Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Wednesday, August 28, 2013

Ad Genius Lee Je Seok

Lee Je Seok adalah seorang Advertiser jenius dari Korea yang kisah hidupnya diangkat dalam drama Ad Genius Lee Tae Baek. Aku tidak akan membahas dramanya, karena bisa lihat sendiri di B-Channel/CT Channel. Inti dramanya, Lee Tae Baek adalah seorang advertiser berbakat dari Korea, berusia diawal 30-an tahun tapi belum juga bisa mendapatkan pekerjaan di kantor agensi iklan di Seoul. Kantor iklan Seoul beralasan, Tae Baek hanya seorang advertiser dari kota kecil di Korea yang tidak cukup bagus untuk membuat iklan di Seoul. Untuk bertahan hidup, Tae Baek bekerja sebagai pemasang iklan billboard di atas gedung tinggi di Seoul.

Tae Baek mendapatkan banyak kesulitan dalam hidup, ia juga ditinggal pergi oleh pacarnya, ide-idenya dicuri begitu saja tanpa ada kredit sama sekali untuk Tae Baek. Tae Baek juga masih harus bertanggung jawab untuk pendidikan adik perempuannya dan sebagainya.

Lee Je Seok life

Mirip seperti dramanya, kehidupan asli Lee Je Seok juga tidak jauh berbeda. Khususnya masalah karir di bidang advertising. Kalau masalah asmara, mungkin lebih didramatisir. Lee Je Seok lulus dengan predikat honors dari Universitas Keimyung th 2005. Dengan IPK tinggi, Lee Je Seok merasa percaya diri dan yakin ia bisa mendapat pekerjaan di agen iklan besar. Tapi saat Lee mulai memasukkan lamaran kerja di perusahaan iklan lokal, dia bahkan tidak masuk ke daftar interview.
Lee Je Seok berusaha mengikuti berbagai macam kompetisi iklan lokal untuk memperbaiki resume-nya, tapi ia tidak pernah memenangkan kompetisi. Lee Je Seok merasa dirinya seperti seorang pecundang dan berpikir, ini karena dia adalah lulusan universitas di Daegu dan bukannya Seoul.



Th 2006, Lee Je Seok mendaftar ke New York City's School of Visual Arts (SVA) untuk memperluas cakrawalanya. Tapi saat itu juga seorang pria setengah baya mengkritik karyanya. Je Seok memiliki perusahaan percetakan iklan kecil di Daegu, dimana Je Seok biasa membuat spanduk atau leaflet iklan untuk toko-toko lokal. Lee Je Seok bangga dengan hasil karyanya sampai seorang pria setengah baya itu mempermalukannya.

"Sulit untuk masuk ke Seoul dari Daegu tapi mudah sekali kalau masuk ke Seoul dari New York." Kesuksesan yang ia raih di New York dengan mudah memberinya tiket emas untuk sukses di Korea.

Beberapa iklan karya Lee Je Seok untuk Hyundai Motors juga ditayangkan dalam awal drama Lee Tae Baek :


Lee Je Seok a.k.a Jeski
Lahir : Daegu, 1 Oktober 1982
Pendidikan : Sekarang sedang mengambil Master di Yale University (MFA, Master of Fine Arts)
School of Visual Arts NY (BFA with honors)

Pernah kerja di : J.W.T New York,
BBDO New York. Draft FCB New York.

Awards :
Grand prix winner (outdoor) from New York festivals in 2009
Red Dot Award (German) Communication design best of the best in 2009
Gold medal from Clio in 2009
Gold award from One Show in the college competition in 2007

Lee Je Seok sudah menikah dengan kekasihnya, Juli 2012. (Tidak pernah ditinggal pergi kekasihnya seperti dalam drama. Haha)

Jeski akhirnya kembali ke Korea dan membuka perusahaan iklan-nya sendiri : Jeski Social Campaign, th 2009. Perusahaan ini fokus pada pembuatan iklan PSA (Public Ad Campaign) daripada iklan komersil.
Misi Jeski Social Campaign adalah riset dan studi daripada mencari untung. Jadi Lee Je Seok menghabiskan 70 persen dari energinya untuk melakukan pekerjaan sosial daripada proyek komersil. 


Filosofi Lee Je Seok ;
Menurut Lee, orang seperti dirinya bisa mengubah dunia ke arah lebih bai karena iklan bisa mengubah cara berpikir orang.
"Ad campaigs can't make you taller but they can make you think that you're not short"
Sepanjang hidupnya, ia mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan : Kenapa aku hidup dan apa yang akan membuat hidupku lebih berarti.

Jeski akhirnya memutuskan untuk bekerja membantu orang-orang kurang beruntung dengan bakat genius-nya. Dia sangat pintar dan cukup berbakat untuk membuat karya yang bisa menghasilkan penghargaan dan ia ingin membawa perubahan menggembirakan pada dunia lewat karya-karyanya.

Jeski lebih suka membuat orang miskin bahagia daripada membuat orang yang sudah bahagia sedikit lebih bahagia. Itulah mengapa 70 persen klien Jeski berasal dari Organisasi nirlaba, seperti Palang Merah, Korea Disaster Relief, World Vision, Political Campaign dan Salvation Army (Bala Keselamatan).

Jeski quotes : "I want to make other people do good deeds." "Follow your own worthy rules rather than rules which others follow." "To make creative advertisements and look at everything with a different viewpoint."

Lee Je Seok adalah orang Korea pertama yang mendapatkan penghargaan prestisius, termasuk Clios.

Beberapa karya kreatif Lee Je Seok/Jeski :

 Pemberian kecil dari kita, besar artinya untuk dia

Ini salah satu social ad favoritku
 Makanan, Bukan Missil
Rakyat Korut kelaparan sampai hampir mati.
Menurutmu, kemana uang bantuan makanan itu pergi?

Polusi membunuh kita
Iklan ini akan muncul di ep 14 Ad Genius Lee Tae Baek

 Bantulah anak Afrika mendapatkan air minum.

 Selamatkan setiap pohon, seolah itu adalah pohon yang terakhir.

For some, it's Mt. Everest
Help handicaps build more facilities
Mendaki tangga untuk beberapa orang, bagaikan mendaki gunung Everest. Jeski menggugah masyarakat untuk membantu mendirikan lebih banyak lagi fasilitas untuk penyandang cacat.

Aku suka pelaku iklan seperti Jeski, yang tidak hanya mengejar uang dan keuntungan tapi juga memiliki hati untuk sesamanya. Iklan-iklan yang kreatif, cerdas dan menyentuh. Iklan yang tidak membodohi masyarakat. 

Source : jeski.org

16 comments:

  1. ada Jo HYun jae, ratu Ihyeon nya dong yi sama han chae young.... nggak sabar baca rekapa apan nya. oh ya mba Tirza ada lee Yo won baru, empiro Of Gold, bikin juga lah recaps nya....

    ReplyDelete
  2. Ada yang bilang, iklan bisa dibilang berhasil kalo bisa buat mata orang bertahan melihatnya pertama kali selama minimal 5-7 detik.
    Iklan Lee Je Seok bisa 10x lebih lama dari itu! :)

    ReplyDelete
  3. iklan2nya menyentuh & pastinya "ngena" dihati. salut buat Lee Je Seok!

    ReplyDelete
  4. Woww trrnyata dri kisah nyata ya mba.. Saluttt buat mereka yg mikirin orang lain,, ide2nya briliant bgtt.. Di indonesia ada ga c mba..

    ReplyDelete
  5. "sulit masuk seoul dari daegu, tp lbh mudah dari new york "
    hhmmm~ ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Vitaa, biasa..lebih menghargai lulusan LN daripada lulusan kota kecil. dimana-mana sama sepertinya.

      Delete
  6. aku dan nhiese buat sinopsis Ad Genius Lee Tae Baek lho,silahkan berkunjung ke duwekkelori.blogspot.com
    mb Tirza numpang promosi blog ya.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..silahkan berkunjung ke Christine :)

      Delete
  7. W O W lihat hasil pemikirannya Lee je Seok,iklannya bikin penasaran sama apa produknya. Dramanya keren banget ternyata dari real story :D, baru tahu

    ReplyDelete
  8. Ide iklan лųà keren ya....memang pantas disebut genius

    ReplyDelete
  9. Tirza Eonnie, buat sinopnya dong... :D

    ReplyDelete
  10. Hai Tirza,
    Foto 'Pemberian kecil dari kita, besar artinya untuk dia' saya copy untuk jadikan foto pp blackberry-ku ya.
    Saya selalu suka membaca artikel seperti ini. Sangat mencerahkan.
    Di Indonesia pun banyak kisah 'para underground' yg semula tidak kelihatan, diremehkan, ternyata mampu menunjukkan hasil yg luar biasa. Di Makassar saja, tempat tinggalku ini, lulusan sekolah dari XYZ, akan lebih bergengsi jika dibandingkan lulusan sekolah ABC.
    Padahal yg lulusan XYZ, kemampuannya juga tidak seberapa....

    ReplyDelete
  11. iya mb' tirza...aku dah nonton tae baek beberapa bulan lalu...iklannya keren"...abis nonton langsung penasaran ama yg buat asli...lee je seok...browsing" dech kesana kemari...'n t'nyata benar" WoWww karyanya lee je seok...benar" menginspirasi... :)

    ReplyDelete
  12. wwwaaaawww...
    gak salah disebut sebagai Advertiser jenius, iklan yg dibuat benar2 keren

    ReplyDelete
  13. KAKaku sukaa artikelnya ...Boleh nggak sy masukin di blog saya buat nambah referensi????

    ReplyDelete