Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Saturday, March 2, 2013

Flower Boy Next Door episode 16 - Final

Kkae Geum and Go Dok Mi forever ^_^
[Cintai Tetanggamu]

Setahun sudah berlalu, dari TV terlihat ini sudah tahun 2014. Tahun Kuda. Orang-orang berkumpul untuk melihat matahari terbit awal tahun.

Dok Mi berkumpul dengan sesama penulis/editor di perusahaan (wow kemajuan wkk). Senior Yoo datang dan mengucapkan Selamat Tahun Baru. Ia tanya apa mereka bersenang-senang dalam liburan mereka. Semua mengiyakan sambil tersenyum.
Senior Yoo membawa dua buah buku, salah satunya buku Enrique. Yoo berkata ini adalah dua buku yang termasuk buku penyembuhan. Dok Mi tersenyum senang.


Dok Mi keluar dan melihat Jin Rak menunggunya diluar. Jin Rak ketawa dan tanya apa yang harus dilakukan untuk perayaan setahun. Dok Mi tersenyum dan berkata, sudah setahun ya.

Kita kembali ke cafe, saat Enrique membawa Dok Mi menemui Bae Bok dan fansnya.
Bae Bok tanya kenapa Enrique melepaskan animasi yang ingin dikerjakannya, kenapa kau tidak kembali ke Sola Studio. Katakan pada kami.

Enrique berkata ke fansnya, aku akan melakukan animasi. Aku akan kembali ke Spanyol.

Fans Enrique tampak lega. Enrique melihat ke arah Dok Mi lalu berbalik lagi. Wajahnya kelihatan muram. Tapi aku tidak akan kembali karena alasan animasi dengan Sola. Aku pasti akan melakukan animasi satu saat nanti tapi tidak sekarang. Sola sudah mendapatkan orang lain untuk melakukannya.

Saat aku di Spanyol, kau main games denganku dan kita saling berkirim e-mail dan pesan satu sama lain, aku ingat semua itu. Tapi impianku bukanlah impian kalian. Kuharap kalian akan memiliki impian kalian sendiri dan meraihnya. Juga sekarang ini, orang ini (DM) tahu apa yang paling penting bagiku saat ini dalam hidupku.

Enrique melihat ke arah Dok Mi dan berkata saat ini orang di depanku, cintaku adalah penting. Aku tidak ingin kehilangan dirinya. Kurasa aku tidak perlu menjelaskannya lagi.


Bae Bok : Kami tidak membutuhkan percakapan seperti itu.
Bae Bok menunjuk Dok Mi, karena wanita itu yang sudah menduakan dirimu dengan penulis webtoon itu, kau meninggalkan kekasihmu, sekarang kau akan membuang pekerjaanmu juga?


Enrique teriak marah ke Bae Bok : Apa kau anak usia 5 tahun? Apa kau tidak tahu bagaimana mendengarkan dengan baik apa yang dikatakan seseorang? Kenapa kau menyia-nyiakan waktu berhargamu melakukan ini? menyebarkan rumor palsu, menghina orang lain, melakukan hal tidak bermakna dan tidak penting.
Seseorang yang paling berharga bagiku, karena aku, karena rumor palsu, dia jadi disudutkan. Jadi bagaimana aku bisa pergi. Jika aku pergi seperti itu dan mengejar impianku, apa impian itu akan bisa bersinar, jadi itulah mengapa, sampai semua ini berhenti, aku tidak bisa pergi.

Enrique menarik tangan Dok Mi dan pergi.

Dong Hoon asyik merapikan diri. Jin Rak tanya apa Dong Hoon akan pergi? Ayo pergi.
Dong Hoon tanya apa masuk akal melepaskan rapunzel sekarang. Editor akan membunuhmu.

Jin Rak : Enrique melakukan yang terbaik untuk membuat Dok Mi aman, jadi bagaimana aku bisa terus menggambar sendiri.
Dong Hoon mengeluh, aku tidak suka dengan realita. Jin Rak teriak, ayo pergi brengsek!

Enrique dan Dok Mi jalan ke halte bis. Keduanya menunggu. Enrique tanya apa Dok Mi baik-baik saja? meskipun kau marah padaku karena membawamu kesana, aku tidak berdaya. Aku ingin mengajakmu kesana, saat orang bicara tentang orang yang tidak mereka ketahui sama sekali, mereka akan semakin buruk.
Karena mereka tidak tahu, karena mereka tidak perlu memikirkan apapun, tapi saat mereka melihat wajah orang yang mereka bicarakan, melihat mata mereka, dan karena waktu yang dihabiskan bersama, mereka akan berpikir, "Ah orang ini sama seperti aku, orang ini bisa terluka sama seperti diriku." Mereka bisa merasakan itu.
Jadi meskipun itu berat bagimu, aku tetap akan membawamu kesana.


Dok Mi minta Enrique tidak mencemaskannya. Di tempat tadi, ia bisa melepaskan masa lalunya. Aku bisa meninggalkannya disana. Aku baik-baik saja.

Enrique : Kau selalu berkata kau baik-baik saja. Jika kau merasa susah, katakan kau merasa susah. Jika kau marah, katakan kau marah. Jika kau merasa geram katakan kau merasa geram. Lakukan itu mulai sekarang.

Dok Mi : Bukankah kita akan melakukan perjalanan? bagaimana kalau kita mengadakan perjalanan yang kedua kalinya? Ayo kita melarikan diri, dari realita berisik ini untuk sementara.
Enrique : Ajumma ini, kau masih belum mengerti diriku. Aku bukan tipe orang yang suka menghindar dan sembunyi. Aku akan terus berjuang dalam situasi ini.

Dok Mi : Apa kau tahu betapa sulitnya untuk seorang gadis mengajak bepergian untuk pertama kalinya? Kau berkata agar aku mengatakan apa yang kuinginkan. Aku ingin melakukan perjalanan. Di waktu seperti ini kau seharusnya ikut saja.

Enrique : Kita mau pergi kemana? Bagaimana kalau kita pergi ke satu tempat yang sangat sangat jauh?
Enrique berbisik, Ke pulau? Tidak apa kalau kau tidak ingin.

Dok Mi menarik lengan baju Enrique, aku ingin menuntunmu hari ini, kau selalu menarikku kesana sini dengan tanganmu, jadi hari ini aku akan menarikmu kesana sini.
Enrique mengangguk. Ya.
Dok Mi malu-malu dan menarik lengan baju Enrique untuk mengikutinya.


Editor Kim akan teriak, Aku sudah bilang jangan datang tiba-tiba. Tapi Seul Gie menahan diri saat ia melihat Dong Hoon.
Jin Rak menunduk, ia mencoba menjelaskan niatnya.
Seul Gie justru main mata dengan Dong Hoon. Dong Hoon berterima kasih atas ranselnya.


Jin Rak minta maaf, ia berharap Seul Gie tidak marah. Tapi Jin Rak ingin mengubah cerita webtoonnya, karena ada kekacauan yang terbentuk dengan FBND dan Rapunzel.
Jin Rak sudah menyiapkan diri untuk diteriaki Seul Gie. Tapi saat membuka mata, Seul Gie ternyata tersenyum kepada Dong Hoon.

Jin Rak : Beberapa waktu lalu aku tidak bisa melanjutkan webtoon karena listrik mati, lalu kau mengisi dengan pembicaraan soal cinta bertepuk sebelah tangan. Bagaimana kalau kami menggambar episode tentang cinta.

Seul Gie berkata FBND berjalan dengan baik karena skandal dengan Enrique. Akhirnya bisa berjalan dengan baik tapi kau ingin mengubahnya sendiri saat ini? Waktu itu aku mengatakan padamu tapi aku ini profesional. Aku harus mengiyakan konsep dan perubahannya. FBND membicarakan soal cinta. Bohong sekali. Apa kau tahu soal cinta?
Kau berkata tidak ada yang namanya pengakuan. Kau hanya berdiri dan melihat saja, jadi apa yang kau tahu soal cinta? Kau harus tahu sesuatu untuk didiskusikan.


Dong Hoon menenangkan Seul Gie, bukan seperti itu. Hyung ingin melindungi rapunzel (402), dia ingin berhenti, ya kan?

Jin Rak menunduk dan tampak sedih. Ia ingat pertemuannya dengan Dok Mi selama ini.
    
Jin Rak berkata dengan suara keras : Aku benar2 tidak mengerti soal cinta. Cinta adalah apa yang dilakukan orang sehingga kau bisa ditolak dan melakukan kesalahan, tapi bagi diriku, aku menempatkan cinta terlalu tinggi sehingga aku hanya melihat udara. Jadi aku ingin orang tidak menyesal seperti diriku, aku ingin memberi keberanian pada orang yang tidak bisa mengakui perasaannya, dan aku ingin menghibur orang yang memiliki cinta yang menyakitkan.

Seul Gie setuju, baiklah kalau begitu aku ingin mendengar cerita pertama tentang cinta. Apa kau memikirkan sesuatu?
Jin Rak : Meskipun mereka miskin, ini tentang kisah cinta dari pasangan muda.
Seul Gie dan Dong Hoon : Lanjutkan

Jin Rak : Ada seorang gadis yang hanya tidur 4 jam sehari dan seorang pria yang melakukan pekerjaan sampingan setiap malam. Gadis yang hanya bisa tidur 4 jam sehari karena kelelahan bekerja. Pria yang harus melakukan pekerjaan sampingan setiap malam karena terlalu realistis, karena tujuannya adalah mendapatkan wanita yang sukses. Kedua orang ini di dalam dunia menakutkan ini, mereka bisa saling menjamin dan percaya satu sama lain.
Kedua orang ini tahu kalau cinta itu adalah realistis dan bukan berusaha meraih bintang di langit, cerita cinta seperti ini benar2 melankolis.

Seul Gie dan Dong Hoon kelihatan heran, apa kita sedang jatuh cinta? keduanya tersenyum satu sama lain. (anyone who seen us knows what's going on between us..it doesn't take a genius..to read between the line...and it's not just wishful thinking ...or only me who's dreaming ..I know what these are symptoms of ...we could be in love wkkk ..lagu jadul.)

 Jin Rak tersenyum melihat keduanya.

Enrique dan Dok Mi pergi ke sebuah kuil. Enrique merekamnya dan tampak kagum, sangat mengesankan disini. Enrique melihat ukiran orang di sudut, seperti patung orang yang menyangga atap. Enrique tanya apa itu.

Dok Mi berkata itu adalah istri arsitek yang membangun kuil. Dulu tempat ini adalah sebuah pulau dan saat ia membangun kuil, ia harus tinggal jauh dari istrinya. Istrinya terus menunggu tapi lama kelamaan istrinya jadi lelah dan pergi ke tempat jauh. Jadi suaminya membuat patung ini karena ia marah pada istrinya yang pergi, jadi istrinya harus menahan atap yang berat selama hidupnya.

Enrique : Itu kisah yang sedih, tapi arsitekturnya terlalu cantik, sebenarnya mungkin dia (sang arsitek) sedang memahat kebenciannya pada orang yang dulu pernah ia cintai. Dia sedang membuang hati yang keras/hati yang tajam. Mungkin karena orang2 tidak mengerti apa yang ada dalam hati arsitek itu maka mereka mengarang cerita. Antara cinta dan benci, sepertinya ada perbedaan besar tapi sebenarnya mungkin hanya perbedaan tipis saja, kau melihat beberapa saat lalu (saat ketemu fans), dengan hati penuh kebencian , jika saja mereka mau turun satu langkah mereka bisa mengubahnya kembali ke hati yang mencintai.

Dok Mi : Akan sangat menyenangkan kalau mereka melakukannya. Aku ingin mempercayai kisah yang kau buat sekarang, kalau arsitek itu membuang hatinya yang penuh kebencian. Aku ingin mempercayainya.

Enrique tersenyum, coba lihat, pada akhirnya aku juga yang jadi pemandu hari ini.
Dok Mi ketawa.

Keduanya berdiri di atas jembatan. Enrique bertanya tentang matahari terbenam, matahari terbenam mulai memudar, matahari terbenam penuh warna, matahari terbenam mulai menghilang, atau matahari terbenam mulai meresap. Mana yang paling kau suka?
Dok Mi : Matahari terbenam yang indah.
Enrique : Jawab yang benar. Ombak memecah, ombak berdebur, ombak bergelombang, ombak bergulung. Mana yang paling kau suka?
Dok Mi : Ombaknya indah.
Enrique kesal, jangan asal menjawab. Tapi ombaknya memang indah.

Dok Mi tanya kenapa Enrique menanyakan hal2 seperti itu. Enrique cerita, ia pergi ke Spanyol saat usia 10 tahun dan ibunya sering main permainan ini agar Enrique tidak melupakan bahasa Korea. Jika kau menganggap apa saja sebagai permainan, itu akan menjadi menyenangkan.
Enrique : Ada pertanyaan lagi, aku minta maaf, terima kasih, aku mencintaimu. Yang mana yang paling kau suka?


Dok Mi sedikit terperanjat karena Enrique mengatakan "aku mencintaimu" dengan keras. Dok Mi berkata ia suka ketiga kata itu. Enrique meminta Dok Mi membuat kalimat dengan ketiga kata itu. Go Dok Mi-ssi yang impiannya adalah menjadi penulis buku anak-anak, aku ingin tahu bagaimana jawabanmu.
Dok Mi : Maaf karena menolak hatimu sampai sekarang, ini adalah perjalanan yang jauh, terima kasih karena tidak tersesat dan menemukanku. Berkat kau, Kkae Geum-ssi, aku akhirnya mencintai diriku sendiri.

Enrique dari tadi ingin mendengar Dok Mi mengatakan "aku mencintaimu" diam2 tapi karena Dok Mi tidak membuat kalimat yang diinginkannya. Enrique berpaling dan cemberut. Dok Mi tersenyum geli.

Dok Mi : Aku sudah melakukannya, sekarang giliranmu.

Enrique menoleh ke arah Dok Mi lalu bicara tanpa jeda : Maaf karena tidak menemukanmu lebih cepat, terima kasih karena membuatku mencintaimu, ajumma aku mencintaimu.

Enrique mendekat dan mencium dahi Dok Mi. Lalu memeluknya erat-erat. Keduanya tersenyum.


Jin Rak jalan pulang bersama Dong Hoon. Dong Hoon minta Jin Rak tidak perlu cemas, meskipun Enrique menemui fansnya, rumor tidak tersebar karena Enrique bukan selebriti jadi jangan terlalu cemas dengan rating kita. Dong Hoon juga berkata kalau Do Hwi menulis komen dan cerita tentang 402 (Dok Mi).
Do Hwi mengaku kalau semua yang terjadi di SMA itu adalah tidak benar, semuanya dibuat-buat. Do Hwi ingin semua berhenti membicarakan Dok Mi. Do Hwi juga adalah orang yang memberikan bintang pada webtoon mereka karena ia menyukai Jin Rak.

Dong Hoon merasa Do Hwi ingin Jin Rak tahu kalau wanita yang pernah mencintai Jin Rak bukan orang yang jahat.
Jin Rak kagum, Dong Hoon pasti benar2 sedang jatuh cinta karena bisa melihat dunia dengan lebih baik saat ini.

Dong Hoon menyangkal, siapa yang jatuh cinta? Aku belum jatuh. Jatuh kemana, tapi bukankah lingkaran hitam editor tampak manis?
Jin Rak : Tidak, tidak manis sama sekali. Diantara semua wanita, hati wanita itu pasti yang paling cemerlang.

Do Hwi melintas di dekat mereka. Dong Hoon meninggalkan Jin Rak agar bisa bicara dengan Do Hwi.
Do Hwi hanya mengangguk pada Jin Rak.

Jin Rak : Kau sendirian hari ini, dimana teman2mu?

Do Hwi berkata mereka sudah pulang. Jin Rak berkata mereka sepertinya teman baikmu, mereka selalu ada di sisimu saat kau sedang kesulitan, memihak dirimu, dan menyukaimu. Jangan sampai kehilangan persahabatan (dengan mereka) kali ini.
Jin Rak membungkuk dan pergi.

Enrique dan Dok Mi duduk di depan api unggun. Enrique menyanyikan lagu untuk Dok Mi. Dok Mi tersenyum pada Enrique. Ini adalah isi hati Enrique.

Dok Mi juga menunjukkan sesuatu, yaitu tulisan di ponselnya, yang ia tulis saat di kebun binatang.

Dok Mi : Kau bilang untuk menyimpan dunia. Hal pertama yang kulihat di dunia dan kusimpan adalah dirimu. Aku tahu itu sejak menulis judul untuk foto ini "Dunia wanita itu". Kau adalah duniaku. Ini pengakuanku.

Aku akan memainkan permainan yang tadi lagi (membuat kalimat dengan maaf, terima kasih dan aku mencintaimu) "Aku minta maaf karena baru mengaku sekarang, terima kasih karena kau menjadi duniaku, aku mencintaimu".
Enrique melihat ke arah Dok Mi dan menangis, ini curang ajumma. Kau adalah duniaku, kalau kau melakukan pengakuan sehebat itu maka pengakuanku tidak ada artinya.
Dok Mi : Aku baru saja mendengarnya, lagu pengakuan yang sangat mengesankan, aku ingin sekali merekamnya dan mendengarnya setiap hari, apa kau mau menyanyi lagi?
Enrique : Dasar bodoh, aku bisa menyanyi setiap hari untukmu.
Dok Mi : Mulai saat ini, apa kau mau terus menjadi duniaku?
Enrique mengangguk, ya, aku akan melakukan itu. Aku akan menjadi dunia Go Dok Mi-ssi. Dunia yang damai, terang dan ceria.

Dok Mi : Tidak ada dunia seperti itu, karena dunia kadang bisa hujan, bisa bertengkar, dan ada kalanya kita terluka. Tapi meskipun demikian dunia tidak akan menghilang. Aku akan menunggu. Sampai kau meraih impianmu dan kembali. Aku akan menunggu.
Aku akan menunggu dan memikirkan kau selalu ada di sampingku, seperti matahari terbit dan terbenam, aku akan menunggu tanpa berubah.

Enrique : Mulai saat ini tidak perlu membicarakan tentang pergi dan menunggu, pikirkan saja tentang kita berdua, seolah hanya ada kita di dunia ini.
Dok Mi mengangguk setuju.

Enrique dan Dok Mi ada di sebuah penginapan. Enrique tengkurap dan menulis kalimat yang didiktekan Dok Mi.
Dok Mi : Senja itu indah.

Enrique bengong, ia berpikir untuk ejaannya. Dok Mi mendiktekan kalimat lain. Enrique kelihatan bingung dan bahkan menutupi tulisannya seperti anak kecil agar tidak dilihat Dok Mi.
Enrique salah mengeja lagi. Dok Mi berkata sayang sekali, padahal kau harus kirim surat.


Enrique protes, di zaman digital ini siapa yang masih berkirim surat? Kan ada software editor yang akan memeriksa ejaan.
Dok Mi tanya apa Enrique siap diperiksa tulisannya. Enrique masih belum siap dan menulis lagi.

Dok Mi menggelitik pinggang Enrique. Enrique terguling ke samping dan Dok Mi langsung mengambil kertas Enrique.

Enrique bangun dan berusaha mengambil kertasnya. Keduanya berebut kertas lalu terhenti, mereka saling memandang dan tertegun. Keduanya hampir berciuman. Dok Mi langsung mengembalikan kertas Enrique. Hehehe

Beberapa waktu kemudian, Enrique menyelimuti Dok Mi yang tertidur. Ia memandangi Dok Mi dan berpikir :

Enrique : Kukira cinta itu adalah memberikan setengah dari diriku dan orang lain mengisi setengahnya lagi. Wanita itu berpikir setengah dari dirinya begitu gelap dan memalukan, dan dia mengusir cinta pergi. Wanita itu baru menyadari bahwa cinta adalah menggabungkan bagian yang tidak lengkap menjadi satu.
Dok Mi terbangun dan melihat Enrique tidur meringkuk di dekat sofa. Enrique tersenyum dalam tidurnya. Dok Mi dalam hati ;

 Dok Mi : Cinta itu seperti jam alarm angin. Kalau masih baru dan bersinar, jam itu bisa menunjukkan waktu yang tepat. Tapi waktu berlalu dan kau lupa memutarnya. Maka jam itu akan rusak dan berhenti. Pria itu mulai meniup jam, agar jam itu akan terus berputar tanpa berhenti.
Dok Mi berlutut dan menyelimuti Enrique. 


1 Tahun Kemudian.

Kita kembali ke awal cerita dan Dok Mi tanya kenapa Jin Rak ada disini. Jin Rak ingin menemui editor komik di gedung seberang. Webtoon-nya akan dibuat komik. Dok Mi mengucapkan selamat, aku selalu membaca webtoon-nya, kau benar2 pakar dalam soal cinta.
Jin Rak geli, padahal ia belum mengawali kisah cintanya sendiri. Jin Rak minta Dok Mi tidak menyinggungnya secara online. Dok Mi ketawa geli.

Jin Rak berkata ini sudah setahun sejak Pak Hong dan Im Jung bersama, jadi apa yang harus kita lakukan untuk merayakannya?
Dok Mi : Sudah setahun ya. Apa kau melihat kantor keamanan akhir2 ini?
Jin Rak mengiyakan dan melihat ada sentuhan Im Jung di dalamnya.

Dok Mi membenarkan, tidak ada jejak topi lagi, tapi digantikan sebuah pigura foto mereka berdua. Jadi kalau sudah beberapa saat pasti akan ada jejak dari foto itu juga. Jejak dari mereka berdua.

Keduanya jalan bersama. Jin Rak tanya, apa benar Kkae Geum ada di Spanyol? Dia mengirim e-mail tanpa henti kepadaku, bagaimana ia bisa begitu berisik secara online? Dia mungkin lebih buruk kepadamu ya?
Dok Mi geli dan tanya apa isi surat Enrique.

Jin Rak : Dia hanya bicara tentang dirimu. Apa dia bekerja dengan baik? Apa dia menulis bukunya? Kau pikir ia lupa makan atau tidak? Apa dia masih melakukan daur ulang? Apa ada pria yang menggodanya? Apa dia masih cantik?
Dok Mi geli. Jin Rak tersenyum lembut, yah hal-hal seperti itu. Keduanya jalan pulang bersama.


Watanabe mengadakan acara memasak lagi, Love Cake. Watanabe dan Dok Mi menghias cake. Kelihatannya enak.
Pak Hong sudah ganti penampilan dan tampak seperti bos sesungguhnya, ia membelikan Im Jung cincin. Pak Hong tanya apa Im Jung menyukainya. Im Jung sangat mengagumi cincinnya. Keduanya terlihat mesra.
Dong Hoon tanya ke Pak Hong kenapa Pak Hong tidak menarik uang jaminan pada penyewanya. Jin Rak panik dan minta Dong Hoon tidak tanya lagi.
Jin Rak berbisik, bulan depan mereka harus memperpanjang kontrak, kalau kau tidak mau jadi gelandangan denganku, lebih baik diam saja.

Tapi Pak Hong tetap menjawab Dong Hoon. Ia cerita, saat muda dulu, ia sangat miskin, aku tidak punya rumah dan kelaparan. Jadi aku berpikir, kalau saja ada yang menampungku dengan gratis, maka aku akan hidup dan membalas orang lain dengan cara yang sama.
Kalian semua disini masih muda, itulah mengapa aku tidak menarik uang jaminan. Karena bagi orang muda, uang jaminan itu sangat besar dan bisa kalian pakai untuk modal. Kalian harus kerja. Tapi kalian tidak boleh terlambat membayar uang sewa, karena itu akan menjadi kebiasaan. Marah pada keadaan dunia juga akan jadi kebiasaan, menyerah juga akan jadi kebiasaan. Kalian mengerti? Jadi kalau kalian terlambat membayar sewa, maka semuanya selesai.
Pak Hong memberi tanda di lehernya. Jin Rak dan Dong Hoon mengangguk-angguk.

Watanabe dan Dok Mi membawa cake cinta untuk Pak Hong dan Im Jung. Keduanya senang sekali. Pak Hong berterima kasih pada watanabe.

Ada seorang gadis jalan mendekat ke arah apartemen Watanabe. Permisi..! semua menoleh.
Ternyata dia adalah Editor Kim Seul Gie yang tampil normal haha..memang seperti inilah Kim Seul Gie aslinya. Tidak pakai mata panda.


Jin Rak tampak kaget. Dong Hoon senyum-senyum pada Seul Gie. Jin Rak tanya apa Dong Hoon yang mengundang Seul Gie.
Im Jung langsung mengerti, ah kau yang mau menyewa apartemen No. 404 tempatku dulu kan?

Seul Gie langsung tanya : Apa pemanasnya sentral atau terpisah, apa harus membayar kalau naik lift? meskipun tidak menggunakan lift? bagaimana tentang biaya utiliti (gas, dll) dan keamanan, apa keduanya dipisahkan. Apa saluran pipanya bagus? Bagaimana dengan bagian atap? apa semua boleh memakainya?
Pak Hong dan semua penghuni lain bingung menjawabnya. Dong Hoon senyum-senyum bangga pada pacarnya.

Lalu Im Jung berkata, aku tidak tahu masalah itu, tapi tidak ada uang jaminan disini.
Seul Gie langsung teriak hampir 100 decibel : Yeah...!!! Aku mencintai kalian. Terima kasih! Aku menyambut kalian sebagai tetanggaku.

Dong Hoon mengulurkan tangan. Seul Gie menyambutnya. Lalu mengusir Jin Rak, kurasa ini adalah tempatku. Pindah. Right Now. Right Now!

Jin Rak terpaksa bergeser. Lalu tanya, apa kalian pacaran sekarang?

Seul Gie dan Dong Hoon berdekatan dan meleletkan lidah mereka pada Jin Rak. Dok Mi dan yang lain ketawa geli.
Watanabe membuat pengumuman, ia akan segera pergi. Semua terkejut, Watanabe mau pergi kemana. Watanabe ingin pergi ke negara lain untuk belajar memasak.
Jin Rak tanya mau pergi ke negara mana kali ini.
Watanabe : Aku akan ke Afrika.
Semua terkejut, Afrika? Mereka sedih Watanabe harus pergi lagi, padahal mereka semua sudah dekat dengan Watanabe dan mengagumi masakan Watanabe.

Watanabe memberikan hadiah untuk Dok Mi (kenapa hanya Dok Mi? secret crush? haha) Sebuah hiasan berbentuk burung hantu sebagai simbol kebijaksanaan dan keberuntungan.

Dok Mi mengingat pertemuannya dengan Watanabe. Watanabe yang selalu ceria, pekerja keras dan pintar memasak. Dok Mi tersenyum.
Dong Hoon mendapat laporan rek bank-nya, dan ia senang sekali karena saldonya tidak minus. Dong Hoon terharu, ia berpelukan dengan Seul Gie.

Jin Rak mendengus, dasar pasangan miskin. Hahaha.. Dong Hoon dan Seul Gie tidak peduli dan terus mencurahkan perasaan mereka.

Watanabe memotong dan membagi-bagi cake. Semua menikmati cake. Im Jung berterima kasih pada Watanabe. Dong Hoon dan Seul Gie saling menyuapi sambil bercanda. Jin Rak terus mendengus melihat mereka.

Dok Mi melihat semua temannya dan teringat saat Enrique memeluknya lalu pesan untuk hidup dengan baik dan pergilah ke dunia luar.
 

Dok Mi pulang ke apartemennya dan membuka surat dari Enrique.

Enrique : Ajumma! ada pertandingan Barcelona hari ini, aku akan memberikan laporannya, 30 detik sebelum berakhir..Gol! Rasanya hatiku akan meledak. Aku membutuhkan waktu lagi, kau bisa menunggu sedikit lagi kan? Kali ini aku tidak membuat kesalahan kan? heehee.
Dunia Go Dok Mi, Kkae Geum.

Dok Mi mengakui, Enrique sudah tidak membuat kesalahan lagi, 100% benar. Lalu Dok Mi protes, seharusnya ia tidak menggunakan kata sebentar lagi karena ini sudah setahun dan 3 bulan. Bagaimana ini bisa dianggap sedikit lagi? Lebih baik kalau sejak awal ia berkata, tunggulah dalam waktu yang lama, apa dia itu pelatih gajah. Apa dia memintaku ke Spanyol?

Dok Mi menyimpan surat Enrique dalam kotak besar, ada banyak sekali surat dari Enrique Geum :)

Dok Mi telp seniornya dan ingin menggunakan jatah cuti 3 harinya. Dok Mi yang sekarang sudah sangat berbeda. Ia sangat percaya diri dan terbuka.

Dok Mi jalan dan menoleh sekilas ke apartemen Tae Jun. Dok Mi melihat Enrique, mengenakan baju dan jaket warna hitam. Bahkan rambutnya juga hitam.

Dok Mi terkejut dan berbalik. Dok Mi menoleh lagi dan tidak melihat siapapun. Dok Mi menggelengkan kepalanya, aku benar2 harus segera ke Spanyol. Aku mulai melihat hal-hal yang aneh.

Dok Mi penasaran dan mengintip sekali lagi. Ia melihat Enrique, sekarang tersenyum kepadanya.

Dok Mi langsung mengambil teropongnya dan melihat dengan lebih jelas.

Enrique langsung memberi tanda "Aku melihatmu" dengan tangannya. Dok Mi terkejut dan sembunyi. Ia menjatuhkan teropongnya. Sedetik kemudian, Dok Mi sadar kalau itu benar2 Enrique. Dok Mi segera lari keluar apartemennya.

Dok Mi sampai di luar, lalu menoleh. Ternyata itu benar Enrique! Enrique berdiri dan tersenyum pada Dok Mi.
Enrique : Apa kau baik-baik saja, Ajumma?
Dok Mi dalam hati : Ini bukan mimpi kan?
Enrique : Ini bukan mimpi. Kkae Geum baru saja datang dan langsung kesini.
Dok Mi dalam hati : Aku merindukanmu.
Enrique : Aku juga merindukanmu, Ajumma.

Dok Mi mendekat. Enrique tersenyum. Lalu mencium Dok Mi dengan lembut.
Kisah mereka berubah menjadi gambar kartun.  

Jin Rak membuka lembar demi lembar portofolio karya seorang illustrator wanita. Gadis itu mengenakan sweater dengan gaya mirip Dok Mi.
Jin Rak memujinya, ini bagus, caramu mewarnai bagus. Ekspresi wajahnya hidup dan jelas. Kapan kau bisa mulai kerja? 

Gadis itu adalah..wow the Queen! (Cameo Park Se Young haha..yang kebetulan wajahnya mirip Park Shin Hye).
Dia ingin bekerja di rumah saja, ia janji akan melakukan apapun yang diminta Jin Rak.

Jin Rak mengamati gadis itu dan tanya apa kau lebih nyaman berada di rumah saja? Kau takut keluar kalau kau sudah sampai rumah. Kau tidak suka keluar rumah. Karena bertemu dengan orang itu sulit bagimu.
Kau benci kiriman paket, jadi kau langsung pergi ke kantor pos saja. Apa kau....seperti itu?


Gadis itu terkejut : Bagaimana kau tahu?
Jin Rak langsung terperanjat. Dia menemukan Go Dok Mi dalam gadis ini haha..

Do Hwi bersama teman2nya minum di bar. Mereka menunjuk seorang bartender dan berkata ke Do Hwi kalau bartender itu sebenarnya anak orang kaya. Coba lihat, dia kelihatan kaya kan?
Do HWi memanggil bartender itu lagi dan bersikap manis. Bartender itu memuji Do Hwi yang lebih menarik kalau bersikap anggun. Do Hwi jatuh cinta pada bartender itu. (karena terdengar musik angelic lagi seperti saat Do Hwi melihat Jin Rak wkk)

Pak Hong dan Im Jung saling menyuapi. Keduanya benar2 bahagia.

Watanabe mulai berkemas, ia melihat sekeliling dengan bahagia.

Dong Hoon melihat Seul Gie main game dan teriak2, ah..kau seharusnya menghindarinya! ah! Seul Gie teriak2 : ah..tidak sekarang aku mati!
Keduanya mengenakan couple t-shirt. Mereka teriak2, lalu saling melirik dan tidak jadi marah, keduanya tersenyum dan main game lagi dengan mesra.

Dok Mi membuka file baru "Dunia Wanita Itu"
Dok Mi : Ketuklah pintu yang tertutup. Rangkulkan lenganmu pada bahu yang lelah. Hapuslah air mata. Dengarkan suara hati masing-masing. Saling mencintailah seperti itu.

Dok Mi menoleh ke arah jendela dan tersenyum.

Dok Mi dan Enrique lari sambil bergandengan tangan. Semua teman mereka mengikuti dari belakang.

Suara Enrique : Satu orang tidak bisa mengubah dunia. Tapi kau bisa menjadi dunia bagi orang lain. Dunia yang hangat, terang, dan damai. Jika semua orang bisa menjadi dunia yang terang, damai, dan baik untuk orang lain. Maka satu akan menjadi sepuluh dan kemudian akan menjadi ratusan, dan dunia yang baik itu akan terus bertumbuh.
Dunia Kkae Geum, Go Dok Mi.


Suara Dok Mi : Dunia Go Dok Mi, Kkae Geum-ie


T A M A T


Notes :
Oh tidak.....!! kenapa serial ini sudah habis? haha..benar kata Yoon Shi Yoon, kalau FBND adalah makanan bernutrisi yang disiapkan oleh para ahli gizi.
FBND ini mirip Love Actually. Tidak ada kisah cinta yang tidak digarap dengan apik. Meskipun itu kisah Pak Hong dan Im Jung, atau Dong Hoon dan Kim Seul Gie, bahkan Cha Do (fiuh) Hwi dengan anak CEO yang melarikan diri, semua mendapatkan porsinya.
Dan cinta Watanabe pada masakan juga.


Yoon Shi Yoon benar2 bisa menghidupkan karakter Enrique. Peran ini memang cocok untuk YSY, dia benar-benar cemerlang sebagai Enrique. I love Jin Rak, semoga dia segera bergerak cepat dengan illustrator barunya dan melakukan pendekatan seperti langkah2 Enrique :)
I love Dok Mi, yang bisa mengatasi traumanya dan menjadi Dok Mi yang percaya diri dan menghargai dirinya sendiri serta meraih kebahagiaannya. Oh I love this series..ok, kecuali Bae Bok .

Thank u Pak Hong yang murah hati pada anak muda tapi juga disiplin dan mendorong mereka untuk selalu bekerja keras.

Thank you for reading.
Love,
Tirza Kwan
 


PSH dan YSY berfoto bersama pada pesta penutupan serial FBND.

Beautiful Casts of FBND

16 comments:

  1. Wah bener2 gizi utk hati dan hubungan orang perorang. Lovely series banget. Makasih banyak utk kak Tirza yg udh keren banget ngrecapnya. Oh sudah tamatt :( I will miss Enrique&DokMi couple soon, the sweet couple ever in this drama. YSY&PSH,great job. Utk Jinrak ayo break the wall to catch the queen heheeh

    ReplyDelete
  2. aku suka banget banget banget serial ini... terutama yoon shi yoon. kekuatan acting itu luar biasa ya.. aku tau si yoon shi yoon ini aslinya pemalu banget. hahaha. tp dia bisa memerankan kkae geum dengan gemilang. Bravo, Enrique!

    ReplyDelete
  3. tp sayang tdk diperlihatkan kisah Soo Young dengan Tae Joon. aku yakin mereka berdua hidup bahagia.
    YSY memang terlihat keren dg rambut hitamnya^^
    Gomawo kak Tirza

    ReplyDelete
  4. shi yoon sm shin hye kyk couple bnrn d foto itu, hihii^^

    terima kasih sinpos nya mba tirza..

    ReplyDelete
  5. Enrique dengan rambut hitam kayak kim ta gu...
    yeah disini aq paling suka pasangan doo hoon dengan kim seung gil.. l

    ReplyDelete
  6. i like it ...


    keren_keren kisah apalagi yg akan dibut jika serinya ditambah ...

    ReplyDelete
  7. debak!!
    puas banget sma akhir drama ini, setuju banget sama cerita setiap tokoh yg diselasaikan dengan sangat apik ^_^
    makasih buat sinopsisnya chingu :D

    ReplyDelete
  8. Suwun Tirza, selama ini aku cuma silent reader hehehe.. tapi sinopsismu emang lengkap kap kap.. seakan akan nonton langsung. Jadi buat yang belum atau nda ada waktu nonton, cukuplah membaca dulu..malah lebih 'resep' sama yang ditulis Tirza. Gumawo .. aku menantikan sinopsismu yang akan datang..

    ReplyDelete
  9. aku izin copy kutipan sinopsis diatas y,, keren bgt yg saat enrique bicara tentang dunia,,

    ReplyDelete
  10. hahhhh, udah tamat yaa....TT'', ceritanya bagussssss kerennn...mbaca sinopsis kak tirza kayak ngliat langsung nonton dramanya..:D

    ReplyDelete
  11. kamsahamida atas ulasannya.. awalnya kirain cerita kek gini boring, keingat Park Shin Hye maen heartstring,ndak suka abis. ..tapi yg ini ternyata seger banget.. Top ^^

    ReplyDelete
  12. bener Tirza... Yoon Shi Yoon bener2 bisa menghidupkan tokoh Enrique di sini... hasilnya aku jadi susah move on dari sosok Yoon Shi Yoon si Enrique ini... gimana inii.... udah berminggu-minggu berlalu aku masih kangen Enrique Go Dok Mi :'(
    rinn

    ReplyDelete
  13. menurut saya ceritanya sedikit membosankan, karna hampir disetiap episode nya saya bisa memprediksi apa yg selanjutnya terjadi. dan hmpir benar semua. menurut saya jalan cerita yg dimainkan park shin hye di film ini sangat membosankan seperti di film you're beutiful, saya malah senang melihatnya main di film Heartstring. di sana jln ceritanya jelas dan sulit ditebak mulai dari percintaan, komedi, budaya, penyemangat hidup dan lain nya, berbeda dengan film FBND ini yg jln cerita nya sudah bisa ditebak, saya sudah bisa menebak dari episode 1 apa yg akan terjadi di episode terakhir, ya.. begitulah, saya sdh menduganya.

    jujur saya lebih senang melihat acting nya park shin hye dengan jung yong hwa di Heartstring. mereka kelihatan cocok, apalagi waktu proses syuting mereka bnyak slah tingkah dan malu-malu satu sama lain. itu dapat anda lihat di youtube tentang behind the scene film heartstrings. kru film dan sutradara pun mempunyai pandagan yg sama dengan saya tentang park shin hye dan jung yong hwa.
    sekali lagi ini cuma pendapat saya :D
    tapi dukung terus park shin hye ! fighting !

    ReplyDelete
  14. Hahahah bner kak crita in seger bgt...
    Dgarap apik bgt...
    Seneng deh sma act YSY am PSH. Akhr critax bgus bgt.
    Smpek q bca FBND ni brulang2 kli. Tpi ttep aj ga bosen.
    Sneng krna crita cntax ga ad konflik dri restu org tua, nenek ato kluarga. Cma fans aj krna mrasa enrique hrus mngejar cita2x.
    Waaaaahhh FBND emnk kerrenn...
    Go YSY!!!
    go PSH!!!!
    ↖(^▽^)↗↖(^ω^)↗└(^o^)┘

    ReplyDelete