Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Saturday, February 23, 2013

Aktor Park Shi Hoo dituduh melakukan perkosaan.

It's a shocking news. Ok, langsung saja, ini kronologisnya :
Kejadiannya tanggal 14-15 Februari 2013 lalu. Park Shi Hoo berkenalan dengan seorang calon artis wanita berusia 22 tahun - sebut saja Trainee A lewat seorang kenalan Park Shi Hoo, seorang aktor - berita menyebutnya Mr. K atau Mr. B.

1. Kamis, 14 Feb 2013, sekitar jam 11 malam, Park Shi Hoo, trainee A dan Mr. K bertemu di sebuah bar di kawasan elit Gangnam. Ketiganya makan dan minum di ruangan VIP.
Pemilik Bar berkata mereka memesan grilled tenderloin, sashimi, potatoes chip + cream, 3 botol soju yang bercampur yogurt buah (2 botol soju habis diminum, yang satu tidak dibuka), dan minuman ringan.

Mereka selesai makan sekitar jam 01 lebih dinihari. Mr. K yang membayar tagihan. (130 ribu Won lebih)

2. Jumat, 15 Feb 2013, sekitar pk 01:40, Park Shi Hoo dkk meninggalkan bar.
Staf bar mengatakan bahwa trainee A tidak kelihatan mabuk sama sekali saat itu.  Trainee A bisa jalan sendiri menuruni anak tangga, sekitar 15 anak tangga tanpa dibantu. Mr. K juga tidak mabuk karena dia yang menyetir mobil. Ketiganya naik mobil bersama ke apartemen Park Shi Hoo.

3. Jumat, 15 Feb 2013, 20 menit kemudian (karena jarak dari bar ke apartemen PSH di Cheongdangdong hanya 10 menit), mobil mereka masuk ke parkir bawah tanah apartemen PSH. Rekaman CCTV menunjukkan, Trainee A dalam kondisi tidak sadar, ia digendong di punggung oleh Mr. K. Sementara Park Shi Hoo jalan di samping mereka.
Ketiganya masuk ke dalam lift.

4. Trainee A sadar beberapa waktu kemudian dan menyadari sudah diperkosa oleh Park Shi Hoo.

5. Jumat, 15 Feb 2013, sekitar pk 8 malam, Trainee A minta bantuan pada Pusat Konseling Wanita. Dan akhirnya melaporkan peristiwa ini pada polisi. Trainee A merasa sudah dibius dan diperkosa dalam keadaan tidak sadar.

6. Polisi awalnya memanggil Park Shi Hoo untuk penyelidikan pada tanggal 20 Feb 2013. Tapi atas permintaan pengacaranya, tanggalnya diundur menjadi tanggal 24 Feb 2013, Hari Minggu pk 7 malam. (awalnya pk 10 pagi tapi diundur jadi 7 malam, tanpa alasan.)

7. Fakta baru, sebenarnya trainee A juga melaporkan Mr. K, tapi herannya kenapa polisi hanya menyebut nama Park Shi Hoo. Mr. K berubah statusnya, dari awalnya hanya saksi menjadi tersangka.


Tanggapan pihak Park Shi Hoo :Park Shi Hoo menyangkal terjadi perkosaan, tapi mereka memang melakukan hubungan seksual atas dasar suka sama suka dan atas ijin trainee A.

Park Shi Hoo juga minta maaf pada fans dan pendukungnya : "Saya menundukkan kepala dan minta maaf sekali lagi karena menyebabkan kontroversi di seluruh negeri. Seperti yang dikabarkan media, saya siap menghadiri penyelidikan polisi dengan niat baik. Saya tetap diam demi mempertimbangkan pihak lain. Saya harap dalam penyelidikan polisi, meskipun sangat berat, akan mengungkapkan fakta-fakta insiden itu. Saya akan datang di kantor polisi tanggal 24 Feb sore dan akan serius membantu penyelidikan dan menjelaskan kejadian sebenarnya dengan segala cara. Saya minta maaf sekali lagi karena tidak mengurus masalah kehidupan pribadi saya dengan baik sebagai public figure. Dan saya membutuhkan bantuan anda. Saya dengan penuh hormat memohon anda semua jangan berspekulasi dan memberikan intepretasi dan menunggu pengumuman resmi dari kepolisian."
Park Shi Hoo (Oleh Park Wu Ho, Manager dan adik Park Shi Hoo)


Bukti dari Mr. K akan sangat penting. Kita masih belum tahu siapa aktor ini, berita dari Chosun menyebutnya bernama Kim dan ia lebih junior dari Park Shi Hoo.
Mr. K dan Trainee A sempat saling kirim sms pada tanggal 15 Feb 2013 (setelah kejadian) dan Mr. K berkata semuanya tampak baik-baik saja. Mr. K tidak menyangka trainee A akan melaporkan Park Shi Hoo.

Ada berita yang menyebutkan bahwa Park Shi Hoo, Mr. K dan trainee A bertemu lagi sebelum PSH pergi ke kantor polisi nanti. Park Shi Hoo ingin tahu alasan Trainee A melaporkan dirinya.


Bar eksklusif tempat mereka bertemu.
Ruangan VIP yang disewa mereka.


Apartemen Park Shi Hoo di Cheongdang-dong
Reaksi dari dunia iklan :Seperti yang diduga, persaingan industri hiburan di Korsel sangat berat. Kena masalah sedikit saja, meskipun belum tentu benar tapi nama seleb itu sudah tercemar dan pihak perusahaan tidak mau resiko, jadi semua kontrak iklan Park Shi Hoo juga akan segera berakhir.
1. PAT, perusahaan clothing yang sudah diwakili PSH selama 6 tahun tidak mau mengambil resiko dan akan mengakhiri kontrak eksklusif Park Shi Hoo bulan ini.
2. Semua kontrak iklan, dari busana pria, kosmetik, elektronik, yang sebenarnya sedang dalam negosiasi langsung dibatalkan karena insiden ini.

Perusahaan iklan berkata : Pemasang iklan memakai Park Shi Hoo sebagai model karena image-nya (yang sekarang sudah ternoda dan rusak.). Mereka/pemasang iklan sangat terkejut dengan insiden ini.
Pendapatku pribadi :
Park Shi Hoo hanyalah manusia yang bisa melakukan kesalahan. Kalau dia atau Mr. K memang terbukti bersalah, mereka harus dihukum sesuai ketentuan yang berlaku. Tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi kecuali Park Shi Hoo dan Trainee A. Aku hanya berharap mereka akan berkata jujur di kantor polisi.

Banyak netizen Korea yang langsung gila-gilaan membela Park Shi Hoo, seperti surat di bawah ini 


Terjemahan dalam bahasa Inggris : 
Translation: “Our Shi Hoo wouldn’t do something like that. And even if he did, she should be thankful to have been raped by Shi Hoo. Why is she pressing charges?”
Other netizens commented, “Trying not to be jealous,” and one netizen even said “If it’s Park Shi Hoo’s level, I’d want to be raped by him too.”
(Aku terus terang jijik dengan komen2 mereka dan tidak ingin menerjemahkannya ke bahasa Indonesia. Kenapa mereka sangat ignorant and careless?)

Menurutku itu juga tidak pantas, terlalu mendewakan selebritis. Meskipun dia keren, terkenal, kaya dll. Komentar-komentar yang selalu memojokkan korban atau si wanita juga tidak adil. Misalnya, seperti apa Trainee A itu, dan memakai baju apa. Trainee A katanya memang cantik dan langsing, ia mengenakan celana panjang ketat dan gaya busana trendy, tapi semua itu tidak bisa dijadikan alasan pembenaran untuk melakukan penyerangan seksual.



Kita tunggu saja hasil penyelidikan polisi pada tanggal 24 Feb 2013 nanti, di Kantor Polisi Bagian Barat Seoul.



Sources : [1], [2], [3], [4] dll


25 comments:

  1. makasi eon,udah ngasi kronologinya!!:)
    tadinya sempat bertanya-tanya bagaimana kejadian sebenarnya.

    aduh,kok aku jadi rada ilfil ni sama Shi Ho oppa,mana sekarang lagi nonton cheongdamdong alice lagi. jadi berfikir 2 kali untuk nonton.

    ngga nyangka aja oppa melakukan hal itu dengan cewe yang ngga jelas gitu. yah walau pun sebagai manusia kita pasti punya salah.
    tapi salah ceweknya juga dong,kenapa coba mau jalan malam banget dengan dua orang cowok? gila tu cewek!! saking terobsesinya jadi artis.(geleng-geleng kepala)

    ya,semoga masalah ini cepat clear aja deh !!!

    ReplyDelete
  2. semoga benar yg diungkapkan PSH klo mereka melakukan y karna dasar suka sama suka

    Wuachhhh Ngeri juga nich jdi artis korea
    salah dikit aja nama tercemar kerja sama batal
    harus exstra hati*

    ReplyDelete
  3. Jantungan baca berita ini, nggak nyangka aja...
    Yaaa manusia...

    ReplyDelete
  4. kabar yang bener2 mengejutkan di pagi hari,,
    ga nyangka bisa ada kejadian spt itu,,
    ia setuju sama mba tirza, moga dalam penyelidikan masing-masing bisa memberikan kesaksian yang jujur, dan klu emg oppa si hoo terbukti bersalah memang harus dihukum setimpal.
    tp aku senang setidaknya oppa si hoo langsung menundukkan kepala untuk minta maaf karena "tidak mengurus kehidupan pribadi dengan baik sebagai publik figure".
    semoga permintaan maaf oppa bener2 tulus..
    figthing!!!

    ReplyDelete
  5. Udh baca juga beritanya PSH dari kemarin. Nggak ada asap kl ngk ada api. Untungnya PSH mau ngaku. Tinggal tunggu proses hukum dan gimana PSH bangkit lagi. Tapi yang amel kesal, padahal baru kenal ma calon aktris itu koq ya langsung tidur bareng. Pikir amel lagi itu sih bukan diperkosa. Emang ceweknya yang ngasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul betul,.... aq jg kaya'na bisa khilaf klo ada di deket Shi hoo oppa. hahah

      Delete
  6. bener mbak,.. Park shi hoo yang super keren pun juga manusia yg bisa khilaf dan melakukan salah.

    mbak Tirza, dari statement manager Park Shi hoo sendiri menyimpulkan klo Park Shi hoo beneran melakukan itu, tapi atas dasar suka sama suka bukannya pemaksaan seperti yang dilaporkan Trainee A ya?
    wajar sih, gag usah dipaksa pun dengan Park Shi Hoo yg keren banged. siapa yang nolak? hahaha

    ReplyDelete
  7. perkosaan tidak bisa dibenarkan dengan alasan apapun, tapi selalu selama ini korban perkosaan justru yang disalahkan. biarpun PSH artis top seganteng apapun tetap harus tanggung konsekuensi dari perbuatannya. Kalaupun si A memfitnah/ memanfaatkan PSH juga harus tanggung konsekuensinya. Semoga masalahnya cepat selesai dan keadilan ada bagi semua pihak...

    ReplyDelete
  8. Netizen nya error masa coment nya gitu, wew biar pun artis siapa yg mau diperkosa... Moga2 sihh salah kan kalo bener speclessss dehh

    ReplyDelete
  9. Ahhhh... Shi Hoo oppa.. :'(

    Gara2 "cinta satu mlm"...karir yg dbangun skian lama harus di ulang dr awal lgi.. :'(

    ReplyDelete
  10. Setuju dengan Ka Tirza bahwa dengan alasan apapun tidak bisa dibenarkan melakukan penyerangan seksual meskipun dia publik figur atau orang biasa.
    Banyak pertanyaan muncul di benak saya yaitu:
    1. Seseorang dalam keadaan mabuk berat ada kemungkinan tidak bisa mengingat dengan baik tindakan yang dilakukan saat mabuk.
    2. Penyerangan seksual dalam kasus PSH bisa terjadi bila 1 pihak dalam keadaan masih sadar, dan pihak lain tidak sadar/pingsan/knock out.
    3. Meskipun sebelum kejadian terjadi persetujuan antara PSH dengan Trainee A namun sebagai gentleman, seharusnya PSH tidak membawa trainee A dalam kondisi mabuk ke apartmentnya tapi lebih baik mengirimnya ke kantor polisi (lebih aman dan dikasih makan pula).
    Padahal prestasi PSH dalam 2 tahun terakhir ini sangat bagus, PSH 2x mendapat penghargaan sebagai aktor dalam event yang diadakan tiap tgl 31 Des di KorSel. Aku saja suka menonton K-drama yang dibintanginya.

    ReplyDelete
  11. Setiap dengar nama PSH pasti aq ingatnya the princess man.. Haisshh semoga masalahnya cepat clear dan salute buat PSH yang dengan gentle mengakui memang terjadi sesuatu tapi atas dasar suka bukan sexual attack

    ReplyDelete
  12. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    ReplyDelete
  13. speechless,,palagi baru ngikutin cheongdamdong alice..
    kelemahan cowok memang pd wanita,,

    ReplyDelete
  14. sangat disayangkan...................!!

    ReplyDelete
  15. aku ud tau masalah ini sejak pertama kali ada update beritanya, ya ampiun sumpah aku shock banget, gak nyangka, gak mungkin, gak gak n' gak...

    tapi ya mo bilang ap lagi cb, klo ud g2 beritanya!

    seperti'ya carier si park shi hoo bner-bner d'ujung tombak!

    sungguh berita yg ampe hari ni aku msh belum sepenuh'y percaya, padahl ud ad berita'y dimana-mana

    @yantie262 aku setuju, sangat sangat disayangkan

    ReplyDelete
  16. To all, Park Shi Hoo sore ini akan pergi ke kantor polisi bagian Barat Seoul untuk memenuhi panggilan polisi dan pihak PSH sudah menyewa pengacara paling hebat di Korsel untuk mendampinginya. Jika terbukti tidak bersalah, pihak PSH akan berbalik menuntut Trainee A atas semua pencemaran nama baik dan kerugian yang dideritanya.

    Aku rada kasihan dengan trainee A ini, kalau dia cuma orang biasa dan tidak punya uang untuk menyewa pengacara yang bagus, bisa-bisa dia kalah. Kasihan kalau ternyata benar.
    Semoga Polisi Seoul bisa adil dan menemukan apa yang sebenarnya terjadi.

    ReplyDelete
  17. abis vacum internet selama 2mgg gra2 try out praktek dll, niatnya nyegerin pikiran malah dapet berita mengejutkan ._. bener2 gk nyangka.

    ReplyDelete
  18. untung gw gak ngefans ma Park si hoo... (heheheheee)..
    semoga cepat kelar aja kasusnya,,,,
    Bisa dijadiin skenario drama korea terbaru tuh ceritanya si cewek yg mau di jadiin calon artis, trus di perkosa ma artis terkenal. habistu calon artis nya miskin, ga bisa nuntut apa2. Trus calon artis itu akhirnya melarikan diri ke desa terpencil, dan melahirkan. sampai akhirnya anaknya gede, dan berusaha mencari ayah kandungnya yg seorang artis terkenal.... selanjutnya... (boleh dilanjutkan ceritanya ama yg lain.) (%&*^ngayaaallll jd penulis skenario....) hahahaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip sinetron -_-
      tp ad kdrama yg ceritanya mirip..... ap ya...?? lupa

      Delete
  19. hadeuh sama mba Tirza..
    jijik banget baca komentarnya para netizen..
    seganteng atau sekaya apapun PSH, kalau memperkosa ya teteup aja memperkosa..
    tp sbg salah seorang fansnya PSH, saya berharap PSH ga melakukan perkosaan itu..
    tp kalaupun dia tdk memperkosa, kehidupan free sexnya bener2 bikin kecewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Desi, kalau aku sebenarnya tidak terlalu terkejut dengan kehidupan free mereka, soalnya beberapa kali para seleb itu menikah dan calon istrinya dah hamil duluan, dari yang masih beberapa minggu sampai dah beberapa bulan.
      Aku sih ngga terlalu percaya kalau mereka itu benar2 polos atau innocent seperti imagenya. Image kan hanya bentukan manager dan perusahaan mereka, yang penting jangan sampai ketahuan. Mungkin hanya satu atau dua seleb saja yang benar2 sesuai dengan image bersihnya. Yah itu menurutku.

      Delete
  20. Park Shi Hoo .... kehidupan dunia artis memang extreme :( hah.. sedih dengar beritanya ... T__T

    ReplyDelete