara Lee menggunakan Fry-pan/wajan datar.

Tapi jelas Henry memasak makanan yang berbeda dengan Lee Kye In.
Henry berkata ke Juri, ia memasak makanan campuran Cina dan Korea. Henry sangat yakin saat mencampur saus karena ia suka melakukannya.

Kang Leo : Waktu tinggal 40 menit lagi!

Semua peserta masih sibuk memasak, meskipun sausnya sama tapi masing2 menunjukkan masakan yang berbeda, bagaikan cat di tangan pelukis yang berbeda.

Juri mengecek masakan Kim Sung Soo. Ia membuat Salad Bulgogi Ganjang. Kim Sung Soo mengaku tidak ingat resep sausnya tapi ia tetap akan mencobanya.
Juri No mencicipi saus Kim Sung Soo dan berkata terlalu banyak minyak wijen.
Kim Sung Soo membuat sausnya lagi, karena ia merasa lupa sesuatu. Tapi tetap saja tidak menemukan apa yang kurang.

Hwa Yo Bi juga mendapatkan Ganjang. Ia merendam daging dengan saus.Kang Leo mencicipi saus Hwa Yobi dan berkata rasanya seperti makanan untuk anak-anak, terlalu manis.

Fei tampak resah. Nasinya gosong. Kang Leo melihatnya dan berkata, anda biasa masak nasi dengan rice cooker ya?
Fei : Nasinya gosong, jadi aku panik dan tidak tahu apa yang harus kulakukan. Kurasa aku akan dieliminasi.

Fei menggunakan kuali tanah untuk memasak nasi. Ini pertama kalinya Fei menggunakan kuali tanah ini. (Ngga ada dandang gitu? wkk)

Kang Leo : 13 menit lagi!
Semua mempercepat cara masaknya. Henry mulai bakar2an lagi. Hwa Yobi memanggang dagingnya, kelihatannya enak.
Fei memotong daging dan sayur dengan cepat, sampai jarinya kena pisau.

Kang Leo mencicipi masakan Lee Kye In dan berkata rasa sausnya terlalu kuat. Kang Leo menganjurkan untuk menambahkan daun bawang dan bawang untuk mengurangi rasa asin.
Son Ho Young tampak percaya diri dengan masakannya. (Aku juga ikut bahagia hahaha)

Juri mengumumkan : 10 detik lagi! 9, 8, 7, ...3,2,1. Berhenti. Angkat tangan anda dari masakan anda!


Saatnya penilaianJuri memuji semua kontestan atas usaha keras mereka dan mulai penilaiannya.

Kim Soo Hee memanggil Fei, Kim Sung Soo dan Hwa Yo Bi. Anda bertiga menggunakan Ganjang kan? tolong maju ke depan.

Fei
1. Kang Leo meminta Fei menyajikan masakannya. Fei memasak Tumis daging sapi dengan kecap dan nasi bergizi ala Fei.
Fei berkata ia menggunakan kecap merk Yangjo jadi rasanya sedikit beda dari yang biasanya.
Juri maju dan mencicipinya.  

Kim Soo Hee : Apa anda memasukkan saus selain Ganjang dalam tumisan sapinya?
Fei : Chung joo.
Kim Soo Hee : Anda tidak memasukkan jahe atau semacamnya?
Fei : Tidak.
Kim Soo Hee berkata daging sapinya bau seperti ikan, meskipun anda menambahkan banyak lada merah, baunya masih tidak enak.

Fei merasa malu dengan masakannya.

Hwa Yo Bi
2. Hwa Yobi memasak sirloin steak. Tapi sausnya seperti saus kalbi.
Kim Soo Hee berusaha menyimak kata2 Hwa Yo Bi tapi justru kesal, anda benar2 membuat saya kesal.
Juri Kim heran, memasak dalam waktu 60 menit kenapa jadinya cuma seperti ini? Ini sepertinya bisa dikerjakan dalam waktu 6 menit.
Hwa Yo Bi berkata ia membutuhkan waktu 46 menit untuk mengerjakan ini.

Juri mencicipi steak Yo Bi. Kang Leo berkata alasan kenapa anda harus hati2 saat memanggang daging, jika anda salah memanggangnya, rasanya akan seperti hati. Ini rasanya tidak terlalu enak dan karena terlalu lama dibakar, daging ini meninggalkan rasa tidak enak di dalam mulut.
Hwa Yo Bi sudah lemas dan merasa ia akan dieliminasi.

3. Kim Sung Soo memasak Bulgogi dengan saus Ganjang dan sayuran.
No Hee Young : Saat anda menyiapkan semua bahannya tadi, saya ingin tahu bagaimana anda menonjolkan setiap rasa dari bahan2nya. Tapi ini rasanya jauh lebih baik dari yang saya bayangkan.

Kim Sung Soo : Ini rasanya seperti anak saya dipuji oleh seseorang, ya perasaan seperti itu. (I'm proud of u too ^_^)

Juri memanggil peserta yang mendapat bahan Gochujang.  Henry, Lee Kye In dan Shin Bong Sun.

1. Lee Kye In. Ia memasak Osam Bulgogi. Isinya daging babi/bagian samcham-nya dan oktopus.
Chef Kang mencicipinya, ia berkata pernah makan ini. Di pedagang kaki lima. (Ouch.) Makanan ini kualitasnya sedikit rendah.

Lee Kye In : Kupikir yang bisa kulakukan tinggal pulang saja dan tidak pernah mengatakan kalau aku pernah memasak Osam Bulgogi lagi.

2. Shin Bong Sun memasak daging babi/samgyeopsal dengan saus Gochujang dan apel.
Juri mencicipi masakan Bong Sun. Kim Soo Hee menyukainya, sausnya benar2 bagus, lihat..dagingnya kelihatan berminyak. Ini benar-benar bagus.

Lee Kye In tidak mau kalah dan berkata ia melihat masakan Bong Sun di kaki lima juga, di Yeoido.
Kang Leo ketawa, ia tinggal di Yeoido juga tapi tidak melihatnya. Penjual kaki lima yang mana yang menjual makanan seperti itu?
Lee Kye In : Penjualnya sekarang mungkin sudah tidak ada.
Semua ketawa. Henry berbisik ke Lee Kye In, saya juga melihatnya. Lee senang karena Henry mendukungnya.

3. Henry.
Masakan Henry : Heegwayukgwa Bokkeumbap /ngga tahu apa itu haha..sejenis nasi goreng dengan tumisan daging babi, paprika dan bawang.

Juri tanya bagaimana Henry membuat sausnya. Henry menjelaskan, dengan Doenjang, alkohol dan jahe. Itu akan membuat daging babi lebih lembut dan menghilangkan minyaknya.
Chef Kang memuji Henry. Fei dan Hwa Yo Bi tidak bisa menghilangkan bau dagingnya, tapi setelah Henry menghilangkan baunya, rasanya sangat enak. Sausnya juga enak.

Kim Soo Hee tanya apa ini nasi goreng. Henry membenarkan. Kim Soo Hee tidak bisa merasakan saus di dalamnya.
Henry sengaja memasaknya seperti itu agar rasa nasi balance dengan tumisan dagingnya.

Berikutnya, peserta yang memasak dengan Doenjang. Son Ho Young, Shin Eun Jung dan Tony An.


1. Shin Eun Jung. Ia memasak : Doejigoki Kajimali/seperti terong dengan daging babi (yang sudah dilumatkan) dengan saus dan sayuran.
Shin Eun Jung : Saya melumatkan daging babi dan menambahkan saus doenjang. Shin juga mencampur biji mustard dengan saus aprikot Jepang sebagai garnishnya.

Kang Leo : Saya tidak bisa merasakan terong maupun dagingnya. Saya hanya merasakan mustard-nya, anda terlalu banyak menggunakan mustard.
No Hee Young : Akan lebih baik kalau anda membumbuinya tipis2 saja dengan Doenjang dan meletakkannya diatas terong. Jadi sayurannya tidak akan mati seperti itu dan rasanya akan lebih enak.

Shin Eun Jung ingin menonjolkan rasa saus tapi sepertinya kebanyakan.

2. Son Ho Young.
Masakan Son Ho Young adalah kombinasi antara Doenjang, daging paha ayam dan salad. (dari rasa aku tidak tahu, tapi dari warna kelihatannya kurang attractive)
Kim Soo Hee memuji Son Ho Young, saat tahu anda akan menggunakan rosemary, saya takut rasa doenjangnya akan tertutup oleh rasa rosemary yang tajam. Tapi karena anda hanya menggunakan rosemary sedikit, ini membuat kombinasi yang bagus.
No Hee Young : Rasanya benar2 kualitas tinggi.
Tirza : yippie..!! Go go Son Ho Young!!

3. Tony An
Tony membuat Pizza Doenjang dengan saus Doenjang dan salad.
Juri kurang menyukai pizza ini, karena tidak bisa menemukan rasa doenjangnya. Juri ingin Tony lebih memikirkannya lagi lain kali kalau Tony tidak dieliminasi hari ini.

Son Ho Young yakin tidak akan dieliminasi hari ini. Tony merasa down, ia berpikir kemampuan memasaknya ada di bawah Son Ho Young.

Hasil

Juri Kang Leo berkata ada yang menggunakan saus dengan bijak tapi beberapa lagi tidak.
Kang Leo memanggil Shin Bong Sun, Son Ho Young dan Kim Sung Soo. Ketiganya maju dan berdiri dengan tegang di depan juri. Masing2 dengan saus berbeda.

Kim Sung Soo yang lolos lebih dulu. Shin Bong Sun dan Son Ho Young juga lolos, keduanya berpelukan gembira dan menyusul Kim Sung Soo di lantai dua.
 

Berikutnya, giliran Fei, Lee Kye In dan Tony An. Ketiganya tampak sedikit takut karena dikritik pedas oleh juri.
Kang Leo berkata Fei memang mengecewakan kali ini tapi mereka masih ingin memberi kesempatan pada Fei untuk minggu berikutnya. Fei-ssi, celemek anda...

Fei dan yang lain mulai tegang.
Kang Leo tersenyum : Kelihatan bagus anda pakai. Silahkan naik ke lantai dua.
Fei lega sekali dan membungkuk pada para juri dan rekan2 lain.

Kim Soo Hee teriak, Fei-ssi kau harus kerja keras. Aku bisa kecewa nanti, kerja keras.
Fei memberi tanda love di kepalanya untuk Kim Soo Hee. Membuat semua ketawa geli.


Juri No Hee Young merasa kecewa pada Lee Kye In. Saya terus mengatakannya berulang kali, kurang itu tidak bagus tapi berlebihan mengerjakannya juga tidak bisa diterima.
Kang Leo : Saya akan membuat keputusan tanpa konsultasi dengan kedua juri lain.
Lee Kye In menunggu hasilnya dengan tegang, ia seperti menahan tangis.

Kang Leo : Saya akan memberikan satu kali kesempatan lagi pada anda, silahkan naik ke lantai atas.
Lee Kye In menangis, terima kasih. Kang Leo juga menangis, sama-sama.


Lee Kye In menjelaskan, ia menangis karena merasa sudah tidak muda lagi dan ia sudah siap menganggap hari ini sebagai kenangan saja, tapi kalian meloloskan aku, jadi aku tidak bisa menahannya, yah aku jadi menangis.
Shin Bong Sun langsung memeluk Lee Kye In. Semua peserta bertepuk tangan untuk Lee.

Tony An juga lolos. Kang Leo berkata masih ingin melihat Tony dan meminta Tony naik ke lantai dua.
Tony lega sekali, ini adalah peperangan mental. Kurasa ini adalh PR terbesar untukku.

Juri memanggil Henry, Shin Eun Jung dan Hwa Yo Bi. Ketiganya maju dengan pikiran salah satu dari mereka pasti akan dieliminasi.
No Hee Young memuji Shin Eun Jung sebagai ibu yang baik. Anak-anak pasti sangat menikmati masakan anda. Kami akan memberikan kesempatan lagi pada anda untuk berlatih lagi. Silahkan naik ke lantai atas. Shin Eun Jung lolos.

Henry juga lolos tanpa banyak pertimbangan lagi. Sekarang tinggal Hwa Yo Bi.


 Kang Leo : Hwa Yo Bi-ssi, tinggal anda satu-satunya yang ada disini. Anda sudah memasak dua kali dan banyak membuat kesalahan.

Hwa Yo Bi : Tapi saya bisa bersenang-senang. Meskipun memasak bukan aspek profesional saya, saya ingin mengatakan kalau saat memasak saya benar2 jujur.
Kang Leo : Hwa Yo Bi-ssi, lepaskan celemek anda...

Son Ho Young : Masterchef Korea Celebrity akan kembali setelah yang satu ini, jangan kemana-mana.
wkkkk ada iklan lagi..

 
Kang Leo : Hwa Yo Bi-ssi, anda ingin melepaskan celemek anda atau tetap di masterchef dan memasak makanan lain? Hwa Yo Bi-ssi, tetap kenakan celemek anda dan pergi ke sana.
 

Hwa Yo Bi masih kelihatan syok dan bingung. Ternyata hari ini tidak ada yang dieliminasi. Semua kontestan bersorak dan turun memeluk Hwa Yo Bi.

KMC [1]

6 comments:

  1. Wkwkwkwk.
    Padahal sudah tegang-tegangnya-_-
    Henry, I Luv U!!! *kiss* *hug*
    sama mbak tirza, seperti baru membuka mata dan menemukan belahan jiwa #aissss
    Soalnya biasanya idol itu cuma kelihatan senyum sama tampangnya, kalo disini, kita bisa lihat kepribadian aslinya.
    Henry sama Lee Kye In kayak papi and his son^^

    ReplyDelete
  2. hahaha henry.... bisaaaa aja ngeles! kemeren katanya bukan rambutnya, pup udang emang sengaja... skr salah ambil bahan, malah bilang emang buat dimakan.

    ReplyDelete
  3. First of all .. finally bisa koment di blog nya tirza .. :)

    Hehehe.... ternyata drama tidak hanya terjadi di film .. di MC seleb juga bissa dibikin degdegan tanpa skrip ... :p

    Btw, eoni bikin notes fans meeting Oppa LeeMinHo di jkt doonk .. want to know your opinion ... hehe
    Ditungguu ...

    ReplyDelete
  4. Sekilas info: henry sdh d eliminasi d ep 5 kmr
    Hikz..hik..

    ReplyDelete
  5. @D Novitri, mau opini apa ttg Lee Min Ho? haha...dia itu beruntung punya fans di Ind yang begitu banyak. Gila..banyak banget yang nunggu dia di bandara ya....heboh bgt.
    Sekarang semua fansnya pasti berusaha nebak dua nomor belakang ponselnya wkkk..
    010402536XX (ayo tebak yang XX itu and call Lee Min Ho hehehe)

    @Mizz Oh, hiks..hiks..ya udah bye-bye Henry.
    Btw, aku tetap penasaran siapa MasterChef Korea Celebrity yang pertama, jadi aku tetap bikin recapnya lah, meskipun tidak semua aku bahas ya..:)

    ReplyDelete