Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Friday, June 21, 2013

Jang Ok Jung episode 21 part 2

P. Dong Pyeong duduk bersama sukjong. Jari P. Dong Pyeong hanya mengitari pinggiran cawan tanpa meminumnya. Sukjong lebih dulu mengambil cawan untuk mulai minum.
P. Dong Pyeong mengaku : Saya mencintainya.

Tangan Sukjong membeku di udara. Ekspresinya kelihatan mengerikan untuk sesaat. Sukjong minum.

P. Dong Pyeong menjelaskan, Ratu tidak pernah menanggapi perasaannya. Ia hanya dianggap sebagai saudara/kakak. Kemudian dia menghilang lalu muncul kembali sebagai wanita milik Yang Mulia.
Memang benar bahwa rasanya sangat menyakitkan untuk sesaat, tapi ia minta agar saya melepaskan semua kecemasan yang saya miliki untuk dirinya. Mungkin saya memang menunggunya untuk mengatakan itu. Jadi seperti itulah saya mengakhiri perasaan saya kepadanya. Itulah isi hati saya yang sejujurnya.

Sukjong diam saja, ia menatap tajam pamannya. P. Dong Pyeong kelihatan tegang. Akhirnya Sukjong memberikan cawannya dan menuangkan minuman untuk P. Dong Pyeong.
Sukjong tersenyum dan minta pamannya mengurus Hye Min Seo (Klinik sosial untuk rakyat miskin). P. Dong Pyeong terkejut, Yang Mulia, keluarga kerajaan tidak boleh memiliki jabatan.

Sukjong ingin keluarga Raja bisa menjadi teladan di klinik. Ia ingin mengubah Hye Min Seo itu menjadi RS untuk masyarakat dan ia mendengar ada kekurangan obat disana. Lagipula, Partai Seoin ada di belakang klinik itu meskipun mereka dikeluarkan dari Kabinet. (Jadi Sukjong tidak ingin Partai Seoin yang mendapat nama baik dengan bersikap murah hati pada rakyat. Sementara dana datang dari istana.)
Jadi aku ingin paman mengurus klinik itu dan terus membantu di sisiku. (P. Dong Pyeong kan anggota Namin, jadi Sukjong ingin partai Namin dekat dengan rakyat)
P. Dong Pyeong tampak lega, Yang Mulia..saya terima perintah anda. (Paling tidak, hubungan Sukjong dengan P. Dong Pyeong pulih lagi, ini adalah hubungan yang paling aku sukai dalam drama ini.)

Ratu Jang duduk di jembatan dan mengingat kata-kata Sukjong dulu kepadanya. Bahwa Sukjong dulu berjanji untuk tidak pernah melepaskan tangan Ok Jung, sebagai Yi Sun Sang Raja, aku berjanji padamu.
Seorang Raja harus belajar merasa takut pada hati rakyat. Kalau kesalahan diulang lagi, itu bukan kesalahan, tapi kejahatan. Dan harus ada harga yang dibayar untuk suatu kejahatan.

Ratu Jang mengirim pesan pada Raja. Tidak lama, Sukjong datang menemui Ratu Jang. Kenapa kau ingin bertemu denganku?
Ratu Jang tanya apa Sukjong ingat janjinya, bahwa Sukjong tidak akan melepaskan tangannya. Ia sudah banyak merenung setelah mendapat teguran atas insiden Choi Sukwon. Ratu masih ingat kata-kata Raja malam itu dengan jelas. Tapi kenapa saya merasa ada jarak diantara kita?

 Ratu Jang : Saya telah mengulang banyak kesalahan. Tapi Yang Mulia, kalau belum terlambat dan anda masih memegang tangan saya, saya akan melakukan yang terbaik untuk menjadi Ratu yang bijaksana dan ibu yang baik untuk Yun seperti yang sangat anda inginkan. Anda tidak akan melepaskan tangan saya sampai akhir, ya kan?
Sukjong tersenyum dan mengulurkan tangannya. Ratu Jang memberikan tangannya. Sukjong menggenggam tangan Ratu.
Sukjong menahan tangis, aku sudah berusaha sangat keras untuk tidak melepaskan tangan ini. Setiap kali aku merasa takut kalau-kalau aku harus melepaskan tangan ini. Aku mencoba dan mencoba terus untuk bertahan. Tapi aku sadar kalau aku tidak akan pernah bisa melepaskan tanganmu. Kecuali kau melepasnya duluan, aku tidak akan pernah melepaskan tangan ini.

Ratu Jang juga menangis : Yang Mulia, saya tidak akan pernah melepaskan tangan anda.

Sukjong tersenyum dan menarik Ratu Jang dalam pelukannya. Keduanya mulai rekonsiliasi dan memperbaiki hubungan mereka kembali.
Ratu Jang bertekad menjalani kehidupan sebagai Ratu dengan sepenuhnya. Ia aktif bersosialisasi dengan para istri pejabat dan sesekali mengunjungi jimbang untuk membimbing para gungnyeo baru. Ratu Jang bahkan tidak segan menunjukkan bagaimana cara menyulam dengan rapi dan indah pada para gungnyeo. Ratu teringat kehidupan masa lalunya sebagai Jang Ok Jung desainer terkenal.
Ratu Jang juga tidak marah saat ada gungnyeo yang tanpa sengaja menabraknya. Ia membantu gungnyeo itu berdiri dan bersikap santai. Ok Jung mulai belajar menjadi Ratu sepenuh hatinya.

Kim Man Gi menemui Inhyeon dan memberikan bungkusan. Inhyeon heran apa ini?

 Kim Man Gi minta Inhyeon membukanya. Ternyata isinya buku. Novel terkenal Nan Zheng Ji/ Nam Jeong Gi. Kim Man Gi berkata ini adalah rencana untuk mendapatkan kembali hati rakyat.
Inhyeon : Mendapatkan hati rakyat?

Kim Man Gi berkata buku yang dibawanya adalah novel yang sekarang sangat terkenal diantara masyarakat terutama wanita. Ini adalah kisah antara Yang Mulia dan Jang itu dan sangat disukai para wanita di pasar.
Inhyeon terkejut, cerita antara Hee Bin dan aku? Inhyeon mulai membaca novel itu.

Di pasar terjadi antrian panjang di depan toko buku, mereka semua menginginkan Novel Sa Ssi Nam Jeong Gi itu. Kaya Novel Harry P aja wkk..

Inhyeon selesai membaca novel itu dan ia kagum dengan isinya. Kim Man Gi menjelaskan, itu hasil karya Kim Man Jung, adiknya. Seorang sarjana Konfusius menulis novel untuk wanita. Awalnya Kim Man Gi juga tidak suka kalau adiknya menulis novel, tapi ternyata sangat efektif.

Inhyeon memberi instruksi, pertama sebarkan novel itu diantara rakyat dan biarkan mereka membacanya. Kurasa ada baiknya membiarkan Yang Mulia membacanya juga.
Kim Man Gi heran : Yang Mulia?
Inhyeon : Serahkan padaku. Aku akan membuat Yang Mulia Raja membacanya.

Ny. Yoon juga membaca novel itu, ia teriak memanggil Hee Jae. Bagaimana ini Hee Jae? Kurasa Si jahat Gyo mengacu pada Yang Mulia Ratu. Ya kan?

Hee Jae geleng kepala, Ibu, kenapa ibu harus membaca novel murahan seperti itu? Tapi ibu juga seorang wanita. Hee Jae nyengir.
Ny. Yoon merasa novel ini ada di mana-mana karena satu tujuan. Suasananya jadi aneh. Yang Mulia Ratu harus membacanya.

Novel itu sudah menyebar diantara para gungnyeo di istana. Uhm sanggung berhasil merampas sebuah novel dari para dayang dan membacanya, ia tampak syok.

Uhm memberikan novel itu pada Ratu Jang. Ratu tidak percaya dengan isi novel ini, si jahat Gyo benar-benar kejam dan Sa sangat baik bagaikan malaikat dari langit, dia memang seorang malaikat.
Ratu Jang mengeluh : Sekarang ceritanya sudah dibukukan seperti ini, dan aku adalah iblis yang paling jahat.

Uhm Sanggung lapor novel itu sudah tersebar kemana-mana, bukan hanya di istana, tapi juga di pasar.
Ratu Jang mengerti, mereka semua menuduhku sebagai selir yang jahat dan mencoba menaikkan kembali Min. Ini adalah rencana untuk mendapatkan hati rakyat.

Dayang Uhm : Mereka sangat jahat, bagaimana mereka bisa memikirkan hal seperti ini.

Ratu Jang panik, Raja tidak boleh membacanya. Uhm Sanggung, kau harus memeriksa seluruh istana dan bakar semua novel ini. Dan nyatakan novel ini terlarang di istana, cepat.
Dayang Uhm menghela nafas, bagaimana dengan rumor yang sudah beredar di masyarakat?
Ratu Jang : Apa Mantan Ratu Min (Pyebi Min/Min yang diturunkan) tinggal di Gam Go Dang?

Ratu Jang pergi ke kediaman Inhyeon di Gam Go Dang bersama kakaknya, Hee Jae. Dayang Hong terkejut melihatnya sampai menjatuhkan tempat air.

Ratu Jang : Apa kau melihat hantu? Kenapa kau begitu terkejut?
Ratu Jang melempar novel itu ke meja, aku yakin asal buku ini dari sini.

Inhyeon : Kenapa kau berpikir seperti itu? Buku ini sudah tersebar di pasar, jadi aku membacanya, tapi aku tidak bisa mengatakannya. Apa ini rasa bersalah dari pencuri?
Ratu Jang : Apa kau pikir ini akan membantu dalam mendapatkan hati rakyat demi pemulihanmu? Apa tidak cukup kau diturunkan, apa kau ingin menderita lebih lagi?

Inhyeon : Seperti yang pernah kau katakan, rumput akan tumbuh lebih kuat kalau mereka diinjak. Penurunanku tidak bedanya dengan rumput, kan?
Ratu Jang tidak percaya : Apa yang terjadi dengan semua kebanggaan dan harga diri sebelumnya?

Inhyeon : Bagaimana kau bisa seperti ini, kau berkata karena kelasmu maka kau diusir bahkan setelah kau menerima anugerah dari Raja. Dan kau sudah melalui semua bahaya dalam hidup.
Tapi aku dilahirkan dari keluarga bangsawan yang terhormat dan aku baru saja mendapatkan posisiku yaitu posisi Ratu. Tapi cobalah berpikir dari sudut pandang yang lain, kau bahkan mempertaruhkan nyawamu demi suatu konspirasi. Jadi kenapa konspirasi novel ini menjadi masalah bagimu?

Ratu Jang : Benar, aku mempertaruhkan hidupku demi posisi ini, meskipun kau mengirim pelayan untuk mendapatkan hati rakyat dengan novel, perhatian Yang Mulia Raja tidaklah serapuh itu sehingga mudah dihancurkan. Itu lebih dari cukup untuk mencegah seseorang untuk ikut campur.


Inhyeon tersenyum dingin, benarkah? Lalu apa itu anugerah yang diterima Choi Sukwon?
Ratu Jang gemetaran. Inhyeon berkata, aku bisa melihat sudah ada keretakan dalam perhatian Raja. Dan itulah mengapa kau lari kesini. Karena kau merasa gugup.

Ratu Jang : Itu mungkin benar, tapi dibandingkan dirimu, aku masih duduk di posisi itu. Datanglah kalau kau mau. Aku masih menguasai posisi tertinggi. Apa kau mengerti?

Ratu Jang pulang ke istana, ia segera lari untuk memeluk PM Yi Yun. Yun-ah..kau harus menjadi Raja yang hebat seperti ayahmu. Dan kau harus melindungiku.

Jang Hee Jae menemui Kim Man Gi. Suatu kehormatan mendapat panggilan dari ayah mertua Raja. Kim Man Gi tertawa, ayah mertua Raja hanya sebutan saja. Apa artinya itu di depan pemegang kekuasaan yang sekarang.
Hee Jae ketawa dan tanya apa yang diinginkan Kim Man Gi. Kim Man Gi memberikan uang suap pada Hee Jae.

Hee Jae mengerti, ini semua demi restorasi mantan Ratu. Hee Jae akan membawanya ke kantor pemerintahan sebagai bukti penyuapan. Kim Man Gi mencegahnya, ini bukan soal pemulihan kembali mantan Ratu. Ini untuk membuat Ratu berada di kediaman istimewa di istana.
Hee Jae tersenyum. Yang Mulia Ratu benar, ada rencana untuk menaikkan kembali mantan Ratu Min.
Kim Man Gi hanya ingin mantan Ratu Min menempati kediaman khusus di istana, bukan naik lagi sebagai Ratu, tapi kalau Hee Jae berpikir seperti itu ya terserah. Kim Man Gi tanya apa ada yang bisa ia lakukan untuk Hee Jae.
Hee Jae kesal dan pergi

Flashback
Kim Man Gi bertemu Chi Soo. Chi Soo memberikan beberapa strategi, pertama mereka harus menggerakkan hati rakyat, sehingga Raja merasa takut dengan novel itu.
Kim Man Gi : Tapi Jang sudah melarang novel kisah Lady Sa di istana.

Chi Soo ketawa, kita punya senjata rahasia, yaitu choi Sukwon.
Kedua, kita harus memanfaatkan kelemahan Yang Mulia Raja. Yaitu anggota keluarga Jang Ok Jung dan membuat mereka melakukan kesalahan. Terutama Jang Hee Jae.

Kim Man Gi mengerti, kalau mereka bisa membuat Jang dan Putra Mahkota terlibat, maka mereka bisa menyingkirkan keduanya. Setelah itu?

Kim Man Gi pergi ke Hye Min Seo dan melihat P. Dong Pyeong sibuk disana. Pengurus membenarkan, P. Dong Pyeong memberikan banyak obat meskipun harga obat sedang melambung. Kim Man Gi mengerti, ini cara partai Namin mencoba meraih hati rakyat.

Sukjong jalan-jalan bersama Ratu Jang. Sukjong berkata kalau Paman Dong Pyeong kerepotan di Hye Min Seo dan mengharapkan bantuan. Ia tanya apa Ratu bisa meminjamkan beberapa gungnyeo untuk membantu pamannya.
Ratu Jang justru akan ikut pergi ke sana, ia sendiri ingin memimpin rombongan gungnyeo dan pergi ke Hye Min Seo. Ia ingin mendengar dan membantu orang-orang itu.

Sukjong senang sekali, kau akan melakukannya? Bagus, itu adalah kesempatan untuk menunjukkan sisi baik dan penuh kasih sayang dari ibu negara. Ia juga akan pergi ke sana setelah urusannya selesai untuk menunjukkan kebahagiaan keluarga Kerajaan.

Ratu Jang tersenyum bahagia. Keduanya jalan dengan perasaan senang.

Kim Man Gi menemui Inhyeon dan mengatakan rencana Ratu Jang. Inhyeon sampai detik ini masih memanggil Ratu Jang sebagai Hee Bin. Hee Bin berencana akan keluar istana dan membantu di Hye Min Seo?
Kim Man Gi membenarkan dan berkata ini adalah kesempatan yang diberikan langit pada Inhyeon. Karena Partai Seoin sangat berkuasa di Hye Min Seo dan akan mudah merencanakan sesuatu. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan siapa ibu Joseon yang sebenarnya.

Inhyeon : Apa itu mungkin?


Kim Man Gi meyakinkan Inhyeon dan meminta Inhyeon juga ikut membantu kali ini. Kim Man Gi membagikan uang pada rakyat miskin. Dia membayar mereka untuk melakukan sesuatu.

Ratu Jang memutuskan pergi ke Hye Min Seo dengan jalan kaki. Ia tidak mau pergi dengan tandu pemberian Chi Soo yang megah. Ratu Jang tidak ingin membuat keributan di tengah masyarakat.

Choi Sukwon melihat keberangkatan Ratu Jang. Dayangnya tanya kenapa Sukwon tidak ikut pergi bersama Ratu. Choi Sukwon berkata ia punya rencana lain.

Sukjong melihat rombongan Ratu Jang dan tersenyum.

Choi Sukwon mondar mandir di atas jembatan dekat Chwi Seon Dang, ia memegang novel itu. Choi Sukwon melihat Raja. Ia langsung pura-pura duduk di pinggir jembatan dan membaca.

Sukjong melihat Choi Sukwon, ia tersenyum dan jalan mendekatinya.
Choi Sukwon kelihatan sedikit gugup, tapi ia memberanikan diri menunggu Raja. Ia pura2 bersedih.
Sukjong mendekat, buku apa yang kau baca sampai kau menitikkan air mata?
Choi Sukwon menghormat dan menurunkan bukunya. Sukjong membaca sekilas judulnya. Buku apa itu sampai membuatmu sedih?

Choi Sukwon mengusap "air matanya", ini adalah kisah tentang Lady Sa yang tersebar luas di luar istana. Ini sangat mengharukan dan menyentuh.

Sukjong duduk di samping Choi Sukwon, ia minta Kasim Yang serta yang lain pergi dulu. Choi Sukwon memberikan buku itu pada Sukjong, kisahnya sangat mengharukan, silahkan lihat, Yang Mulia.
Sukjong tersenyum dan tanya ceritanya tentang apa.

Choi Sukwon : Ini kisah tentang seorang sarjana bernama Yoo Hyun Soo di negara Myoung.
 

Flashback, Inhyeon sudah mengatakan kisah novel ini dan minta Choi Sukwon mengingatnya. Kau tidak bisa membaca, tapi karena kau sangat pintar, dengar dan ingat ini baik-baik.
Begini ceritanya, Yoo Hyun Soo menikahi seorang wanita berbudi bernama Lady Sa, tapi karena Lady Sa tidak bisa memiliki anak, dia mengambil selir bernama Gyo. Tapi saat selir Gyo memiliki seorang anak laki-laki, ia mencoba mengusir istri sah Yoo Hyun Soo dengan semua taktik dan kebohongan. Akhirnya Gyo menjadi istri Yoo Hyun Soo.

Sukjong : Aku mengerti...jadi Gyo yang jahat dan selalu berbohong serta melakukan konspirasi pada akhirnya akan dibunuh dan dia memanggil Sa kembali dan hidup dengan bahagia selamanya.
Choi Sukwon membenarkan.
Sukjong : Tapi Choi Sukwon-ku, kau belajar membaca di tengah hidupmu yang susah sebagai pelayan?
Choi Sukwon gugup tapi tidak menjawab, ia tanya apa Raja akan membacanya? Sukjong ketawa, baiklah kalau aku punya waktu.

Sukjong kesal dan menunjukkan buku itu pada P. Dong Pyeong. Yoo Hyun Soo yang mencampakkan istrinya adalah aku, Lady Sa yang baik hati adalah Min, dan Gyo yang jahat adalah Ratuku. Kim Man Jung benar-benar tukang cerita.
P. Dong Pyeong merasa cemas, ia mengerti bahwa hati rakyat pasti akan langsung berpaling dari Selir Gyo yang jahat.

Sukjong : Ratuku pasti merasa kesal dan aku juga sedikit marah. Yoo Hyun Soo ini adalah aku, sejak kapan aku ada dalam kekuasaan wanita?
P. Dong Pyeong : Yang Mulia ..apa anda baik-baik saja? sentimen publik..

Sukjong tahu tidak akan ada yang bisa menarik perhatian publik selain konflik istri dan selir. Aku lebih mencemaskan posisi Ratuku. Partai Seoin menyebalkan itu, aku sebenarnya sudah bersedia menerima mereka, tapi mereka selalu mendesakku.

Sukjong menanyakan soal klinik dan P. Dong Pyeong akan segera ke sana. Sukjong berkata Ratunya juga ingin ikut membantu di klinik. P. Dong Pyeong mengangguk, ia kelihatan kagum dengan sikap Ratu. Sukjong janji akan segera menyusul kesana.

P. Dong Pyeong ada Hye Min Seo, tiba-tiba ada teriakan Yang Mulia Ratu tiba...! P. Dong Pyeong menoleh, tapi bukan Ratu Jang yang dilihatnya melainkan mantan Ratu Min.
Inhyeon jalan masuk bersama dayang Hong dan pelayan lainnya. Semua rakyat di Hye Min Seo bergegas lari menyongsongnya.

P. Dong Pyeong terkejut melihat ini. Ia juga mendengar beberapa orang kasak-kusuk dan berkata bahwa mantan Ratu Min adalah Lady Sa yang baik hati dalam novel.
P. Dong Pyeong tanya pada petugas kenapa Inhyeon ada disini. Petugas berkata, Hye Min Seo dikuasai Kim Man Gi selama bertahun-tahun, maka pengaruhnya masih terasa.


P. Dong Pyeong mendekati Inhyeon, ia membungkuk dan tanya kenapa Inhyeon datang kesini. Inhyeon ingin membantu di klinik, bukankah anda membutuhkan orang. Inhyeon berkata ia kecewa dengan tanggapan P. Dong Pyeong, saya merasa tidak diterima di tempat ini.

Tiba-tiba terdengar pengumuman, Yang Mulia Ratu tiba..! Kali ini Ratu Jang yang datang ke Hye Min Seo. Tapi semua rakyat yang ada di Hye Min Seo tidak mau menyambut Ratu Jang dan hanya berdiri sambil kasak-kusuk.
Hanya P. Dong Pyeong dan para pejabat yang membungkuk menyambut Ratu Jang. Ratu Jang tersenyum dan menyapa mereka, terima kasih atas kerja keras kalian, katanya kalian membutuhkan bantuan, jadi kami datang untuk membantu.

Orang-orang masih bicara sendiri, benar si jahat Gyo adalah Ratu yang sekarang, apa jadinya jika negara ini memiliki dua ibu? Itu adalah kutukan bagi negara dan negara ini akan hancur.

Inhyeon jalan mendekat diikuti orang-orang. Inhyeon ingin membuktikan bahwa rakyat ada di belakangnya, itu adalah kekuatannya.
Ratu Jang terkejut : Apa yang kau lakukan disini?

Orang-orang mulai teriak, Ratu sekarang adalah si jahat Gyo dalam kisah Lady Sa! Semua orang langsung mengacung-acungkan tangan dan teriak pada Ratu Jang. Benar.., dialah si jahat Gyo!

Sukjong juga tiba di Hye Min Seo dan melihat rakyat memusuhi Ratu Jang. Ia terkejut sekali dan tampak marah.

Ok Jung [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7], [8], [9], [10], [11], [12], [13], [14], [15], [16-1], [16-2], [17], [18], [19], [20], [21-1]


Notes :
Sentimen publik benar-benar powerful dalam politik. Ckck..

Oya, ini adalah Novel Sa Ssi Nam Jeong Gi karya Kim Man Jung. Adik Kim Man Gi, seorang aggota kabinet Sukjong yang dikirim ke pengasingan karena terlibat dalam pertikaian politik.
Novel Sa Ssi Nam Jeong Gi
Versi lamanya, entah yang cetakan keberapa
Novel Sa Ssi Nam Jeong Gi atau Xie Shi Nan Zheng Ji adalah novel tentang masalah keluarga dengan latar belakang negara China tapi juga gambaran satir mengenai kehidupan politik saat itu dan khususnya teguran tentang hubungan Raja Sukjong dengan beberapa wanita. Novel itu adalah novel yang paling terkenal dalam masyarakat Korea tradisional.
Penulis utamanya : Kim Man Jung

Asisten : Kim Chun Taek (dalam drama Dong Yi namanya Shim Yun Taek)

Kim Man Jung
Inhyeon Wang Hu



Source : http://bakong.tistory.com/347

Katanya sih ini Hui Bin (http://blutom.tistory.com/14)
Sukjong bersama 3 Ratu (entah siapa saja, mungkin Ingyeong, Inhyeon,dan Inwon) serta para Menteri (http://blog.naver.com/PostView.nhn?blogId=gnarkns&logNo=70145817836)

34 comments:

  1. kebencian rakyat pada ok jung berawal dari lirik lagu yang disebarkan chi soo....Ok Jung berusaha menjadi ratu yang baik, tapi rakyat sudah terlanjur membencinya. Oh ya, di episode 22, Ok Jung turun tahta..., Ok jung menyerah dan tidak berambisi lagi untuk menjadi ratu...sedih...ok jung banyak nangis....

    ReplyDelete
  2. Makasih kak tirza, jd semakin menegangkan, ternyata si choi nhk bisa bca, tp kok didongyi kayaknya bisa

    ReplyDelete
  3. Ba tirza itu hui bin alias ok jung mba? Cantik bngtt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik bgt yah mba? Pantesan sampe tertulis di sejarah as the most beautiful woman in Joseon wkk...
      Ga kaya org korea yg berahang kotak, mata kecil, kalo ini belo hehehe

      Delete
    2. kayanya blasteran ya si hui bin.. haha
      idungnya mancungg.. ga kaya inhyeon dilukisannya.. heheh
      tp mata hui bin emg ud tajem bgt ya lama" diliatin jd takut sendiri..haha

      Delete
  4. Morning...!!
    @Nur Rika, ngga yakin juga apa itu lukisan aslinya, kaya fan-art banget soalnya hehe..tapi sulit mencari portrait asli Ok Jung. Kemungkinan besar memang wajahnya mirip Yang Kui Fei, selir China paling cantik yang jadi idola Sukjong di awal2 episode.

    @Dina, Choi Sukbin pasti lama-lama bisa membaca, awalnya mungkin dia ngga bisa, tapi setelah diangkat jadi selir pasti mau tidak mau pasti belajar membaca. Itu logikanya. Kalau dalam drama ini, mungkin hanya ingin menekankan bahwa Choi Sukbin adalah faktor kejatuhan Ok Jung jadi segala hal yang menyebalkan pasti ditampilkan.

    Pernah ada yang komen bahwa rasa hormat Raja Yeongjo pada ibunya juga adalah cerminan karakter Sukbin, menurutku itu benar. Sukbin Choi sepertinya tidak jahat-jahat amat, drama ini saja yang memang menulis Sukbin seperti itu.
    Raja Yeongjo sendiri memiliki gelar Jo, itu adalah gelar tertinggi yang diberikan pada para Raja Joseon. Bahkan ayahnya hanya memiliki gelar Jong. Suk Jong.
    Jong itu artinya, dia raja yang resmi. Tapi Jo itu yang tertinggi, seperti Taejo, Sejo, Jeongjo dll.

    @Nuri, ya, Chi Soo sangat mencintai Ok Jung tapi berubah jadi benci dan akhirnya hatinya jadi hampa.
    Tapi hebatnya, meskipun Ok Jung turun, ia tidak dibuang keluar istana seperti Inhyeon. Itu sebenarnya bukti cinta Sukjong kepada Ok Jung.Ok Jung kembali jadi Hee Bin.
    Bandingkan dengan Ratu Inhyeon yang langsung dibuang keluar istana dan Sukbin Choi yang akhirnya tinggal di istana Ihyeon sampai meninggal di sana.
    Ok Jung hanya bisa menjadi Ratu di dalam hati Sukjong wkkk



    ReplyDelete
  5. Apa mungkin gelar jo itu itu karena raja yeongjo berkuasa paling lama dalam sejarah joseon ya?trus raja taejo karena dia pendiri joseon...kalo masalah ibunya yaitu choi sukbin sangat dihormai oleh raja yeongjo aku kira semua raja sangat berbakti pada ibunya,contohnya aja sukjong yg walaupun ibunya jahat tetp nurut sama ibunya....jadi gak bisa jadi jaminan karakter sukbin sebenernya ky gimana jika cuma diliat dr rasa hormat sang raja pd ibunya hehehe....ini komen krn masih kesal liat tingkah sukwon disini X-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu setujuuuu hehe... Tp aku merasa ketiganya bukan org yg jahat deh, seandainya JOJ gak jadi ratu mungkin rakyat dan kita-kita ini gak akan menjudge dia merebut posisi ratu. Kisah poligami/perselingkuhan sudah banyak dari dulu tp kalo dilihat kaya gimana pun kita cenderung membela istri pertama, ya nggak? "Ya ampun tega bgt sih si A merebut suami org..." Contohnya begitu. Padahal bagi Sukjong ada alasannya, ratu gue gak punya anak + nyebelin bgt ga mau menerima wonja. Kemarahan sesaat membuatnya dia menaikkan JOJ. Atau membuktikan pd semua, klo wanita yg ia cintai apapun kastanya adalah wanita milik raja. Nunjukin powernya. Bener kt mba Tirza klo Choi sukbin lebih netral, mana anaknya jd raja yg memerintah cukup lama. Rakyat pasti menghormatinya. Dia sudah cukup puas, anaknya diangkat jd penerus Yi Yun krn Yun ga pny anak. Jd mau Sukjong pny selir lg its okay deh. Kesalahan JOJ yg terbesar adalah menginginkan posisi ratu dgn cara yg salah dan kecemburuan. Pdhl haram bagi ratu utk cemburu (kasihan deh ya semua ratu Joseon). Semua pasti punya cara masing-masing utk tetap bertahan di istana, entah caranya salah/benar. Gungnyeo jg wajar-wajar aja genit kok utk mendapatkan perhatian raja, siapa sih yg ga mau mendapat anugerah raja alias tidur ama dia kelak bisa jadi selir, hidup nyaman, sodara bisa jd pejabat hoho.

      @ Trivina: gelar Jo mungkin krn pada masa pemerintahannya mencapai masa keemasannya, krn Yi Yun kan cuma 4 tahun, dia meneruskan semua kerja Sukjong lho, pembangunan benteng, perputaran koin. Cukup sejahtera jd mgkn menerima gelar Jo

      Habis JOJ kebut Shark ya mba Tirza, please... Hehe thank you :)

      Delete
  6. Mba' tirza... Iyah hanya bisa menjadi ratu Θᵢ dalam hati sukjong... Klo yg dahulu kala critax sprti ini berarti rumor jelek ttg JOJ yg beredar dulu d masyarakat,yg itulah ttp d pertahankan dalam sejarah2.

    ReplyDelete
  7. unnie tirza, makasih banget sinopsisnya, di episode ini aq benar2 yakin sebenarnya cinta sukjong hanya untuk ok jung, politiklah yg menghancurkan hubungan mereka nantinya, menurutku sukwon sebenarnya tdk jahat, tp terlalu polos utk bisa dikendalikan partai seoin dan inhyeon.

    aq benar2 penasaran, di drama ok jung ini, alasan apa yg membuat sukjong benar2 memantapkan hati utk menghukum mati ok jung, dan di drama dong yi, saat hukuman sayak dilakukan, permintaan terakhir ok jung adalah agar sukjong melihat proses hukaman mati ok jung, bagaimana di drama ok jung ini?

    ditunggu episode selanjutnya ya unnie, semoga sehat selalu ya unnie tirza, jd cepat updatenya.. cihuuuuyyy :)

    ReplyDelete
  8. Congratz buat anaknya Tirza unnie yang ranking 4, semoga makin sukses diwaktu mendatang ya...
    Benaran choi sukbin genitnyta gak ketulungan, idih tambah sebel liatnya
    Sukjong cinta mati sama ok jung, hanya krn permainan politik jd mengorbankan perasaan cintanya ke ok jung. Penasaran sama endingnya, apakah ok jung mati krn dihukum minum sayak atau gimana? Ada yg tahu? :-D

    ReplyDelete
  9. makasih ya mbak tirta dah buat sinopsis yang bagus.
    Kl disini aku jadi jang ok juk, adanya novel itu harusnya jangan marah aja, bikin novel tandingan yang jauh lebih bagus, jadi rakyat kan ada second opinion. Opini ya dilawan dengan opini juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Khikmah, good idea, lha ini novel tandingannya : Jang Ok Jung sarange salda wkkkk... Ini second opinion-nya.

      Delete
  10. agak ga rela kalo sukbin itu di gambarkan sbg orang jahat, dia cuma alat sbnrnya dr pihak inhyeon ama raja buat kepentingan masing masing ..
    tapi kayaknya lama kelamaan sukjong jadi cinta beneran ama si sukbin smape akhir itu sih menurut aku. kalo dia keluar istana menurut di dong yi dia yang minta buat kepentingan rakyat kan ? semua ini yang tau cuma sukjong inhyeon ama ok jung asli yang bikin drama cuma memgembangkan fantasi doang XD

    ReplyDelete
  11. makasih banyak mbak dah bikin sinopsisnya. senang deh baca-baca di blog ini, malah aku sebelum nonton filmnya suka baca sinopsis dulu, sering gak paham kl nonton drama apalagi yang substitlenya amburadul.

    Di jang ok juk ini, kl musuh nyerangnya pake novel buat menggerakkan kebencian rakyat harusnya ok juk rekrut pengarang novel yang bagus buat bikin novel tandingan, jadi opini ya dilawan pake opini...jangan hanya marah aja.

    ReplyDelete
  12. binggungq, sebenernya yg jahat siapa ya terlalu banyak versi. masih terbawa dong yi jadi JOJ berasa tetep jahat, tapi disini kok sukbin terlalu negatif.

    ReplyDelete
  13. bingung deh,,,di dong yi choi sukwon kliatannya org yg hobi baca, org yg pinter..tp disini ga bisa baca..jd sejarah yg bener mn???

    ReplyDelete
  14. Ayo mbak tirza semangat bikin lanjutan ceritanya ya..bener bener ga sabar nunggu kelanjutannya..:D

    ReplyDelete
  15. Menurut saya kita nikmatin aja drama ini..org korea bikin drama jg utk dinikmati..dan yg lebih penting membuat org tau sejarah korea..walaupun banyak versi..tapi berhasil membuat kita jadi belajar dan mau tau sejarah korea kan..?jd ga penting utk tau siapa benar dan siapa yg salah..tapi cukup nikmati saja..korea berhasil membuat dunia mau tidak mau belajar ataupun mau cari tau tentang sejarah korea melalui dramanya..itu yg seharusnya dicontoh negara ini..memperkenalkan sejarah dgn cara yg bisa dinikmati semua..

    ReplyDelete
  16. jangan-jangan yi yun itu infertil gara-gara ulah partai seoin juga.. hmmm.

    ReplyDelete
  17. Moga moga Sukjong bakal bener bener cinta ama SukBin

    ReplyDelete
  18. bnr2 penasaran sampe nggak bisa toidur pingin tau lanjutannya wkwkwkwkw......klu liat cerita ini dan cinta yg bgt mendalam mmg heran jg sih kok raja bisa berpaling ke suk bin hehehe....bknnya suk bin meskipun anaknya 3 tp byk yg diragukan ya???klu nggak salah kan okjung jg punya anak 1 lg tp diragukan statusnya???

    ReplyDelete
  19. Dari awal sampe akhir tetp dukung dan setia sma Jang Ok Jung karena memang cinta pertama Sukjon itu dia dari kecil .. Siapa sih yang dari awal di tindas terus-terusan gk akan berubah jadi geram dan marah, itulah Ok Jung .. Namanya wanita pasti cemburu bila ada yg menandingi dan Ok Jung contohnya .. Mungkin ada baiknya Ok Jung menikah dengan Yi Su yg menjadi orang biasayg dikenalnya dan dicintainya dari kecil dibanding menikah dgn Yi su yg kebetulan raja, pasti gk ada selir"an dan kejahatan apapun ..

    ReplyDelete
  20. tetep setia dan dukung Jang Ok Jung, siapa sih yg kalau dari awal di tindas terus , psti akan geram dan marah kan, kesabaran itu ada batasnya .. wajar saja kalau cemburu dan itu tandanya dia sayang dan tidak ingin raja diambil oleh siapaun walaupun sebagai ratu harusnya sudah tau kensekuensi menjadi ratunya raja .. hmm coba Ok jung menikan dengan Yi Su pria biasa yg dicintainya dan di kenalnya dari kecil bukan Yi Su pria yg dia cintai yang kebetulan adalah raja , pasti hidupnya bahagia dan gk ada selir-seliran serta kejahatan ..

    mba aku mau nanya kenapa sih Raja harus mempunyai selir ??? apakah hanya karna maslah politik ???

    ReplyDelete
  21. liat epi 22 bner" mwek liat JOJ mnta sukjong melepskn tangn nya ,,dan turun dri gelar ratu..

    katnya ampe 24 episode ending,,di akhir epi 22 keliatan inhyeon and choi berlagak menang liat keadaan JOJ...
    ihhhh tatapn mereka bner" ..

    hope happy ending sukjong and jang ok jung

    ReplyDelete
  22. Kak tirza,,,aku penggemar sinopsis2 drama buatan kakak,,,tp baru pertama ikutan komen... ^_^
    Kalo bandingin versi Dong Yi sama versi JOJ,,,bikin galau,,,bingung mana yg beneran baik mana yg jahat >_<
    Hehehee
    Kalo choi musuri itu bukan choi sukbin/choi dong yi,,,apa episode selanjutkan bakalan muncul choi sukbin/choi dong yi??
    Hmmm,,,kak tirza,,,antara Dong Yi sama JOJ,,,mana yg paling mirip ma sejarah aslinya yg mana tho?? :)

    ReplyDelete
  23. inikan bukan kesalahan ok jung 100% tapi mengapa rakyat selalu membenci ok jung?

    ReplyDelete
  24. aku setuju sama nurida, inikan drama jadi sejarah aslinya hanya selipan aja.sisanya garapan si penulis.mengenai kebenarannya silahkan baca sejarah mengenai sukjong.menurutku di sana sdh cukup jelas jalan cerita dan alur sejarah sebenarnya.
    inhyeon, ok jung, sukbin masing2 punya penjabaran sendiri di sejarah.
    so, nikmati saja drama yg menarik ini.kebanyakan mikir yg mana yg bener sakit kepala loh , hihihi.

    ReplyDelete
  25. Kalo mnurut aQ, cerita ini emng bner" mndkati sejarah asli pada masa itu,tntunya penulis sudah melakukan bbrapa pnelitian ttg hal in sblum Drama in dtayangkan. Yeongjo itu kan raja yg pling lama brkuasa,tntu saja dia akan mmbela ibunya dan membiarkan sejarah yg bredar ttg jang ok jung itu bnar adanya.bisa saja dia yg mmbunuh kakaknya, mmbunuh anaknya aja tega. Nmanya jga Politik Kerajaan. Yg jelas mskipun Jang Ok jung tRkenal Haus kekuasaan dan darah tp dy ttp diingat sebagai selir yg melahirkan banyak karya trutama dunia fashion jaman kerajaan serta kosmetik. Sdgkan Anaknya mskipun tdk lama mnjadi Raja 4thn, MakamNya menjadi salah Satu Makam yg benar-benar dlindungi hingga saat ini... Krn Kbenaran pasti akan mnunjukan jalannya sndiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul..betul..menurut saya jg begitu..seorang anak tidak akan mungkin membiarkan sejarah menulis hal2 buruk mengenai keluarganya..apalagi jika berkuasa..jd sejarah yg benar atau yg salah kita jg tidak tau..segala sesuatunya di dunia ini bisa direkayasa..kebenaran yg asli hanya mereka yg hidup dan mengalami sendiri kejadian tersebut yg tau..

      Delete
  26. aduh aku sedih bgt say denger komennya, *lebay :P
    yeongjo nya jangan di kira2 yg membunuh gyeongjong dong say, tidak pernah ada catatan mengenai hal itu. dan sejarah itu ga akan boong, akan ada di mana keburukan di ungkap dan kebaikan di abadikan.
    kalau memang yoengjo di kira2 melakukan itu knp cerita ga di tulis seperti raja taejo atau sejo.
    mengenai pm sado yg meninggal silahkan sesekali liat kutipan buku The Memoirs of Lady Hyegyeong.aku pernah baca tp lupa linknya, di situ lady hyegyeong cerita gmn kisahnya raja yeongjo dan pm sado.
    apapun film yg aku lihat, aku sangat menghargai setiap penguasa yg ada dan menggambil opini selayaknya itu drama saja.thanks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku rasa Yeongjo gak membunuh Gyeongjong ya, hub mereka juga baik dan akur selama diasuh ratu Inwon, soalnya Sukjong sudah berpesan pd PM Yun jika nanti naik takhta ambillah adikmu jadi putra mahkotamu... Berarti penyakitnya parah dan udah ketahuan mandul. Tapi... Bisa aja sih dibunuh pelan-pelan pake racun hehe jd gak ketahuan kaya kisah ratu Munjong (ratunya Jang Geum) katanya dia yang meracuni putra mahkota agar anaknya bisa jadi penerus (PM nya anak dari ratu sebelumnya) tapi gak ketahuan atau ketahuannya pas dia udah meninggal jd aman bok.
      Sejarah ga bisa diganti karena semua tertulis dalam Annals/Shillok yang ditulis oleh sekretaris raja, tapi bisa saja dihapus oleh raja berikutnya apalagi jika raja sebelumnya tidak sejaya raja baru :)

      Delete
  27. http://sheilahad2pm-kpopmystars.com/jang-ok-jung-living-in-love-korean-drama-2013-1-22/

    ReplyDelete
  28. heheh, aku pernah baca artikel, seperti ini

    " Hulbert later adds (1905:162) that Concubine Jang
    told her son, the future King Gyeongjong, that if she
    was going to die he should die with her. He is
    reluctant to follow her demand and "she struck at
    him with an improvised weapon, a piece of wood.
    She succeeded only in wounding him, but it was in a
    portion of the body that rendered it impossible for
    him ever to have an heir." This incident is also
    brought up in the Cultural Heritage Administration
    book Visits to the Kings: A Journey Back to the 500-
    Year History of the Joseon Dynasty (2008:90), and in
    slightly more detail at that. (Presumably due to the
    100 year gap between Hulbert's work and this more
    recent offering.)
    When Royal Noble Consort Huibin from the Jang
    clan was killed, she pulled her son's penis, which
    made King Gyeongjong faint on the spot. This is said
    to have made him ill and eventually impotent. King
    Gyeongjong indeed suffered from ailments for 19
    years after his mother died, thereby ascending to the
    throne only to die four years later without producing
    a single child. "

    kalau memang rumor itu benar adanya, raja gyeogjong sudah menderita sakit jauh sebelum ia menjadi raja sehingga beliau mandul.

    ReplyDelete