Friday, September 17, 2010

Happy Chuseok 2010


Chuseok tahun ini akan jatuh tanggal 21 September 2010. Biasanya orang Korea akan pulang kampung dan sembahyang di altar leluhur mereka, bersih2 kuburan (Beol cho = memotong rumput), dan makan-makan. Mirip dengan Sin cia/Imlek dan juga Lebaran hehehe..


Salah satu makanan khas Chuseok adalah Songpyeon. Songpyeon adalah kue beras isi, bentuknya mirip kue ku, yang biasa dipakai untuk Man Ye/Ma-gwee/ satu bulanan anak-anak keturunan Tionghoa jaman dulu, kalo sekarang untuk satu bulanan/Ma gwee, orang2 sudah pada pake taart mini.

Aku ingat jaman th 80-an, nenek-ku suka terima makanan syukuran satu bulanan, yg isinya kue ku merah aneka bentuk, telur rebus merah, buah2an kaya jeruk mandarin, apel, pisang raja, apa lagi ya ..kalo sekarang udah pada pakai taart :)

Songpyeon
Tergantung daerahnya, beberapa tempat menggunakan bahan tepung kentang atau tepung ubi jalar selain tepung beras.

Isi songpyeon juga bervariasi, beberapa mengisi dengan kacang merah, yang lain menggunakan chestnut dan kenari. Kalau mau lebih murah lagi menggunakan air gula sebagai isiannya. Mungkin konsepnya kaya gula jawa/aren dicairkan ya. Aku membayangkan songpyeon ini mirip2 mochi, cuma tepungnya beda.

Ada mitos dari balik songpyeon.
1. Untuk yang masih single, mereka akan mendapatkan suami tampan atau istri cantik kalau songpyeon buatan-nya juga cantik.
2. Kalau songpyeon buatan-nya bentuknya jelek, maka pasangan hidupnya juga akan jelek katanya hehehe..ngaco ya.

Mitos lain berkata kalau ada wanita hamil yang ingin tahu jenis kelamin bayinya (padahal tinggal USG ya..) harus mengukus songpyeon-nya dan menambahkan daun pinus atau jarum pinus dengan posisi horisontal/melintang di dalam songpyeon-nya.

Jika bagian yang tajam dari daun pinus itu yang muncul ketika ibu hamil itu menggigit songpyeonnya, maka bayinya laki.
Jika yang muncul bagian halusnya maka bayinya perempuan. Hahahahaha.

Makanan Chuseok lainnya adalah : Hwayangjeok, torantang, baesuk, dan dakjjim

Hwayangjeok : Seperti sate, isinya doraji, telur, wortel, timun, jamur pyogo dan daging sapi. Ditusuk selang seling, yang bagus komposisi warnanya. Korean dishes sangat memperhatikan komposisi warna.

Torantang : Adalah sup yang isinya sayur yang namanya kuping gajah. Atau daun talas/ atau talas kayanya.

Baesuk : Buah pir/pear diletakkan di mangkuk dicampur gula, jahe, dan air. Kaya setup nanas, mamiku suka buat, cuma ngga pakai jahe, paling ditambah cengkeh sedikit.

Dakjjim : Ayam rebus.

Beberapa keluarga Korea yang sudah modern juga suka menyediakan makanan yang lebih modern, tapi songpyeon itu pasti ada.

Kaya kue ranjang di Imlek dan ketupat di Lebaran. Haha..

Happy Chuseok!

10 comments:

  1. wah tirza ada keturunan korea ya,,keren bgd liputan makanannya,btw boleh cobain baesuk bikinan mami tirza ?? rasanya gmn..?

    ReplyDelete
  2. kyaaa, makanannya warna warni jadi pengen hehehehe

    ReplyDelete
  3. teteeeeh. ini satu lagi alasan saya jadi pengunjung setia blog ini. Teteh tidak hanya memberi hiburan berupa rekaps, tapi juga menambah wawasan saya. two thumbs up pokok na mah.

    oya teh, tolong dong dibahas tentang penggunaan nama orang-orang korea. ada yg 2 atau 3 suku kata kan yah. Apakah selalu kata pertama adalah family name (FM)-nya? ada ga yg 2 kata? klo orang batak kan ada yg 2 seperti marga Lumban Batu.

    soalnya kadang lieur/bingung pas nulis referensi tugas2 kuliah. kasian ama dosen teh, Beliau jadi tambah kerjaan: senantiasa ngingatin kita2. hahaha.

    Ditunggu ya teh. hatur nuhun pisan ;)

    ReplyDelete
  4. Chuseok ini mirip ching ming ya? Pake ziarah2 kubur.
    Kalau di Makassar,(kebiasaan orang tionghoanya) bayi yg berusia satu bulan(Mang Ye), kepalanya akan disiram pake ciu (arak) lalu dicukur hingga botak. Tradisi mengirim paket kue memang sudah bisa beralih ke kue tart yg ditaruh 2 telur puyuh merah di atasnya. Tapi masih ada juga orang mengirim paket kue berisi telur ayam yg diwarnai pake kesumba merah, kue kura, bakpao, atau aneka kue bolu mungil lainnya masing2 berjumlah 2 dalam satu paket ;)

    ReplyDelete
  5. mba tirza....hampir tiap hari aku liat blognya...bagus banget, kepingin jg tuh blogku dimampiri sama mba (kasian lho udah jelek ga ada yg mampir).makasih.

    ReplyDelete
  6. eonni........u really awesome !!!! ^_^

    ReplyDelete
  7. bukankah kue dari tepung beras diisi gula itu namanya KLEPON???

    ReplyDelete
  8. eh, tirza, chuseok itu 21 sept ini ya?
    hampir bertepatan dengan chinese mid autumn festival atau moon cake festival(22 Sept).
    tirza maem moon cake tha? :D

    ReplyDelete
  9. @cicisite, hehehe..mungkin juga ya..kan awalnya kita semua bersaudara hehehe...semua keturunan Adam dan Hawa hahaha...

    @Ari, hei..aku juga mau neng..:)

    @Merlin, iya, kayanya sama, memang Chuseok itu mid-term autumn festival, oh tong cu pia hehehe..dah lama ngga nyari tong cu pia, tgl 22 Sept ini ya? aku dah lama ngga punya kalender yg harian itu jadi ngga tahu hari2 perayaan :)
    Ayo berburu tong cu pia..aku pengen yang isi telur asin ...

    @tika maliyana, Orang Korea kadang menulis marganya di depan, kadang di belakang, misal,
    Kim Nam-gil, bisa dipanggil kaya gitu atau kadang Nam-gil, Kim. Harus awas aja hehe..
    Marga terbesar Korea kayanya, Kim, terus Lee, Park (tiga besar)
    Jadi kalo ada yang namanya Do-kyung Park, pasti marganya Park gitu, ngga mungkin Do.
    Setengah populasi Korea punya marga Kim, Lee, dan Park. Ada sekitar 250 nama marga Korea.

    Cek ini : http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Korean_family_names

    Kalau orang Chinese, marganya di depan dan ngga berubah2. atau bisa dibelakang juga kalau nama depannya nama Barat, kaya :
    Andy Lau, Tony Leung, Tirza Kwan hehehe..gaya..

    @adeima, thank's honey:)

    @dunia andina, maksudku bentuk luar songpyeon itu mirip kue ku.
    Kalo klepon bukannya dari tepung ketan say? Putu kali yang dari tepung beras..jadi laper ya..klepon..putu..plus kopi anget hehehe....

    ReplyDelete
  10. gw suka chuseok krn selalu ada k pop idol yg nge posting foto mreka pake hanbok ^^

    ReplyDelete