Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Saturday, February 16, 2013

Flower Boy Next Door episode 12

 [Angin berhembus, Aku menyukaimu.]

Dok Mi memohon Enrique untuk kembali ke Enrique yang dulu, kau yang bicara tanpa henti, kau yang mudah tertawa, jujur, mendengar dengan baik apa yang ada di dalam hatiku, kembalilah pada Kkae Geum yang hangat lagi.
Hati Dok Mi sakit saat Enrique tiba-tiba akan kembali ke Spanyol. Aku pikir hatiku tidak akan terluka dan itu menggangguku jadi aku berkata tinggalkan aku sendiri, aku mencoba menyembunyikan hatiku seperti ini tapi aku sudah menyukaimu selama ini. Aku sangat menyukaimu.

Enrique berbalik dan menatap tajam Dok Mi. Enrique menangis.
Dok Mi juga menangis : Kembalilah ke Kkae Geum seperti dulu dan pergilah. Lupakan semuanya yang terjadi disini. Kau hanya tinggal membuka pintu itu dan keluar. Aku juga akan melakukan itu. Aku akan membuka pintu itu dan keluar. Aku akan hidup dengan baik.

Enrique mendekat, aku mendengarnya lagi...suara di dalam hatimu, ajumma. Enrique mencium Dok Mi dengan sepenuh hatinya.
Beberapa saat kemudian, keduanya saling memandang. Tiba-tiba terdengar suara benda jatuh dari depan. Ternyata pesan2 dari Jin Rak terjatuh. Dok Mi memungutnya dan menunjukkannya pada Enrique.
Enrique komen, ini adalah gambar yang kalau disusun menjadi satu akan seperti animasi. Ini adalah hal yang akan dilakukan Oh Jin Rak. Dengan perlahan, menggambar lembaran ini satu per satu, sedikit demi sedikit, dengan berhati-hati.
Tapi aku tidak seperti itu. Aku tidak akan pernah melupakan ekspresimu yang kulihat saat kita pergi ke pantai bersama.  Jadi, aku akan mengajakmu ke tempat-tempat yang lebih bagus lagi. Kita akan makan makanan yang lebih enak, aku akan memandangimu dan kita akan bersenang-senang, tertawa dan berbicara.
Dok Mi menunduk dan jalan. Enrique mengikutinya, aku dulu menyukaimu. Aku menyukaimu saat ini, dan aku akan menyukaimu nanti. Aku merasa itu sangat rumit dulu, tapi sekarang aku tidak peduli lagi. Hati seseorang itu tidak pernah pasti, aku ingat dengan jelas kau berkata kau menyukaiku. Ya kan?

Dok Mi diam saja dan berpikir : Dia sudah kembali, Kkae Geum. (soalnya Enrique sudah mulai ngoceh lagi)
Dok Mi tersenyum.

Enrique seolah bisa mendengar pikiran Dok Mi : Kurasa aku kembali normal saat ini.
Dok Mi terkejut. Ia berbalik menatap Enrique. Enrique tersenyum, itu karena kau mengatakan kalau kau menyukaiku. Aku merasa aku bisa melakukan apapun.

Enrique tiba2 mendekat lagi. Ajumma, sekarang, kau cukup menyukaiku. Maka aku akan lebih dan lebih dan lebih menyukaimu juga.

 Enrique tersenyum. Dok Mi juga tersenyum.

 Jin Rak dan Dong Hoon makan bersama. Jin Rak tanya kenapa tadi Editor itu memanggil Dong Hoon sendirian. Dong Hoon berkata mereka hanya membicarakan soal webtoon. Dong Hoon merasa sangat tersentuh dengan usul Jin Rak.

Jin Rak memukul Dong Hoon dan merasa bukankah selama ini memang Dong Hoon berambisi agar namanya ditulis dalam webtoon.

Dong Hoon menyangkalnya, ia memang tersentuh. Dong Hoon berkata ia harus berhenti, karena ia ingin mencari uang untuk keluarganya dan membayar hutang.
Dong Hoon merasa mengejar mimpi adalah hal yang mustahil baginya. Terima kasih untuk selama ini.

Jin Rak tanya berapa jumlah hutang Dong Hoon. Dong Hoon tanya, kalau tahu memangnya Jin Rak akan membayarnya. Sudahlah, jangan lupa hutang untuk uang sewa apartemen saja.
Jin Rak janji akan membayarnya, ia sebenarnya adalah anak tunggal orang kaya yang melarikan diri mengejar impiannya.

Dong Hoon merasa Jin Rak sudah terlalu sering bercanda seperti itu, jadi sudah kuno. Dong Hoon berkata selama ini ia tidak keluyuran malam hari untuk main. Tapi ia kerja sebagai sopir panggilan.

Jin Rak terkejut. Dong Hoon membenarkan, kalau ada gadis yang telp aku aku datang dan jika mereka minta aku ikut menyanyi, aku menyanyi bersama mereka. Tapi bukan itu saja. Aku membersihkan terowongan Namsan pagi-pagi sekali, kenapa? karena bayarannya besar. Lalu di musim dingin, aku membersihkan salju di resort. Saat musim panas aku membersihkan rumput.
Pekerjaan apapun yang bisa kulakukan pagi-pagi sekali, aku melakukan semuanya. Kenapa? Karena impianku. Karena sepanjang hari aku harus menggambar kartun.

Jin Rak tampak menyesal, kenapa kau tidak mengatakannya padaku selama ini? Jin Rak sudah memarahi dan menuduh Dong Hoon karena mengira Dong Hoon main2 terus setiap malam. Jin Rak merasa bersalah dan ingin memesan soju lagi.
Tapi Dong Hoon mencegahnya, karena mulai besok Jin Rak harus menggambar semuanya sendiri. Jin Rak tanya berapa hutang Dong Hoon.

Dong Hoon berkata ia menabrak mobil impor saat jadi sopir panggilan dan mereka berkata ongkos perbaikan mobilnya sebesar 5.8 juta Won. Mereka ingin aku membayar semuanya.
Kalau aku punya uang, aku tidak akan seperti itu. Untuk anak yang jadi sopir panggilan seperti diriku, aku akan berkata "Kau sudah bekerja keras" dan memberinya banyak uang tip. Kalau mereka pulang aku akan berkata "hati-hati di jalan." Mulai sekarang aku akan mencari banyak uang, tapi aku tidak akan hidup seperti itu.

Jin Rak : Sejujurnya, tanpa dirimu aku tidak akan bisa menggambar webtoon ini sampai akhir. Tapi aku akan menyelesaikannya karena ini adalah tujuan hidupku, aku akhirnya mengambil langkah awal dari tujuanku dalam hidup dan apa kau akan menghancurkannya seperti ini?
Dong Hoon kelihatan serba salah. Lalu ada telp dari pelanggannya dan ia harus pergi. Dong Hoon janji akan memikirkannya. Ia pergi.

Enrique menyeret kursi ke dekat Dok Mi. Mulai sekarang, ayo kita kencan! Enrique menunjukkan definisi cinta dari ponselnya, "Cinta itu seperti persahabatan yang sangat dekat". Aku suka perkataan ini.
Dok Mi berpikir dalam hati : Cinta? Aku tadi berkata aku menyukainya...

Enrique sudah sembuh telepatinya : Menyukai dan mencintai seseorang itu sama.
Dok Mi kelihatan takjub : Dia benar-benar bisa mendengarku lagi.

Enrique : Ini seperti mengatakan kau cantik dan kau manis, keduanya mirip. Kadang aku merasa kau cantik dan kadang aku merasa kau juga manis. Jadi menyukai dan mencintai itu adalah hal yang sama.
Artinya kita bisa mulai kencan. Mulai sekarang, kita berdua..Ajumma dan aku, Go Dok Mi ssi dan aku, Dok Mi dan Kkae Geum akan kencan.

Enrique terus ngoceh, kencan itu benar-benar sibuk. Ada banyak hal yang harus kita lakukan. Aku sudah mengatakannya padamu kan? Kau bisa keluar dari pintu itu sekarang.
Pertama, kita mulai dengan koper ini, bukankah pindah rumah itu sedikit berlebihan?

Dok Mi ; Akan ada yang datang melihat apartemen besok. Apartemen ini tidak minta uang jaminan jadi aku akan segera pergi.

Enrique : Apa kau tidak lelah bersembunyi?

Dok Mi merasa ia tidak bersembunyi, setiap bulan aku menabung dan setelah aku mengambil tabunganku, itu seperti tupai yang memakan kenari yang disimpannya untuk musim dingin, memakannya sedikit demi sedikit, aku akan mengejar impianku. 
Maksudnya seperti Scrat? hehe
Enrique cemberut, baiklah, aku suka tentang tupai dan kenari itu. Tapi kenapa kau harus pindah? Kau bisa makan kenari itu disini. Berada di lingkungan asing itu tidak mudah, kalau kau ingin menggunakan tabunganmu, bukankah seharusnya kau menggunakannya di tempat yang membuatmu nyaman?

Dok Mi menghindar dan duduk di mejanya. Enrique mengikutinya, apa ini karena Do Hwi dan Jin Rak? Apa kau selalu bersembunyi kalau keadaan menjadi berat? Apa di dalam buku cerita anak-anak yang ingin kau tulis, kau akan menulis "Anak-anak, jika kau menghadapi masalah dan merasa menyesal, jangan memikirkan orang lain dan pergilah ke tempat sepi, menangis, dan melarikan diri." Apa itu yang akan kau lakukan?

Enrique : Tokoh utama dalam buku anak-anak yang kusukai adalah dia yang pergi bertualang keliling dunia dan menemukan kebahagiaan. Kuharap kau akan menulis cerita yang seperti itu. Dan aku ingin kau menjadi tokoh utamanya. Berjanjilah padaku kau tidak akan pindah. Telp saja paman itu dan katakan jangan datang melihat rumah.

Dok Mi menyuruh Enrique pulang karena sudah malam. Enrique tidak mau karena malam ini ada pertandingan bola. Barcelona main hari ini. Enrique berbisik, benar2 sangat larut, jam 3 pagi. Kau tahu..TV kakak-ku benar2 parah. sudah sangat tua. Enrique ketawa sendiri.
Dok Mi : Aku melihatnya beli TV flat baru untuk dipasang di dinding.

Enrique : Heul! Jadi itu artinya kau mengintip terus selama ini?
Enrique pura-pura syok dan memeluk dadanya sendiri, oh my..aku sudah dikuntit selama ini. Aku takut sekali.
Enrique berubah serius, editor Go Dok Mi, saya mencoba menulis seminar baru. Saya membutuhkan bantuan anda.

Dok Mi hanya menyipitkan mata, ia sama sekali tidak terpengaruh.
Enrique mengubah strateginya, ia mewek-mewek..maksudku apa kau bisa meninggalkan orang yang terluka begitu saja? Bagaimana jika terjadi sesuatu padaku saat aku sendirian di rumah? (haiyah..haha)

Bagaimana kau bisa begitu tidak berperasaan? huaaaa....!!! Enrique pura-pura menangis.

Dok Mi hanya menghela nafas. Sepertinya hari-hari Dok Mi tidak akan bisa tenang kalau ia menikah dengan Enrique nanti hahaha..
Jin Rak jalan pulang. Ia ingin menekan bel apartemen Dok Mi, tapi tidak jadi.

Enrique mengirim undangan lewat twitter-nya. Ia ingin mengadakan seminar gratis untuk mereka yang kecanduan game.
Undangan ini langsung mendapat tanggapan, banyak yang bersedia hadir.

Enrique menambahkan, mereka harus datang bersama orang tua mereka. Dok Mi tersenyum, karena Enrique melakukan sesuai usulnya. Enrique juga tersenyum.

Sekali lagi ketenangan mereka terganggu. Do Hwi mabuk dan menggedor pintu apartemen Jin Rak. Ia ingin bertemu Jin Rak, Do Hwi merasa siap untuk berkata jujur sekarang.

Enrique keluar dari apartemen Dok Mi. Do Hwi jalan, Dok Mi di dalam kan? apa kau bisa minta Dok Mi keluar? Do Hwi teriak2 memanggil Dok Mi.

Watanabe dan Im Jung keluar. Im Jung mengeluh, ia menyuruh siapa saja membawa Do Hwi masuk karena ia merasa terganggu. Jin Rak keluar. Do Hwi berbalik, ia siap berkata jujur sekarang, tapi ia harus bicara dengan satu orang dulu.
Do Hwi ingin bertemu Dok Mi. Ia teriak2 lagi. Jin Rak melihat ke arah Enrique dan menggeleng. Melarang Enrique memanggil Dok Mi.

Enrique punya pendapat lain, ia justru masuk dan berkata pada Dok Mi, kalau Do Hwi ingin bertemu dengannya. Pergi dan temui dia, temanmu berkata akan jujur kali ini.
Dok Mi menghindar dan berkata tidak ada yang harus ia bicarakan dengan Do Hwi lagi.

Tapi Enrique berkata : Hanya karena kau menghindarinya, bukan berarti masalahnya akan selesai. Aku akan berada di dekatmu, percayalah padaku.

Dok Mi memutuskan untuk percaya dan menemui Do Hwi. Keduanya bertemu di apartemen Jin Rak.
Jin Rak dan Enrique menunggu di bagian dalam. Jin Rak kelihatan cemas. Enrique diam saja.

Do Hwi bicara, ia tidak mengerti apa yang begitu sulit bagi Dok Mi. Apa yang begitu sulit sampai Dok Mi harus hidup seperti ini? Kenapa kau pingsan? Apa kesalahanku sampai kau pingsan?
Dok Mi diam saja.

Do Hwi : Itu semua sudah berlalu. Apa kau tidak bisa bertemu dan tertawa dengan teman yang sudah lama tidak kau temui? apa kesalahanku? Gosip yang kusebarkan? Semua orang berbohong dan mereka melebih-lebihkan cerita orang lain.
Saat anak-anak yang tidak tertarik padaku mendekatiku dan tanya soal kau dan guru sastra, aku menyukainya. Kenapa? Akulah yang menyukainya tapi kau sudah menipuku. Kau yang membuat rahasia lebih dulu. Aku tidak ingin kehilangan teman-teman baru yang mulai dekat denganku, jadi aku bohong. Tapi aku tidak membuat semua rumor yang konyol itu.

Kau seharusnya bisa mengatakan yang sebenarnya! "Ini bohong!", "Itu cuma rumor. Ini tidak adil!" Kau seharusnya bisa mengatakan itu!
Dok Mi diam dan hanya menggenggam tangannya erat2.

Do Hwi : Tapi kau hanya berdiri saja dan menerima semuanya.
 
Jin Rak panik, ini tidak bisa dibiarkan. Kita harus menghentikannya, aku tidak tahan melihatnya.
Enrique menahannya, tunggu. Dia akan mengatakan sesuatu. Ini juga berat untukku, tapi ia harus bicara.
Do Hwi meninggikan suaranya : Alasanku mengundang guru adalah untuk menunjukkan bahwa kita sudah berubah, untuk melupakan masa lalu dan tertawa. Bukan hanya kau yang menderita , tapi semuanya juga sudah menderita!
Dok Mi belum bisa bicara dan hanya mengepalkan tangannya. Jin Rak hampir pingsan melihatnya. Enrique menutup mata dan menggeleng.

Dok Mi akhirnya berdiri : Jadi itu sulit bagimu? Apa aku harus menghiburmu? Apa aku harus minta maaf kepadamu? Pindah sekolah? Bagaimana aku bisa mengatakan pada nenekku yang hanya bertahan demi melihatku lulus sekolah, kalau aku ingin pindah sekolah?
Setiap hari, rumor dan semua kebohongan itu berkembang, semua orang melihatku seolah aku ini sampah, itu seperti racun bagiku. Dan aku memakan racun itu setiap hari! Apa kau tahu itu?!

Dok Mi teriak dan menangis. Do Hwi kelihatan terkejut. Dok Mi melanjutkan, aku bagaikan orang mati saat itu! Aku tidak mengabaikanmu. Gadis dari SMA itu tidak ada disini. Dia sudah mati dan menghilang!
Jin Rak tampak takjub dan Enrique tersenyum tipis.

Do Hwi membela diri, ia menangis : Kau adalah orang yang kuat. Kau cukup kuat untuk tidak memusingkan ejekan teman-teman lain yang mengatakan kalau kita adalah penyendiri. Tapi itu berat untukku, aku membutuhkan teman-teman yang lain.

Dok Mi menangis : Apa aku saja tidak cukup? Meskipun hanya ada kita berdua, aku tidak apa-apa hanya bersamamu. Lebih baik daripada memiliki 10 atau 100 orang teman lainnya. Aku bahagia hanya berteman denganmu.

Enrique tersenyum. Ia bangga Dok Mi berani bicara dan mengatakan isi hatinya pada Do Hwi.

Dok Mi kembali ke apartemennya. Ia duduk dan kelihatan terkejut dengan dirinya sendiri. Enrique muncul dengan mug penuh pinsil. Apa kau tahu kapan saat terbaik meraut pinsil? Saat hatimu terasa sesak dan itu adalah saat ini.
Enrique mengambil sebatang pinsil, anggap ini adalah hatimu yang kacau dan potonglah. Seperti keajaiban, kau akan merasa tenang. Cobalah.

Dok Mi mengambil mug penuh pinsil itu dan mulai meraut. Dok Mi meraut pinsil dengan cutter. (Out of topic : Kebiasaan anak2 Korsel yang meraut pinsil dengan cutter ini membuat guru2 native/dari Eropa atau Usa ngeri, mereka bilang itu kebiasaan yang aneh. Kenapa ada cutter dalam kotak pinsil mereka. Haha)
Dok Mi mengingat persahabatannya dengan Do Hwi di SMA.

Enrique melihatnya dari belakang dan tersenyum.

Enrique menunggu sampai Dok Mi selesai meraut semua pinsilnya, lalu ia pulang.
Enrique minta Dok Mi tidur dan besok pagi, kalau kau membuka tirai jendelamu di pagi hari, kau akan melihatku. Kita akan saling menyapa di pagi hari.

Dok Mi tersenyum dan berterima kasih karena Enrique tetap disampingnya.
Enrique memperlihatkan tangannya yang diperban : Dasar bodoh, kau yang ada di sampingku hari ini. Masuklah.

Dok Mi tiba-tiba berkata ingin pergi melihat dunia luar.

Enrique benar2 gembira, oke. Ia langsung memeluk Dok Mi.

Enrique ketawa, mulai sekarang, akan ada banyak hal yang bisa dilakukan.
Dok Mi tersenyum di pelukan Enrique. Enrique melepas pelukannya, keduanya tersenyum. Aku pulang dulu.

Dok Mi mengangguk. Enrique jalan. Dok Mi tetap diluar untuk melihatnya. Enrique berbalik dan tersenyum, lalu melambai pada Dok Mi.
Dok Mi melambai. Enrique memberi tanda untuk masuk. Dok Mi akan menutup pintu, tapi menahannya lagi dan melihat ke arah Enrique lagi. Dok Mi tersenyum sendiri.

Paginya, Enrique bertemu Jin Rak. Enrique menyalahkan Jin Rak sebagai penyebab Go Dok Mi pindah. Karena Jin Rak terus saja tanya apa dia baik2 saja, apa dia makan dengan teratur dan selalu merasa ingin tahu dan cemas pada Dok Mi. Itu sebabnya ia pindah, karena merasa kasihan.

Jin Rak tidak mau disalahkan, kau yang datang entah darimana dan menggedor pintunya lalu masuk ke dalam rumahnya. Apa kau tahu tempat dimana Pak Hong menggantung topinya? Itulah kau, sebuah jejak.

Jin Rak tanya kenapa Enrique memanggilnya, bukankah Enrique tidak percaya padanya.
Enrique memang tidak percaya, tapi ajumma percaya. Kudengar kau membawanya ke Rs kemarin.

Jin Rak berkata Enrique seharusnya kembali saja ke Spanyol. Kalau kau kembali, ini semua tidak akan terjadi.

Enrique mengucapkan terima kasih pada Jin Rak, bagaimanapun rasanya tidak enak ada di RS sendirian.
Jin Rak : Itu tidak akan pernah terjadi lagi, membawa Dok Mi kepadamu. Itu adalah terakhir kalinya.

Enrique : untuk terakhir kalinya aku akan mempercayaimu sekali lagi. Jika ada sesuatu tentang dirimu yang tidak ingin kau bicarakan, aku akan menunggu, seperti aku menunggu ajumma.
Jin Rak : Kau ini bicara apa, aku sudah menunggu Go Dok Mi ssi jauh lebih lama daripada dirimu.
Enrique : Ajumma berkata ingin pergi ke dunia luar, dia minta pertolongan.

Jin Rak ingat bagaimana Dok Mi gemetaran saat mendengar Enrique kecelakaan, Jin Rak menghela nafas, kalau begitu bantulah dia. Aku akan berada di sisinya saja.
Enrique : Kalau dia pindah kau tidak bisa ada disisinya. Hyung!
Jin Rak berpikir, lalu berkata, Nyonya pemilik apartemen.

Im Jung terkejut saat membuka pintu apartemennya. Karena melihat empat pemuda keren tersenyum manis kepadanya.

Im Jung langsung merapikan rambut dan tersenyum : Ya, ada apa?

Mereka mengundang Im Jung ke apartemen Watanabe. Watanabe menyajikan cheese cake dan kue2 lain, ia membuat cake ini semalam karena tidak bisa tidur.
Pak Hong ikut bergabung, wah acara minum teh yang menyenangkan. Ia langsung duduk di dekat Im Jung. Hong heran kenapa Enrique sering muncul di apartemen ini.

Jin Rak memberi kode pada Enrique. Enrique mengerti dan langsung memanggil Im Jung dengan panggilan ajumma. Im Jung syok dan menjatuhkan kuenya.
Jin Rak teriak pada Enrique, madame! Jin Rak minta maaf pada Im Jung, kalau Enrique memanggil semua wanita cantik dengan panggilan Ajumma, dia selalu memanggil penghuni apartemen 402 Go Dok Mi-ssi dengan ajumma..ajumma dan mengejarnya.

Jin Rak : Kita sudah membayar biaya kontrak, apa tidak apa-apa langsung pindah begitu saja tanpa peringatan? Bukankah ada kontrak?
Enrique mengangguk-angguk setuju.
Im Jung mengerti ini soal kepindahan apartemen 402 kan? Aku juga sedih.

Dong Hoon terkejut dan bicara sendiri, apa dia akan mengungkapkan jati dirinya? (Kalau Im Jung adalah pemilik apartemen)

Im Jung : Apa yang harus kita lakukan untuk Jin Rak-ssi kita, ini benar-benar menyedihkan.
Jin Rak dan Enrique membuat wajah yang sedih.

Enrique berkata, kalau hatimu sakit karena hati Jin Rak hyung kita sakit maka cegah dia jangan sampai pindah. Gunakan kekuasaan anda untuk membuat depositnya menjadi jutaan Won. Maka tidak akan ada yang akan datang menyewa.

Pak Hong panik dan berusaha mencegah Enrique bicara. Tapi bagaimana bisa menghentikan Enrique, anak ini bicara terus.

Im Jung : Aku? bagaimana?
Enrique hampir saja berkata ia sudah mendengar dari Jin Rak hyung kalau Im Jung adalah pemilik gedung ini. Tapi Pak Hong mencegah Enrique mengatakannya dan menyebut Enrique sembrono. (jangan2 Pak Hong pemilik sebenarnya? haha)

Pak Hong berusaha mengalihkan perhatian Im Jung dan berkata kalau ia mencintai Im Jung. Ia sudah lama mencintai Im Jung. Bahkan Pak Hong memegang tangan Im Jung. Membuat Im Jung malu. Im Jung langsung melarikan diri. 
Jin Rak tidak mengerti, kenapa Pak Hong harus mengatakan hal aneh seperti itu di saat seperti ini.
Pak Hong tampak panik, kalau Madame tahu bahwa ia adalah pemilik gedung, kita semua akan diusir keluar. Dia tidak ingin identitasnya diketahui.

Enrique mengeluh, kenapa ada bagitu banyak orang seperti itu dan ia mendelik ke arah Jin Rak. (Kenapa tidak bilang kalau Im Jung tidak ingin diketahui identitasnya.)
Enrique bingung, bagaimana ini karena nanti akan ada orang yang melihat rumah. Begini saja, kalau yang datang pria, katakan saja gedung ini sudah tua dan mulai rusak. Kalau yang datang seorang wanita, kita bisa mengatakan ada  pria gila tinggal di apartemen sebelah.
Jin Rak : aku?
Enrique nyengir dan menunjuk Dong Hoon. Jin Rak mengerti, ah.. Dong Hoon. Dong Hoon protes dijadikan korban.

Pak Hong minta semua jangan khawatir. Ia yakin Im Jung tidak akan mengijinkan ada orang lain yang pindah kesini. Pak Hong langsung keluar untuk bicara dengan Im Jung.
Dong Hoon : Ajussi itu pasti akan dipecat.

Pak Hong terus mencoba mengetuk apartemen Im Jung tapi Im Jung tidak bersedia membukakan pintu. Pak Hong sedih sekali.

Enrique, Jin Rak dan Dong Hoon jalan keluar. Enrique menawarkan kerja sampingan untuk Dong Hoon. Aku akan mengadakan seminar gratis, apa kau bisa merekamnya?
Dong Hoon tahu, itu soal seminar gratis untuk pecandu game kan? Apa itu karena kau diteror?

Jin Rak heran, kenapa Dong Hoon bisa tahu soal itu, apa kau menguntit Enrique juga? Kenapa kau tahu banyak? Apa kau mengikutinya (di sosial media)?

Dong Hoon berkata seminar ini dibicarakan di forum dan tidak akan ada yang datang. Coba pikir, siapa yang akan mengaku kalau dirinya adalah pecandu game? Dan juga kau minta mereka datang bersama orang tua mereka, itu artinya sama saja melarang mereka datang, mereka tidak suka apapun yang berhubungan dengan orang tua mereka.

Enrique cuek, meskipun tidak ada yang datang, aku akan seminar sendiri. Aku juga akan menyebarkannya lewat video jadi tidak perlu mencemaskan itu. Aku taruhan mereka akan datang. Kenapa? Karena dari perspektif fans, ini adalah kesempatan melihat wajah manis si jenius dan kreatif Direktur Enrique. Harapan mereka menjadi kenyataan, ya kan?

Jin Rak tidak percaya : Apa dia memang selalu seperti ini? Cepat kau segera un-follow tweeternya.

Dong Hoon berkata, tarifnya mahal. Enrique menunggu Dong Hoon menyebutkan harga.
Dong Hoon mulai dari 50 ribu Won, 100 ribu? 350 ribu Won!

Enrique setuju. Dong Hoon terkejut. Enrique senang, aku bisa mendapatkannya dengan harga murah. Dong Hoon menyesal bukan main. (Seharusnya dia minta saja 500 ribu atau 1 juta Won ke Enrique haha)
Enrique mengundang Jin Rak. Tapi Jin Rak sama sekali tidak tertarik. Jangan berpikir kau dan aku akan melakukan sesuatu bersama-sama.
Enrique : Baiklah.
Enrique ke Dong Hoon : Aku akan pergi bersama ajumma, jadi kita bertemu disana.

Dong Hoon setuju. Jin Rak langsung tertarik, Dok Mi-ssi akan pergi? Apa ia bisa pergi kesana, di ruang seminar akan ada banyak orang. Dia tidak akan pergi.

Enrique tertawa dan menggoyangkan jarinya.
Enrique menemui Dok Mi. Ia senyum lebar dan mengajak Dok Mi keluar. Dok Mi tidak bisa karena akan ada orang yang melihat apartemennya.
Enrique berkata Pak Hong bisa mengurusnya. Ayo kita pergi.

Dok Mi : Kita mau kemana?
Enrique : Ke seminar yang kuadakan untuk pecandu games.
Dok Mi tampak takut, disana pasti akan ada banyak orang.

Enrique jadi serius. Ia membuka pintu dengan lebar dan bicara cepat sekali, Ada orang banyak atau tidak, apa itu menjadi masalah? Katanya kau ingin pergi ke dunia luar, apa kau hanya akan memilih pergi ke tempat dimana tidak ada banyak orang? Dan juga ..kau yang mengusulkan ini, apa yang akan kau lakukan kalau aku terperangkap diantara para ibu? kau harus ada disisiku dan menolongku.
Enrique tersenyum manis, ayolah..ayolah..

Dok Mi tersenyum, ia sepertinya terbujuk untuk pergi.

Jin Rak dan Dong Hoon menunggu diluar apartemen. Dong Hoon tanya apa Jin Rak ingin ikutan kerja dan membagi pendapatan part time ini berdua. Jin Rak menolaknya, apa aku terlihat seperti akan melakukan kerja part time?
Enrique dan Dok Mi keluar. Jin Rak terkejut dan setengah kecewa melihatnya. Jin Rak membungkuk memberi salam pada Dok Mi. Dok Mi membalasnya.

Enrique nyengir, benar kan? dia akan keluar. Dong Hoon minta semuanya bergegas karena udaranya dingin sekali. Gedung itu jauh kan? Mereka bergegas jalan.

Enrique dan rombongan masuk ke ruang seminar di perusahaan game. Ternyata banyak juga yang hadir, mereka benar2 datang bersama orang tua mereka. Enrique tampak tegang, tapi ia langsung ketawa dan memberi salam dengan ceria.
Dong Hoon merekam semuanya. Jin Rak dan Dok Mi duduk di bagian belakang.

Enrique mulai seminarnya. Ia menggambar garis di layar sentuh yang besar. Ia menulis Kecanduan.
Enrique berkata, Antara kecanduan dan tidak hanya dipisahkan oleh garis yang tipis seperti ini. Ada penulis yang menulis tentang kecanduan. Dia penulis buku The Little Prince, Saint Exupery.

Little Prince bertanya pada seorang pecandu alkohol, paman kenapa kau minum alkohol? Paman alkoholik itu menjawab, ini untuk melupakan rasa maluku. Rasa malu adalah kata kuncinya.
Apakah kau main game hanya 5 atau 10 menit, game itu tidak akan meninggalkan pikiranmu. Saat kau menyembunyikan kebenaran, kau main game. Itu awal kau kecanduan. Kau main game tapi bohong kalau kau tidak main game, apa kau merasa malu? Apa kau ingin menyembunyikannya? Jujurlah pada dirimu sendiri, kalau kau jujur maka kecanduan itu akan menghilang.
Menyembunyikan berapa banyak game yang kau mainkan. Kau main game sembunyi2, saat semua orang sudah tidur dan kau mulai menyalakan komputer untuk main game. Saat itu kau tidak menyukai dirimu sendiri, saat itulah orang tua akan datang dengan marah dan menghancurkan komputer dan teriak.  Lalu apa yang terjadi? Kau akan bersembunyi.

Para orang tua, anda harus tahu seperti apa anak anda yang kecanduan game, apa anda pernah main game dengan mereka? Itu tidak memalukan, itu tidak seharusnya disembunyikan. Apa anda mengatakannya dengan hangat?

Dok Mi tersenyum bangga pada Enrique. Jin Rak melihatnya.
Bae Bok juga ada disana dan tersenyum pada Enrique.

Enrique mengajak semuanya main bola. Dong Hoon sempat menjatuhkan Enrique dan membuat fans Enrique mendelik ke arah Dong Hoon. Enrique pura2 kesakitan, membuat Dong Hoon lengah dan tim Enrique mencetak angka. Semua bersenang-senang.

Jin Rak dan Dok Mi melihat permainan bola itu. Jin Rak senang melihat Dok Mi keluar seperti ini. Kurasa Enrique mengajakku kesini karena punya tujuan. Ia ingin aku melihat kau bisa keluar seperti ini.

 
Jin Rak menghela nafas dan berkata akan ikut main bola juga. Jin Rak membuka jaketnya dan minta Dok Mi menjaganya. Dok Mi mengulurkan tangan, tapi Jin Rak justru memakaikan jaketnya untuk Dok Mi. Jin Rak pergi.
Bae Bok melihat mereka. Dok Mi melihat Enrique. Enrique melirik ke arah Dok Mi dan tersenyum. Bae Bok juga menyadari itu.

Bae Bok mendekati Dok Mi : Ini rahasia tapi Enrique oppa bukan manusia. Dia adalah peri.

Dok Mi melihat ke arah Enrique. Enrique memang sangat cemerlang di tengah semua orang itu.

Bae Bok : Diantara karakter yang dibuat oppa, ada karakter peri. itu adalah dirinya sendiri. Kau juga melihatnya kan tadi? Orang-orang itu yang awalnya muram, coba lihat bagaimana orang-orang yang berbicara dengannya berubah.

Sangat sulit hidup sebagai peri karena ia harus memikirkan manusia lebih dari dirinya sendiri. Orang-orang tidak percaya pada peri, jadi ia selalu kesepian. Tapi ia harus tetap bersinar. Itulah mengapa orang-orang disekitarnya bersinar.

Dia tidak memiliki bayangan atau kegelapan. Kenapa? Karena jika bayangan atau kegelapan ada di dekatnya maka peri itu akan menghilang.
Dok Mi tertegun. Enrique datang dan mengajak Dok Mi main. Bae Bok menarik Dok Mi main bola.

Dok Mi menunggu bis bersama Jin Rak, Enrique dan Dong Hoon. Jin Rak melirik ke arah Dok Mi.
Dok Mi melihat ke arah Enrique. Enrique tersenyum pada Dok Mi. Jin Rak mulai sadar, hati Go Dok Mi ssi penuh dengan Enrique.

Jin Rak memutuskan pulang sendiri bersama Dong Hoon. Dong Hoon kagum, kau benar2 keren hyung. Jin Rak tampak sedih, Dok Mi akhirnya keluar dan Jin Rak tidak ingin mempersulit Dok Mi.
Dong Hoon jadi ikut sedih dan tanya apa apartemen 402 sudah melihat webtoon kita? Jika ia melihatnya, ia pasti akan jatuh cinta padamu.

Sekarang saatnya kencan! dan waktu untuk para sponsor wkk..
Enrique mengajak Dok Mi beli sepatu keds (spris spris), ia membawa setumpuk kotak sepatu dan minta Dok Mi memilih yang disukainya.

Sepatu kedsnya memang lucu-lucu. Enrique berlutut dan membantu Dok Mi memakai sepatu. Enrique kelihatan senang, sepatu2 itu cocok untuk Dok Mi. Kita akan memakainya sampai sol-nya rusak, ok? setuju?
Dok Mi mengangguk.

Bae Bok melihat mereka, ia memotret mereka.

Enrique melihat penjual coklat. Ia berkata sudah membelikan sepatu untuk Dok Mi dan minta Dok Mi membelikan coklat untuknya. Enrique tidak jadi mengambil kemasan kecil, ia minta dibelikan yang kemasan besar dengan tulisan Love lagi.

Keduanya jalan dan berpapasan dengan beberapa orang. Enrique segera melindungi Dok Mi agar tidak terbentur mereka.
Enrique jalan di sebelah kiri Dok Mi, agar Dok Mi tidak terbentur lagi. Tapi ia tidak menggandeng atau terlalu melindungi dan membiarkan Dok Mi mulai mendapatkan keberaniannya lagi.

Enrique juga mengajak Dok Mi ke bioskop 4D. Enrique bicara dengan Direktur 4D, ia sekarang bersedia jadi direktur kreatif. Pria itu senang sekali dan heran, katanya Enrique akan kembali ke Spanyol.
Enrique berbisik, ada orang yang cemas kalau aku pergi.
Enrique minta popcorn dan menarik Dok Mi untuk nonton film.

Bae Bok mengikuti keduanya sampai bioskop dan kelihatan marah. Ini anak stalker wahid kan?
Enrique dan Dok Mi melihat film action. Ini pengalaman pertama untuk Dok Mi. Dok Mi ketakutan karena film dan merunduk ke arah Enrique. Enrique tersenyum. Dok Mi sadar dan cepat2 duduk tegak lagi.
Jin Rak menemui Do Hwi. Jin Rak berkata, sejujurnya ia tidak mengerti Do Hwi dan tidak ingin mengerti. Tapi sejujurnya, saat itu pasti sangat sulit dan pasti tidak mudah bicara tentang itu.

Do Hwi : Tidak. Aku melihat webtoonmu FBND. Rasanya sedikit sulit karena perasaanmu pada Dok Mi diungkapkan begitu hangat disana.

Jin : Terima kasih untuk perasaanmu kepadaku, tapi akan lebih baik kalau kau berhenti sekarang.
Do Hwi kelihatan sedih. Jin Rak pergi. Jin Rak juga kelihatan murung. Tidak lama, Enrique dan Dok Mi jalan pulang, keduanya jelas kelihatan bahagia.

Dok Mi menulis lagi : Bunga matahari yang tersenyum pada matahari setiap hari akhirnya berubah menjadi matahari kecil. Cangkang kerang yang bermain sepanjang hari dengan lautan memiliki pola lekukan karena gelombang di atasnya, sedikit demi sedikit. Mereka yang saling menyayangi satu sama lain menjadi saling menyukai satu sama lain. Wanita itu akhirnya mulai mengerti sedikit.

Dok Mi membuka tirai jendela dan melihat Enrique. Enrique melambai dan menulis di tabletnya, selamat malam, mimpikan aku. Dok Mi tersenyum.

Berikutnya, Enrique menulis : Belikan aku ayam.
Dok Mi geli. Keduanya saling melambai dan memandang.
Dong Hoon ada di klub seperti biasa. Tiba-tiba editornya datang, ia berdandan dengan mencolok. Dong Hoon terkejut. Editor itu mimpi buruk.
Dong Hoon : Kau bisa telp aku saja dan bukannya langsung datang kesini.

Editor itu merasa tidak sopan kalau hanya bicara di telp. Coba kau pikir, kalau aku meneleponmu sebentar, kau akan kehilangan pelanggan. Aku tidak bisa telp. Aku mimpi buruk dan aku ingin tahu apa kau sedang kerja. Aku terus memikirkan 5.8 juta Won itu jadi aku datang langsung. Editor itu mengajak Dong Hoon makan sup.
Beberapa gadis jalan dan merendahkan penampilan Editor itu. Dong Hoon membelanya, memangnya ada apa, apa kalian tahu kalau lingkaran hitam itu adalah nilai menariknya?
Editor wanita itu semakin tersentuh dengan sikap Dong Hoon.

Paginya, Dok Mi jalan keluar mengambil susu. Ada pesan lagi, tapi tanpa ilustrasi. Pesan itu minta Dok Mi melihat Webtoon FBND.
Dok Mi melihat webtoon itu dan sadar semua yang ada dalam webtoon adalah tentang dirinya, Jin Rak, Enrique dan semua penghuni apartemen ini.

Semuanya, mulai cara Dok Mi mengambil susu, pertemuan mereka di lift, Dok Mi yang hobi menyortir barang bekas, tanda topi Pak Hong di kantor keamanan, demo, saat Enrique menangkapnya saat ia pingsan.
Lalu ada gambar Jin Rak menyentuh pintu apartemen Dok Mi.

Suara Jin Rak : Saat aku mengulurkan tanganku, aku bisa merasakannya dibelakang pintu yang tertutup rapat, apa kau bahagia di dalam sana? Satu hari, bukankah akan ada jejak dari tanganku disini diatas pintu tertutup ini?
Dok Mi tertegun saat membacanya.

Dok Mi menghela nafas dan memandang ke arah pintu.

Beberapa saat kemudian, Enrique jalan ke arah pintu apartemen Dok Mi. Ia ngomel sendiri kenapa Dok Mi tidak membuka jendela, kenapa aku melakukan itu coba....
Tiba-tiba Enrique berhenti dan kelihatan ketakutan. Ia panik dan menekan bel apartemen Dok Mi seperti orang gila. Ajumma..! Ajumma! Apa kau didalam?

Tidak ada orang di dalam apartemen. Mungkin Dok Mi sedang keluar atau di kamar mandi.

Dong Hoon keluar, ada apa ribut2? Lalu ia juga melihat pintu Dok Mi dan terkejut.  Jin Rak keluar. Ia dan Enrique melihat ke arah pintu dengan syok.

Ada tulisan dengan pilok warna merah : Mati kau.

FBND [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7], [8], [9], [10], [11]

Preview 13Jin Rak menuduh Do Hwi sebagai pelakunya. Do Hwi menyangkal, ia tidak serendah itu.
Dong Hoon meninggalkan pesan di karton susu 402 agar melihat webtoon FBND. Jin Rak terkejut, apa katamu?

Dok Mi bicara sendiri : Jangan pikirkan itu Go Dok Mi.
Bae Bok : oppa harus pulang ke Spanyol. Dia harus menyelesaikan animasi yang sudah ia siapkan sejak lama.

Dok Mi : Aku tidak mencintai diriku dan orang lain.
Enrique duduk di meja Dok Mi, terlihat putus asa dan sedih, ia juga tampak bingung : Ajumma, berhenti melarikan diri sekarang.

Note
Sepertinya pelakunya Bae Bok. Caranya bercerita tentang peri yang tidak boleh berdekatan dengan bayangan atau kegelapan benar2 mengerikan. Fans yang sakit jiwa benar-benar memusingkan.
Tinggal 4 ep lagi. Sepertinya semakin seru.

Ada iklan drama Nine - TVN
Seorang pria menyesal karena melepaskan tangan kekasihnya saat itu. Andaikan saja aku tidak melepaskan tangannya saat itu, andaikan ada cara untuk kembali ke saat itu. Aku pasti akan kembali ke saat itu....
Sembilan cara kembali kepadanya. Ini drama tentang time-travel. 9 kali kesempatan time-travel. (Ngga akan bikin yang time-travel lagi, pusing..apalagi 9 kali bolak balik.. wkk)

17 comments:

  1. makin penasaran....
    Bae Bok cantik tp kok gila gitu yah???

    ReplyDelete
  2. haaaa,, akhirnya sinopsis eps 12 keluar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Irna, ya...akhirnya ya..lagi nulis, kepotong ngantar anak latihan dance wkkk..

      Delete
  3. yaah, apa dok mi bakal sembunyi lagi?:( dituggu kelanjutanyaaa:DDD kalo sempet silakan mampir ke blogku shafyasungkar.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Makin seru ni FBND,, ga sabar nontn ep 13,, n ditunggu sinop level 7 civil servant ep 7&8, gumawo... semangat mb Tirza

    ReplyDelete
  5. mbak tirza...salam kenal....bae bok itu siapa sih sebenarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @eonnieida, salam kenal juga. Bae Bok itu fans Enrique, tapi suka nguntit kemana-mana. mengerikan haha

      Delete
  6. annyeong.. lam kenal ya mba...itu siapa yang nulis di pintu yah... dan kayaknya jin rak itu kaya deh,.

    ReplyDelete
  7. makasih mb. tirza sinopsisnya. senin selasa kemarin sebenarnya nonton via streaming .. tapi ga da subtitle trus koneksi lemot :) . thank you so much .. love this drama

    ReplyDelete
  8. tengkyu mbak tirza...
    ya...sptny Bae Bok pelaku pencoretan itu...
    mmmhh...gitu ya cara melepaskan sesak di hati dgn meraut pensil...
    tapi kalo aq lebih suka cara yg dilakukan Jeremy (U 're Beautiful)...makan makanan pedasss..dass..dass yg hangat...jd kalo nangis gak terlalu kentara...dikirany kepedasan ...padahal...

    ReplyDelete
  9. bae bok bnr2 penguntit sejati. dandan ala soe young jg di ikutin,jgn2 nanti bae bok niru2 dandan ala Go Dok Mi. hahaha

    ReplyDelete
  10. wha! afdol rasanya klo baca sinop jugaaakkk :D
    mengerikan si Baebok itu. *baru tau namanya si sesaeng fans itu*

    ReplyDelete
  11. Jin Rak dan Enrique itu jangan2 sodaraan yah, soalnya koq bisa sehati bikin soal (apa tuh aku lupa namanya) game soccer yah?. Mungkinkah nanti Enrique melepaskan Dok Mi untuk Jin Rak. Yang pas jadi Flower Boy Next Door nya kan si Jin Rak. Secara, 3 tahun menunggu gito loh.

    ReplyDelete
  12. mbak Tirza,.. drama Nine nya - TV-N kog ceritanya hampir mirip dengan Operation propaosal nya Yoo Seung Ho ya?

    ReplyDelete
  13. aaah......gak sabar deh sama episode 13nya, pengen cepet2 keluar. ditunggu ya...!!!
    Kamsahamnida.

    ReplyDelete
  14. Haha..setuju mbak tirza..aku jd males liat time travel
    aku suka banget Enrique di sini.. kasian Jin Rak..tapi lbh cocok Enrique ama Dok Mi ^^

    ReplyDelete
  15. Kkae Geum kembali..senangnya. . .
    sempet sedih banget lihat Enrique diepisode 11

    ReplyDelete