Monday, February 1, 2010

Jumong - Prince of The Legend



ki-ka : Jumong, Soh Suh No, Geum Hwa, Lady Yoo Hwa, Dae So


Produksi : MBC, 2006

Sutradara : Lee Joo Hwan
Screenwriters : Jung Hyung Soo dan Choi Wan Kyu
Episode : 81

Casts,
Song Il Gook as King Jumong
Han Hye Jin as Soh Suh No
Kim Seung Soo as Prince Dae So
Hu Joon Ho as Hae Mo Su
Oh Yun Soo as Lady Yoo Hwa
Jun Kwang Ryeol as King Geum Hwa
Song Ji Hyo as isteri pertama Jumong, Ye Soya

Sinopsis,

Jumong adalah pendiri Kerajaan Goguryeo atau Dinasti Goguryeo th 37 SM. Jumong adalah anak Jenderal Hae Mo Su dan Putri Yoo Hwa. Ayah Jumong bersahabat dengan Raja Geum Hwa. Hae Mo Su selalu dikejar oleh tentara Dinasti Han China. Suatu insiden membuat ayah Jumong dipenjara dan disiksa oleh Han.

Raja Geum Hwa menolongnya tapi sayang mereka disergap dan ayah Jumong dikira tewas. Kemudian Raja Geum Hwa mengambil ibu Jumong sebagai selirnya. Saat itu ibu Jumong sedang mengandung Jumong. Jadi Jumong lahir sebagai pangeran di Kerajaan Buyeo. Tapi Jumong tumbuh sebagai Pangeran yang lemah dan pengecut, ia ada dibawah bayang2 kedua kakak tirinya, Pangeran Daeso dan Youngpo.

Ibu Jumong memutuskan agar Jumong mulai berlatih beladiri, tapi Jumong mengacaukannya sehingga ia diusir dari istana. Jumong diluar istana bertemu Soh Suh No, ini takdir karena dulu ayah Jumong, Hae Mo Su pernah menolong ayah So Seo No, yaitu Yeon Ta Bal. Jumong juga bertemu ayah kandungnya Hae Mo Su yang mengajarinya ilmu pedang dan panah dengan lebih baik, tapi Jumong tidak sadar siapa pria itu sebenarnya, saat ia tahu semua sudah terlambat karena ayahnya sudah terbunuh oleh saudara tirinya.

Jumong bersumpah akan membalasnya. Jumong kembali ke istana. Raja Geum Hwa mengijinkan Jumong kembali dan mengatur pernikahan Jumong dengan Ye Soya, wanita yang tidak dicintainya.

Kakak tiri Jumong menjadi saingan. Pangeran Dae So lebih berpengaruh, karena ia mengambil alih kekuasaan dari Raja Geum Hwa. Satu hari, Jumong menyelamatkan nyawa Pangeran Dae So dan Dae So mulai mempercayai Jumong. Jumong memanfaatkan ini untuk melawan Dae So dengan bantuan 3 Letnan-nya.

Jumong akhirnya mendirikan Kerajaan Goguryeo dengan bantuan So Seo No dan kelompok Gyeh Ru-nya. Jumong menjadi Raja dan So Seo No menjadi Ratu. Jumong memerintah Goguryeo selama 15 tahun.

Kerajaan Goguryeo akhirnya berdiri selama 705 tahun, dengan 28 Raja dengan nama keluarga Go sebagai Keluarga Raja. Saat ini keturunan Jumong masih menggunakan nama keluarga Go.
Sebelum akhirnya ditaklukkan oleh Shilla-Tang.

Casts,



Song Il Gook sebagai Ju Mong

Anak Hae Mo Su dan Lady Yoo Hwa, tapi tumbuh sebagai putra Raja Geum hwa. Jumong tinggal sendirian dan mendapat kesempatan bertemu ayahnya, yang juga adalah gurunya, tapi ayahnya terbunuh dan Jumong tidak tahu bahwa gurunya adalah ayahnya. Dia mencintai seorang wanita, tapi justru menikah dengan wanita lain dan akhirnya berpisah juga dengannya.

Tapi semua percobaan dan kesedihan itu tidak membuatnya gagal mencapai takdirnya. Warisannya untuk Rakyat Korea adalah kemenangan historis dengan memenangkan kembali Joseon lama dan mendirikan Dinasti Goguryeo.



Han Hye Jin sebagai Soh Suh No

Seorang wanita dan Ratu yang bijaksana dan kuat. Seo No sangat pintar dan mampu melihat ke depan, tapi karena ia seorang wanita, ia tidak bisa mewujudkan mimpinya. So Seo No tidak pernah takut mati tapi karena ia berasal dari negeri yang lemah, ia harus menahan penderitaan yang lebih berat daripada kematian. Meskipun ia tidak bisa selalu bersama pria yang dicintainya, So Seo No tetap berdiri sebagai pemimpin yang paling powerful dan bijaksana.


Ratu pertama yang diingat dalam sejarah.


Kim Seung Soo sebagai Pangeran Dae So


Ia tumbuh sebagai anak yang kehilangan kasih sayang ayahnya. Ayahnya Raja Geum Hwa lebih menyayangi Jumong anak tirinya. Sebagai pria dewasa, dia menanggung luka karena tidak bisa bersama wanita yang ia cintai. Dae So membunuh ayah kandung Ju Mong dan juga melakukan apa saja untuk mengambil So Seo No dari Jumong.




Jun Kwang Ryeol sebagai Raja Geum Hwa


Seorang Raja yang penuh kasih sayang. Ia bertempur dalam perang melawan dinasti Han Cina bersama sahabatnya Hae Mo Soo. Mereka bersahabat dengan erat, persahabatan yang lebih kental dari darah. Tapi akhirnya ia menyerah dengan Han setelah ia menghianati sahabatnya Hae Mo Soo.
Geum Hwa mengambil isteri Hae Mo Soo sebagai selirnya, seorang wanita yang hidup dengan merindukan Hae Mo Soo selamanya. Geum Hwa juga mengambil anak Hae Mo Soo sebagai anaknya dengan perasaan cinta tapi juga benci, karena ia merasakan kebencian dan rasa bersalah yang besar.

Oh Yeon Soo sebagai Lady Yoo Hwa

Yoo Hwa adalah putri Ha Baek Joek, Yoo Hwa adalah wanita yang sangat memukau dan yang akan membuat siapapun jatuh cinta padnya pada pandangan pertama.

Yoo Hwa menolong dan merawat Hae Mo Soo yang terluka dengan penuh pengabdian tapi ia harus menghadapi tragedi saat rakyatnya harus dibunuh oleh Penguasa Han karena menyembunyikan Hae Mo soo. Setelah mendengar bahwa Hae Mo Soo sudah meninggal, Yoo Hwa akhirnya harus menjadi selir Raja Geum hwa. Ia melahirkan Ju Mong putra Hae Mo Soo.



Jumong pictures






Jumong OST 1
Jumong OST 2

Source : hancinema.net ; www.imbc.com

19 comments:

  1. seems like another incredible historical TV drama..
    brarti Jumong ini sezaman sama QSD ya? ato sama raja sebelumnya?
    Ini lagi tayang atau udah selese ya Tirza?
    di MBC lagikah?
    klo pengen nonton online dimana ya?
    Makasii..

    ReplyDelete
  2. kmrn aku lihat iklan Jumong di Indosiar.Kayaknya sih bakalan maen setelah QSD habis ya..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. umong kabarnya bersamaan dengan masa dinasti Han di China. QSD sejaman dengan permulaan Dinasti Tang. Han lebih tua dari Tang. Berarti Jumong lebih dahulu daripada QSD.

    *Penghapal Dinasti-Dinasti China.

    ReplyDelete
  5. @merlin: makasii..btw ini beneran 82 episode ya?
    walah..panjang aja..

    ReplyDelete
  6. Tirza, di pengenalan karakter kedua tertulis cast-nya sebagai Soh Suh No, tapi di penjabaran karakter-nya tertulis So Seo No. Jadi, Soh Suh No sama dengan So Seo No ya ? Berarti gadis ini yang ketemu sama Jumong setelah Jumong diusir dari istana ya?

    Mengenai Jumong dan QSD, berdasar yang saya baca di Wikipedia, Jumong memang hidup jauh sebelum Queen Seon Deok ada, namun tidak dengan kerajaannya (perbandingan antara Silla dan Goguryeo).

    Silla berdiri terlebih dahulu (57BC), sedangkan kerajaan Goguryeo didirikan oleh Jumong pada 37BC -as written above-.

    Namun pada tahun 668, kerajaan Goguryeo dikalahkan oleh aliansi Silla dan Tang. Jadi Silla menaklukan Goguryeo dibawah kepemimpinan King Munmu (penerus King Muyeol alias Kim Chun Chu) dan Jenderal Kim Yu Shin.

    Wah, jadi enggak sabar nunggu saeguk ini ditayangin di Indosiar =D. Thanks for posting Tirza *jadi terbantu mengenal karakternya pas nanti nonton* =)

    ReplyDelete
  7. produsernya sama dengan yang bikin QSD ya. di pict ada so seo no yang pake kostum mirip kostumnya yonghwa hyangdo waktu masih kecil2 :D

    ReplyDelete
  8. @deal, iya aku rada belibet, So Seo No atau Soh Suh No, tapi sama aja kok.

    to all, di LN (temen dr USA ama Filipina), banyak yg suka Jumong, katanya bagus, emang bagus kok tapi ya itu..panjang rek :)

    ReplyDelete
  9. Tirza,aku pernah liat ratingnya Jumong.
    Lebih tinggi dari QSD ya...
    Di episode akhir aja, rating Jumong mencapai angka 52,sedangkan QSD cuma sampe 35.(tapi rating segitu tetep aja memuaskan)...

    tapi kalo inget jumlah episodenya ...(81 episode)
    Oh My God ...
    mau nyaingin sinetron Indonesia!!??(jumlah episode-nya loh maksudnya,kalo dari segi cerita sih (biarpun belum nonton) so pasti Jumong unggul banget....)
    hehehe....

    ReplyDelete
  10. Di korea, tiap kerajaan punya kisah histori yg di abadikan. bahkan peninggalannya juga. Tapi...di Indonesia gimana yah? Makam mahapatih gadjah mada ada ga ya? Atau makam prabu airlangga, tribuana tunggadewi, kertajaya...
    wah..wah..kisah2 pahlawan nusantara kuno dan kerajaan2nya kan tak kalah menarik di banding saeguk korea? Kyknya mgkn krg apresiasi dr para sineas Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Moga-moga bagus deh filmnya.
    kayanya keren deh aktingnya. Walaupun 81 gak masalah yang penting enggak mbulet kaya sinetron Indonesia (yang super mbuletnya, kaya kabel telpon aja) :D

    ReplyDelete
  12. jumong.............. setelah ku tunggu2 sekian lma,, yeah,,, bahasanya kok gitu yach... bisa dipahami sich tpi,,, kyak melayu gtu??? hmmm.........

    ReplyDelete
  13. kenapa jam tayangnya dipindah malam...kembaliin ke jam semula dong..nt indosiar ditinggal penggemarnya klo gak konsisten........

    ReplyDelete
  14. sinopsis Jumong dalam format Ebook bisa dilihat disini :
    http://bacaebook.blogspot.com/2010/04/jumong-prince-of-legend-ebook-i.html

    ReplyDelete
  15. knp??
    film jumongx g' tayang sore lg...
    tayangin lagi dunk,,,,
    coz,, q suka bngtz sama critax....kan ksihan pnggemarnya xg udh trlnjur suka...

    ReplyDelete
  16. mau lebih seru, gabung aja di forum komunitas pencinta film2 silat/kungfu internasional cina, korea, jepang, indonesia, malaysia, vietnam, dll di
    http://www.wuxiasociety.org/forum/index.php

    untuk jumong :
    http://www.wuxiasociety.org/forum/viewtopic.php?t=1191

    ReplyDelete
  17. Kyk film suatu kartun, lambangnya juga sm, tp ada warna nya sedikit

    ReplyDelete