Year 2014 : The Year of God Opening Doors for Miracles

Wednesday, April 24, 2013

Korean Masterchef Celebrity - episode 4

Korean Masterchef Celebrity minggu lalu sudah membuat Kim Sung Soo dan Henry sebagai pemenangnya. Sementara Lee Kye In harus meninggalkan dapur panas Masterchef.
Kali ini, apa lagi yang harus mereka hadapi dan siapa yang harus pulang. Let's find out.

Pintu dapur Masterchef dibuka dan tinggal 8 selebriti lagi. Wajah mereka sekarang tidak terlihat bersemangat karena masih terpengaruh oleh eliminasi minggu lalu. Sekarang tingkat stresnya semakin tinggi karena semuanya mulai merasakan kompetisi yang semakin ketat.

Juri Kang menyambut mereka, Selamat Datang. Kita sudah kehilangan 1 peserta minggu lalu. Untuk mengembalikan semangat rekan2nya, Henry berkata ia punya satu hadiah untuk semuanya. Juri Kang mengundang Henry ke panggung. Semua tepuk tangan.
Henry : Kalau orang mendengarkan musik, mereka cenderung merasa lebih berbahagia.
Henry memainkan biola. "The Farmer's Song" wow..love it. Bravo! Bravo!



Kim Sung Soo komen, dia(Henry) pintar masak, cute dan keren, dia benar-benar...Kim Sung Soo geleng2 kepala. Haha..susah saingan ama Henry.
Misi pertama mereka adalah mistery box.Juri Kang meminta peserta membuka mistery box. Isinya membuat semuanya bengong, kotak piknik atau bekal. Semua langsung panik, jangan-jangan diminta membuat makanan untuk piknik.
Tony An langsung mengeluh, ia belum pernah mengemas makanan untuk piknik.
Juri No Hee Young mengumumkan misi hari ini : Membuat makanan yang cocok untuk bekal piknik di musim semi. (Orang Korea mirip kita, suka piknik. Paling tidak kita pernah kan, bawa bekal makanan dan makan bareng sekeluarga di pantai atau bikin mie waktu camping di gunung? wkk)
Juri Kim Soo Hee : Seperti yang anda lihat, kotak piknik itu ada tiga susun, 1 untuk nasi, 1 untuk buah dan yang lain untuk lauknya.

Sin Bong Sun membuka kotak bekal itu dan terkejut karena ternyata besar dan di dalam ada banyak kotak kecil untuk banyak makanan.
Son Ho Young : Kupikir, kotak bekal 3 susun hanya ada dalam film atau drama. Bagaimana kau bisa bernafas saat melihat kotak itu?

Juri akan melihat kreatifitas peserta. Semua menghela nafas, ini berat. Waktunya 60 menit. Mulai dari sekarang.

Peserta lari ke pantry untuk mengambil bahan, mereka harus memenuhi kotak piknik 3 susun itu dengan makanan.
Tony An ingin membuat sushi yang belum pernah dimakan orang.  Kim Sung Soo bingung, bagaimana mengisi kotak 3 susun itu, ia harus menyiapkan 3 macam masakan. Jadi ia memutuskan menggunakan semua bahan yang ada di pantry.

Para seleb yang sudah siap dengan bahan mulai memasak, wow Hwa Yo Bi lumayan cepat, ia sudah membuat...puding!
Sementara Sin Bong Sun baru saja selesai mengambil bahan dan lari ke bench-nya. Ia harus bergegas.

Juri mendekat ke bench Sin Bong Sun dan tanya, apa yang disiapkan untuk isi kotak pikniknya. Sin Bong Sun ingin membuat tortilla dari daging. Juga pasta, tapi karena takut kematangan, ia akan menggunakan kue beras/tteok saja.
Juri mengangguk, sepertinya bagus. Lalu jalan ke bench lain.

Juri mendekat ke Fei dan tanya apa rencana Fei. Fei akan menggulung sosis dengan roti, lalu akan menggulung nori dengan mie dan dressing. Juri heran, kau mau menggulung mie dalam nori? itu tidak mudah.
Fei : Banyak fans yang memberikan dosirak piknik untukku, seperti saat aku pulang dari pentas atau dari siaran awal, jadi aku mendapat banyak ide dari situ.

Henry membuat dosirak seperti yang dulu biasa dibuat mamanya. Hotdog, salad, dan makanan bernama futin. Itu seperti kentang goreng dengan kulit (potato skin) dengan saus keju dan kaldu.

Son Ho Young membuat sandwich dari nugget ikan, dia juga membuat telur gulung seperti yang lalu. 

Chef Kang heran, Son Ho Young-ssi, apa anda tidak bosan dengan telur gulung? Son Ho Young merasa telur gulung enak untuk piknik.


Henry mendapat masalah, kentang gorengnya gosong karena minyaknya terlalu panas. Henry harus mengulangnya lagi.
Chef Kang mendekat dan mengecek pekerjaan Henry, ia melihat saus Henry dan berkata Henry harus cepat memutuskan untuk mengubah masakannya. Henry ingin membuat masakan Kanada dan ia tidak ingin mengubah resepnya.

Tony awalnya ingin membuat sushi tofu, tapi di saat terakhir ia mengubah menunya.
Juri Kim mengecek nasi Tony, apa ini wasabi? Tony membenarkan, ia membentuk pasta wasabi seperti hati untuk orang yang ia cintai. Juri Kim komen, kalau orang yang kau cintai makan wasabi itu, dia akan menangis. wkk

Kim Sung Soo membuat nasi goreng dengan samgyeopsal. Juri Kim mencicipi nasi goreng dan komen, bumbunya kurang.

Juri mengumumkan waktu tinggal 1 menit lagi.  Hwa Yo Bi lari ke freezer untuk mengambil pudingnya. Semua berusaha keras menyelesaikan hidangannya. Juri menghitung mundur, 7, 6, 5, 4, 3,2, 1! Menjauh dari bench!
Semua berhenti kerja dan tepuk tangan.

Saatnya penilaian.
Sin Bong Sun tidak bisa memenuhi kotak piknik itu, ia hanya bisa mengisi 2 susun kotak. Juri No sangat menyayangkan itu karena sepertinya Sin Bong Sun kreatif sekali, kalau saja tiga kotaknya penuh, maka pasti akan terlihat enak sekali.

(Wow..warnanya memang bagus dan sepertinya enak, sayang yang satu kotak lagi masih kosong. Padahal bikin tumisan aja sebenarnya biar cepat. )

Juri akan memanggil peserta yang terbaik.
1. Son Ho Young dan Fei.
Son Ho Young kelihatan terkejut. Sementara Fei berharap bisa menang untuk tantangan ini.


Juri meminta Son Ho Young maju. Dosirak Son Ho Young terdiri dari buah dan masakan yang dibuat seperti onigiri.
Ho Young membuat sandwich nasi. Juri menyukai idenya dan mencicipi masakan Ho Young.
Juri Kang : Prosesnya kelihatan rumit, tapi setelah kita membukanya, masakannya tidak terlalu hebat.
Juri No : Saya ingin menghargai kreativitasnya. Bagus.

Fei Dosirak 
Wow ..menakjubkan, Fei berhasil memenuhi kotak bekalnya dengan macam2 makanan dan kelihatannya enak. Kim Sung Soo sampai melongo.
Juri juga kelihatan kagum, dalam 60 menit, Fei berhasil membuat 6 macam makanan!  (Yang bakalan jadi suaminya Fei beruntung haha..)

Juri mencicipi dosirak Fei dan menilai, dalam 3 susun kotak bekal itu ada makanan yang membuat orang terkejut dan ingin tahu. Kreativitasnya luar biasa dan rasanya enak. Bumbunya pas. Well done.
Fei : Terima kasih.

Son Ho Young merasa malu, perbedaannya jauh sekali. Aku merasa makanannya dibandingkan. Aku merasa malu dan kecewa.

2. Hwa Yo Bi dan Kim Sung Soo. 
Dosirak Hwa Yo Bi terdiri dari nasi dengan tumisan jamur shitake, tofu, jeruk dan puding atau semacam puding.
Juri mencicipi masakan Hwa Yo Bi dan tidak terlalu jelas dengan penjelasan yang diberikan Yo Bi, tapi rasanya enak.

Juri Kang bergurau, apa anda akan menjelaskan seperti ini kalau dengan pacar anda?
Hwa Yo Bi tampak malu dan hanya berkata : Saya akan menjelaskannya sendiri. Semua ketawa.

Dosirak Kim Sung Soo
Kim Sung Soo membuat nasi goreng dengan iga babi, sayur bungkus daging asap, sosis dll, juga salad dengan saus strawberry segar. Kelihatannya enak.
Juri Kang : Dari proses yang saya lihat, saya merasa tertipu. Ini bagus sekali.

Fei komen, ia terkejut dengan kemampuan memasak Kim Sung Soo-oppa. Dia menyembunyikan keahliannya.
Juri diskusi, siapa yang akan memenangkan tantangan Mistery Box kali ini.
Henry komen, ia sekilas melihat dosirak buatan Hwa Yo Bi dan memang cantik. Fei merasa punya harapan 50% kalau ia bisa menjadi pemenang Mistery Box kali ini.

Juri Kang : Misi kotak piknik kali ini akan menilai kreativitas dan kelengkapannya. Hwa Yo Bi-ssi, anda membuat makanan sehat dengan lengkap dan detail. Silahkan naik ke lantai dua.

Hwa Yo Bi terkejut, ia tidak menyangka bisa memenangkan babak ini.  Semua tepuk tangan. Hwa Yo Bi membungkuk dan naik ke atas, ia sembunyi di balik pilar karena malu.

Juri Kang memangggil Kim Sung Soo dan Son Ho Young, apa anda ingin ikut jalan-jalan juga? (maksudnya jadi pemenang juga)
Kim Sung Soo langsung mengiyakan tapi Son Ho Young tahu diri, saya rasa saya tidak berhak ke atas hari ini. (masakannya memang paling sederhana kalau dibanding ketiga rekannya.)

Juri Kang : Baiklah, kalau begitu...Fei, silahkan naik ke atas.
Hahaha..ternyata pemenang kedua tantangan Mistery Box bukan kedua pria itu tapi Fei. Fei terkejut tapi senang, ia naik ke lantai dua dan loncat2 dengan Hwa Yo Bi.

Kim Sung Soo merasa itu bagus, karena baik Fei maupun Hwa Yo Bi adalah dua gadis yang suka menangis. wkk..

Juri Kang mengumumkan, Fei dan Hwa Yo Bi membuktikan kalau keduanya sangat kreatif, dan tidak perlu mengikuti eliminasi hari ini. Fei langsung loncat2 kegirangan. Hwa Yo Bi memegang Fei agar tidak terjatuh. Keduanya senang sekali.
Babak Eliminasi 
Peserta diminta masuk satu per satu. Ada enam peserta yang masuk babak eliminasi. Fei dan Hwa Yo Bi sudah ada di lantai atas melihat rekan2nya. Peserta pertama yang masuk adalah :
1. Kim Sung Soo.
Kim Sung Soo maju di depan ketiga juri. Di depan mereka sudah ada meja besar penuh dengan piring tertutup. Ada sebuah mangkuk isi bibimbap.

Chef Kang memberikan penjelasan. Peserta diminta menebak isi bibimbap. Bibimbap itu adalah buatan Chef Kim So Hee dan menggunakan 21 macam bahan. Wow..

Pertama-tama, Kim Sung Soo harus mencicipi bibimbap itu lalu menyebutkan bahan2nya satu per satu, kalau menebak bahan yang tidak ada dalam resep, maka misinya akan berhenti dan nilainya langsung dicatat. Kim Sung Soo mencicipi bibimbap buatan Chef Kim dan mulai menebak.

Kim Sung Soo tahu itu tidak akan mudah. Ia mulai menjawab dengan bahan yang paling mudah dan terlihat oleh mata. Nasi (tentu saja), wortel, gosari (sejenis sayur Korea), saus wijen, taoge (sukju namul-dari kacang hijau), kol, ...Kim Sung Soo sudah mengoleksi 8 poin. Lalu bawang bombay. Kim Sung Soo menebak bubuk cabai, tapi sayangnya tidak ada dalam bibimbap.
Penilaian terpaksa dihentikan. Kim Sung Soo memperoleh 9 poin.
2. Son Ho Young. 
Kalau Son Ho Young menebak kurang dari 9 bahan, maka Kim Sung Soo aman, tapi kalau lebih banyak, Kim Sung Soo terancam dieliminasi.
Son Ho Young juga mencicipi bibimbap, tapi tidak seperti Kim Sung Soo yang mencicipi dan merasakan dengan hati-hati, Ho Young justru memakan bibimbap itu sesuap, sesuap lagi, lalu satu lagi. Wkk itu mencicipi atau laper?

Juri No : Cicipilah perlahan, jangan cepat-cepat.
Juri Kang : Kurasa dia lapar.
Semua juri dan Kim Sung Soo jadi ketawa. Kim Sung Soo minta Ho Young mencicipi dan menebak bahan2nya bukan menghabiskan bibimbapnya. Ho Young komen, ini enak soalnya. Wkk

Kim Sung Soo yakin menang karena Ho Young menghilangkan semua bahan yang harus ia tebak. Ho Young berkata ia akan menjawab sambil makan.

Ho Young : Ada daging yang dimasak, tuna? (benar), bayam, bawang, wortel, taoge (sukju namul), gosari, kecap, lobak.
Juri Kang : Kalau anda bisa melewati Kim Sung Soo, anda berhasil melewati eliminasi.
Ho Young : Jamur shitake. Saya tidak perlu mengatakan nasi kan?
Juri : Kami meminta semua bahan yang ada dalam bibimbap dan nasi adalah bahan utama.
Son Ho Young memperoleh : 10 poin. Lolos. Ho Young merasa lega dan tiba-tiba jadi lapar.

3. Sin Eun Jung 
Kim Sung Soo langsung merasa ia bakalan kalah, karena Sin Eun Jung adalah seorang ibu RT yang hampir tiap hari belanja bahan makanan, jadi pasti tahu banyak bahan.
Sin Eun Jung : Karena aku seorang ibu RT dan aku bisa menjawab lebih dari oppa.

Sin bisa menjawab 10 macam bahan, jadi nilainya 10. Ia lolos.
4. Tony An. 
Tony An tampak bingung dengan babak eliminasi yang harus ia hadapi. Juri menjelaskan dan minta Tony mencampur bibimbap lalu mencicipinya.
Tony ternyata tidak bisa makan bibimbap, ia merasa eneg saat melihat nasi dan semua sayuran tercampur jadi satu. Tapi Tony tetap memakannya demi melewati babak eliminasi.

Tony menebak 8 macam bahan. Ia stuck, padahal Tony belum menyebutkan nasi, membuat Fei dan yang lain jadi gemes. Mungkin karena tegang, jadi bahan yang sudah jelas justru tidak terlihat.

 Kim Sung Soo bahkan sudah merasa kalah karena Tony menyebut cuka, satu bahan yang jarang dipakai dalam bibimbap dan yang tidak disebutkan peserta lainnya. Sayangnya Tony benar2 tidak bisa melihat nasi, bahan utama bibimbap. Tony salah menyebut bahan, Tony seharusnya menyebut sukju-namul, tapi ia menyebut kongnamul (taoge juga tapi dari kedelai, yang lebih besar.), jadi nilai Tony berhenti di angka 8.
Kim Sung Soo lolos dan Tony sekarang yang terancam dieliminasi.

5. Sin Bong Sun 
Ia mulai mencicipi dan menyebutkan bahan, gosari, nasi, kol, wortel, sukju-namul, tuna, bawang bombay, lobak. Nilai Sin Bong Sun sama dengan Tony An.
Tony An terlihat gelisah dan tegang.
Sin Bong Sun menyebut bahan lagi : Saya tidak yakin apa ini, dol-namul.
Tony An bingung, apa itu? aku benar2 tidak tahu bahan itu.


Juri membuka sebuah piring dan menunjukkan sejenis sayur yang disebut dol-namul itu (sayur ini bagus untuk diabetes. Tapi tidak tahu namanya dalam bahasa Ind. Mirip daun ginseng ya?)
Juri Kang berkata nilai Sin Bong Sun sudah lebih tinggi dari Tony An, jadi anda lolos. Silahkan naik ke lantai 2.
Sin Bong Sun memeluk Tony dan jalan ke atas.


6. Henry 
Peserta terakhir adalah Henry. Henry masuk dengan wajah bingung. Semua berseru, fighting!
Henry : Aku membuka pintu dan semuanya melihat ke arahku. Aku merasa gugup.
Juri Kang menjelaskan, Henry harus menebak bahan dari bibimbap. Kalau Henry berhasil menebak bahan lebih banyak dari Tony An, maka Henry lolos.

Henry : Aku melihat bibimbap itu dan hanya tahu sekitar 5 bahan saja. Kurasa aku harus mengucapkan selamat tinggal.

Juri : Katakan saja apa yang jelas terlihat.

Henry mulai mencicipi dan menjawab : Nasi. (Tony tampak menyesal kenapa ia tidak menyebutkan nasi sejak tadi). Gochujang, kecap, garam, minyak wijen.
Juri Kang : Minyak wijen? kau yakin?
Ada, minyak wijen.  Henry lega. Henry besar di Kanada, tapi ia tahu banyak soal saus. Peserta lain tampak kagum, Henry pintar juga.

Henry menjelaskan, saat di mess SJ, pengurus rumah tangganya menunjukkan cara membuat bibimbap. Jadi, Henry hanya mengatakan apa yang ia ingat.
Henry : Carrot..maksud saya wortel, bawang bombay, lobak..lobak yang dibuat acar,

Juri Kang berkata nilai Henry 8 dan itu sama dengan nilai Tony An. Henry tampak bengong dan Tony An tersenyum pada Henry. Juri Kang berkata kalau Henry mendapat satu poin lagi maka Henry akan lolos. Kalau tidak, anda berdua harus meninggalkan Masterchef. Wow! No!

Henry tampak serba salah, apa yang harus kulakukan? Tony An berkata ke Henry, aku tetap keluar, jadi tidak masalah. Tony An tidak ingin Henry pura2 salah atau merasa bersalah kalau bisa menjawab benar. Bagaimanapun ini kompetisi.
Hwa Yo Bi komen : Ini adalah hal yang paling kejam dari misi ini. Kau berhasil naik setelah menendang temanmu.

Henry mencicipi bibimbap lagi dan tidak yakin dengan jenis sayur yang ia makan. Apa ini?

Tony : Saat aku tahu Henry harus ikut keluar denganku kalau ia tidak bisa menjawab, aku merasa dia harus tetap bertahan. Aku terus mengucapkan 'cuka' dengan mulutku (tanpa suara-berharap Henry menyadarinya dan menyebut cuka. Lalu lolos)
Dia mungkin tidak tahu bahan lainnya karena ia tidak pernah menggunakannya. Tapi kupikir, ia pasti tahu rasa cuka.


Henry geleng kepala : Chwi Namul (what?)
Juri Kang : Chwi Namul?
Tony : Kurasa bahan itu tidak ada.
Juri Kang : Kau yakin? kita akan lihat apa bahan itu ada atau tidak.
Juri Kang membuka tutup piring dan ternyata sayur dengan nama Chwi Namul itu ada! Henry mendapat 9 poin, artinya ia lolos dan Tony An harus keluar. Tony An langsung memeluk Henry.

Juri Kang : Tony An, anda sudah bekerja dengan sangat baik dan terima kasih untuk semangatnya. Tony, lepaskan celemek Anda dan tinggalkan dapur Masterchef.
Juri Kim Soo Hee juga memeluk Tony, semua bersalaman dan memeluk Tony.
Son Ho Young : Dia selalu menunjukkan semangat untuk memasak dan di ruang tunggu juga ia membaca buku resep. Dan karena aku tahu, ah kami tidak bisa melihat wajah lucu itu lagi, aku jadi merasa sedih.

Tony melepas dan meletakkan celemek Masterchefnya di bench dengan sangat hati-hati. Ia merapikan celemeknya. Perpisahan yang seperti ini jarang dalam Masterchef dan ini membuat yang lain terharu.
Tony An : Tujuanku tahun ini adalah bisa memasak. Aku tidak ingin pergi. Aku melihat celemekku dan ingin membentangkannya.
 Bye ..Tony An

Next on Masterchef...
Henry masih menyembunyikan yogurt lagi dan Kim Soo Hee menyitanya. Henry merasa percaya diri tapi ia nyaris membuat dapur kebakaran haha..
Sepertinya ada masalah dalam masakan Henry.
Henry taruhan dengan Kang Leo wkk..


KMC [1], [2], [3]

6 comments:

  1. Denger2 Son Ho Youn yg menang y k Tirza..

    Wahh felling k Tirza keren,..pas awal2 kan Son Ho Youn yg d idolain.. Daebakkkk

    Fightttttiiiing!!!
    Te2p dtunggu postinganny.. :)

    ReplyDelete
  2. @Sambenx, oya? Son Ho Young menang? aku belum lihat sampai akhir :)
    Aku suka Son Ho Young karena karakternya waktu dalam kompetisi ini kelihatan baik, dia fair dan mau belajar. Jadi aku berharap dia bertahan, kalau akhirnya menang ya itu bonus haha

    ReplyDelete
  3. seru juga nich,...apalagi liat Henry (SJM) makin suka deh..lucu,imut dan menggemaskan.....Lanjut trus yah Tirza..di tunggu tiap jam nich buka blok kamu trus...hehehehe

    ReplyDelete
  4. ditunggu kak sinopsis episode 5 nya ;)

    ReplyDelete
  5. wkwkwk kelaperan soonyoung,,xixixixixixi
    bibimbab di TSM mah dagingnya ko kecil2 ya,,beda kaya digambar yg disini wkwkwkwkwkw

    ReplyDelete