Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Saturday, May 19, 2012

Kisah Yi Gak diambil dari sejarah Raja Gyeongjong?


Banyak berita dari blog luar (6002sky.wordpress.com) yang menyebutkan kalau kisah Yi Gak dari drama SBS Rooftop Prince berdasar kisah tragis Raja Gyeongjong - Raja ke-20 Joseon. Benarkah? kalau benar berarti akhirnya akan tragis? semoga jangan lah..

Menurut Sejarah, Raja Gyeongjong putra Raja Sukjong dengan Jang Hui Bin. Lahir th 1688 meninggal th 1724. Usianya hanya 36 th. Kalau Yi Gak nanti pulang dan memerintah jadi Raja, ia hanya berusia 36 th saja rasanya ngga rela.

Tapi based on cerita Rooftop Prince, kalau Yi Gak harus melintasi perjalanan waktu 300 th lamanya dan tiba di th 2012. Memang yang paling dekat adalah kisah Gyeongjong.
Kita hitung sedikit ya, 2012 - 300 th = 1712

Sekitar th itu, Gyeongjong memang masih jadi Putra Mahkota. Dia naik takhta th 1720.
Kata-kata Yi Gak yang menyebutkan 300 th juga sepertinya bukan 300 th pas.

Bukti sejarah, Putri Mahkota Gyeongjong memang meninggal dunia 2 th sebelum suaminya naik takhta. Ratu Danui dari Shim Klan (anak perempuan Shim Ho) meninggal th 1718. Jadi, memang lumayan dekat dengan th 1712 diatas.

Ada legenda, kalau Raja Gyeongjong meninggal setelah makan kepiting saus kecap dan buah persik yang belum matang. Kedua makanan itu disiapkan secara rahasia oleh P. Yeoning, adik tirinya. (Kalau melihat karakter Yeoning dalam film Dong yi rasanya mustahil ya, tapi Yeoning memang suka makan buah liar dan pernah memberi buah kurma liar kepada PM Yi Yun kan. Tapi masa dia meracuni kakaknya. Kalau disiapkan lawan politik Raja Gyeongjong nah itu baru mungkin.)

Ini kutipan kata2 Hulbert, H.B 1905 The history Of Korea Vol 1 Routledge Press
(Hal 164) But we may well doubt the truth of the rumor, for nothing that is told of that brother indicates that he would commit such an act, and in the second place a man who will eat shrimps in mid-summer, that have been brought thirty miles from the sea without ice might expect to die.

Apakah benar P. Yeoning sengaja meracuni Raja Gyeongjong? Hanya Tuhan yang tahu.

Beberapa bukti kalau kisah Yi Gak diambil dari kisah Raja Gyeongjong,
1. Nama Yi Gak, katanya diambil dari nama kebesaran Gyeongjong, Gakgong Besar yang diberikan oleh Raja dinasti Ching - China untuk Gyeongjong. (King Gyeongjong Gakgong Deokmun Ikmu Sunin Seonhyo the Great of Korea)
Di ep 1 memang tampak PM Yi Gak yang sudah mulai mengambil alih pemerintahan atas nama ayahnya Raja Sukjong (diperankan Kim Yoo Suk) yang mulai sakit2an. Diperlihatkan juga konfrontasi politik antara Partai Noron dan Soron.

2. Kematian misterius Putri Mahkota Hwa Yong yang melibatkan buah persik kering.
3. Di ep 7 dan 8 ditunjukkan kalau PM Yi Gak alergi makan kepiting saus kecap atau Gejang. Yi Gak sampai tercekik dan tidak bisa bernafas.

4. Di ep 8, Park Ha membaca Sejarah Joseon dan tampak menangis sedih. Sepertinya ia tahu apa yang akan terjadi pada Yi gak kelak.

5. Di ep 6, Yi Gak dll menyebutkan usia mereka. Usia Yi Gak saat itu 24 th. Usianya memang tepat dengan usia PM Yi Yun saat itu, 24 th.
Yi Yun lahir th 1688. Th 1712 berarti usianya memang 24 th. Kisah ini kira2 memang sekitar th 1712 di Joseon.
Yi Gak dll masuk mesin waktu dan dilempar 300 th kemudian, yaitu th 2012.

Pertanyaan lain, apa Yong Tae Mu ini adalah P. Yeoning? I hope not.
Semoga ini cuma kisah fiksi dan tidak ada hubungannya dengan PM Yi Yun atau Raja Gyeongjong. Happy end, please.

19 comments:

  1. wah.. dapet juga nih kakak sejarahnya... dari kemaren banyak yang bertanya2... dan banyak yang bahas... tapi males ngutak atik sejarah.... eh ini dibahas ma kak tirza... okelah... tengkyu kak...
    kita juga berharap heppi ending.. tinggal 2 epi lagi.... :)

    ReplyDelete
  2. ka tirza spertinya masuk akal juga yah..
    soalnya kan dalam drama Dongyi pangeran yeoning jadi raja pdahal dia masih muda....
    trus yang buat aku bingung tuh kak yah..
    putra mahkotanya kmana? ko gak ditunjukkan pas endingnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak salah di Dongyi diceritain kalau si PM itu gak bisa pnya keturunan, (Berarti YI GAK???Ow...) mknya Hui Bin berusaha Nutupin itu, krena kalau ketahuan, dia gak bisa naik tahta..

      Tp klau gak salah akhirnya naik tahta juga, tapi gak lama, langsung diganti sama pangeran yeoning,,

      Delete
    2. bener... raja gyeongjong memang cuma berkuasa slama 4 tahun sejak lengsernya raja sukjong (gyeongjong memerintah 1720-1724) lalu digantikan sama pangeran yeoning yg klo gk salah diangkat jadi putra mahkota saat itu... dan raja yeongjo (yeoning) naik takhta thn 1724 menggantikan kakaknya dan jadi raja joseon yg berkuasa paling lama dan wafat di usia 82 tahun...

      Delete
  3. hhhmmm boleh juga tuh...
    tapi kalo misalnya iya, tae mu jadi adiknya yi gak di joseon?sedangkan di jaman modern tae mu malah jadi kakaknya tae young...

    ReplyDelete
  4. wah ini yang sering aku tungguin history behind the scene versi kak tirza hehehe..
    kalau bener sesuai sejarahnya, berarti drama ini memang diperhitungkan dg detail, sampe ke umur-umurnya juga.
    mungkin krn sejarah korea punya catatan detail ya? kalau di indonesia bikin macem drama saeguk ini risetnya harus detil deh, apalagi catatannya ga ada.

    ReplyDelete
  5. gomawo eonni buat infonya. Kalo mau liat sejarah gini enaknya dmn yah?soalnya saya ga ngerti sejarah yg di drama Queen Ihnyun's Man.hehe Gomawo

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Im Young Ah, Queen Ihnyun itu istrinya Sukjong yang ke-2. Sejarahnya bisa cari di wiki. King Sukjong.

      Delete
  6. aku mau ikut comment ah..

    menurut aq sih bisa jadi si Tae Moo itu Yeoning, krna stahu aku disejarah aslinya, Pangeran Yeoning itu tega membunuh anaknya sndiri, jd gak menutup kemungkinan dia juga tega melakukan hal itu ke PM (yi Gak kah???Iks...) karakter sejarahnya mirip sm karakter tae moo... :P

    ReplyDelete
  7. ak share ke FB ya.. cingu :)

    ReplyDelete
  8. Kak tirza,,katanya P.yeoning mang dekat dg kakaknya,,trus pas dy naik tahta,dy sering mengunjungi makam kakakny raja gyongjong..
    aq baca sejarahny d blog mbak tirza juga..hehe^^

    ReplyDelete
  9. mbak tirza, jang hui bin itu bukannya dayang jang? selir jang? yang sempat menjadi ratu dalam drama dong yi itu kan? yang awalnya baik tapi kemudian jahat itu kan? benarkah p yeoning (anaknya dong yi) yg membunuh kakaknya? bukannya dia dekat sama kakaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @doremi, ya benar. Jang Hui Bin itu Jang Ok Jung.
      Aku ngga tahu kebenarannya. Mungkin cuma gosip dalam sejarah, mungkin kebetulan.

      Delete
  10. mba tirza salam kenal,..
    ihh..salut deh mba bisa dapet info sedetil ini. semangat trus buat update ke kita ya mba ;)

    ReplyDelete
  11. hhm.. bukannya yg menikah muda justru p. yeoning? bukan kakaknya (raja Gyeongjong).

    ReplyDelete
  12. kak tirzaa aku suka deh kalo lagi bahas-bahas sejarah yang based on drama, apalagi RTP aku sukaa bangettt..

    semoga ada kelanjutannya ya :D

    ReplyDelete
  13. waktu yigak nghukum keluarga hwayong kan bilang kalo ibunya yigak meninggal karna hukuman racun kan??
    sma kan ama selir jang yg mati karna hukuman racun..

    ReplyDelete
  14. wah, ini nih bedanya baca sinopsis di tempat tirza...ada cerita2 sejarahnya yg melatarbelakangi drama ini. coba klu cerita sejarah kerajaan di Indonesia bisa dibuat cerita yg menarik yah...bukannya malah jadi aneh2 mungkin ga kalah seru dgn Korea dan kita juga jadi paham sejarah indonesia.

    ReplyDelete