Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Thursday, June 20, 2013

Jang Ok Jung episode 21 part 1

Ratu Jang murka karena mendengar Choi sudah tidur dengan Sukjong. Ia menyiksa Choi musuri. Sukjong tiba-tiba datang ke kediaman Ratu sambil membawa PM Yi Yun.
Sukjong terkejut dan tidak percaya saat melihat apa yang terjadi di depannya. Semua orang berusaha menyembunyikan keadaan sebenarnya.

Sukjong marah dan minta Yun dibawa pergi dulu, ia tidak ingin anaknya melihat ibunya bersikap seperti itu. Sukjong membentak Ratu, apa kau adalah orang seperti ini kalau aku tidak melihatnya?
Ratu Jang terkejut dan berusaha membela dirinya, tapi Raja sudah marah. Bahkan sapi dan kuda pun tidak diperlakukan seperti itu, bagaimana kau bisa mencambuk orang dengan kejam seperti itu?

Choi musuri tiba2 teriak, Yang Mulia..! tolong hukum saja saya. Saya membuat Yang Mulia Ratu merasa tidak senang, jadi saya pantas dihukum. (Rasanya ingin ceburin dia ke sumur asli.)
Untungnya Sukjong juga tidak terlalu terpengaruh dengan akting Choi. Ia memerintah semuanya, termasuk Choi untuk pergi meninggalkan mereka sendiri.

Dayang Uhm dan yang lain terpaksa jalan pergi. Mereka membantu Choi pergi dari situ. Tapi Choi sempat menoleh ke arah Ratu Jang dan menyeringai.
Ratu Jang tidak percaya dengan apa yang dilihatnya. Ia sekarang mengerti sudah menemukan tandingan baru.

Sukjong menunggu sampai mereka pergi semua lalu mulai bicara dengan Ratu Jang. Ia tidak mengerti apa salah Choi sampai membuat Ratu merasa tidak senang dan menghukumnya di depan semua orang?
Ratu Jang tidak percaya, bagaimana Sukjong bisa memihak Choi begitu saja tanpa mendengar penjelasannya lebih dulu. Ia tidak memukul Choi seperti kuda atau sapi. Ia hanya memberikan peringatan karena sikap Choi yang kasar.

Sukjong tahu, Ok Jung seperti itu karena Choi menerima anugerah darinya. Artinya, itu bukan masalah aturan dalam Naemyeongbu tapi ini soal kecemburuan. (Ada bedanya Ratu dengan selir, kalau Ratu memang dituntut tidak boleh cemburu dengan semua selir2 Raja yang memusingkan kepala.)
Ratu Jang berkata ia seperti ini karena ingin menegakkan aturan dalam Keputren. Ratu Jang minta Sukjong menyerahkan urusan ini padanya.
Sukjong : Menegakkan aturan Keputren dengan memukul dayang yang mendapat anugerah dariku? Kalau begitu, aku tidak punya pilihan selain menaikkan posisi Choi.

Ratu Jang syok. Yang Mulia?! Sebuah penunjukan?
Sukjong : Aku ingin kau mengangkatnya menjadi selir Level 4 Sukwon. Katanya kau bersedia menjadi partner politikku, paling tidak kau harus menunjukkan sikap pemurah.


Ratu Jang jatuh terduduk. Yang Mulia, bagaimana anda bisa melakukan ini pada saya? Anda janji tidak pernah melepaskan tangan saya. Bagaimana anda bisa melepaskan tangan saya seperti ini?
Sukjong tampak stres : Apa kau baru saja menuduhku melepaskan tanganmu? Aku berusaha begitu keras agar tidak melepaskan tanganmu!

Ratu Jang menangis dan mengingatkan Sukjong, ia datang ke istana melalui banyak rintangan hanya demi mencari Yi Sun. Tapi orang yang dicarinya adalah Raja. Dan ia mendapatkan banyak kesulitan karenanya, tapi Ok Jung tidak menganggap itu semua sebagai masalah. Saya hanya berpikir bahwa semua itu adalah harga yang harus saya bayar sebagai orang rendahan untuk mencintai Raja. Itulah mengapa saya ingin mengambil posisi Ratu.
Saya menginginkan posisi dimana saya bisa mencintai Yang Mulia sesuka saya tanpa ada orang yang protes. Tapi apa gunanya mendapatkan Yang Mulia? Kalau Yang Mulia ingin melepaskan tangan saya?

Sukjong : Aku tidak pernah ingin melepaskan tanganmu, aku hanya ingin kau bersikap sebagai Ratu sesuai posisimu saat ini. Sebagai Ibu negeri ini dan sebagai partner yang akan berjalan sampai akhir bersamaku, kuharap kau berpikir dengan serius bagaimana kau akan bersikap mulai sekarang. Dan soal insiden dengan dayang itu, kau harus menyelesaikannya dengan baik dengan cara mengangkatnya menjadi selir istana.
Inilah tugas sebagai Ratu.

Ratu Jang hancur hatinya. Ia ingin menjadi Ratu bukan karena masalah politik, ia hanya ingin berada di sisi pria yang dicintainya yang kebetulan adalah Raja. Sebagai Ratu, ia bisa mencintai Raja dengan bebas. Ratu Jang hanya bisa menangis dengan keputusan Sukjong.
Sukjong berbalik dan jalan pergi.
Dayang Hong tertawa terbahak-bahak. Sampai Inhyeon merasa heran dan tanya penyebabnya. Dayang Hong tidak menyangka perhatian Raja begitu mudah diambil dari kekuasaan Jang itu.
Tapi Inhyeon tidak tampak senang, ia merasa perhatian Raja sebenarnya jauh lebih solid dari yang mereka kira. Itu tidak akan hancur begitu mudahnya.
Dayang Hong tidak mengerti, apa maksud Yang Mulia?
Inhyeon : Aku merasa lebih takut pada Yang Mulia Raja.

Choi akhirnya diangkat menjadi Sukwon. Tgl 26 April tahun Geui, Choi musuri diangkat menjadi Selir istana level 4 Sukwon.
Semua dayang mengucapkan selamat pada Sukwon Mama yang baru.

Choi Sukwon menghadap Ratu Jang, ia menghormat dan duduk di depan Ratu.
Ratu Jang berkata takdir mereka bertiga, Mantan Ratu Min, dirinya dan Choi benar-benar luar biasa.

Choi Sukwon tersenyum dan berkata bukankah ia memang sudah berkata ingin seperti Yang Mulia Ratu sejak dulu. Ratu Jang komen, Choi bisa dikatakan beruntung dibanding para dayang yang mendapat anugerah Raja lainnya. Choi bisa langsung naik ke level Sukwon.
Ratu Jang : Tapi kau hanya akan sampai disini.

Choi menantang Ratu Jang : Bukankah saya akan mendapatkan anugerah Yang Mulia Raja untuk kedua kalinya, kalau saya bisa mendapatkan yang pertama? Dan kalau saya mengandung, saya juga bisa mendapat gelar Bin. Dan mungkin juga akan..
Ratu Jang memotongnya, mungkin seperti itu tidak akan terjadi! Sama seperti Raja yang ditunjuk oleh langit, posisi Ratu juga sama.
Ratu Jang bertemu dengan Perdana Menteri Jo dan wakilnya, mereka bingung bagaimana bisa perhatian Raja langsung beralih pada dayang rendahan Choi dan bagaimana posisi Sukwon diambil oleh dayang rendahan Choi itu?

Ratu kesal, bukan diambil. Aku yang memberikannya padanya! Tapi itu tidak penting sekarang, yang penting adalah bagaimana seorang budak yang biasa bekerja di keluarga Min masuk ke istana? Pasti ada orang dibelakangnya.

Menteri Jo tanya apa Ratu curiga bahwa mantan Ratu Min ada dibelakang Choi ini. Ratu Jang membenarkan. Ia yakin ada konspirasi untuk mengembalikan Min Inhyeon ke posisi Ratu.

Ratu Jang : Kembalinya Min ke posisi Ratu artinya partai Seoin akan kembali berkuasa dan itu akan membuat partai Namin jatuh. Dan itu mungkin akan langsung berkaitan dengan takdirku. Jadi, kalian harus mencari cara untuk membahasnya di dalam sidang dewan istana. Kalau ada konspirasi yang sedang berlangsung untuk mengembalikan Min lagi dan kalian harus menemukan buktinya.

Sukjong dan Hyeon Moo membahas masalah keseimbangan dalam dewan istana. Sukjong sudah memulainya dengan memasukkan beberapa anggota partai Seoin dalam kabinetnya untuk menjaga keseimbangan. Sukjong minta Hyeon Moo memberikan daftar nama pejabat baru pada Menteri HRD.
Hyeon Moo menerima keputusan itu tapi wajahnya kelihatan ragu. Sukjong tanya ada masalah apa.

Hyeon Moo : Ini mungkin bukan urusan saya, tapi Yang Mulia Ratu tampak sangat terluka. (wkk..Hyeon Moo ternyata fans Ok Jung. Bagaimanapun, Ok Jung yang mendisain rompi anti peluru mereka, jadi merasa hutang nyawa hehe)
Sukjong tersenyum tipis : Aku mengangkat seorang Selir bukan karena jatuh ke dalam perangkap partai Seoin. Aku hanya ingin mereka mengiranya seperti itu karena kepentingan saja. (Atau untuk kepentingan politiknya.)
Dan juga sebagai peringatan pada partai Namin agar tidak malas hanya karena memiliki dukungan dari Ratu.

Hyeon Moo mengerti dan jalan pergi. Sukjong hanya tersenyum.

Sukjong mengeluarkan kertas dengan nama Jang Hyeon. Ia kelihatan marah, Jang Hyeon..aku tidak bisa diam saja.
Jang Hyeon sedang sibuk menyalin laporan dalam sebuah buku. Ia kelihatan gelisah dan memasukkan buku itu dalam kotak lalu menyembunyikannya dalam lemari rahasia.
Kwang San masuk dan mengatakan ada pesan dari istana.

Sukjong memanggil Jang Hyeon. Keduanya bicara dengan santai seperti biasa. Jang Hyeon tanya apa Raja masih merasa kecewa karena ia tidak bisa memberikan bubuk mesiu pesanan Raja. Sukjong ketawa, ia bukan pria berpikiran sempit dan sudah melupakannya. Tapi ada informasi lain yang mengganggunya.
Di saat bersamaan, Hyeon Moo dan pasukan Raja menyerbu kediaman Jang Hyeon. Mereka menggeledah kediaman itu. Kwang san melihatnya, ia cepat2 masuk untuk menyelamatkan catatan rahasia majikannya.
Hyeon Moo dan anak buahnya masuk ke kamar itu dan menyergap Kwang San.

Sukjong tanya apa Jang Hyeon begitu ingin ditunjuk menjadi Ayah mertua negeri ini, Guk Gu?
Jang Hyeon membenarkan, ia sudah sampai disini hanya untuk gelar itu dan ia bersedia melakukan apapun demi gelar itu.

Sukjong ketawa, tidak perlu seperti itu. Tapi Sukjong tidak bisa memberikan gelar itu, kalau ia melakukannya ia tidak berbakti kepada mendiang ibunya.
Kemarahan akan kematian ibuku di tangan keji besannya akan semakin besar.
Jang Hyeon pura-pura tidak mengerti maksud Sukjong.

Sukjong marah : Memang benar ibuku sakit parah saat itu, tapi kau membuat akhir hidup ibuku jadi lebih cepat. Kau meminta tabib istana yang kau anggap sebagai pelayanmu dan menggunakan Aconitum (BuJa, bunga buttercup. Bisa menjadi obat pilek, radang paru2, asma, tapi juga ada racunnya.)
Jang Hyeon terkejut tapi tetap menyangkal dan berkata itu hanya salah paham. Sukjong teriak memanggil tabib HWang.

Hyeon Moo masuk dan mendorong tabib Hwang di depan Sukjong. Sukjong memerintah Hwang mengatakan apa yang ia katakan sebelumnya.

Tabib Hwang mengaku, ia sudah diminta Jang Hyeon untuk memasukkan aconitum dalam obat Ibu Suri Myeongseong. Tolong ambil saja nyawa saya Yang Mulia. Jang Hyeon membentak Hwang, beraninya kau memfitnahku!
Sukjong jadi marah, memfitnah?!
Jang Hyeon mohon pada Raja untuk menjelaskan semuanya. Sukjong bersedia mendengarnya.

Jang Hyeon : Yang Mulia tahu bahwa mendiang Ibu Suri telah menyebabkan penderitaan yang begitu besar kepada Ratu yang sekarang. Ratu hampir minum obat infertil dan dia juga pernah keguguran. Ratu sangat marah dan sedih, jadi saya melakukannya untuk meredakan marahnya.
Sukjong murka, Jadi kau melakukan hal mengerikan itu?!
Jang Hyeon beralasan : Ini karena Yang Mulia sangat mencintai Ratu. Saya hanya ingin melindungi Ratu dan mengharapkan kebahagiaan Ratu.

Sukjong membentaknya, tutup mulutmu sebelum aku tarik lidahmu keluar. Kau melakukannya demi keuntunganmu sendiri dan kau tidak mau disalahkan serta menyeret Ratu ke dalamnya? Aku tidak tahan lagi mendengarnya.

Jang Hyeon tanya apa Raja akan menahan paman Ratu karena meracuni Ibu Suri? Lalu bagaimana dengan Ratu, bagaimana Raja bisa memastikan garis keturunan Putra Mahkota yang tanpa cela kalau Paman dari ibunya membunuh Neneknya sendiri?

Sukjong tahu Jang Hyeon pasti akan mengatakan itu. Kau benar2 pedagang yang sangat licin. Membuat Ratu dan Putra Mahkota terlibat lalu mencoba menyelamatkan dirimu sendiri. Jadi aku sudah menyiapkan cara untuk menyingkirkanmu dan menyelamatkan Putra Mahkotaku. Raja meminta bukti yang ditemukan Hyeon Moo. Hyeon Moo memberikan kotak rahasia Jang Hyeon.
Sukjong mengambil buku catatan di dalamnya dan menunjukkan itu ke Jang Hyeon. Semua nama-nama para Menteri ada disini. Kau menyuap Menteri2 Seoin untuk banyak kesempatan. Sukjong melempar buku itu ke arah Jang Hyeon, ini adalah buku catatanmu selama lebih dari 10 th!

Jang Hyeon masih tidak mau mundur, dan berkata bahwa Raja tidak bisa menyingkirkan dirinya.
Sukjong : Kalau begitu, kau tidak seharusnya menggigit tumit tuanmu! Kalau kau bersalah, kau harus membayarnya!
Jang Hyeon : Yang Mulia, apa yang akan anda lakukan kalau Yang Mulia Ratu juga melakukan kejahatan yang sama seperti saya?
Sukjong : Kejahatan yang sama? Apa yang dilakukan Ratu?

Jang Hyeon ketawa, anda sudah mengetahuinya. Itulah mengapa anda menutupi kejahatan itu dan mencoba menjebak saya hanya dengan buku catatan keuangan ini.

Sukjong kesal, kau sudah tersudut dan sekarang jadi gila. Hyeon Moo! Tangkap orang ini karena sudah menyuap pejabat! Aku akan mengadakan pemeriksaan menyeluruh.

Hyeon Moo mengerti dan langsung memerintah anak buahnya menyeret Jang Hyeon. Jang Hyeon teriak2, Yang Mulia..anda tidak bisa melakukan ini. Saya adalah paman Putra Mahkota! Ini salah paham Yang Mulia! Yang Mulia!

Setelah Jang Hyeon pergi, Sukjong murka dan membalikkan mejanya.
Jang Hyeon dimasukkan ke penjara. Ia ketawa, dan tetap menginginkan gelar Gukgu sebelum mati untuk menenangkan arwah Hong Joo putrinya.

Paginya, Ratu bertemu Menteri Jo dan asisten-nya. Ia baru mendengar soal pamannya yang dijebloskan ke penjara.
Ratu Jang langsung menemui Sukjong dan tanya soal ini. Kenapa pamannya ditangkap.
Sukjong hanya berkata kalau Ratu sebaiknya tanya saja langsung pada Jang Hyeon. Tentang semua kejahatan yang dilakukannya.
Ratu Jang pergi ke penjara dan menemui pamannya. Apa yang terjadi denganmu Paman? Jang Hyeon hanya ketawa, ia berkata kejahatannya simpel tapi pemeriksaannya pasti rumit. Yang ia lakukan adalah menambahkan Aconitum dalam obat Ibu Suri tapi ia dituduh menyuap para pejabat.

Ratu menangis, bagaimana Paman bisa begitu tenang setelah melakukan kejahatan mengerikan itu?
Jang Hyeon tidak senang, ia tidak ingin mendengar Ratu berkata seperti itu.  Ratu tanya kenapa ia tidak boleh bertanya seperti itu.

Jang Hyeon : Ini semua terjadi untuk membuat Jang Ok Jung menjadi Ratu. Kalau tidak, untuk apa saya memasukkan aconitum ke dalam obat Ibu Suri? Kalau bukan untuk anda?
Sukjong jalan ke penjara dan mendengar percakapan mereka.

Ratu Jang : Bukan, ini semua karena keserakahan paman sendiri. Dia adalah ibu dari orang yang paling berharga di dunia ini untukku, meskipun aku tidak menyukainya, bagaimana aku bisa mencelakai ibu dari orang yang paling kucintai?
Paman, kumohon jangan mempersulit Yang Mulia Raja lagi. Apa paman bisa pergi saja? (Dari Joseon) Aku akan memohon agar Yang Mulia mengampunimu.

Jang Hyeon tidak mau mengalah, ia selalu mendapatkan apa yang ia inginkan. Seperti gelar Gukgu. (ampun deh manusia satu ini)
Ratu Jang marah kali ini, itulah mengapa kau mencuri toko guruku dan membuatnya terbunuh. Kalau aku tahu sejak awal, aku tidak akan pernah bersedia bekerja sama dengan paman. Kukira belum terlambat. Aku akan memutuskan semua hubungan denganmu mulai sekarang.
Jang Hyeon ketawa, hubungan darah tidak bisa diputuskan. Kartu mana yang harus saya mainkan untuk Yang Mulia Raja agar mengampuni saya dan memberikan gelar Gukgu. Jang Hyeon ketawa seperti orang gila.
Ratu Jang tidak percaya dengan kegilaan pamannya.

Sukjong merenung dan memikirkan kata-kata Ok Jung yang didengarnya tadi. Sukjong tampak lega tapi ia tetap merasa pusing.
Kasim Yang masuk dan minta ijin mengatakan jadwal Raja hari ini. Sukjong menghela nafas dan mengijinkan. Hari ini Raja harus bertemu dengan Gubernur dari 8 propinsi untuk masalah pajak dan P. Dong Pyeong juga sudah kembali dari Qing sebagai Duta Besar.

Sukjong kelihatan semangat, Paman Dong Pyeong sudah kembali?

P. Dong Pyeong bertemu Jang Hee Jae. Ia kelihatan cemas, apa maksudnya Raja sudah memiliki selir baru dan Petugas Jang ditahan?
Hee Jae tidak tahu mengurus masalah pamanya karena mereka semua punya hubungan keluarga.

P. Dong Pyeong langsung mencemaskan Ok Jungnya, bagaimana keadaan Yang Mulia Ratu?

Pertemuan Sukjong dengan Gubernur dari 8 Propinsi terpaksa ditunda karena para Gubernur itu sakit dan kelelahan. Raja mengerti dan memerintah tabib istana untuk memeriksa para gubernur itu.
Sukjong awalnya ingin kembali ke kediamannya tapi berubah pikiran dan memutuskan pergi ke kediaman Ratu.

Siapa lagi yang ada di kediaman Ratu kalau bukan P. Dong Pyeong. Ia sangat mencemaskan Ratu dan tidak mengerti bagaimana Raja bisa dengan mudahnya mengambil selir baru. Lalu bagaimana Jang Hyeon bisa dimasukkan ke penjara. Ini semua terjadi saat ia ada di Qing. Ratu juga tidak mengerti.
P. Dong Pyeong yakin, pasti ada alasannya. Tidak peduli keputusan darah dingin apa yang diambil Raja, Yang Mulia selalu memikirkan Ratu. (P. Dong Pyeong ini tahu benar karakter Sukjong). Ratu Jang tersenyum, kenyataannya Yang Mulia memiliki selir baru.

Sukjong tiba di depan kediaman Ratu tanpa pemberitahuan. Dayang Uhm terkejut melihat Raja. Reaksi Uhm membuat Sukjong curiga, memangnya siapa yang ada di dalam kamar? Dayang Uhm bingung menjawabnya.
P. Dong Pyeong sedang berkata :  Itu semua pasti untuk Yang Mulia Ratu..

Tiba-tiba Sukjong membuka pintu kamar Ratu, wajahnya muram, lalu pura2 memasang senyum lebar saat melihat P. Dong Pyeong. Apa yang akan dilakukan paman Dong Pyeong untuk Ratuku?

Ratu Jang dan P. Dong Pyeong langsung berdiri. Ratu Jang tersenyum, Yang Mulia apa yang membuat anda datang kesini tanpa pemberitahuan sebelumnya?

Sukjong pura2 terkejut, astaga..sejak kapan statusku jatuh sampai aku harus mengumumkan kedatanganku dulu? Ratu Jang tertegun dengan tanggapan Raja.
P. Dong Pyeong mencoba mendinginkan suasana. Apa maksud Yang Mulia dengan jatuh? wanita selalu ingin tampil cantik di depan suami mereka. Jadi Yang Mulia Ratu perlu waktu untuk menyiapkan diri.
Sukjong memaksakan diri tersenyum. Lalu mengajak mereka duduk. P. Dong Pyeong bisa merasakan bahwa Raja cemburu dan curiga kepadanya.

Sukjong langsung berkata ia kecewa pada P. Dong Pyeong, kau seharusnya datang menemuiku lebih dulu setelah kau kembali dari perjalanan.
P. Dong Pyeong terkejut dan segera minta maaf pada Raja. Saya bertemu Jang Hee Jae dan ia pamer soal jabatan barunya, akhirnya saya datang untuk mengucapkan selamat pada Ratu. Alasan yang lemah dan membuat Sukjong semakin menyindirnya, ah benar juga..P. Dong Pyeong, Ratu dan kakak iparku sudah seperti saudara kandung.

Ratu Jang tanya apa ia perlu menyiapkan makanan ringan untuk Raja. Sukjong menolak, itu tidak perlu. Aku mampir untuk melihatmu dan sekarang aku sudah melihatmu. Sukjong menoleh ke arah pamannya, ..dan juga kau kedatangan tamu.

Sukjong tersenyum, silahkan lanjutkan paman Dong Pyeong. Baik Ratu maupun P. Dong Pyeong tahu bahwa Sukjong sedang marah. Keduanya tampak tegang. Raja berdiri dan jalan pergi.

P. Dong Pyeong menghela nafas, ia sadar sudah membuat Yang Mulia Raja marah. Ratu Jang mengerti dan berkata akan menyusul Raja.

Sukjong pasti benar-benar kesal, karena ia langsung pergi ke lapangan memanah dan langsung menembak tanpa ganti baju. Biasanya Raja ganti baju dulu.
Tiba-tiba Choi SukWon muncul, tolong ajari saya, Yang Mulia.
Sukjong heran, apa yang membawamu kesini Sukwon? Choi Sukwon berkata ia kebetulan lewat dan mendengar bahwa Raja ada disini.

Sukjong tidak percaya begitu saja, kebetulan.. aku sudah lama tidak mendengar tentang kata itu (kebetulan). Kau datang jauh2 dari sana secara kebetulan? Sukjong tidak suka Choi Sukwon ada di lapangan memanah ini, seorang selir tidak seharusnya ada disini. Lain kali...
Sukjong hampir meminta Choi Sukwon pergi saat ia melihat Ratu Jang bersama rombongan. Sukjong memutuskan akting. Sukjong masih cemburu dan ia memutuskan membuat Ratu kesal. Sukjong menarik Choi Sukwon dan pura2 mengajarinya memanah.

Ratu Jang terkejut melihatnya dan merasa sakit hati. Hee Jae yang juga ada dalam rombongan Ratu kelihatan sedih melihat adiknya. Sukjong semakin menunjukkan kemesraan dengan Sukwon, apa kau bisa menangkap kelinci kalau seperti ini?
Ratu Jang tidak tahan lagi dan berbalik pergi. Hee Jae dan semuanya langsung mengikuti Ratu.
Sukjong melihat Ratu Jang pergi. Wajahnya berubah dingin lagi dan langsung melepaskan pelukannya di bahu Sukwon. Choi Sukwon masih belum sadar, Yang Mulia...terus bagaimana?
Sukjong : Pergilah sekarang.

Choi Sukwon bingung, tapi Sukjong dengan dingin memerintahnya untuk segera pergi. Sukwon masih ingin menembakkan panah sekali saja. Sukjong membentaknya, pergi kataku! Choi Sukwon ketakutan dan langsung meletakkan busurnya. Ia membungkuk dan jalan pergi.
P. Dong Pyeong datang dan hanya melirik sekilas pada Sukwon, Ada yang harus saya katakan pada anda, Yang Mulia.
Sukjong hanya menatap dingin pamannya. Sukjong terluka, itu sebabnya ia melukai Ok Jung dan sekarang Sukjong yang lebih terluka.

to be continued...


Ok Jung [1], [2], [3], [4], [5], [6], [7], [8], [9], [10], [11], [12], [13], [14], [15], [16-1], [16-2], [17], [18], [19], [20]

Notes :
Aku bagi 2, karena belum selesai, untuk mengobati rasa penasaran wkk...lanjutannya nanti kalau tidak besok ok?!
Mungkin yang membuat serial Dong Yi - MBC itu keturunan Partai Seoin dan serial JOJ ini mungkin keturunan Partai Namin :)

Tapi yang menarik, baik Ratu Inhyeon maupun Jang Hee Bin meninggal di Changdeok Palace, hanya Choi Sukbin yang meninggal di kediaman pribadi Ihyeon Palace. Apa jangan2 setelah melahirkan anak, Sukbin diusir Sukjong? kalau melihat tabiat Sukjong. Lalu posisinya diganti Park Myeong Bin yang sudah melahirkan P. Yeonryeong untuk Sukjong? oh istana..

70 comments:

  1. bener-bener ga suka liat dayang choi, pencuri.....pengen ceburin ke sumur seperti kata kak tirza..sokjung juga nich cari masalah. kasi harapan ke choi jadinya begini dech...kacau....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bantuin mba nuri dan mba tirza ceburin choo ke sumur hehehe... tapi emang bener kt mba tirza, yg writernim nya dong yi vs writernimnya joj beda partai.

      Delete
  2. waaaaaaa Eonni tirza... ak jg bingung, ini koq rada beda sama di drama Dong-Yi, beda (mungkin bs dibilang banget), haduuuhhh pusiaaannng liat 2 drama ini... sangat2 complicated , yg bener yg mana ya eonnni???

    ReplyDelete
  3. mmm, aku cm bingung salahnya choi sukwon di sini apa ya? krn aku ga melihat celah dia salah selain genitnya yang selalu berusaha menarik perhatian sukjong.

    mengenai dia pake cara apa untuk bs dapet anugerah,atau mengenai dia pake cara apa untuk dapet gelar sukwon itu bukan sesuatu yg licik menurut aku.

    semua orang di istana pada masanya mungkin jg akan berlomba2 menarik perhatian raja dengan cara masing2.sama seperti perempuan naksi lelaki dan ingin sama orang itu.

    sejauh ini aku tidak melihat sesuatu yg salah dengan cara choi sukwon meraih apa yg dia raih.kalaupun kedepannya salah itu lain lagi.

    yang di lakukan ok jung sampai menjadi ratu ada bagian2 di mana ok jung lebih licik caranya di banding dia sampai episode ini.

    ReplyDelete
  4. Stju sma coment yg kmrin, knpa choi tdak hdir seelgan okjung. Seorg wnta yg cntik dan pntar. Bkan sprti skrang, udh lcik, jhat pula.
    Pgmarnya dongyi it kan byk, klo mau mnarik fansnya dongyi buat nton drma ini, choi dibkin baik. Dgan krakter choi yg skrg mlah pgmarnya brkurg, tp nkmati aja deh....

    ReplyDelete
  5. berarti hanya Inhyeon yang mengerti perasaan dan tabiat sukjong. dan memang dia lah yang pantas menjadi ratu karena sikapnya itu, juga karena dari kecil sudah dididik untuk posisi ratu.

    hee bin ga pantas menjadi ratu karena kecemburuan dan keserakahannya. lagi juga hee bin menjadi ratu karena sukjong cinta sama dia.

    boleh dibilang, klo inhyeon ditakdirkan menjadi ratu, sedangkan hee bin ditakdirkan untuk dicintai sukjong.

    tengkyu ya tirza... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul :) inget ga kata Sukjong waktu dia bingung yang kasus racun ibu suri di drama Dong Yi?
      "Inhyeon adalah ratu yang loyal dan sudah menjadi ratu yang mendukungku selama ini, Jang heebin adalah wanita yang sudah kucintai dalam waktu yang lama... Aku bingung, tapi salah satu dari mereka berbohong"

      Delete
  6. thanks banget sinopnya mba tirza, ga sabar dg cerita selanjutnya..
    kasian jg sukjong, tidak ada yang bisa ia percaya lagi, seperti yang tidakutkan Hyeon Moo..
    apakan menjadi raja berarti tidak bisa mempercayai siapapun kecuali dirnya sendiri..
    hmmmmmmmmmmm...kasian kasian kasian,,

    ReplyDelete
  7. oooooo ternyata klo disini choi sukbin cuma dijadikan alat aja, sukjong tetep mencintai ok jung

    ReplyDelete
  8. Thanks Mbak. Ditunggu part 2nya :)

    ReplyDelete
  9. zzzzzz sukwon yang ini sama yang di dong yi beda banget -___-
    muka licik ny keliatan banget -_-"
    tinggal beberapa episode laji ok jung tamat :(( huuh~
    tetap semangat yaa buat mba tirza ngelanjutin recap sinopsis ny :))

    ReplyDelete
  10. wahhh jadi penasaran banget sama kelanjutan ceritanya :D

    ReplyDelete
  11. makasih sinopsisnya unnie, benar-benar daeebakk... aku senang sebenarnya sukjong masih sangat cinta sm ok jung, tp sukjong belum pengalaman nih, krn kecemburuan perempuan bisa membuat gelap mata, ok jung jadi jahat deh.. T_T

    menurut pendapatku semua yg terjadi sm ingyeong, inhyeon, ok jung dan choi musuri, semuanya disebabkan sukjong dan politik istana.. tragis

    dan jika dilihat dr versi drama ok jung ini, memang masuk akal ok jung bisa jadi sejahat itu, krn jika aku jd okjung mungkin jg tak sanggup melihat orang yg paling kucintai semudah itu berpaling... sakitnya hati ini.. maaf unnie jd lebay gini, kepanjangan lg komentnya... bhwaa.. jgn marah unnie :P

    ReplyDelete
  12. Ternyata sukjong sangat mengerikan kalo lagi marah, ommo... Kasian jg liat P. Dong pyeong, sudah patah hati masih tetap perhatian ke sukjong T_T
    Saya koq lebih suka lihat P. Dong pyeong jadian sama Ok jung

    ReplyDelete
  13. Itu yg jd choi sukwon bibir'a pengen tak sobek" ! Gemes !! Mb , Park Myeong Bin itu siapa sih ? Selir kah ?

    ReplyDelete
  14. SlaM knaL...,comment prtama nich,,,
    Mksih sinopsis'N̶̲̥̅̊y̶̲̥̅̊A̶̲̥̅̊,,,
    Gåå' tega baca'N̶̲̥̅̊y̶̲̥̅̊A̶̲̥̅̊,tp pnasaran pngeN tau cerita'N̶̲̥̅̊y̶̲̥̅̊A̶̲̥̅̊,S̤̥̈̊є̲̣̥є̲̣̣̣̥♍ªªªηgªª†̥ lnjutin sinopsis'N̶̲̥̅̊y̶̲̥̅̊A̶̲̥̅̊ Ɣªǟ ... ????

    ReplyDelete
  15. wow, walaupun genit dan gmn g2, aku suka ada yang mengusik ketenangan Ratu Jang, kayak-nya sang ratu gak bakaln bisa tidur dengan nyenyak nih hehe sprt-y ratu jang bakaln byk melakukn kesalhn krn selir choi ini.

    aku penasaran bgmn drama ini akan menggambarkn sbh pristiwa dimana ratu inhyeon kembali masuk istana, kalo di Dong-yi khan uda jelas krn ratu tidak bersalah,

    aku penasaran apa sebenr-nya yg terjadi pada sukjong hingga menarik ratu inhyeon kembali ke istana, apa mungkin itu slah stu taktik sukjong?

    ReplyDelete
  16. Di tunggu lanjutannya ....
    semakin penasaran hehehe
    bagus banget ceritanya

    ReplyDelete
  17. Kalau dibandingkan antara Dong Yi dan Jang Ok Jeong, drama mana ya yg paling mendekati sejarah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo d liat dr drama sebelum sebelumnya kayanya lebih asli yang dong yi, soalnya d drama2 sebelumnya jang hee bin itu jahat bgt ! di liatin juga pas dia manah boneka2an biar ratu inhyeon mati
      mungkin drama jang ok jung yg ini versi yang lebih drama kali, walau nyerempet dr versi asli

      Delete
    2. maaf unnie, aq jg pengen mengutarakan pendapatku, kalo menurutku, drama ok jung ini yg lebih mendekati sejarah aslinya, yg membuat aq ngangguk2 kepala, alasannya, yang pertama di sejarah aslinya mmg ada novel Sa Ssi Nam Jeong Gi, ttg selir gyo yg jahat dan merebut tahta ratu, menurutku itu politik dr partai seoin yg membela inhyeon agar menjatuhkan ok jung, dan mengambil hati rakyat, dan kedua choi sukwon di sejarahnya gak bisa membaca alias buta huruf, sesuai dgn drama ok jung ini...

      itu menurut pendapatku lho unnie-unnie.. :)

      Delete
  18. Raja..raja...dan raja....semua tentang ambisi sukjong. dari episode ini hal yang paling mengerikan adalah seringai nya choi...terlihat licik dan penuh trik.
    choi hamil???? gimana bisa? knp tidurnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhhh iya Mbak Vie, itu juga yang bikin aku rada galau (agak lebay yah), gimana bisa Si Choi hamil???? di episode 20 cuma tidur di kamar Sukjong tapi gak ngapa-ngapain (just sleep. no more) di episode 21 juga gak ada adegan (maaf) ranjang antara Sukjong-Choi Sukwon, tapi kenapa di episode 22 si selir ganjen itu bisa hamil???
      really i hate her so much !!! she's like a witch evil !!! senyum liciknya itu ngajak banget buat ditonjok deh, sumpah :(

      Delete
  19. makin kesini rasanya makin enek aja sama dong yi ..
    padahal dulu ngefans banget ..
    hahha ..


    perasaan dulu waktu di drama dong yi, meskipun ratu jang jahat, kayanya masih biasa aja ga sampe enek ..
    tapi kenapa sekarang liat dong yi disini jadi enek ya ..
    hahha ..

    jadi ngebayangin gimana kalo misalkan dong yi "Han Hyo Joo" segenit itu ..
    hahha .. *abaikan*


    tapi jadi penasaran juga, sebenernya sosok dong yi yang sebenernya kaya gimana ya ?
    versi jewel in the palace atau versi jang ok jung ??
    hahhahha .. *puyeng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh emangnya di jewel in the palace nyritain di dong yi juga ya?

      Delete
    2. maksudnya jewel in the crown ..
      hahha ..

      mian, salah fokus nih ..
      kekke ..

      Delete
  20. Wooooowww....seruuu...trimakasih sinopsisnya ya mba triza.....

    ReplyDelete
  21. Thanks sinopsisnya Tirza..
    Hadu si Choi ini disini ϑĭ seting menjengkelkan sekali, tp Choi ini sebenernya blm tidur dg Sukjong kan ya? Lalu dia akan melahirkan pangeran ƴªחģ jd saingannya Yi Yun?

    Maaf Tirza mau tanya Park Myong Bin ini selir yang mana lg ya?
    Pusing selir sukjong banyak

    ReplyDelete
  22. Kecewa dngn karakter choi sukbin disini :( secara saya adlh penggemar choi dong yi . Tp anggap ªĴª pendapat tirza bener, Ќªĺ☺ penulis Dong yi keturunan partai seoin dan penulis JOJ keturunan partai namin ƗƚɑƗƚɑƗƚɑƗƚɑƗƚɑ
    Terima kasih sinop лųà tirza,,,ditunggu part 2 лųà :)

    ReplyDelete
  23. To all, ya memang ep 21 ini aku bagi dua, karena tadi ambil rapor t dulu wkkk...yg udah jd ortu :) Anakku naik kelas, ranking 4, Praise God ^^
    part 2 menyusul ya

    Park Myeong-bin itu selir lain setelah Choi Sukbin. Dia melahirkan pangeran juga lo, dan dari golongan Yangban. Selir Sukjong memang banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat yah mba'anakx peringkat Ӄҿ 4... Mba' tirza nama akun twitterx ȃƥᵃ?

      Sy benar2 galau gara2 drama ini,soalx bakal sad ending... Klo sj bkn kim tae hee sm yOo ah in yg perankan sy mgkin tdk akan segalau ini(soalx ngefans sm mrk)... Tp klo bkn mrk ber-2 yg mainkan ȃƥᵃ chemistryx akan sekuat ini yah... *ckckckckck Raja sukjong benar2 membagi hati dgn bbrp ratu n bnyk selir.

      Delete
    2. Hahahahaha kayanya mba Tirza harus bikin tulisan khusus ttg Sukjong nih :P

      Sedikit aja nih dari wikipedia dan world encyclopedia:
      Yi Sun aka Sukjong
      Bini:
      1. Queen Ingyeong of the Kim clan
      2. Queen Inhyeon of the Yeoheung Min clan
      3. Queen Inwon of the Gyeongju Kim clan
      4. Royal Noble Consort Hui of the Indong Jang clan aka Jang Heebin
      5. Royal Noble Consort Suk of the Haeju Choi/Choe clan aka Choi sukbin
      6. Royal Noble Consort Myeong of the Miryang Park clan aka Park Myeongbin
      7. Royal Noble Consort Yeong of the Kim clan aka Kim Yeongbin
      8. Kim Gwi-in
      9. Yoo So-ui
      10. Choi So-ui
      Anak:
      1. Crown Prince Yi Yun (1688-1724) to become Gyeongjong of Joseon, son of Jang Heebin
      2. Prince Seongsu (disputed) son of Jang Heebin.
      3. Prince Yeongsu (disputed) son of Choi sukbin.
      4. Prince Yeoning aka Yi Geum (1694–1776), to become Yeongjo of Joseon, only known son of Choi sukbin.
      5. An unnamed (disputed) Choi sukbin.
      6. Prince Yeonryeong (1699–1719), the only son of Park Myeongbin.
      7. An unknown (disputed) only son of Choi So-ui.
      8. 2 unnamed daughters of Queen Ingyeong

      Yang disputed itu ya gatau meninggal sakit atau keguguran, yang pasti Choi sukbin 3x punya anak lelaki bok. Pasti disayang suamilah wkk. Kalau anaknya Ratu Ingyeong emang meninggal pas dilahirkan :)

      Ga usah heran kenapa istrinya banyak, kalo ga salah raja Sejong istrinya 14 ya mbak Tirza? Raja Majapahit dulu juga istrinya banyak. Cuma bapaknya Sukjong yang gak punya selir. Aku kasihan sama Inhyeon dan Inwon yang ga punya anak, apakah jadi ratu cuma untuk mengangkat selir lainnya, gimana rasanya menahan perasaan? Apakah sedalam itu cinta dan penyesalannya pada Okjung sehingga dia bikin UU melarang selir naik jadi ratu? (hanya JOJ ratu trakhir dari kasta rendah)

      Delete
  24. salam kenal
    hmmm selirnya sukjong buanyak bgt ya .....aku pernah baca selain park myeong bin selirnya sukjong masih banyak

    ReplyDelete
  25. Mbak Tirzaaaaaa....... please help me !!! Barusan aku streaming JOJ episode 22, aku nonton pake bahasa korea asli (subtitle indonesinya gak ada), jadi cuma nontonin gambarnya doang gak ngerti bahasanya :( kok yang aku liat di episode 22 si Cho Sukwon'nya hamil?????? otokeeee......
    Kan kan kaaaaan dia di episode 20 tidur di kamar Sukjong yah Mbak, tp gak di apa-apain kan sama Sukjong??? Episode 21 aku nonton juga gak ada scene Sukjong tidur sama Selir ganjen bin gatel itu, tapiiiiii kenapa dia bisa hamil di episode 22 ???
    Please Mbak Tirza tolong dijawab, soalnya aku gak ngerti nonton pake bahasa korea, jadi cuma ngira-ngira aja :(
    Atau teman-teman yg lain udah ada yg nonton episode 22 ?? kalo ada yg sudah nonton, bisa tolong dijelaskan kenapa si selir ganjen bin genit itu bisa hamil???
    Gomawoooooo.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu cuma akal2lan mentri kim biar kakaknya ok jung kasih racun dan ok jung turun.menggunakan cara yang sma buat nurun ratu

      Delete
    2. Dia pura-pura hamil, itu taktiknya Chi Soo aja. Kakak JOJ si Hee Jae lalu ngeracunin dia kan? Sehingga ada alasan nurunin Okjung dari ratu, padahal JOJ sendiri yang minta diturunkan krn kasihan melihat Sukjong ditekan.

      Delete
    3. Oooh gitu yah Mbak, jadi si Choi itu gak beneran hamil yah... aku kurang jelas soalnya nonton streaming no subtitle :D
      Thanks Mbak infonya... kekeke ^^

      Delete
  26. Waaah....tmbah serru -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank ☺ You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ mba tirza.klo mnrut aq sih JoJ pling mndekati sjrah yg sbenarnya. Yg jelas keliatan bnget sukjong sngat mncintai ratu jang. Huuuuu....endingnya psti bkin tmbah cenat cenut...

    ReplyDelete
  27. Pengen cabik2 mukanya choi!!! Beneran deh mba, berbeda 180derajat ama dong yi..

    ReplyDelete
  28. Whuaa ! seru namanya cerita sejarah jadi banyak versi!
    Kalau inheyon sama karakternya di joj dan dong yi sebagai ratu yg sabar, juga jang ok sebagai selir kesayangan(putranya langsung jd putra mahkota) nha.. tinggal si choi ini yg 'misterius'versi joj si penggoda yg diperalat, versi dong yi wanita lembut yg dicintai raja. Tapi bener juga ya kenapa sukbin meninggal di luar istana? dan kuburanya tersendiri? (betul gk ya) jawabanya tinggal ada nggak catatan sejarah tentang sukbin yang dekat dan suka menolong rakyat kalau ada berarti yang mendekati sejarah yang dong yi kalau nggak ada catatan apapun tentang sukbin mungkin juga emang sejarahnya kayak yg digambarkan di joj ini karena masing2 selir punya kisah sendiri2 apalagi sukjong selirnya banyak....#iseng2 coba menganalisa soalnya nggak tahu sejarahnya wkwkwk

    ReplyDelete
  29. Dan habis Myeongbin masih ada Yeongbin dan 3 selir lainnya -_______-"

    @all: kalo dayang Choinya baik nanti judulnya brubah jadi Jang Ok Jung dan Choi Dong Yi dong atau The Love of Sukjong wkk :)))
    Lagian selama ini Jang Heebin udah jahat juga teteup ada 9 produksi drama dan filmnya. Ga bosen aja dibikin zzz
    Aku juga ngefans bgt ama Dong Yi, tp setelah dipikir-pikir kalo dia sebaik itu udah mati dibunuh brapa kali ya.. Intrik istana sangat kotor. Pandanganku, Inhyeon, JOJ dan Choi sukbin adalah orang yang baik. Tp kalau ada kejadian buruk, pura-pura saja tidak lihat barulah bisa hidup panjang di istana. Bisa jadi juga Choi sukbin ga tahan/betah tinggal di istana makanya tinggal dan meninggal pun di kediaman pribadinya. Lagipula Yi Geum sudah diadopsi ratu Inwon.

    ReplyDelete
  30. klo bc biografi sukjong di wikipedia. sptnya sejarah mmg lbh mirip JOJ drpd Dong Yi. tpi apa iya sukjong sama sekali ga ada rasa suka pd in hyeon maupun sukbin? gimawo sinopnya mb tirza.. congratz bwt anaknya yg ranking 4 :)

    ReplyDelete
  31. selamat ya teh tirza, anaknya berprestasi, semoga makin meningkat ke depannya.amiinn.

    yang pasti dramanya beda penulis, beda pasti penggambarannya.jadi di nikmati aja.
    kalo lagi nonton dong yi ya fansnya dong yi.kalo lg nonton jang ok jung ya fansnya jang ok jung.

    kalo di sejarah aslinya tidak ada penggambaran detail mengenai choi sukbin, hanya sebatas dia selir dr kalangan bawah dan melahirkan pangeran yg lalu jadi raja.
    jang sukbin selir sukjong yg penggambarannya menurut sejarah serakah dan meninggal dengan cara di hukum minum racun.

    drama semua tergantung penulis, cm di selipin sejarah aslinya dikit2.

    ReplyDelete
  32. baru denger selir Park Myeong Bin :D
    anaknya PMB cuman jadi pangerankah? ngga jadi raja ya?

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. mbak tirza...tq sinopsisnya...mbak tirza...saya baca2 sejarahnyajoj dan saya penasaran dengan bag ini Jang hui-bin meninggalkan banyak kisah rakyat termasuk ketamakannya atas kekuasaan, dan sebuah kisah yang melibatkannya sebelum kematiannya dengan putranya (calon Putra Mahkota Raja Gyeongjong.....nah...kisah apa ya?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dilihat dari versi dong yi... anaknya JOJ mati kan karna penyakitan bukan??? udah penyakitan mandul pulak...klo gk salah krna sakitnya itu dia dikasih obat, tpi obatnya tuh bisa bikin mandul

      Delete
  35. kalo di usir kayaknya ga deh, trus PMB itu ga punya anak aku liat di silsalahnya sukjong

    ReplyDelete
  36. Siap-siap (⌣́_⌣̀) jelang episode - episode terakhir

    ReplyDelete
  37. banyak belajar sejarah korea ni dari blognya mba tirza... cobb kalau kerajaan majapahit dibuat dalam versi drama seperti joj atau dong yi, kita kita juga nonton sekaligus review sejarah.. hehehe... cinta sukjong besar untuk ok jung, dan cintanya untuk choi sukbin juga besar ampe punya anak 3 sodara sodara hahaha...setuju koment yg diatas atas, nntn dong yi suka dengan dong yi, di joj ya ndukungnya ok jung. .

    ReplyDelete
  38. Mba tirza..terima kasih byk..kalau pulang dr kantor pasti buka sinposis nya ok jung,mba..hehe..mau tidur jg buka sinposisnya dulu..gomawo ya mba..hehe..pokoknya dinikmati saja drama ini..hehehe..

    ReplyDelete
  39. makasih mba sinopsisnya, aku juga lagi penasaran sama drama goddess of fire jeong yi, kayanya dramanya juga ngarah ke choi sukbin deh tpi itu pendapatku hehehe, soalnya baju selirnya mirip sama yang di dong yi pas jadi selir tingkat berapa ya??? lupa yang penting bajunya warna merah, tapi tatanan rambut selirnya lucu, mirip sama selir yang di dae jang geum tpi itu lebih tipis

    ReplyDelete
  40. Aku kok jadi kesel sama sukjong ya.. Pas nonton dong yi sumpah aku kira dia selir terakhir .. Pas cari di wiki ternyata ,. Playboy bok ..

    Menurut aku keputusan yg bijaksana untuk mengeluarkan uu melarang selir naik jadi ratu. Bisa2 semua selir saling bunuh membunuh ..

    Gara2 cerita okjung sama choi musuri jadi pengen tau cerita selir park myeong bin .. Gimana dia jadi selir? Kalau boleh tau ada filmnya gak ya?

    ReplyDelete
  41. annyeong haseo chinguya... perkenalkan aku anggota baru nie... salam kenal mb Tirza... sy mengagumi Blog ini sudah sejak lama sebenernya, tapi mau komen gagal mulu,,, mungkin karena kelewat gaptek yaa... trus aku coba sign in jd Followernya blog ini. aku lebih suka baca recapnya mb tirza utk drama JOJ, krn belum tentu bisa mantengin di ONE TV krn pekerjaan. pokoknya Blog ini paling Favorit deh buatku, terutama ulasan2 ttg uri oppa Kim Nam Gil.. wkwkwkwk.... (awaaasss... banyak sendal melayang)

    ReplyDelete
  42. cinta emang membutakan segalanya, aku aja yang udah searching sejarahnya berkali kali dan baca sana sini di internet masih penasaran sejahat apa jang heebin trus si dong yi aslinya kaya mana.

    trus ternyata gelar2 selir ada artinya
    jang hee bin-> hee:radiant or beautiful
    choi suk bin-> suk:pure
    park myeong bin-> myeong:bright
    trus malah ada selir namanya kim yeongbin-> yeong:beautiful

    trus waktu liat dong yi dia punya kediaman juga kaya chwi seong dang namanya bo gyeong dang
    trus kediaman pribadinya dinamain ihyeon palace

    ReplyDelete
  43. ga relaaaaaaaa choi cuma diperalat biar ratunya cemburu. choi jd selir juga ga dicintai sama sukjong.
    walaupun di joj ini protagonisnya adalah si jang, tapi choi-nya jangan jahat2 amat dong... :( karna mindsetnya udah melekat banget kalo choi itu sangat dicintai sukjong, dan baik hati, ga licik, polos banget, dia waktu mau dapet kehormatan ajah kabur, ga mau pake baju yg dikasih sukjong

    di sejarah yg sebenarnya gimana mb tirza? kok beda pilem beda karakter, tergantung yg nulis cerita. bener kata mb tirza
    "Mungkin yang membuat serial Dong Yi - MBC itu keturunan Partai Seoin dan serial JOJ ini mungkin keturunan Partai Namin"

    ReplyDelete
  44. meski mungkin choi sukbin ga dicintai oleh raja tapi paling ga dia sangat dicintai oleh anaknya. Raja gyonjong *bener ga ya namanya* berusaha utk mendapatkan pengakuan agar choi sukbin diakui sebagai ibunya. Terbukti dalam sejarah kalo raja gyonjong sangat mencintai ibunya. Kalo seorang anak begitu berbakti, pasti ibunya juga telah mendidiknya dengan baik. Dan kesimpulannya choi sukbin memiliki watak yang baik juga. Unfortunately ato bisa dibilang sial, jang hee bin tidak mempunya anak seperti itu. Pangeran yiyun hanya memerintah dalam waktu sebentar.keburu meninggal sebelum bisa membersihkan nama baik ibunya. Sementara anaknya choi sukbin adalah raja yang paling lama memerintah di joseon karena umurnya panjang.

    ReplyDelete
  45. penasarannn bgd... gw cari DVD nya kmn2 kaga ada,,huhuhuh ada yg tau gak musti beli dmn????

    ReplyDelete
  46. bisa jdi agak beda/melenceng,,,
    nih yg aq baca dr wiki.d.addicts...

    However, this drama will tell a completely new interpretation of the infamous royal concubine Lady Jang Hee Bin

    aq seh mwnya si JOJ gak dihukum mati :'(

    dia faforit aq bnget....
    emng seh haus kekuasaaan, tpi itu krna untuk bisa mencintai sukjong yg notabene adalah raja....
    mencintai org aja mesti sejauh itu yaa perjuangannyaaa....ckckckck

    semoga drama ini happy ending....(hopeless)

    duh...nggak kebayang gmna perasaan JOJ and sukjong klo endingnya mesti si JOJ mati...

    ReplyDelete
  47. mungkin cerita rakyat yg beredar ttg ketamakan si JOJ itu hasil dari buku yang dikeluarkan oleh Inhyeon (aq baca dari episode 21 yang full).. jadi buku itu sengaja dibuat untuk menjelek2kan si JOJ...
    mungkin dri situlah sumber dari ketamakan JOJ yg dikenang rakyat dulu...

    ReplyDelete
  48. hm...klo menurut aq neh mungkin JOJ mati krna jebakan si choi sukbin...
    yang aq inget klo dr film dong yi, yg menguak kejahatan guna2 si JOJ tuh kan si dong yi...
    nah, mungkin aja di JOJ versi yang baru ini, si JOJ nya difitnah dan dijebak,,, krna itu lah si JOJ mau nggak mau dihukum mati meskipun sukjong cinta matii,,, krna nggak ada pembelaan buat si JOJ..

    huwaaaaaa..... aq nggak mw endingnya kyak giniiiiiiii.....
    T.T

    atau bisa juga nih krna tahu si choi hamil si JOJ lepas kendali, apalagi tahu si inhyoen balik lagi ke istana....
    krna lepas kendali n perbuatan kakak n jang hyun jadinya dia sndri yang kena getahnya... T.T
    duuuuhhh,,,,,, knpa harus gini sih endingnyaaaaaa T.T

    ReplyDelete
  49. Halo semua...^^
    Astaga...semangat sekali ya membahas cerita Sukjong dengan para istri dan selir-selirnya wkkk
    Konflik Istri dan Selir memang paling menarik dibicarakan ya, apalagi cewek..panas bo.

    Versi asli hubungan Sukjong-Inhyeon-Okjung aku ngga tahu, tapi sejarah ditulis oleh pemenangnya. Inhyeon Wanghu meskipun kelihatannya kalah, karena meninggal lebih dulu dan tidak punya anak, buktinya sampai sekarang rakyat mencintainya. Meskipun mungkin dia tidak mendapat kasih sayang Raja, justru itu membuat rakyat semakin simpati.
    Sementara Ok Jung, meskipun ia mungkin tidak jahat-jahat amat, tapi rakyat sudah kadung (bahasanya Jokowi wkk) sudah terlanjur jutek ama dia, jadinya selama ini semua masih menganggapnya wanita jahat, yang mengusir istri resmi dan merebut suami orang.

    Choi Sukbin posisinya lebih netral menurutku, apalagi anaknya, Raja Yeongjo bertahta lama sekali dan akan membuat rakyat mau tidak mau menghormati Sukbin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak cerita yg menarik lho Raja Sukjong dan selir2nya + ratu2nya (ya pokoknya wanita2nya deh). penasaran sbnrnya sm sejarah aslinya gmn, cuma balik lagi catatan sejarah mencatat demikian kurang dan lebihnya. saya sbnrnya lbh setuju pendapat mbak tirza disini walaupun luar biasa herannya si choi suk bin disini reseh ampun2an (tandanya cast nya memang cocok nih dari mata sampe gesture jg suara yg agak2 gimana gitu).

      satu yg pasti, politik istana dan wanita2nya memang menarik dipelajarin spy gak ngikutin yg jelek2. Sy selalu suka sm blog ini udh ngikutin dr queen seon dok dan selalu informatif ^^ makasih ya mbak tirza

      Delete
    2. wah yang komen banyak amat ya....:D apa karena menjelang episode terakhir ya

      bener mbak tirza, kalau sudah berbicara tentang cinta, harta, dan tahta pasti akan menguras emosi dan pikiran.

      apa yang terjadi pada Ingyeong, Inhyeon, Jang Heebin, Choi sukbin dikarenakan intrik politik yang berada di dalam istana. sebenarnya mereka adalah para wanita yang berhati baik dan penuh cinta serta kasih sayang terhadap Sukjong.

      Keputusan yang diambil Sukjong sudah tepat bahwa Selir tidak dapat diangkat menjadi Ratu. Kalau ga ada keputusan itu bisa2 di istana akan terjadi banjir darah.

      Delete
  50. setahuku choi sukwon sifatnya gx gitu, tapi kok di sini beda ya??

    ReplyDelete
  51. yg aneh dalam drama ini:
    1. kalau sukjong bener benci sama inhyeon, kenapa ketika meninggal dia minta dimakamkan di sisi Inhyeon, bukannya di sisi ok jung?

    2. ngeliat di drama ini, sukjong nampak najis bener ngeliat selir Choi. lha kenyataannya selir Choi melahirkan 3 anak laki2. yg pertama meninggal, yg kedua jadi raja, yg ketiga meninggal. ya masa orang najis bisa bikin anak sampe 3x :p

    3. penulis novel ini (drama ini based on novel), nampak benci banget sama selir Choi, ancur lebur deh karakternya disini. padahal, choi ini melahirkan seorang raja yg terkenal kebijaksanaannya. apa iya seorang raja sehebat yeongjo dihalirkan oleh seorang ibu yg genit dam muraham, juga bodoh, seperti digambarkan drama ini.

    anyway. sebenarnya, menurut lebih menarik kalau novel ini pakai tokoh yg fiktif saja, karena penggambaran karakter2nya terlalu melenceng dari sejarah yg selama ini sudah diketahui umum....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Winter,
      Mungkin, 1. Karena Sukjong menyesal tidak memperhatikan Inhyeon, meskipun hanya secuil. Dalam Dong Yi juga ia mengaku sejak Inhyeon masuk istana, Sukjong tidak pernah membuka hati untuk Inhyeon dan tidak pernah memeluknya sekalipun. Baru setelah hampir meninggal, ia memeluk Inhyeon.
      Ingyeong masih mending, bisa punya anak 2 kali meskipun meninggal saat dilahirkan.

      2. Sukjong punya anak dengan Sukbin biasanya setelah mabuk wkkk..
      no hurt feeling, just kidding :)

      3. Iya, drama ini jelas memojokkan Sukbin. Mungkin penulis dramanya memang punya pengalaman pahit dengan pria. Sampai ia menulis novel yang intinya, jangan percaya pada pria :)

      Delete
    2. @Winter: namanya juga novel, di novel malah lebih parah lagi... Yang baik dan protagonis cuma Okjung. Menurut saya Sukbin gak genit dan murahan kok, cuma emg nyebelin. Di jaman itu sah-sah aja bertingkah aneh atau sedikit ganjen untuk mendapatkan perhatian raja.
      Kalau cek wikipedia ratu Inhyeon juga ditulis gak baik-baik amat, tercatat dalam sejarah jika dia cemburu pada Okjung dan pada saat ibu suri meninggal dia malah merayakan ulang tahunnya.
      Catatan ttg Sukbin sedikit banget, bisa jadi udah dihapus sama anakn.ya kalau ada catatan jelek ttg dirinya Atau...dia sempet genit dan kemudian berubah :)
      Pernah nonton drama The King and I? Disitu ratu Yoon penggambarannya baik sekali padahal dia adalah ratu yang dibuang krn cemburu dan mencakar wajah suaminya sendiri kemudian dihukum mati minum racun (sempat disinggung Inhyeon di eps belasan) kelak anaknya naik jadi raja dan membantai semua yang membunuh ibunya dan selir yang membuat ibunya cemburu. Ratu Yoon dan JOJ sama-sama naik jadi ratu setelah sebelumnya menjadi selir. Mungkin jika Sukbin naik jadi ratu, dia juga bakal menghadapi kisah yang gak kalah tragis. Bisa jadi orang di istana gak menykai kalangan rendah menjadi ratu. Jadi santai aja, kisah bisa dipelintir sedemikian rupa tp tidak ada yang merubah intinya kalau Inhyeon adalah ratu yang disukai rakyat, JOJ adalah selir ambisius dan Sukbin melahirkan raja yang hebat di Joseon. Nama Dong Yi saja cuma rekaan belaka, tidak ada yang tahu siapa nama asli Choi sukbin :)

      Delete
    3. @Winter tambahan.. Lupa nih. Makam raja dan ratu itu satu komplek tapi gak pernah sama dengan selirnya. Biasanya raja bersebelahan dengan ratu terakhirnya, contoh Winter ratu terakhir jadi nanti posisi makam di sebelah raja. Sukjong minta di sisi Inhyeon krn dia menyesal dan berkata bahwa Inhyeon adalah istrinya yang setia. Padahal menurut posisi yang di sebelah dia adalah ratu terakhirnya yaitu Inwon.

      Makam JOJ sama Sukbin satu komplek dan khusus, disitu adalah makam untuk ibu para raja yang gak pernah jadi ratu.

      Delete
  52. Yuhuuuu, makin panas n seruuuuu.... gak sabar liat ending nya ^^
    Thank u mba tirza, udh lama nunggu sinopsis eps 17 gak kluar2, trnyata lgsung dkasih smpe eps 21 hehehe.
    Klo kaskuser bilang "PERTAMAXXXXX" ^^

    ReplyDelete